UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 6 July 2015

SEHAT DAN BUGAR SAAT HAMIL

Gamb dari:
maduhighdesert.com
SEHAT DAN BUGAR SAAT HAMIL. Kehamilan adalah hal yang didambakan setiap wanita yang telah menikah. Namun kondisi kehamilan yang menimbulkan banyak perubahan fisik maupun psikologia seringkali menyebabkan seseorang menjadi melupakan tentang kesehatan saat hamil. Perubahan fisik maupun psikis yang timbul tidak lain karena pengaruh adanya perubahan produksi penigkatan hormon kehamilan.

Bukan saja penampilan akan tetapi juga kesehatan. Banyak hal yang timbul pada saat seseorang mengalami kehamilan, terutama pada saat awal-awal kehamilan.

Kehamilan sering diikuti dengan munculnya rasa mual, muntah-muntah, pusing, kadang-kadang jantung terasa berdebar-debar dan rasa mudah lelah. Meski secara umum hal itu wajar, dan hampir selalu dialami setiap wanita hamil, akan tetapi tetap saja semua itu terasa mengganggu aktivitas seseorang. Jika dulu sebelum hamil, seseorang suka makan sayur atau buah, namun tidak demikian lagi ketika hamil. Timbulnya rasa mual menjadikan semua makanan terasa tidak enak.



Selain itu ada kalanya seseorang yang hamil juga menjadi malas mandi, padahal sebelumnya hal itu selalu dilakukan setiap hari. Namun aktivitas seperti itu kadang menjadi tidak nyaman ketika hamil. Beberapa ibu hamil merasa kedinginan ketika mandi, sehingga timbul rasa enggan untuk mandi.

Perubahan hormon yang dialami saat hamil, akan banyak berpengaruh terhadap kondisi seseorang baik secara fisik maupun psikologis. Munculnya beberapa keluhan tersebut tentu saja berdampak kurang bagus terhadap kondisi kesehatan ibu. Ibu hamil cenderung menjadi malas. Maka tidak jarang seorang wanita yang sedang hamil akan tampak pucat, kulit wajah terlihat kusam, penampilan ala kadarnya, bahkan kadang tampak kurang sehat.

Berikut adalah beberapa tips agar ibu hamil tetap sehat dan tampak bugar:

  1. Bersihkan badan setiap hari, minimal dua kali sehari, pagi dan sore hari. Jika badan terasa kurang sehat sebaiknya mandi dengan air hangat. Jangan lupa, gosok bagian yang sulit dijangkau dengan menggunakan sikat lembut yang bertangkai, contohnya:  bagian telapak kaki, jari-jari kaki serta tumit.
  2. Tetaplah untuk sarapan pagi dengan menu bergizi, meski perut terasa mual atau malas makan. Ada baiknya dahului dengan minum segelas teh hangat jika perut terasa mual. 
  3. Minumlah susu, jus buah atau air rebusan kacang hijau yang telah diberi gula setelah sarapan, untuk menambah kebutuhan nutrisi.
  4. Berjalan-jalan dipagi hari sangat baik buat kesehatan. Terutama saat matahari terbit. Namun yang harus tetap dijaga, usahakan untuk tidak terlalu capek.
  5. Perbanyak minum air putih. Dengan banyak minum putih akan membantu memperlancar proses sekresi dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah timbulnya infeksi pada saluran kencing yang biasa terjadi pada ibu hamil. 
  6. Rajinlah membersihkan kulit wajah dengan pembersih yang cocok dengan kulit anda. Carilah pembersih yang aman bagi wanita hamil. Setelahnya tetap pakailah pelembab atau krim pelindung matahari saat berjemur. Karena pada kadang-kadang wanita hamil mengalami kulit kering.
  7. Rajinlah mencuci rambut, agar kesehatan kulit kepala tetap terjaga. Keramaslah minimal dua hari sekali.
  8. Jangan lupa kuku harus selalu rapi dan bersih. Hal ini demi menjaga kesehatan kuku itu sendiri, terlebih saat makan menggunakan tangan.
  9. Makanlah dalam porsi yang cukup. Perhatikan unsur gizinya. Jangan terlalu banyak atau sampai kekenyangan. Karena jika berat badan terlalu berlebihan, maka akan sulit mengembalikan setelah melahirkan nanti.
  10. Pakaian sebaiknya yang longgar dan nyaman dipakai. Meski sedang hamil tetap harus jaga penampilan lho! Jangan selalu memakai daster yang lusuh. Karena akan mempengaruhi penampilan, juga mood anda.

Demikianlah 10 tips agar ibu hamil tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

2 comments:

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.