UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 27 September 2015

Jalan-jalan Asyik dengan Open Snap

<span data-sociabuzz-verification="f2bf44ed" style="display: none;"></span>
Jalan-jalan Asyik dengan Open Snap. Liburan sekolah adalah saat yang ditunggu. Bukan hanya anak-anak saja. Secara pribadi hari seperti ini juga membuat saya senang. Jelas, alasannya situasi pagi lebih kondusif.

Hari-hari biasa pas anak-anak sekolah, dari bangun tidur hingga malam hari bawaannya dahi terasa mengkeruuut terus. Gimana nggak mengkerut, kalo yang dibangunin buat sekolah cuma nggeliat-nggeliat. Trus satu lagi, dibangunin malah nangis. Belum lagi satunya yang malah rewel minta gendong. Trus pulang sekolah juga. Alasannya yang mandinya lamalah, makannya lama, akhirnya belajar nggak sempat karena keburu ngantuk. Hehmm…. rasanya emak ini kudu ngomel terus sepanjang hari. Ya itulah nikmatnya punya anak banyak, hehe….



Tapi… yang saya suka itu kalo pas liburan sekolah. Hemm, girangnya kayak anak kecil yang lagi dikasih permen coklat. Disamping karena aktivitas pagi agak longgar, juga bisa ngajakin anak-anak pergi-pergi. Nah, ini enaknya. Perjalanan pergi-perginya jari rame… banget. Kayak pasar, xixixi…. ada aja yang mereka ceritakan diselingi keributan-keributan kecil. Ya begitulah...

OpenSnap
Bersama anak-anak naik kereta kuda

Saya punya kebiasaan bawa-bawa bekal kalo lagi pergi berombongan (sekeluarga). Pasalnya kalo harus nyari-nyari resto di jalan menurut saya kok malah ribet ya? Itu menurut saya sich. Tapi sebetulnya nggak juga ya, praktis malah. Nggak repot masak-masak di rumah. Cuma nyiapin baju ganti aja udah langsung bisa berangkat.

Ada sih,, alasan utama yang mungkin agak berbeda dari orang lain yang sama-sama punya anak. Ketiga anak saya pasalnya punya kebiasaan (pola makan) yang berbeda. Contohnya: sang kakak lebih suka masakan yang berkuah dan ada sedikit sambal sebagai pelengkap. Dia rada sensitif juga soal rasa sama kayak bapaknya, kalo agak asin atau cenderung manis gitu biasanya makannya terlihat nggak selera. Nggak enaknya, sebentar kemudian udah minta makan lagi karena merasa kurang kenyang. Biasanya mintanya porsi besar, alias nambah, hehe…. Makanya badannya bisa besar.

Di rumah aja makan mie, sukanya berkuah.

Mie kuah kesukaan si sulung

Trus anak kedua dan ketiga, sama-sama agak susah makan. Mau sich disuapin. Tapi…. Lama… banget ngunyahnya. Lebih suka di emut, hehe… kayak permen aja. Nah, yang ini yang jadi masalah kalo harus beli di warung atau resto. Seringkali terjadi meski kami (saya, suami, dan anak-anak) semula pingin makannya barengan, trus nyari warung/ resto yang nyaman, eee…. Ujung-ujungnya malah dibungkus, makan di mobil, hadew…..

Kalau kedua adiknya di rumah suka saya bikinkan yang berkuah bening. Catatannya sayuran biar masuk, hihi.... makslum mensiasai anak-anak agar suka sayur.

Soup kesukaan si adik
Kalo suami lebih suka yang bersantan.

Kothok ikan panggang


Rendang daging

Atas dasar pertimbangan tersebutlah, meski repot sang emak ini ya mau-mau aja belain masak malam hari. Saat mereka tidur, emaknya sibuk di dapur nyiapin bekal buat dibawa esok harinya. Syukurlah, suami sangat pengertian. Dia mau bantuin di dapur hingga masak selesai. Nggak masak yang aneh-aneh sich, yang sekiranya semua suka aja, trus yang paling penting sambal, lalapan, dan tak lupa buah. Buah biasanya pisang. Ini yang paling disukai si kecil. Kadang jeruk, apel, kelengkeng, atau salak.


Berhenti sejenak membuka bekal

Pas jalan-jalan kadang saya juga suka pingin mencoba-coba menu masakan orang lain. Alias  marung/ makan di resto. Tapi saya selalu khawatir, takut menunya nggak cocok buat anak-anak. Dan lagi, susahkan mencari resto atau warung yang recommended? Apalagi kalo jalan yang kita lalui tergolong masih asing. Kalo mau coba-coba, mending jangan dech. Takutnya rasa masakannya nggak cocok dengan selera kita. Sayang khan kalo kita udah bayar, tapi makannya nggak puas. 

Tapi kini enaknya ada OpenRice. OpenRice yaitu sebuah perusahaan online yang fokus memberikan informasi tentang dunia makanan dan restoran. Kita nggak perlu repot lagi menemukan nama-nama atau tempat buat makan yang sesuai dengan selera. Di OpenRice ini ada aplikasi yang dapat didowload secara gratis melalui mobile sosial yang dinamakan OpenSnap. Melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh platform iOS dan Android ini, pecinta makanan dapat membuat album foto sendiri, kemudian dibagikan ke sesama pengguna tentang makanan maupun restoran favoritnya. Nah, asyik khan!

Contoh, jika kita ingin mencari Makanan Populer Surabaya melalui OpenSnap. Kita tinggal masuk aja dalam aplikasinya, lalu pilih daerahnya. Di sini saya pilih Surabaya, maka akan keluar seperti ini:

OpenSnap


Selain itu bagi yang suka mencoba menu restoran baru juga bisa mendapatkan info nama-nama restoran baru. Di bawah ini contoh, saat saya mencoba mencari info tentang restoran baru di Jakarta, info yang kita dapat tampilannya seperti ini: 

OpenSnap


Dengan OpenSnap kita bisa mencari tempat maupun menemukan lokasi restoran dengan cepat. Dalam aplikasi OpenSnap sendiri, tersedia tiga fitur utama. Yaitu:

Pertama adalah Informasi restoran terdekat. Pengguna dapat menggunakan opsi ‘Nearby”, yang menyediakan pilihan jenis makanan serta asal negara. 

Kedua adalah album foto. Yaitu sebuah fitur yang dapat digunakan untuk membuat album foto tentang review kulinernya. Kita bisa mengunggah foto-foto makanan, menambahkan informasi restoran yang dikunjungi, serta fitur-fitur pilihan untuk mempercantik foto makanan dan juga menambahkan stiker pada gambar.

Ketiga adalah informasi lengkap. Setiap foto makanan yang tampil di OpenSnap akan menampilkan alamat lengkap dengan petanya, nomor telepon,rating OpenRice, ulasan dan makanan terfavorit restoran tersebut. Pengguna juga dapat membagi foto makanan tersebut ke media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Weibo, Instagram, pun layanan messaging seperti WhatsApp dan WeChat.

Berikut beberapa feature baru yang terdapat di OpenSnap, antara lain:

Personalized Your Food App by Bookmark : terdapat bookmark restoran, jenis masakan atau makanan favorit. Selain itu  juga dapat filter Restoran berdasarkan Bookmark yang terbanyak oleh foodies. Semakin restoran / jenis masakan / makanan tersebut di bookmark, maka semakin banyak digemari.

Social Visited: Bisa melihat Teman (yang kita follow) yang pernah berkunjung di suatu restoran, dimana saja. Jadi kita dapat melihat restoran mana yg paling banyak atau digemari oleh Teman - Teman.

Map View: kita dapat melihat berbagai Restoran yg terdekat dari lokasi dimana kita berada.

Personalize your favorite location: kita dapat mengatur (setting) lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan.

Everyone Tab: kamu akan di update dan terkoneksi oleh seluruh foodie yang berada di Kota tersebut (Misal: Jakarta) apa yang sedang mereka makan.


Nah, jalan-jalan makin asyik khan dengan OpenSnap? Nggak perlu ribet lagi kayak saya nyiapin bekal. Yuuk dicoba aplikasinya!


2 comments:

  1. Wah asyiknya yg lagi piknik... sekarang udah ada open snap jasi bunda sesekali biaa cuti terus berburu kuliner deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seneng kalo lagi liburan sekolah, pada ngumpul. Iya bener

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.