UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 13 May 2014

Investasi Properti Ruko atau commersial area, Cerdas mengelola uang jitu mencari peluang

Investasi Properti Ruko atau commersial area, Prioritas Land Indonesia

Banyak pilihan yang dapat kita ambil dalam berinvestasi. Kini, investasi properti adalah salah satu yang banyak digemari. Seorang perencana keuangan, Lili Pratiwi, mengatakan, “Investasi di bidang properti kerap mendatangkan keuntungan dari harga properti yang semakin menanjak”. Hal ini tentu saja akan mendatangkan cash flow yang bisa menjadi sumber pendapatan tetap apabila disewakan.

Investasi Properti
Sumber: www.fimela.com
Meski tidak memiliki jiwa bisnis, atau dalam kondisi terjeleknya properti kita tidak terurus. Atau dalam arti, setelah membeli dibiarkan begitu saja, yang mungkin karena lokasi yang jauh dari tempat kita kerja, atau mungkin juga kendala waktu yang tidak memungkinkan kita mengurusnya, entah menyewakan atau sebagai rumah singgahan suatu waktu, kita tetap mendapatkan keuntungan. 






Lho kok bisa?
Sangat bisa. Harga jual properti akan selalu mengalami kenaikan. Itulah alasan umumnya.

Bukti yang terjadi: 

Ibu saya sendiri. Dulu memiliki tabungan  di Bank sejumlah 230 juta. Oleh karena tidak mau berspekulasi dalam dunia bisnis. Uang dibiarkankan saja tersimpan di bank dalam kurun waktu lebih dari 8 tahun. Dan uang tersebut hanya bertambah sebesar 56 juta. 

Lalu saya gencar merayu ibu agar mau berinvestasi dalam bentuk properti. Agak sulit memang, karena ibu orangnya lumayan kolot. Maklum, orangtua ...Pendapatnya menyimpan uang di Bank adalah yang paling aman. Meski harus melalui tahapan yang berliku-liku, akhirnya rayuan saya berhasil. Uang tabunganpun berpindah tempat. Rumah dengan tipe 70, luas tanah 150 m2, berhasil dibeli dengan harga 195 juta. waktu itu tahun 2009.

Lagi-lagi, masalah jiwa bisnis yang tidak dimiliki ibu, alhasil rumahpun juga dibiarkan begitu saja tidak terurus. Rumah tidak ditempati dan disewapun juga tidak boleh. Meski telah saya beri masukan agar disewakan saja agar ada yang merawat, namun ibu tetap bersikukuh dengan pendapatnya. 

Hingga sekarang rumah tersebut hanya pernah dikontrakkan sekali selama 1 tahun dengan harga 10 juta. 

Sekarang, berarti sudah berjalan 5 tahun dari waktu pembelian. Mau tahu nggak berapa kisaran harga rumah tersebut sekarang? 

Karena terlihat kosong beberapa ada yang menawar, dari 275 hingga 375 juta. Sayang kami juga tidak dimaksud menjualnya. Sebagai perbadingan, rumah yang letaknya bersebelahan dengan rumah tersebut telah laku 550 juta. Wow .... angka yang fantastis! 

Dari harga pembelian 195 juta, seandainya laku dengan harga 550 juta, berarti kita telah untung dua kalinya lebih dari harga jual.

Dari sini jelas jauh bedanya dibandingkan dengan menyimpannya di Bank. Saat di bank, uang yang besarnya kisaran 200 juta-an, hanya bertambah sekitar 56 juta dalam waktu 8 tahun. Sementara dalam bentuk properti, uang segitu telah bertambah menjadi 500 juta-an dalam waktu 5 tahun.
Kalau dihitung-hitung, jika ibu mau menerima saran saya untuk berinvestasi dalam bentuk properti sejak tahun 2001. Mungkin nilai uang tersebut telah mencapai kisaran 1 M. Waaow,… menguntungkan bukan?

Gambaran ini hanya investasi properti dalam bentuk rumah tinggal. Bagaimana jika waktu itu dibelikan ruko atau commercial area? Lalu disewakan? Dan hasil sewanya dibuat untuk membeli ruko lain lagi dengan cara mengangsur? Bisa dibayangkan berapa sekarang cash flow yang didapat dari investasi yang hanya 195 juta? Luar biasa. Kalau saja waktu itu ibu mau menerima saran saya, pasti kini sudah menjadi orang yang kaya uang... hehe...

Nah, dari pengalaman tersebut, saya bermaksud memberikan masukan pada anda. Tentang indahnya berinvestasi properti.
Keuntungan berinvestasi properti atau commercial area sungguh luar biasa. 

Tapi, anda juga harus berhat-hati. Jangan sampai anda salah tempat dalam berinvestasi, khususnya property. Maksudnya, dalam berinvestasi jangan sampai uang yang seharusnya menjadi jumlah yang berlipat besarnya, namun karena kesalahan dalam memilih properti anda malah uang melayang. 

Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk berinvestasi property. Ada baiknya menyimak ulasan berikut:
Investasi properti ada 2 bentuk, yaitu:  
Commercial Property atau Residential Property. Properti komersial (Commercial Property) adalah investasi yang berupa rukan, dan ruko atau commercial area,  sedangkan Properti Residen (Residential Property) properti yang berupa rumah tinggal, apartemen,  rusunami, atau villa.

Sumber: www.majesticpointserpong.com


Jika investasi dalam bentuk rumah tinggal kita telah banyak membicarakannya di atas. Sekarang penulis akan coba memberikan gambaran tentang investasi properti dalam bentuk ruko atau commercial area. Rumah tinggal dapat kita sewakan, dan juga kita punya kesempatan menempatinya. Sementara ruko atau commercial area meski sama-sama dapat kita sewakan dan tempati sendiri, namun, ruko atau commercial area memiliki tingkat probabilitas yang berbeda. 

Ruko atau commercial area lebih besar kemungkinannya akan mengalami peningkatan NJOP atau harga jual yang lebih tinggi dibandingkan rumah tinggal. Disamping itu permintaan akan ruko atau komersial area relatif semakin meningkat. 

Ada beberapa keuntungan jika berinvestasi dengan ruko atau commercial area. Yaitu:
  1. Periode waktu sewa sebuah ruko berbeda dengan rumah tinggal yang relatif pendek dan dihitung pertahun. Karena kadang pengusaha atau pedagang baru akan mendapatkan break event point setelah tahun ke dua atau ke tiga. Oleh karenanya biasanya ruko akan di sewa dalam kurun waktu minimal dua atau tiga tahun.
  2. Tingkat capital rate ruko atau commercial area umumnya berkisar antara 6 % - 9 %. Ini artinya break event point atau tingkat pengembalian investasi pada ruko atau commercial area lebih besar dibandingkan dengan bisnis sewa rumah.
  3. Luas bangunan ruko lebih besar dari luas tanahnya. Ini yang menyebabkan harga sewa ruko relatif lebih mahal dari harga sewa rumah.
  4. Ruko biasanya berada pada tempat yang strategis. Terletak pada area bisnis yang ramai, dan memiliki prospektif secara ekonomi. Misalnya dekat pasar, di pinggir jalan, dekat pusat hiburan atau perbelanjaan.

Jangan salah, meski investasi ruko memiliki keuntungan, juga ada sisi kekurangannya lho!

Berikut akan saya jelaskan kekurangan dari investasi ruko atau commercial area yaitu:
1. Investasi ruko sifatnya sensitif terhadap situasi ekonomi. Hal ini bisa mengakibatkan saat kondisi ekonomi membaik, maka harga ruko ikut membaik. Namun jika iklim ekonomi sedang merosot, maka harga ruko juga ikut menurun. 
2. Adanya penurunan aktivitas ekonomi pada daerah di sekitar ruko. Bahkan kadang penyewa ruko menghentikan aktivitasnya, dan memilih pindah ke tempat lain yang lebih menguntungkan.
Kekurangan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam menentukan investasi ruko atau commercial area yang akan anda pilih. Karena jika lokasi ruko atau commercial area yang anda pilih lokasinya strategis dan berada pada area bisnis yang ramai. Tentunya keuntungan yang berlipatlah yang anda dapatkan. 

Jadi pilihlah ruko atau commercial area dari pengembang yang terpercaya, agar anda akan mendapatkan keuntungan berlipat dan meminimalkan adanya resiko kerugian.

Salah satu pengembang properti yang terpercaya, adalah PLI Indonesia.

Apa itu PLI atau Prioritas Land Indonesia?
Adalah sebuah perusahaan property yang energik, serta memiliki wawasan ke depan. Di gagas oleh professional muda yang ahli dibidangnya. 

Berikut bukti kesuksesan dari proyek garapan PLI:
- Majestic Point Villas Bali
- Majestic Point Apartement Serpong

Proyek garapan PLI yang telak meraih kesuksesan

- Majestic Water Village Uluwatu
- Indigo @ bekasi Apatement

Proyek Indigo @bekasi Apartement garapan PLI

Jangan asal pilih! 
Hal penting yang harus diketahui sebelum membeli properti, adalah: Developer atau Pengembang. Kita harus tahu siapa pengembang dari properti yang akan kita beli. Ini sangat penting. Mengapa penulis menempatkan pengembang dalam urutan pertama? 

Pilihlah pengembang yang memiliki track record baik. Kini akan mudah dicari pengembang yang memiliki ciri tersebut. Salah satunya adalah PLI (Prioritas Land Indonesia). Dalam perkembangannya PLI mampu menunjukkan eksistensinya dalam dunia properti yang terpercaya. 
Kita harus mengetahui proyek properti mana saja yang pernah ditanganinya. Seperti PLI. Pengembang ini telah merancang bermacam bentuk properti yang ada di Bali, Serpong, Bekasi, dan rencananya tidak lama lagi akan membangun properti di Surabaya. Bukti ini cukup memberikan wawasan bagi anda bagaimana keseriusan PLI dalam menangani proyeknya.

Inilah perjalanan kesuksesan Prioritas Land dalam proyeknya yang terus berkembang:


Bagusnya lagi Prioritas Land masuk dalam daftar developer yang terpercaya dalam pasar properti. Berikut daftar 23 pengembang top yang dipercaya pasar:



Sistem marketing yang diterapkan oleh PLI juga tergolong menarik. Berbagai penawaran mulai dari sistem pembayaran dengan kemudahan cara mengangsur hingga berbagai hadiah menarik diberikan oleh PLI sebagai wujud loyalitas pengembang dalam bisnis properti. 

Siapa yang tidak tertarik dengan penawaran berikut?


Untungnya lagi proyek PLI berada dilokasi yang strategis. Contohnya Majestic Point Serpong dan proyek K2 Park.



Nah, jangan ragu lagi untuk berinvestasi properti dalam bentuk ruko atau commercial area. Percayakan investasi anda ditangan pengembang yang terpercaya.

Selamat Menikmati Keuntungan dari Investasi Properti atau Commercial Area Anda!





*Tulisan ini diikutkan dalan blog contest Prioritas Land Indonesia.  

Commercial Area MPS

Referensi:

www.tribunnews.com



8 comments:

  1. punya properti memang asyik... apalagi di lokasi yang bagus, meski belinya juga bikin ngos-ngosan, selang beberapa tahun harganya melonjak fantastis, dan jarang saya dengar ada properti yang turun harganya...

    sukses lombanya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betool mak. Saya kalo ada dana juga pinginnya nabung properti. hehe

      Aminn. Terimakasih mak!

      Delete
  2. Semoga bisa punya rejeki lebih buat beli properti :D

    ReplyDelete
  3. oo gitu yaaaa.... wah nambah ilmu ni ttg properti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.

      Makasih mbak atas kunjungannya

      Delete
  4. Lengkaaappp..! Salam kenal ya Mak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.