UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 17 May 2016

Tips Memancing Ikan Untuk Refreshing

Tips Memancing Ikan Untuk Refreshing

Kadang ada orang memancing hanya karena coba-coba. Karena belum terlatih dengan kondisi memancing, maka seringkali tidak mencapatkan ikan. Bagaimanapun juga memancing juga perlu latihan lho! Ini untuk melatih kepekaan kita dengan situasi di pemancingan. Nah, agar anda sukses di pemancingan sebaiknya sebelum memancing perhatikan hal-hal berikut ini:


Pemilihan tempat

Pemilihan tempat perlu juga dipertimbangkan sebelum kita memutuskan memancing. Karena biasanya masing-masing tempat pemancingan memiliki kelebihan serta fasilitas yang berbeda-beda. Ada yang memberlakukan dengan hitungan jam. Di sini tarif dihitung berdasarkan lama waktu yang kita gunakan untuk memancing atau berada dikolam ikan. Kolam pancing seperti ini umumnya ramai pengunjung. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan pengunjung pada jam yang sama. Disamping itu, jika anda mendapatkan ikan dari memancing anda, biasanya ikan bisa langsung kita bawa pulang tanpa harus membayar lagi.

selain itu adapula kolam pancing yang ketika masuk tarifnya sangat murah atau malah gratis. Ini biasanya, ikan yang terdapat dalam kolam tersebut jumlahnya sangat banyak, sehingga kita dimudahkan untuk mendapatkan ikannya. Jadi kita seperti membeli ikan. Biasanya ikan perkilonya dihargai sama dengan harga di pasaran. Hanya saja keuntungannya anda mendapatkan ikan lebih segar, dibandingkan dengan membeli di pasar. Kolam pancing seperti ini akan menguntungkan bagi pemancing pemula, karena jika tidak mendapatkan ikan tidak rugi, karena tidak perlu membayar meski berada di pemancingan cukup lama.

Kolam pancingpun ada yang didesign bukan hanya sebagai sarana menyalurkan hobby, akan tetapi lebih ke arah tempat rekreasi. Beragam fasilitas ada si sana, seperti mainan anak-anak, ajang permainan keluarga bahkan fasilitas yang menawarkan pengolahan ikan hasil tangkapan.

Pemilihan kail atau pancing
Kail ataupun pancing tersedia bermacam-macam model serta merk. Jika anda pergi ke toko pancing anda akan bisa membandingkan baik harga maupun dsign. Dari yang hanya berharga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Perbedaan ini berkaitan dengan bahan serta design dari pancing. Semakin bagus bahan yang dipakai, maka harganyapun akan semakin mahal. Disamping itu daya kekuatan dari pancing turut mempengaruhi. Karena tentunya penggunaan pancing pada ikan yang besar tentu berbeda dengan ikan yang kecil. Demikian pula dengan tempat memancing, di kolam atau dilaut? Semua akan berbeda pancing sesuai dengan penggunaan.

Memancing di kolam, tentu akan membutuhkan kekuatan pancing yang berbeda jika dibandingkan memancing di laut lepas. Karena di laut bisa jadi ukuran ikan jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Tentang bahan serta kekuatan dari pancing tersebut anda bisa menanyakan pada pemilik toko tempat anda membeli. Ini agar anda mendapatkan pancing sesuai dengan yang anda butuhkan. Hal ini untuk menghindari, jangan sampai saat anda memancing dan mendapatkan ikan yang besar, pancing anda terlapas atau bahkan patah. Nah sayangkan?

Jenis ikan yang disukai
Beberapa kolam pancing menyediakan ikan yang berbeda-beda. Jika tempat tersebut berupa tambak, atau dekat dengan laut, maka kemungkinannya ikan yang ditawarkan adalah ikan bandeng.
Di kolam pancing tertentu ada pula yang menyediakan ikan tombro atau ikan mas, kakap, patin, bawal, mujair, lele atau ikan dorang. Untuk lebih gampangnya agar anda tidak kecewa saat mendapatkan ikan sebaiknya anda mensurvey tempat tersebut, atau menanyakannya terlebih dahulu sebelum anda memutuskan memancing di tempat tersebut.

Peralatan mancing
Selain peralatan memancing, ada pula peralatan lain yang mesti anda persiapkan. Peralatan ini berkaitan dengan kebutuhan pribadi anda. Hal yang perlu dipertimbangkan saat akan memancing adalah anda perlu mengetahui tentang fasilitas yang disediakan pada tempat pancing tersebut. Termasuk alas yang anda pakai untuk duduk saat memancing.

Apakah anda perlu membawa tikar atau tidak. Selain itu air minum, makanan ringan hingga makanan yang anda perlukan ketika lapar. Karena beberapa kolam pancing ada pula yang tidak menyediakan kafetaria. Nah, pada kolam pancing seperti ini tentu anda harus membawa perlengkapan sendiri.
Selain perlengkapan yang berhubungan dengan makanan anda juga pertimbangkan perlu tidaknya membawa topi, atau bahkan mungkin jas hujan. Ini untuk berjaga-jaga bila turun hujan sementara di tempat tersebut tidak ada tempat teduh yang nyaman.

Persiapan perlengkapan akan lebih banyak lagi tentunya jika anda pergi mengajak keluarga. Untuk yang terakhir ini mungkin anda juga perlu membawa kamera, agar moment asyik memancing bersama keluarga bisa anda abadikan.

Mancing bersama keluarga merupakan ajang rekreasi yang mengasyikkan

Memancing bisa juga dilakukan secara rombongan. Karena kegiatan memancing juga bisa dijadikan ajang rekreasi keluarga. Memancing dengan  ditemani saudara, kakak, adik, orangtua atau anak akan memberikan kesan tersendiri. Tentu saja pemilihan tempat yang cocok harus anda pertimbangankan sebelum anda memutuskan untuk mengunjunginya. Termasuk fasilitas mengolah ikan hasil tangkapan di sana. Tentunya ini akan lebih mengasyikkan jika ikan hasil tangkapan anda bisa langsung anda nikmati beramai-ramai di sana.
Ketika semuanya sudah anda siapkan tidak menutup kemungkinan pada saat memancing anda tidak mendapatkan ikan satupun. Tidak dapat dijadikan patokan orang lain di sebelah anda mendapat ikan banyak, dan anda akan mendapatkan sebanyak itu pula. Meski memancing di tempaat yang sama dengan jenis umpan yang sama, namun hasil yang diperoleh bisa jadi berbeda.

Kemungkinan apapun bisa saja terjadi. Disaat orang-orang di sekeliling anda mendapatkan banyak ikan tetapi anda hanya mendapatkan satu, itupun hanya ikan yang ukurannya sangat kecil. Hal ini berkaitan dengan tingkat kepekaan serta kesabaran seseorang yang berbeda-beda.

Kalau di daerah Sidoarjo, ada tempat memancing bersama keluarga yang lumayan bagus, yaitu Delta Fishing. Di sana hasil tangkapan bisa langsung dimasak, dan disantap bersama-sama. Mau digoreng atau dibakar bisa. Tempatnya juga dilengkapi dengan fasilitas mainan anak-anak.

Berikut adalah tips memancing agar bisa lebih nyaman:


  • Carilah tempat yang kemungkinan banyak dikunjungi ikan. Ini bisa anda perhatikan dari tanda-tandanya yaitu berupa gerakan-gerakan ikan dalam air yang tampak seperti ombak kecil.
  • Carilah tempat yang nyaman untuk duduk, agar anda bisa betah duduk berlama-lama di tempat tersebut.
  • Umpan sebaiknya disesuaikan. Jika ikan yang ada besar-besar tentunya tidak akan mau memakan dengan umpan yang kecil. Juga sebaliknya jika ikannya kecil dengan umpan yang besar tentu tidak akan mengena sasaran.
  • Memancing membutuhkan ketenangan dan kesabaran. Untuk itu tetaplah bersikap tenang meskipun orang-orang sekeliling anda telah mendapatkan ikan sementara anda belum.
  • Jangan putus asa meskipun anda belum mendapatkan ikan. Karena menunggu umpan dimakan ikan memang membutuhkan kepekaan tersendiri. Biasanya jika seseorang telah mendapatkan ikan, selanjutnya akan mudah. Karena kepekaannya telah terlatih.

Selain harus sabar, memancing juga membutuhkan konsentrasi yang jeli. Karena jika tidak maka anda tidak akan bisa mengetahui bahwa umpan anda telah dimakan ikan atau belum. Karena keterlambatan anda dalam menarik gagang pancing akan memberi peluang pada ikan untuk terlepas. Juga sebaliknya jika anda menariknya terlalu awal, maka bisa jadi mulut ikan belum menyentuh umpan anda.

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat memancing!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.