UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 2 May 2016

Cara Mencuci Seragam Sekolah Lebih Putih

Assalamualaikum, wr. wb.
Apa kabar Bund? ...

Bund, pernah khan merasa jengkel karena warna seragam sekolah anak-anak sudah mulai kusam. Terutama yang berwarna putih. Memang, seragam warna putih lebih mudah terlihat jika terkena noda. Meski bukan noda yang berwarna mencolok, tetapi kotoran yang berasal dari debu gampang menempel di serat baju yang berwarna putih.

Kadang alternatif yang gampang adalah memberikan larutan pemutih pada pakaian tersebut saat mencucinya. Sayangnya, tanpa kita sadari terlalu sering mencuci dengan menggunakan pemutih tidaklah selalu membawa keberuntungan buat kita. Disamping keuntungannya, baju akan tampak lebih putih ternyata mencuci dengan pemutih terlalu sering juga bisa membuat pakaian tidak awet, alias lekas robek.

Nah, saya memiliki tips yang lebih aman. Yaitu mencuci pakaian putih dengan air panas. Caranya gampang kok. Berikut tipsnya:
  1. Pisahkan pakaian warna dengan pakaian warna putih. Sisihkan dulu untuk pakaian warna. Sebaiknya mencuci pakaian warna putih jangan dicampur dengan pakaian warna. Ini agar warna putih tidak terkena noda luntur dari warna pakaian lain.
  2. Siapkan air panas secukupnya dalam sebuah ember. Jika menggunakan mesin cuci (2 tabung) bisa langsung dituangkan ke dalamnya. Air nggak harus penuh, secukupnya saja asalkan bisa dipastikan semua pakaian terendam.
  3. Tuangkan detergen seperti biasa, kedalam air panas.
  4. Aduk agar detergen larut. Jika menggunakan mesin cuci, bisa langsung diputar sebentar.
  5. Masukkan pakaian putih satu persatu, dan biarkan terendam selama 20 menit.
  6. Putar mesin cuci seperti biasa. Jika menggunakan tangan, kucek bila air sudah terasa agak dingin. Fokuskan pada pakaian yang ternoda lebih banyak.
  7. Bilas seperti biasa hingga bersih, dan langsung jemur agar lekas kering. karena pakaian yang keringnya lama, bisa membuat baju putih terlihat agak mangkak warnanya (tidak putih lagi).

Demikian tips dari saya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.