UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 29 May 2015

Tips Menang Lomba Menulis Blog

Assalamualaikum...
Pa kabar nich! Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya! Kali ini saya pingin sharing tentang bagaimana cara supaya menang lomba. Tapi... sebetulnya saya mau nyuwun sewu nich, jika ada yang lebih lihai dan lebih banyak memenangkan lomba. Saya sebetulnya masih belum pantas buat share tema ini. Pasalnya saya sendiri juga jarang ikutan lomba dan juga jarang menang, hehe..... *ambil tutup panci buat tutup muka, takut ditimpuk.

Eeit... tunggu dulu, meski belum pinter2 amat ngblog/ ngkuis, saya beberapa kali dapet hadiah lhoh...! Menang maksudnya. Bukan juara pertama sich, tapi lumayanlah terbayar dech kelelahan ongkos nulisnya, hehe....

Alhamdulillah... Pernah menang lomba juara IV, menulis blog tentang destinasi Wonosobo. Dapet hadiah bingkisan dan cinderamata khas Wonosobo. Nih dia tulisan saya: dieng-plateau-wonosobo-indahnya .



Waktu ikut lomba menulis review blog dengan tema Teknologi Pintar Honda, Alhamdulllah dapet hadiah uang 1 Juta. Kalo penasaran ma tulisannya ini dia: teknologi-pintar-honda-alasan-utama-memilihnya

Lalu ikut ngkuis yang diadakan di FB tupperware, dapet hadiah produk tupperware yang keren abis.

Dah sementara itu dulu, yang lain masih nunggu pengumuman, hehe.... doain menang lagi ya Sob! Atau kita saling mendoakan aja ya, semoga sama2 menang.

Ok, sebelum saya lanjut tentang tips menang lomba saya mau bercerita dulu sejarahnya. Hoho.... iya sejarah bagaimana saya akhirnya tertarik mengikuti lomba. Jarang sich saya ikutan lomba. Biasanya alasannya adalah: Pertama jelas tergiur dengan hadiahnya. Tapiii..... kembali saya ciut nyali pasalnya beberapa tema saya rasakan cukup berat, dan saya nggak nguasai bahan. Disamping itu jumlah peserta yang umumnya berjumlah ratusan cukup membuat saya bergidik.

Dari saring, dan pilih2 jenis lomba yang mau diikuti, sayapun akhirnya memutuskan ikutan. Salah satunya lomba menulis blog tentang Wonosobo.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar peluang menang lebih besar adalah:
1. Siapa penyelenggara, dan apa misi dan visinya mengadakan lomba. Akhirnya saya dapet bahwa penyelenggara memiliki misi dan visi sebagai promosi tentang Wonosobo. Nah, kalau misinya untuk promosi berarti tulisan yang dicari adalah yang mengandung unsur promosi donk....

2. Materi. Kita harus pintar memilih materi yang menarik dan paling menonjol. Atau ada sisi lainnya, yang nggak terpikir bakal dikupas peserta lain. Intinya carilah hal yang unik, dengan catatan nggak menyimpang dengan tema lomba donk!

3. Jumlah Peserta. Sebetulnya ini nggak penting2 amat. Karena kalau ini jadi pertimbangan kita jadi pesimis. Padahal belum tentu tulisan kita kalah dengan peserta lain, bahkan bisa jadi tulisan kitalah yang lebih unggul dari mereka. Bukankah setiap lomba tergantung selera juri? Iya nggak? Siapa tahu juri lebih tertarik dengan gaya tulisan kita daripada peserta lain? Nah, kan. Itu artinya jumlah peserta nggak ngaruh. Tapi kalo saya pribadi kadang juga mempertimbangkan sich, biar kemungkinan lolos lebih besar maksudnya, hehe.... yang jelas tetep semangat ajah dech.

4. Kreatif. Menulis itu tidak lepas dari kreativitas kita. Supaya tulisan kita mendapat bobot penilaian yang lebih ada baiknya kita menambahkan gambar/ foto2 pribadi, atau bisa juga buat gambar ilustrasi yang semenarik mungkin biar tulisan kita tampak lebih keren.

5. Segera buat, jangan mepet Deadline. Nah, ini gaya saya, sukanya mepet deadline. Biasanya saya selalu buru2 karena udah nggak ada waktu lagi. ini gara2 suka menunda nulis buat nyiapin lomba. Gaya ini jangan di tiru ya! Kalau bisa menulis lebih cepat sebaiknya segera lakukan, jangan
menunggu mendekati deadline. Jika kita jauh hari udah siap, maka waktu untuk mengkoreksi tulisan lebih banyak. Kita bisa bebas meng-edit, sehingga bisa membuat tulisan yang sebaik2nya.

6. Jika kalah jangan menyerah. Tahu nggak bahwa kekalahan adalah cara paling jitu yang membuat kita bisa menang anytime. Jika kalah jangan malas untuk membaca-baca tulisan peserta yang menang. Cari tahu apa kelebihannya. Bandingkan dengan tulisan kita yang nggak menang. Dari situ kita akan tahu, seperti apa yang diinginkan oleh juri.

OK, sementara itu dulu dari saya. Semoga setelah membaca ini bisa lebih semangat lagi ikutan lomba menulis, dan saya doakan menang!
Good luck!

4 comments:

  1. Hihihihi...jangan mepet deadline. Ini nih yang sering lupa Mak. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya Mak, aku juga sering ngalami. Jadi sekarang bila ada lomba yg pingin banget kuikuti kusimpan di desktop, biar gampang lihatnya

      Delete
  2. Aku termasuk yang suka mepet deadline mba kalo ikutan lomba gini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak... kayaknya banyak yang demikian. Biasanya suka menunda, karena merasa DL masih lama, hehe...

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.