UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 27 May 2015

Mendatangkan uang lewat google adsense, Arisan Ilmu KEB Surabaya

Assalamualaikum, wr, wb,

Haloo sobat..... apa kabar? Kali ini saya akan bercerita tentang Asrisan Ilmu di Surabaya, tepatnya di Kebun Bibit Surabaya yang diadakan oleh KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger), 24 Mei 2015. Pada pertemuan tersebut diisi oleh pemateri yaitu : Sari Widiarti sekaligus pemilik www.sariwidiarti.com. Temanya adalah: "Mengenal Adsense dan Bedah Blog". 


Sebagai salam pembuka diisi oleh emak Titi Alfa, sekaligus sponsor dari Batik Ganitri. 



Lalu acara dipandu oleh emak Eda Akbar. Dan mak Yuniari Nukti yang akhirnya ditunjuk untuk memberikan sambutan. 



Selanjutnya acara masuk dalam pembahasan materi yang disampaikan oleh Mak Sari Widiarti.



Ini dia ilmunya:

"Mengenal Adsense dan Bedah Blog"

Apa itu Adsense:


Yaitu salah satu cara mudah mendatangkan uang. Caranyaa dengan menampilkan iklan yangdiminta disamping konten online kita. Dengan adsense, kita bisa menampilkan iklan yang relevan dan menarik, yang tentunya akan disesuaikan dengan tampilan serta nuansa website kita. 

Nah, sebelum kita mengarah pada adsense sendiri sebaiknya kenali dulu media kita.

Media apa yang kita gunakan? Apakah kita menggunakan akun Hosted atau menggunakan akun Non hosted? 
Akun hosted yaitu blogspot, wortpress, dll. Sedangkan akun nonhosted yaitu: akun yang telah diubaha menjadi net, atau com atau lainnya.

Mengapa kita harus mengenali akun kita? Karena beda media akan berbeda pula cara mendaftarnya. Nah, bagi yang kebetulan menggunakan blogspot, bisa langsung mendaftar. Namun jika menggunakan wordpress, maka wajib hukumnya untuk mengganti domain. .... com, net, atau lainnya.

Nah, inilah yang perlu kita pelajari, agar pengajuan kita untuk adsense lekas diterima:

A. Siapkan Blog

Setelah kita memiliki akun blog, beberapa hal tersebut dibawah ini juga akan menjadi pertimbangan nantinya pengajuan kita untuk bergabung dengan Adsense akan diterima atau ditolak. Eh, bentar saya belum cerita ya! Menurut yang udah pengalaman, ternyata tidak semua blog akan diterima oleh google adsense. Banyak pula dari mereka yang gagal atau ditolak. Mengapa? Google ternyata memiliki beberapa pertimbangan, sebelum mereka memutuskan blog kita diterima atau ditolak. Mereka memiliki standart tersendiri sebagai bahan review seleksi terhadap blog.

B. Postingan dalam Blog
  1. Tema fokus atau memiliki satu tema. Sebaiknya blog kita memiliki tema yang spesifik. Ini untuk memudahkan pemberian job/ iklan yang relevan dengan blog kita. Karena nggak mungkin khan jika postingan blog kita tentang masakan, lalu dipasangin iklan tentang obat atau sepatu? Anda bisa fokuskan blog dengan tema tertentu, misal: kuliner, travelling, beauty, dll.     
  2. Judul blog serta postingan harus relevan. Maksudnya jika blognya diberi judul kuliner, ya sebaiknya konten postingan ya tentang kuliner. Jangan sampai judulnya kuliner, kontennya malah cerita tentang jalan-jalannya. Kalo ini mah cocoknya dikasih judul travelling, ya nggak?  
  3. Jumlah kata dalam postingan. Nah ini dia yang kadang terlewat oleh kita. Sebetulnya saat kita posting tulisan dalam blog itu ada aturannya lhoh, terutama jika kita ingin mengajukan semacam google adsense macam ini. Karena jika tulisan kita jumlah katanya terlalu sedikit, maka google akan menganggap tulisan kita sebagai spam. Sebaiknya buat minimal 350 kata atau lebih. Ini sudah cukup membuat mesin pencari mudah menemukan tulisan kita.                   
  4. Hindari copas atau plagiat. Kita harus menjaga reputasi blog kita agar tidak dianggap plagiat. Untuk itu etika dalam ngblog juga tetap harus diperhatikan. Intinya setiap gambar yang beredar di internet itu memiliki identitas. Jadi jika kita ingin menggunakannya, yang berasal dari pihak ke tiga, sebaiknya cantumkan sumber gambarnya. kayak gini: 
C. Umur Blog. Jika umur blog udah 1 tahun, aman dech. 
D. Visitor Blog. Nah ini nich yang mesti kita genjot. Pengunjung blog harus sebanyaknya jika pingin cepet disetujui. Jika pengunjung harian masih kurang dari 500, sebaiknya sering-sering update postingan di blog dech. Dan jangan lupa setelah posting promokan ke berbagai sosmed, seperti fb, twitter, dsb.
E. Template yang mobile friendly. Ini masih baru sich. Khususnya sejak 21 April 2015, google penelusuran memperluas penggunaan mobile friendly sebagai penentuan peringkat. nich cara ngceknya: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Next,... saatnya kita mencoba daftar ......

Dengan bekal ini, semoga kita akan mudah untuk mendaftar adsense. Namun meski harus menerima kenyataan ditolak, jangan patah semangat ya? Konon para suhu yang sudah diterima, dulunya juga pernah ditolak beberapa kali. Yuk ah tetap semangat!

Weslah... pokoknya nggak rugi gabung di KEB dan ikutan arisan ilmunya. Selain dapet tambahan ilmu, dapet juga lho hadiah. Panitia yang super cantek dan kece itu udah nyiapain banyak bingkisan hadiah. Hanya dengan bertanya dapet hadiah, siapa yang nolak...?



Seru khan...? Bawa anak juga boleh kok! 


Ada juga yang yumbang puisi buat KEB dari mak Anisa Kepompong Ae. Jauh lho dari Malang, berangkatnya dari sana subuh keliatannya. Dan... surprise ada makpon Mira Sahid yang datang jauh-jauh dari Jakarta buat ketemuan sama emak KEB Surabaya. Subhanallah, sebuah kekeluargaan yang luar biasa. Kehangatan yang penuh makna. 

 

Dipenghujung acara kami foto bersama.


Bismillah... kebersamaan ini semoga akan membawa berkah buat kita semua ya mak? Tetap semangat......., kreatif ............ dan produktif!

Wassalam, wr, wb.

Semoga bermanfaat.



30 comments:

  1. Holla, Mak! Seru kan kemarin itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak... seru bingit... Serasa ketemu ama saudara jauh

      Delete
    2. Sodara jauhnyanbanyak bgtbya mbak hihihi...smoga tali silaturahmi ini tetap terjaga ya mbak. Acanya keren ya, krn flexible.....anak aja boleh dibawa :)

      Delete
  2. mantap maak ulasannya, mantap juga ketemuan plus bagi-bagi ilmunya.

    ReplyDelete
  3. wah ilmunya berguna banget tuh mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mak... jadi tambah semangat ngblog

      Delete
  4. waahhh...seru ya mak? sayang gak bisa ikutan jauh hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak seru...
      Semoga lain kesempatan bisa diadakan didekat tempat tinggalnya ya mak!

      Ngomong2 dimana mak tinggalnya?

      Delete
  5. Baru tau mbaj klok yg jmlh kata itu brpengaruh..
    Tfs yak dpe ilmu lg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak saya juga baru tahu, jumlah kata dalam postingan berpengaruh. Mungkin Itu alasannya kalo ada lomba nulis diblog selalu minimal 500 kata. Biar lebih mudah diketamukan oleh search engine.

      Makasih ya mak

      Delete
  6. Saya pernah ditolak sama adsense. huhuhu.
    Thanks for sharing, ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus tetap semangat mak.....

      Udah berapa kali ditolak mak? Kabarnya mak Sari pernah ditolak 6 kali, sebelum akhirnya diterima. Yuk mak... daftar lagi.. good luck ya!

      Delete
  7. mbk aku galau ganti domain atau enggak hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... kalau pertanyaan itu aku juga bingung mbak mesti bilang apa! Lha aku sendiri juga belum ganti, hehe... Maaf ..... Kalo aku sich, belum siap aja mbak. Mau perbaiki blog dulu, kalo udah OK Insyaallah ganti. Ato coba tanya2 ama yang udah ganti mbak Naqi
      Semoga berkenan

      Delete
  8. Ahaaai..seruuu. Aku absen Mak...njagain ojob hihihihi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya.. pantesan kucari2 nggak ketemu sampean.
      Memangnya kenapa mbak dengan misuanya? Semoga sekeluarga sehat2 ya

      Delete
  9. Aih...emak yang bawa anak ikut mejeng hehehe....makasih bunda sugi. ... btw, pingin ya blog nya mendatangkan dolar, tp aku msh ngeblog utk dijadikan diary aja hehehe... suatu saat nanti kali yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya bawa anak tapi tapilannya tetep keren. Yang penting itu lho mak..., semangatnya.... Salut....
      Iya mak.... moga suatu saat bisa ndatangkan dolar juga ya

      Delete
  10. Klo pake wordpress, gmn caranya ya mak?

    ReplyDelete
  11. Klo pake wordpress, gmn caranya ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya juga pake wordprxxx. Tapi beberapa hal saya nggak bisa mengaplikasikan, udah emak2 ini kali ya, sulit belajar hal baru, hehe.... karena merasa kesullitan akhirnya pake blogspxx.

      Delete
  12. Makasih maaaaaakkkk udah dateng... seneng banget bisa kumpul2 emak kece ini XD

    ReplyDelete
  13. Kebayang keseruannya, nih. Aku udah pernah ngajuin adsense dan...ditolak hehehe. Belum kepikiran lagi gimana cara pedekate-in Om Adsense. Blogku yang satu campur2. yang lain trafiknya masih dikit dan jarang update, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayak blog saya donk mak campur2.
      coba mak blog satunya aja yang dibikin fokus, trus sering diisi. siapa tahu diterimanya cepet mak... goodluck ya

      Delete
  14. Keren.. info seputar google adsense-nya, Mbak Sugi.
    Saya pernah coba daftar dan sudah tahap dua. Tapi kok lama tidak direspon lagi, Akhirnya saya hapus akunnya hehehe.

    ReplyDelete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua