UA-83233104-1

bintang jatuh br

Saturday, 26 November 2016

Family Day Menumbuhkan Keakraban Antara Orang Tua Dan Anak

Family Day merupakan rangkaian agenda sekolah yang bertujuan untuk menunjukkan kreativitas anak,  membangun keakraban serta meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak. Kali ini saya mengikuti acara sebagai orang tua wali murid dari anak bungsu saya yang masih TKA.

Family day kali ini bertempat di hall sekolah TKIT Nurul Fikri, tepatnya di Perum Graha Asri, Sukodono, Sidoarjo. Sabtu, 26 November 2016, Alhamdulillah pas bapaknya libur, kakaknya juga libur, jadilah kami ber 4 bisa hadir. Lengkap ibu, bapak, dan anak.

Acara dibuka oleh MC, tepat pukul 08.00.
Lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, baik dari pihak yayasan, lalu kapala sekolah KB TKIT Nurul Fikri, yaitu Jamilatun Heni Marfuah.

Diawali dengan perkenalan antara sesama wali murid. Dalam acara ini semua wali murid diminta membentuk lingkaran menurut kelompok masing-masing. Kelompok menurut kelas anaknya. Setelah membentuk lingkaran, oleh ustadzah kami diberi 4 bola yang harus dilempatkan ke arah walimurid yang berdiri dihadapannya sambil menyebutkan namanya. Jadilah kami saling kenal dan semakin akrab.



Setelah ini acara dilanjutkan dengan membuat aneka kreasi yang berbahan dari botol air mineral bekas. Kreasi harus dikerjakan oleh seluruh anggota keluarga termasuk anak juga harus berkerjasama. Setelah botol air dibentuk dengan cara digunting menurut ide masing-masing, lalu dihias dengan aneka bahan yang sudah dipersiapkan dari rumah. Ada yang membawa pita, kain flanel, manik-manik, serta aneka kain perca. Untuk peralatan seperti: gunting, cuter, lem, dan spidol, sekolah menyediakan. Meski demikian alat-alat ini kebanyakan wali murid sudah membawa sendiri dari rumah.

Subhanallah, hasilnya luar biasa.... bagus-bagus banget.
Setelah jadi hasil karya di telakkan di depan untuk dinilai oleh juri, bersadarkan kelas masing-masing. Ada kelas Paprika, kelas Selada, kelas Lobak, dan kelas Brokoli.

Hasil karya kelas Paprika


Hasil karya kelas Selada

Hasil karya kelas Brokoli


Hasil karya kelas Lobak


Saatnya pengumuman pemenang untuk kategori hasil karya terbaik. Alhamdulillah mbak Airin menang, mendapat juara 2.


Hasil karya mbak Airin


Anak-anak maju ke depan membawa hasil karya masing-masing

Setelah acara kreasi selesai, maka dilanjut dengan game seru. Biasa aja game berupa pertanyaan-pertanyaan yang ringan dan murah dijawab oleh anak-anak. Bagi yang menang akan mendapatkan hadiah. Banyak sekali hadiah yang dibaikan, kebanyakan hadiahnya peralatan masak. Ini nich yang bikin para ibu senang, hehe ...

Ada lagi salah satu game seru adalah anak-anak diminta untuk menebak judul lagi setelah diputar pada musik pertamanya. Setelah berhasil bisa jawab, maka semua anggota kelompok diminta maju ke depan untuk ikut menyanyi mengikuti lagu-lagu yang diputar. Termasuk wali murid juga ikut menyanyi.

Maju ke depan bernyanyi bersama


Diakhir acara dilanjutkan dengan ramah tamah, makan dan saling berbincang-bincang dengan sesama walimurid dan ustadzah.

Semoga family day kali ini akan berkesan bagi ananda dan memberikan sesuatu yang positif bagi masa depannya. Amin.

1 comment:

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.