UA-83233104-1

bintang jatuh br

Saturday, 5 August 2017

Prenagen Pregnancy Journey, Sampaikan Pesan Mulia Untuk Ibu Indonesia


Satu hal yang menarik perhatian saya saat mengikuti PPEJ (Prenagen Pregnancy Educational Journey) di Surabaya Ini adalah "Menyehatkan Indonesia dengan mengajak bunda menjaga kesehatan kandungan".Itulah kalimat yang terselip saat Mona Ratuliu menyapa hadirin yang memang mayoritas adalah kaum perempuan sekaligus calon ibu. Sebagai praktisi parenting dan juga artis, Mona memotivasi calon ibu untuk selalu menjaga kesehatan selama mengandung.

Menyehatkan Indonesia, mengajak bunda menjadi sehat, itulah pesan mulia sebagai realisasi dari tema event yang digelar oleh Prenagen kali ini, "Terbaik untuk yang Teristimewa"



Tak ketinggalan Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Saifullah Yusuf, bersama Wakil Ketua POGI, yaitu Bapak dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG  serta Ketua IDI Surabaya, juga turut hadir memberikan sambutan hangatnya kepada seluruh calon Ibu serta Ayah.

Gus Ipul, begitu sapaan akrab Bapak WaGub Jatim berpesan bahwa untuk menjadi Surabaya sehat, maka ibu harus sehat. Karena jika ibu sehat, maka Indonesia juga sehat. Ini sebagai kampanye guna menciptakan generasi yang sehat. Dan dari sehat inilah bisa menuju generasi yang cerdas.



PPEJ Surabaya kali ini diselenggarakan tanggal 30 Juli 2017 di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat Surabaya.
Luar biasa, pagi begitu meja registrasi dibuka pengunjung sudah berderet mengantri. Nampaknya masyarakat Surabaya kini sudah semakin peduli terhadap kesehatan terutama masa kehamilan. Ya, seharusnya memang demikian. Ketika para calon ibu ingin merencanakan kehamilan maupun yang sudah hamil, seharusnya berusaha mencari informasi dan menambah wawasan seputar perkembangan kehamilan. Tujuannya agar bumil bisa mengamati serta menjaga kehamilannya dengan baik.

Bener khan yang ngantri banyak, hehe ...

Saya amati pengunjung yang datang rata-rata ibu-ibu muda. Termasuk saya .... *Upst .....
Banyak pula dari mereka yang datang berpasangan. Seperti saya dulu, waktu hamil anak pertama juga gitu, kemana-mana pinginnya ditemeni, hehe ...
Sebetulnya ini bagus mereka datang berpasangan, karena acara ini dihadiri beberapa dokter dan ahli gizi yang akan berbagi ilmu seputar tumbuh kembang janin, kesehatan, nutrisi serta tips-tips menjaga kesehatan dan kebugaran selama kehamilan. Nah ... seru khan!

Begitu memasuki area event saya langsung disambut oleh MC yang super ramah. MC inilah yang akan memandu pengunjung tentang beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pada PPEJ Surabaya kali ini


Berikut beberapa kegiatan yang digelar selama penyelenggaraan acara ini antara lain:

⭐ Interaktif Talkshow

Pada acara talkshow ini calon bunda mendapat beberapa tambahan ilmu dan pengetahuan terutama tentang kesehatan, nutrisi, serta ada pula sesi motivasi dari brand Ambassador, dan juga peragaan senam buat ibu hamil.

Nah siapa saja sich .... narasumber yang sharing? Yuuk kita simak satu-satu!

1.    dr. Boy Abidin, SpOG (K)
2.    dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K)
3.    Andien (Penyanyi dan artis)
4.    Chef Eddrian Tjhi (Healthy Lifestyle Chef)
5.    Adianti Reksoprodjo (Instruktur senam prenatal dan post natal)

dr. Boy Abidin, SpOG (K) membawakan materi tentang Dampak Penting Kesehatan Plasenta untuk Perjalanan Kehidupan si Kecil.
Nah, apa sich Plasenta itu?

Plasenta adalah penghubung janin dengan ibu. Janin mendapat asupan nutrisi dari plasenta. Oleh karena itu plasenta harus diperhatikan kesehatannya selama masa kehamilan, karena  akan memberikan dampak jangka panjang pada bayi.

Melihat betapa pentingnya peran plasenta, bisa dikatakan bahwa kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah SEMU. Lhoh kook bisa?

Iya jelas Bunda! Karena Plasenta berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan akan nutrisi bayi dalam kandungan, dan ini suatu keharusan "You are WHAT your mother eat". Dimana semua nutrisi yang dikonsumsi ibu, melalui plasenta akan dialirkan ke Janin. Sehingga nutrisi ibu selama kehamilan harus benar-benar dijaga. Tuh khan ... betul kata dokter Boy. Jadi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi jajan atau makanan sembarangan lho Ya! .... Demikian pula dengan minumannya. Minuman juga harus memenuhi zat yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama janin.

Sayuran, serta jus buah-buahan merupakan nutrisi yang bagus bagi perkembangan janin

Dulu saya pernah, ketika hamil pertama itu mengalami rasa mual yang luar biasa. Dan ini berlangsung hingga kehamilan 7 bulan. Apalagi ketika kehamilan baru menginjak usia 1 bulan, saya itu sampai bingung karena apapun makanan yang saya makan selalu keluar lagi. Jadi makanan itu hanya enak rasanya ketika dimulut aja, setelah masuk perut langsung keluar lagi.

Tapi meski demikian saya tetap makan terus, sebentar makan lalu muntah, lanjut makan lagi. Tapi anehnya, jika yang masuk minuman perut tuh mau kompromi. Nggak muntah. Akhirnya saya mensiasati, makan nasinya dikit aja dan andalan saya adalah susu dan jus buah-buahan. Atau buat sarapan pagi biasanya saya roti sama susu, karena biasanya kalo pagi itu terasa mual banget.

Buat sarapan roti sama susu aja, buat mensiasati saat mual


Ke kantor, biasanya saya bawa susu dan air rebusan kacang hijau yang kucampur sama sedikit gula. Karena waktu itu saya masih bekerja di luar rumah. Hingga akhirnya susu khusus ibu hamil sukses selalu saya bawa kemana-mana. hehe ...terpenting buat bumil, biarpun mual dan muntah, tapi asupan nutrisi dalam tubuh harus tetap ada bagaimanapun caranya. OK... Klik khan!

Jadi pesan saya, meski ibu hamil itu merasa mual tapi tetap harus berusaha kebutuhan nutrisi terpenuhi. Jangan hanya makan menuruti selera aja! Tapi makanlah karena memenuhi kebutuhan tubuh! haha .... soklah saya .....

Sebagai catatan: Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan nutrisi yang sempurna. Untuk itu susu ibu hamil bisa dikatakan bahwa ia adalah kendaraan terbaik untuk membawa zat nutrisi yang dibutuhkan bunda.

Next ..... Kembali ke topik plasenta. Plasenta memiliki peran penting atau manfaat bagi janin.

Agar lebih jelas berikut ini adalah beberapa peran Plasenta dalam kehamilan yang sehat:
Dari plasenta Oksigen, Nutrisi, dan Hormon disalurkan ke janin, sekaligus pembuangan sampah metabolisme dan karbondioksida oleh janin.
 
Peran plasenta pada janin:
  • Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
  • Membuang zat beracun atau zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.
  • Sebagai mekanisme imunologi (kekebalan tubuh)
  • Sebagai produksi hormon yang berguna untuk perkembangan janin.
Selain itu plasenta juga berperan dalam pembentukan sistem syaraf, dan mekanisme transport DHA. Ini sangat penting bunda, karena kercerdasan atau kognitif merupakan salah satu komponen dari sistem syaraf. Subhanallah .... ternyata janin dalam kandungan itu luar biasa ya. Sudah ada suplayer yang menyokongnya hingga terlahir kedunia. Siiip ....

Apakah ada resiko atau permasalahan terkait dengan plasenta?

Ada ternyata. Kelainan atau permasalahan yang timbul berkaitan dengan plasenta adalah:

  • Preeclampsia. Adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan adanya kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini sangat berbahaya bagi organ-organ lainnya, seperti ginjal, hati, dan mata.
  • Diabetes militus gestasional. yaitu: gangguan adanya kadar glokosa yang dipicu oleh karena kehamilan.
  • Prematuritas. Bayi lahir secara prematur.
  • Kematian janin
Acara dilanjut ke pembicara ke dua. Yaitu dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K). Beliau 
menjelaskan mengenai tumbuh kembang anak. Dimana tumbuh ini mencakup bertambahnya ukuran secara fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Sedangkan definisi berkembang mencakup bertambahnya struktur  dan fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona-sosial.

Ada 2 faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu:
  1. Faktro Internal. Mencakup: genatik, ras, usia, dan jenis kelamin.
  2. Faktor Eksternal. Mencakup: nutrisi, lingkungan, penyakit, dan stimulasi.
Faktor Internal bisa dikatakan faktor bawaan. Kita tidak bisa banyak mengubah atau mengupayakannya. Namun faktor Eksternal, kita memiliki peluang besar untuk mengubah atau mengupayakannya. Contohnya: agar anak/ janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, maka seorang ibu harus memberikan nutrisi yang sempurna selama kehamilan, memberikan ASI eksklusif setelah bayi lahir hingga usia 2 tahun.

Seberapa pentingkah ASI bagi Janin?
Asupan ASI memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan syaraf pusat. Karena pada ASI terdapat Laktosa yang dalam prosesnya berpengaruh terhadap pembentukan otak terutama LTM (Long Trem Memory) atau memori jangka panjang.

Tentang perkembangan saraf ini kita bisa memantaunya dengan melihat kondisi saat periksa kehamilan. Bagi bunda yang bisa rutin kontrol, hal ini bisa ditanyakan ke dokter kandungannya


Ini Bunda harus tahu

Kita harus melakukan pemantauan terhadap perkembangan Saraf. Karena banyak kelainan yang terjadi sebagai akibat gangguan safar, antara lain: Hydrocephalus, Kerusakan tabung saraf, Serebral palsi, dan autis. Nah, dengan adanya pemantauan diharapkan kelainan-kelainan tersebut sedini mungkin bisa terdeteksi.

Selanjutnya Talkshow diisi oleh  Chef Eddrian Tjhi (Healthy Lifestyle Chef). Dikesempatan kali ini chef  Eddrian  memberikan tips membuat smoothies khusus untuk Bumil. Antara lain Smoothies Pisang Coklat, Smoothies Pepaya Pisang, Smoothies Bowl, Smoothies Puding Coklat, dll. Chef Eddrian sendiri adalah seorang ahli memasak dan menciptakan berbagai menu makanan sehat. Profesi chef telah membawanya meraih berbagai penghargaan dan juga mengajar di beberapa cooking school .


Selain mengandung nilai gizi tinggi resep dari Eddrian juga tergolong enak rasanya. Saya tahu rahasianya. Rahasianya adalah Chef tersebut memadukan antara buah dan susu. Karena jika rasa susu aja, kadang ada yang nggak suka, mungkin rasanya atau aromanya. Nah, setelah dicampur dengan buah, maka aroma susu atau khas susu yang sebagian orang tidak menyukainya menjadi suka. Rasanya segar buah, dan aromanya menggoda, siapapun pasti suka!

Nah, Sekarang apa sich buah kesukaan bunda? 

Coba dech dicampurin dengan susu hamil pilihan bunda, pasti menjadi sukaaa ... banget, karena rasanya lebih enak dan nikmat, ehmmm .....

Lalu acara dilanjut dengan senam hamil yang dipandu oleh Adianti Reksoprojo.
Adalah seorang Instruktur senam pertama di Indonesia yang telah mendapat sertifikast untuk senan prenatal dan post-natal. Menurutnya, olah raga sangat penting untuk ibu dan keluarga.
Ia mengajar kelas Fit Mum & Bump, yaitu program functional training bagi ibu hamil , fit mum & bump, dan fit mum & bump stroller workout, adalah sebuah program yang ia ciptakan khusus agar ibu tetap berolah raga bersama si kecil. Dan iapun juga telah mendapatkan sertifikasi LT Crossfit Coach, dan prenatal & post-natal trainier.

Dari sini saya tahu, bahwa ternyata bumil itu boleh tetap berolah raga. Dan olah raga yang seperti apa yang boleh dilakukan oleh bumil?
Sebelum berolah raga, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu bahwa ada hal-ahal yang harus kita perhatikan, antara lain:
  • Kondisi kesehatan kandungan. Perkembangan kesehatan bagus, dan tidak bermasalah.
  • Tidak ada riwayat penyakit dalam yang membahayakan kandungan.
  • Waktu olah raga.
  • Kemampuan  berolah raga.




Bersama Adianti, peserta dipandu melakukan senam PRENAFit. Merupakan serangkaian tahapan senam bagi Ibu hamil dan menyusui yang sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi. Senam PRENAFit sendiri sudah direkam dalam bentuk VCD, sehingga peserta yang hadir juga bisa melakukan sendiri di rumah dengan mengikuti petunjuk seperti yang ada dalam video tersebut.

Uniknya, rangkaian senam PRENAFit itu sendiri dibagi menjadi 3, yaitu:
  • Warming up dan cooling down
  • Senam kehamilan trimester 1
  • Senam kehamilan trimester 2
  • Senam kehamilan trimester 3
  • Senam post natal (Setelah melahirkan)


Asyiknya mengikutti senam PRENAFit .... biar tetap fit!



⭐ BOOTH Konsultasi pemeliharaan breast

Ada penyuluhan tentang bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan payudara selama hamil dan menyusui lho! Asyik khan! Disini para calon ibu maupun yang berstatus ibu mendapat pengetahuan tentang bagaimana merawat payudara. Termasuk bagaimana membersihkannya dan memijitnya agar terjaga kesehatannya.

Mengapa harus dipijat?

Tujuan pemijatan di sini adalah untuk melancarkan peredaran darah. Karena apabila peredaran darah lancar, maka besar kemungkinan ASI yang keluar akan bisa maksimal, terutama bagi ibu-ibu yang menyusui. Sementara pada tahap kehamilan, calon ibu akan mendapatkan rasa nyaman dan bisa mengurangi rasa nyeri akibat pembesaran volume serta peningkatan hormon.

Peserta bersemangat mendapat pengetahuan seputar breast.
⭐ BOOTH Konsultasi pemeliharaan breast
Ada juga lho area konsultasi kesehatan. Di sini para bunda bisa berkonsultasi dan diskusi seputar perkembangan kehamilan maupun menyusui pada pakarnya.

Di sini pengunjung juga bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah, maupun pemeriksaan berat badan guna mengetahui perkembangan kehamilannya.



Saya periksa juga lho ...

⭐ BOOTH pengelolaan resep menu sehat untuk bumil dan busui

Bersama chef Edrrian, pengunjung mendapat pengetahuan betapa mudahnya membuat minuman segar dan sehat yang bagus bagi kehamilan dan masa menyusui.

Aneka resep smoothies telah dipaparkan dengan jelas dan praktek langsung, agar ibu-ibu bisa mencobanya sendiri di rumah.
Sebagai bentuk apresiasi, chef Eddrian juga membagikan secara gratis smoothies-nya kepada pengunjung bagi yang berminat. Ehmm ... segar ... dan enak! Saya mendengar komentar beberapa yang sudah mencobanya.

Chef Eddrian membagikan smoothies pada pengunjung
Senengnya dapet ilmu baru tentang bagaimana menikmati susu bersama buah-buahan yang kita sukai. Sekarang, Nggak ada alasan khan nggak suka susu? Tuh .. susunya jadi enak rasanya! hehe ....

⭐ Area Mini play ground


Area ini sengaja disediain bagi pengunjung yang kebetulan membawa anak yang masih kecil atau balita. Jadi tak perlu khawatir anak akan bosan diajak ke sini meski padat pengunjung khan!

Saya juga membawa serta ke dua anak saya. Tuh khan mereka bisa enjoy, menikmati kue-kuenya. Setelahnya ia membaca buku, menggambar, dan mewarnai sesukanya.

Si kecil sedang asyik di area mini play ground
⭐ BOOTH pendaftaran aplikasi "Hallo Bumil"


Aplikasi "Hallo Bumil" 
Adalah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi seputar kehamilan.  Aplikasi ini dikembangkan oleh tim digital PT. Cakra Radha Mustika yang bekerjasama dengan tim medis berpengalaman yang memahami perjalanan/ tahapan kehamilan.

Tujuannya mengakomodir kebutuhan para calon ibu menurut pandangan medis, melalui fitur yang disediakan. Contohnya: kontrol kehamilan, serta berbagai artikel seputar kehamilan yang disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga mudah mula mempraktekkannya.

Jadi aplikasi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi mengenai perkembangan janin dari pertama hingga menjelang kelahiran. Selain itu calon ibu juga akan mendapat informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilannya.

Kedua kebutuhan ibu tersebut terpenuhi pada sebuah fitur aplikasi "Hallo Bumil", yaitu:
  • Fitur Timeline Kehamilan
  • Fitur Artikel
Fitur Timeline Kehamilan, memuat pantauan atau monitoring perkembangan janin dari minggu ke minggu. Sedangkan Fitur Artikel memuat informasi mengenai nutrisi ibu dan bayi selama usia kehamilannya.


Ada empat fitur utama dalam aplikasi Hallo Bumil

Kelebihan Aplikasi
  • Tampilannya unik. Dimana si kecil seakan-akan bercerita kepada bunda mengenai pertumbuhan dan perkembangan dirinya dari hari ke hari.
  • Terdapat Fitur Kontrol Kehamilan. Yaitu salah satu fitur penting yang membantu bunda dalam memonitor perkembangan melalui berat badan mingguan.
Gimana coba nggak kebayang-bayang rasa kangen bunda pada si kecil, kalau ada aplikasi yang serasa menstimulasi kayak gini .... ? Jadi kayak nggak sabar ya bunda ... pingin cepat-cepet keluar aja! hehe ...

Nah untuk tautan mengunduh aplikasinya adalah: www.hallobumil.com/android

 Secara keseluruhan acara ini seru banget. Banyak ilmu dan pengalaman yang dapat kita serap.
Jangan lupa ikutan lagi diacara Prenagen yang lainnya ya Bunda?
Sampai Jumpa! ..................


2 comments:

  1. Waaaah...mbak masih mual muntah hingga usia kandungan 7 bulan, ya? Tapi untungnya tetap mau penuhi nutrisi dg konsumsi kacang ijo. Jadi pengen... Susu + kacang ijo enak tuh. Kira2 prenagen bakal keluarin varian ini gak ya? Hihi

    Beruntung yaaa bs bertatap muka lgsg dg Mona dan gus ipul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, hamil pertama emamng luar biasa rasanya. Pokoknya nano-nano dech! hehe ...
      Bagus tuh idenya, susu kacang hijau.
      Alhamdulillah ...

      Delete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua