UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 4 April 2017

Katakan Iya Boleh Saat si Kecil Bereksplorasi



Tak banyak yang tahu, bahwa keberanian si kecil dalam bereksplorasi adalah fase menuju perkembangan dan pertumbuhan yang lebih baik. Tak jarang para bunda memiliki rasa khawatir yang berlebihan saat si kecil mencoba hal-hal baru yang menantang. Alhasil reaksi yang umum adalah melarang si kecil saat mereka mencoba bereksplorasi. Misalnya: melarang Si kecil bermain hujan-hujan, memanjat, berlari-lari, melompat, dan masih banyak lagi larangan-larangan bunda yang ditujukan pada si kecil.

Padahal di usianya tersebut, si kecil membutuhkan stimulasi dalam proses belajar menemukan hal-hal baru. Oleh karenanya dukung eksplorasinya. Sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan yang timbul dari rasa ingin tahunya. Serta sebuah uji keberanian pada hal-hal yang terlihat menantangnya.



Di Royal Plaza Surabaya, pada tanggal 1 – 2 April 2017 kemarin, Dancow menggelar acara seru yang bertajuk: “Explore Your World” dengan tagline “IYA BOLEH”. Suatu wahana edukasi untuk mendorong kepercayaan diri orang tua dan mendukung si kecil untuk bereksplorasi. Acara ini digelar sekaligus peluncuran produk baru dari Nestle berupa susu pertumbuhan yaitu DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+, dengan pemberi sambutan oleh Riza Nopalas (Senior Brand Manager). Produk ini adalah inovasi baru yang memiliki kandungan Lactobacillus Rhamnosus hingga 3X lipat lebih tinggi dari produk sebelumnya. Produk Dancow sendiri adalah susu pertumbuhan berkualitas dan bergizi yang telah dikenal para bunda di Indonesia. Nestle DANCOW berkomitment untuk memberikan rangkaian produk untuk setiap tahapan usia si kecil, serta terus berinovasi melampaui produk (beyond the product) dengan menyediakan program parenting untuk membantu tumbuh kembang optimal si kecil melalui DANCOW Parenting Center.


Di acara inilah para bunda seolah diajak untuk berkata “IYA BOLEH” pada si kecil yang ingin melakukan eksplorasi aman. Di acara tersebut juga disuguhi tontonan video dan juga drama yang menceritakan tentang kebijakan para bunda yang memperbolehkan si Kecil melakukan permainan yang menantang, yaitu dengan mengatakan, “IYA BOLEH” saat si kecil meminta ijin untuk mandi hujan misalnya. 
Selain itu ada pula acara pers conference yang dimoderasi oleh Shanaz Haque dan diisi oleh beberapa narasumber, antara lain: 

Ratih Ibrahim (Psikolog) yang memaparkan betapa pentingnya pemenuhan kebutuhan cinta dari Bunda dan Ayah pada masa eksplorasinya, selain kebutuhan nutrisi. “Memperbolehkan si Kecil bereksplorasi merupakan salah satu wujud cinta Bunda dan Ayah. Kepercayaan diri orang tua berkata, “IYA BOLEH” untuk memperbolehkan dan melepas si kecil dengan sendirinya dapat mendorong si Kecil untuk berani dan mandiri sehingga semakin terbuka kesempatan untuk mereka belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya.”


Nara sumber lain lagi adalah Dokter spesialis tumbuh kembang anak DR dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K)  yang mengatakan bahwa, “Kebutuhan nutrisi untuk semua usia sangat penting. Terutama pasa mada pertumbuhannya. Sangat baik untuk tumbuh kembang anak sekaligus sebagai perlindungan tubuh agar selalu sehat.”
Kesimpulan yang bisa diperoleh adalah bahwa bekal perlindungan si Kecil pada fase tumbuh kembangnya adalah:


Nutrisi
Kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang akan merupakan sarana pendukung pertumbuhan, perkembangan dan lindungi si Petualang kecil. 

Cinta (Bunda dan Ayah)
Cinta yang diberikan oleh Bunda dan Ayah, akan membentuk kepribadian yang baik. Si Kecil akan lebih ceria, percaya diri, berani bereksplorasi, tekun, dan tangguh.

Stimulasi
Stimulasi diperlukan untuk mengembangkan semua potensi yang ada pada si Kecil. Antara lain minat, bakat, kreativitas, dan kecerdasan.

Ini semua adalah hal-hal yang menyenangkan bagi ayah bunda, karena mendapat ilmu yang sangat bermanfaat. Sementara bagi anak-anak tak kalah serunya. Karena Nestle Dancow Explore Your World juga dilengkapi dengan 4 area bermain yang seru, yaitu:

Art Center
Di area ini ada 2 macam permainan. Permainan Art Pertama adalah Hand Painting. Di sini si Kecil diajak berkreasi membentuk sesuatu dengan menggunakan tangan yang sudah dicelup dengan pewarna. Hasilnya si Kecil bisa menuangkan idenya dengan membentuk kupu-kupu, ayam, burung, meupun bentuk-bentuk lainnya.
Permainan Art ke dua adalah Storytelling. Dimana si Kecil diajak mendengarkan cerita dari Kak Nitnit sekaligus dipertontonkan secara visual yang menyebabkan jalan cerita lebih menarik dan si Kecil lebih bersemangat mendengarkan.


Central Park
Ini dia yang bikin si Kecil betah berlama-lama di area ini! Karena di sini si Kecil serasa diajak berpetualang ke alam bebas untuk mengamati binatang-binatang kesayangannya. Di area ini si Kecil dibekali alat dengan teknologi (berbentuk tablet)Augmented Reality, dimana ketika tablet tersebut dipakai untuk melihat gambar kupu-kupu, maka akan terlihat kupu-kupu yang sedang terbang selayaknya kupu-kupu yang terbang di alam bebas. Selain kupu-kupu ada pula kelinci, burung merak, dan gambar bakteri yang juga bisa muncul diantara bunga dan daun-daunan. Anak-anak juga dibekali jas hujan, karena dibalik aneka tanaman yang didesign menjadi taman diberi background layar audio visual yang mempertontonkan kondisi cuaca, sehingga ketika hujan juga terjadi percikan air kearah si kecil yang sedang mengamati tingkah laku binatang melalui tablet. 

Memasuki area central park

Wow... ternyata ada bakteri

Mana ya kupu-kupunya?

"itu dia kupu-kupunya terbang!"


Smart City
Di area ini si Kecil diajak untuk membangun kota Dancow menurut versinya sendiri.

Membangun kota Dancow menurut versi si Kecil

"Enaknya pake warna apa dulu ya...?"


Play Park
Di sini si Kecil diajak aktivitas yang menantang seperti: Wall Climbing, serta Bar untuk berpetualang. 


Selain 4 area utama di atas, ada pula bebeerapa area yang tak kalah serunya, yaitu:

Photo Booth. Di area ini Bunda dan si Kecil diajak untuk berfose dengan background gambar yang menarik, yang seolah-olah sedang berada di tepi laut diantara bangunan yang menjulang tinggi di Dubai.

Milking Cow. Di sini anak-anak diperbolehkan minum susu yang sudah disediakan oleh panitia. Serta ada pula patung sapi yang diberi balon pada bagian perutnya yang jika diperas akan keluar air susu seolah-olah susu sapi beneran. Di sini si Kecil diajak tentang pemahaman bahwa susu yang diminum selama ini berasal dari sapi, dan mereka tahu bagaimana cara mendapatkannya. 


Satu lagi fasilitas yang diberikan untuk Bunda dan Ayah, yaitu area Consultation. Di area ini Bunda atau Ayah bisa berkonsultasi seputar tumbuh kembang anak dengan ahlinya.


Dipenghujung acara ada sesi game, dimana si Kecil diajak berkumpul di depan panggung lalu dipilih untuk maju ke depan dan menyelesaikan tantangan. Nggak sulit sich sebetulnya tantangannya, hanya menempel puzzle yang ada tulisannya “Advanced Protection”. Ini gamenya tim, yaitu Bunda dan si Kecil. Tapi… pas gilirannya saya dan si kecil maju, grogi juga, hehe …. Ntah kenapa perasaan semua potongan kok jadi nggak ada yang pas ya? Wkwkwk …. Ketahuan dech Bundanya nggak bisa pasang puzzle. Tapi Alhamdulillah, meski nggak selesai tetap dapet hadiah. Pengalaman yang mengesankan, karena saya berhasil mengajak si kecil berani tampil di depan.  


Idiih.. Adik berani maju sendiri...!

Duuh, ternyata sulit masangnya, hehe ...

Hore... Adik dapat hadiah....!
Secara keseluruhan, acara ini memberikan manfaat bagi Bunda dan juga si Kecil. Selain Bunda, kemampuan kognitif si kecilpun akan terasah (kemampuan atensi, kemampuan memory, kemampuan psikomotorik, kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan bahasa). 
Ini rencananya juga akan ada di beberapa kota besar lainnya, seperti: Jakarta (29 – 30 April), Semarang (5 – 6 Agustus), Solo (9 – 10 September), dan Makasar (7 – 8 Oktober). Jadi nggak perlu khawatir, bagi para Bunda yang berada di luar kota Surabayapun juga bisa menikmati acara seru ini dengan datang ke kota terdekat. 
Nantikan acara serupa dikota terdekat ya Bund ...!
Semoga tulisan ini bermanfaat










16 comments:

  1. Cantik-cantik putranya Bunda....wah senengnya yg dapat hadiah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Reni ditakdirkan jadi perempuan, jadinya cantik, hhehe ....
      Iyaa... seneng. Samapai-sampai jalan waktu pulang itu hadiah dikempit sendiri, nggak boleh dibawain hihi

      Delete
  2. Acaranya beneran seru ya mbak, jauh2 datang dri Malang bawa pulang pengalaman yg berkesan dan ilmu parenting. Si kecil pun bahagia dengan ekplorasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ivonie seruu .... Alhamdulillah ketemu blogger dari jauh, berkat Dancow, hehe

      Delete
  3. Loh loh.. terakhir ada games juga ya mbak? Waah, ketinggalan diriku, pasti sudah sibuk menjelajah area permainan bersama si kecilku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gamenya malam mbak. Saya di sana sampai selesai acara. Sio kecil nggak mau diajak pulang. Padahal emaknya udah pegel kakinya, xixixi.... *usaha menyenangkan anak

      Delete
    2. hiii.. best bunda, yang penting anak-anak hepi ya mbak

      Delete
  4. Putrinya cantik-cantik Bunda... semangat bereksplorasi yaaa....
    alhamdulillah akhirnya bisa ketemuan ya meski sambil ngantri maksi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya ke kirim 2 kali ya mbak? hehe... Alhamdulillah bisa ketemu mbak Reni lagi, setelah lamaaa banget nggak dengar kabar

      Delete
  5. Isinya seneng seneng melulu bisa join acara berfaedah semacam ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul mbak, terutama anak-anak. Nggak mau diajak pulang

      Delete
  6. Aku tidak menyadari kalau ada gamenya. Hari pertama aku pulang jam 5 sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ... iya mbak. Gamenya kayaknya jam segituan mulainya

      Delete
  7. Itu overall putri-putrinya jeans kembaran ya? Cakep :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak .... design sendiri, sengaja dibuat kembaran. Biar nggak berebut
      Alhamdulillah ... makasih mbak Vicky

      Delete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua