UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 22 June 2017

Kampung Unggulan Surabaya Bentuk Pengembangan Kearifan Lokal yang Menginspirasi

Kampung Unggulan Surabaya Bentuk Pengembangan Kearifan Lokal

Melangkahkan kaki ke depan, marilah menjadikan Indonesia sebagai Negara maju dan berkembang. Tentunya ini akan terwujud atas dukungan dan kerjasama berbagai pihak dari berbagai wilayah terkait. Di setiap daerah tentunya memiliki sumber daya yang bisa dikerahkan guna menggali kearifan lokal. Dengan mengangkat kearifan lokal, maka dapat dijadikan sebagai sumber pengembangan industry kreatif.
Tak terkecuali Surabaya. Sebagai kota terbesar ke dua setelah Jakarta, Surabaya mulai mengepakkan sayapnya. Surabaya termasuk yang memiliki andil dalam pengembangan industry dan bisnis.

Sumber: wikipedia.com
Lihat saja kini, bagaimana Surabaya mendeklarasikan sebagai salah satu kota wisata di Indonesia. Banyak sekali destinasi yang mulai dikembangkan sebagai tempat rekreasi maupun refreshing di Surabaya. selain itu munculnya UKM-UKM yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya, menjadi bukti bahwa Surabaya mampu mengembangkan potensi dirinya sehingga menjadi kota yang menginspirasi.


Bahkan beberapa ada yang sengaja dibentuk sebagai upaya perombakan citra kampung agar menjadi tempat atau kampung yang indah dan dapat mengembangkan financial wilayah. Mengubah kampung menjadi kampung kreatif melalui pelatihan berbagai keterampilan pada warga sehingga terbentuk IKM (Indistri Kecil Menengah).

Contoh: mengangkat suatu daerah yang kumuh atau kotor menjadi sebuah kampung yang memiliki nilai budaya atau bisnis yang tinggi.
Masih ingatkah tentang “Doli”? Ya, sebuah wialayah prostitusi yang konon terbesar se Asia Tenggara. Tentu saja label yang memiliki konotasi negative ini tidak membuat kita sebagai warga Surabaya menjadi bangga, tapi sebaliknya malah mengelus dada. Alhamdulillah, kini wajah Doli menjadi berseri. Doli berubah menjadi kampung Wisata yang dapat menginspirasi daerah lain.

Pelatihan Batik di daerah Doli

Melalui programnya Bu Risma mengajak para penghuni wilayah tersebut, khususnya eks PSK diberikan pelatihan aneka keterampilan dan bisnis guna dikembangkan dan menjadi sumber financial yang lebih baik. Sehingga Doli tak lagi menjadi kampung bercitra buruk, tetapi justru menjadi kampung yang mampu menginspirasi daerah-daerah lain agar berkembang menjadi lebih baik.

Sumber: detik.com
 
Satu lagi, kampung Sukolilo yang dulunya menjadi penampungan sampah atau biasa disebut TPA kini berubah menjadi kampung yang indah dan asri berkat bantuan Program dari PT. Astra. Program Satu Indonesia Award PT. Astra menciptakan “Kampung Berseri Astra” sebagai bentuk kontribusi social. Melalui program tersebut, penduduk setempat diberikan pelatihan pertanian, guna menjadikan kampung lebih hijau dan asri. Selain itu PT. Astra.

Sumber: tribunnews.com
Kampung Berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau, dengan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Program ini mewakili empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra, yaitu bidang Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan Kesehatan.

Add caption
Sumber: astra.co.id

Ini sabagai salah satu perwujudan program Astra yang bertema, "Inspirasi 60 Tahun Astra", yaitu karya yang mencerminkan usaha Astra menginspirasi masyarakat Indonesia melalui 3 strategi, yakni produk & layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia Astra yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara yang selama ini telah dijalankan.






Selain kedua kampung tersebut, Surabaya juga memiliki kampung maupun sentra unggulan lain:

Kampung Unggulan Kue Penjaringan Sari

Kampung ini memproduksi aneka kue basah, cake dan kue kering. Kampung ini dinobatkan menjadi pusat kue Surabaya sejak dibuka tahun 2000. Semula hanya 3 ILM (Industri Kecil dan Menengah), dan akhirnya hingga saat ini menjadi lebih dari 23 IKM yang produkif dan siap bersaing di pasaran.

Kampung Unggulan Kerupuk
Kampung ini memproduksi aneka kerupuk yang diolah dari berbagai macam jenis ikan. Ada 5 IKM yang aktif mengolah enaka ikan menjadi kerupuk. Produksinya antara lain: kerupuk udang, kerupuk ikan payus, kerupuk kerang, serta aneka kerupuk ikan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua