UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 15 May 2014

Masakan Tampil Cantik, tips menghidangkan makanan

Tips Menghidangkan Makanan Tampil Cantik


Seenak apapun makanan jika cara penyajiannya kurang menarik akan mengurangi selera makan kita. Bahkan dapat menurunkan citra makanan itu sendiri. Sebaliknya, makanan biasa saja, jika kita sajikan dengan tampilan menarik, maka dapat menggugah selera orang yang melihatnya.



Coba perhatikan menu sd atas. Kalo kita amati, menu di atas terbuat dari bahan yang sederhana. cara memasaknyapun juga tidak terlalu rumit. Mulai dari pojok kiri atas, yaitu: ikan asin dan tempe, lalu ikan laut, udang goreng tepung, ikan laut bakar, dan soup.

Anda mungkin merasa menu tersebut sangat lezat. Memang, apalagi disajikan dalam tatanan yang menarik. Tapi coba anda bayangkan, seandainya saya menyajikannya dalam wadah piring yang udah kusam gambarnya, dan terbuat dari seng. Hehe... emang masih ada ya piring seng? Atau dari wadah piring plastik murahan? Tentu akan beda lagi anda membayangkan rasa masakan tersebut.


OK biar lebih mudahnya simak tips menghidangkan makanan berikut:
1. Siapkan tempat saji yang memberikan kesan bersih atau unik.
2. Ambil makanan dan letakkan dalam piring saji seperlunya saja. Jangan sampai terlalu penuh di piring. Apalagi menyuguhkan dengan pancinya yang udah usang, hehe... jangan sampai ya!
3. Sajikan makanan dengan menu pelengkapnya. Misalkan: saos, sambal, kecap, kerupuk, ketimun, acar, dll, dalam wadah yang menarik.
4. Buat granis sederhana dari bahan, cabe merah, cabe hijau, bawang merah, atau bahan lainnya. Ini akan memberi kesan mewah pada makanan tersebut. 
5. Perhatikan pula kecocokan warna antara taplak meja dengan tatakan piring, agar dapat menciptakan tampilan menu semakin menarik.

Nah, selamat berkreasi!


7 comments:

  1. Assalmualaikum, Bunda... Maaf mau komen nggak nyambung :). Saya menominasikan bunda tuk dapat liebster award ya. Semoga berkenan, maaf kalau sudah pernah menerima ini. Blogpostnya http://umminyathaya.blogspot.com/2014/05/liebster-award-tali-hati-para-blogger.html
    Terimakasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakaih mak. semoga bisa ikutan

      Delete
  2. Mesti ada triknya ya biar kelihatan "menawan". Kalo trik fotonya, mbak Sugi punya? Ada teman yang mau belajar teknik foto2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, harus pinter2nya kita menyusun hidangannya. Kalo trik fotonya, kapan2 dech kalo ada waktu saya bikinkan. Sekarang masih dikejar DL, hehe..... *maaf ya sok sibuk sayanya

      Delete
  3. Hidangan makanan dengan tata cantik begini, juga merangsang selera makan ya Mbak. Anak-anak juga pasti semangat mencoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Saya meski hanya telur ceplok atau tahu tempe, saya buat semenarik mungkin, biar anak2 tertarik. Makasih ya teleh berkunjung

      Delete
  4. Hello there, just became alert to your blog through Google,
    and found that it is truly informative. I am gonna watch out for brussels.

    I'll be grateful if you continue this in future.

    A lot of people will be benefited from your writing. Cheers!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.