UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 14 September 2017

Penerapan Stimulasi Kecerdasan dalam Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga


Penerapan Stimulasi Kecerdasan dalam Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga 

Sore itu, saya ingin menyampaikan informasi ke suami akan adanya Seminar persembahan Morinaga yang mengangkat tema tentang konsep dan penerapan aktifitas  stimulasi anak agar tumbuh menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Saya menganggap acara ini sangat bermanfaat, terutama bagi Ayah Bunda yang masih memiliki anak usia balita seperti saya. 

"Pa, Morinaga sedang mengadakan Konferensi Ayah dan Bunda", Saya mencoba mengawali pembicaraan.

Sementara suami belum memberikan tanggapan dan masih asyik dengan handphonenya. Sayapun mencari cara,
gimana memulai pembicaraan untuk mengajaknya.

"Pa, ayuk ikut seminar parenting!" pintaku to the point.
"Nggak ah. Nggak usah. Itu buku-buku koleksi Mama tentang parenting khan sudah banyak. Ngapain harus ikutan seminar segala?" jawab suami sekenanya.

Mungkin suami bukanlah satu-satunya ayah yang menganggap seminar parenting tidak terlalu penting. Tetapi masih banyak para ayah di luar sana yang juga punya pemikiran sama.

Tak ada yang salah dalam hal ini. Hanya saja jika kita mau sedikit saja meluangkan waktu untuk memperluas wawasan, tentu akan sangat banyak manfaatnya. Apalagi tema parenting yang mencakup tumbuh kembang anak tentunya sangat perlu untuk diketahui.

Tumbuh Kembang anak harus dipantau.
Mengapa?

Tujuannya tidak lain adalah, agar kita bisa memproteksi sejak dini dan sedapat mungkin meminimalkan faktor resiko yang mengarahkan pada tumbuh kembang dalam jangka panjang. Karena bertumbuh dan berkembang bukanlah suatu hal yang terjadi begitu saja, namun kita harus mengupayakannya. Agar tercapai pertumbuhan yang optimal. Begitulah kira-kira yang menjadi salah satu misi dari Morinaga, yang acara perdananya diadakan di The Kasablanka, Mall Kota Kasablanka Lt.3 pada tanggal 6 Mei 2017 lalu.

Karena ingin mengikuti acara parenting ini, sayapun tak patah semangat memotivasi suami agar mau ikut.

"Pa, di acara Konferensi Ayah Bunda Platinum ini nanti akan banyak lho pengetahuan yang kita dapat! Apalagi Morinaga telah mempersiapkan narasumber yang ahli dibidangnya." Dan bla...bla...bla...sayapun mengeluarkan jurus rayuan maut, bhaha ...

Setelah beberapa saat negosiasi terjadi, akhirnya ....

"Ya sudah ayuk!" jawabnya enteng, seakan hanya karena alasan tidak ingin membuat istrinya kecewa.

Alhamdulillah …. Deal. Tak penting apa alasannya, bagi saya yang penting suami bersedia ikut.

Dan ayahpun turut hadir pada acara tersebut.

Hari Minggu, 10 September 2017 acara Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga diselenggarakan. Begitu sampai di lokasi yang bertempat di Convention Hall Grand City mall Surabaya, “Luar biasa”, sayapun berdecak kagum. Ternyata pengunjung, yang dominan berkostum merah sudah berjubel memadati area registrasi. Padahal acara seminar masih belum dimulai. Dan lebih mengagumkan lagi tak hanya ibu-ibu, tapi banyak pula para ayah yang juga turut dalam antrian yang panjang.

"Ternyata, banyak juga ya ayah yang ikutan seminar ini!", ucap suami dengan wajah sumringah.

Ya ... akhirnya saya baru mengerti. Ternyata para ayah itu butuh motivasi untuk bisa ikutan acara seperti ini. Jadi kalaupun ada yang keberatan untuk ikutan acara seperti ini, bukan berarti dia memang nggak mau. Tapi bisa jadi mereka nggak tahu tentang seberapa penting tema yang diberikan untuk membantu memdampingi anak-anaknya.

Saran saya sich, ayuuk bunda tetap bersemangat memotivasi diri sendiri dan juga suami untuk selalu menambah wawasan/ pengetahuan seputar pendidikan maupun tumbuh kembang anak. Dengan cara mengikuti seminar atau workshop tentang parenting seperti ini.

Play Ground Area

Setelah registrasi saya mengunjugi beberapa area booth yang telah dipersiapkan panitia. Pertama kali yang menarik perhatian saya adalah area play ground. Karena saya membawa serta kedua anak saya, maka area inilah yang pertama kali saya tuju.

Disini anak-anak bisa bermain prusutan, dan ada juga permainan pasir. Anak-anak betah, karena pasir yang mereka pegang bukan sembarang pasir, tapi pasirnya adalah “pasir Ajaib”. Pasir yang bisa dikumpulkan menjadi satu lalu diuraikan lagi secara terpisah.Ia bebas membentuk kreasi apa saja yang dia mau.
Anak-anak jadi betah di area ini, meski ramai pengunjung. Lumayan dapat hiburan yang dapat mengurangi boring pada anak.

Berikut ini fotovideo suasana Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga
video

Ada lagi booth yang membuat saya merasa harus mengunjunginya adalah Allergy Total Solution. Booth ini disediakan khusus buat bunda/ ayah untuk mengetahui apakah Si Kecil berpotensi menderita alergi apa tidak. Di sini kita bisa berkonsultasi seputar permasalahan alergi pada anak. Nantinya kita akan dipandu untuk menggunakan aplikasi atau web cekalergi.com.

Cek Alergi

Alergi sendiri, salah satu penyebabnya adalah faktor genetik. Jadi anak bisa mengalami alergi oleh karena diturunkan dari orang tuanya. Anak yang memiliki riwayat anggota keluarga alergi, maka akan berpeluang mengalami alergi lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Dapatkah kita melihat, seberapa besar resiko alergi pada Si Kecil?

Ternyata bisa, yaitu melalui 3 langkah. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke fitur cekalergi.com
2. Ikuti petunjuk/ panduan yang tersedia
3. Dapatkan hasil, berapa besar resiko alergi Si Kecil?


Melalui fitur cekalergi.com maka kita akan mendapat banyak informasi tentang seputar alergi.

Yuuk kita tengok fiturnya, apa aja sich yang ada di dalamnya?

Dapatkan beragam informasi bermanfaat seputar alergi 
pada Si Kecil melalui cekalergi.com 

Fitur cekalergi.com

Kenali Alergi
Setiap anak tidak menutup kemungkinan mengalami alergi. Dan penyebab alergi itu sendiri bermacam-macam. Apa yang dapat menyebabkan alergi, dan apa saja gejalanya? Di fitur ini kita akan mendapatkan banyak informasi dan juga tipsnya seputar alergi.


Cek Alergi
Alergi sendiri kadang tidak gampang menanganinya. Oleh karenanya cari tau di sini, seberapa besar resiko alergi Si Kecil dan temukan solusi untuk mengatasinya.
 

Dokter Rujukan
Memberikan ruang konsultasi kesehatan anak melalui fitur Tanya Dokter serta Live Chat. enaknya di sini lengkap memuat list dokter sebagai rujukan.
Info Nutrisi
fitur ini akan menjawab pertanyaa, "Apakah nutrisi yang kita berikan dapat mendukung si kecil menjadi generasi platinum? di sini kita akan mendapatkan info nutrisi yang mendukung tumbuh kembang Si Kecil.
Artikel
Pada fitur ini kita akan menjumpai beragam artikel edukatif  yang sangat bermanfaat. 

Makanan Bebas Alergi
Merupakan kumpulan resep masakan yang lezat serta bebas alergi yang bisa kita sajikan untuk Si Kecil.

Cerita Bunda
Memuat berbagai pengalaman para bunda seputar tumbuh kembang Si Kecil bersama Morinaga.

News & Promo
Adalah info seputar event dan promo produk Morinaga.Nah, ini nich yang disukai oleh para mommies.

Inilah video yang menjelaskan pada kita tentang bagaimana cara menggunakan!



MI Play Plan 
#30HariMain (Kenali Kecerdasannya Sejak Dini wujudkan Multitalentanya!

 Selesai dari booth cek alergi, saya berjalan menuju booth lain. Karena penasaran, saya dan suami terhenti pada booth yang bertuliskan MI Play Plan.

Baik, agar nggak terlalu lama penasaran akan saya jelaskan tentang "Apa itu MIPP?"

MIPP adalah ..

Singkatan dari istilah Morinaga MI Play Plan. Merupakan situs atau website yang bernama morinagamiplayplan.com yang akan membantu para ayah/ bunda untuk mengembangkan talenta dengan cara bermain. MIPP telah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kecerdasan Si Kecil dan membantu orang tua untuk mengasah Multiple Intelligence pada si kecil dengan cara permainan.

"Bunda, mencari ide-ide kreatif untuk bermain anak-anak itu sulit nggak?"

Ya, kadang kita merasa repot mencari ide permainan yang cocok untuk anak kita. Nah, morinagamiplaplan.com menjawab kesulitan bunda. Bunda tak perlu pusing dan kesulitan lagi, karena ide bermain MI Morinaga (Morinaga MI Play Ideas) akan membantu bunda dalam mencari ide-ide bermain yang menarik. Harapannya Bunda dan Ayah dapat memfaatkan waktu secara berkualitas, sekaligus mengamati minat Si Kecil dengan cara menyenangkan.

Perhatikan contoh di bawah ini!


Untuk bisa menggunakan fitur serta berbagai manfaat pada webside tersebut, maka kita mendaftar terlebih dahulu. Tapi tenang aja daftarnya gratis kok bund, hehe ...

Cara mendaftar MI Play Plan :
  1. Pertama kita masuk ke situsnya morinagamiplayplan.com
  2. Lalu lakukan klik "register". 
  3. Setelah dapat balasan melalui email untuk aktivasi, maka kita sudah bisa melakukan "Login". 
  4. Setelah login, pilih fitur yang dinginkan. Misalnya kita pilih, "Ide Bermain". 
  5. Lalu klik Umur, sesuaikan dengan usia anak (perhatikan lingkaran merah pada gambar). 
  6. Setelah umur pada Kategori, pilih "Jenis Kecerdasan" yang diinginkan. Dalam contoh saya coba memilih "Kecerdasan Naturalis". 
  7. Nah setelah itu akan muncul jenis permainan yang sesuai dengan usia anak kita, dan lengkap dengan panduan step by stepnya.


Nah, ternyata nggak sulit khan Bunda mencarikan ide bermain buat anak Kita? di situs tersebut kita akan menemukan aneka macam jenis permainan yang dapat digunakan sebagai sarana menstimulasi Si Kecil.
Alhamdulillah .... dapat satu lagi bahan pendampingan untuk Si Kecil..

"Yuuk, kita ke sana sekarang Ma..!"  ajak suami untuk melihat booth selanjutnya, setelah kita dapat penjelasan lengkap tentang MI Play Plan.

Asli, seru banget acaranya. Seneng banget dapat banyak ilmu dan pengetahuan, semoga juga akan banyak manfaat. Suamipun mengakui demikian.

Kami berjalan lagi keliling area acara, tanpa melewatkan satu booth-pun. Puncaknya kami berhenti di foto booth. Area seperti ini yang juga menjadi favorit anak saya. Seperti biasa iapun mencoba berbagai pose. Dan, sukse kita jeprat-jepret di sana.

Jeprat jepret di area foto booth

 Tepat jam 09.00 kami masuk menuju aula ruang seminar. Ternyata kursi sudah banyak yang terisi. Tak lama kemudian pembawa acara menyapa kami, dan acara seminar dimulai dengan moderator seorang artis keren bernama Teuku Zacky.

Pengunjung sudah mengambil posisi duduk sesuai selera.

Narasumber 1

Pada sesi  pertama ini materi disampaikan oleh DR. Dr. Ahmad Suryawan SpA(K) sekaligus Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD DR. Soutomo / FK Unair Surabaya. Tema yang diambil adalah tentang Faktor Pembentuk Anak Generasi Multi Talenta.

Apa yang dimaksud dengan Generasi Multitalenta?

Sebelum kita berbicara panjang lebar tentang apa itu Generasi Multitalenta, sebaiknya mari kita jawab pertanyaa berikut:

Pernahkah anda mendengar ada anak berbakat di beberapa bidang sekaligus? Pelajaran ilmu pengetahuan alamnya baik, sekaligus di bidang ilmu pengetahuan sosialnya juga baik. Nilai Matematikanya bagus, biologinya juga bagus. Ia menguasai Ilmu sejarahnya, ia juga menguasai ilmu geografi. Ia pandai Menggambar, dan ternyata acting bermain perannya (drama) juga ia kuasai.

Lalu kita juga sering mendengar ada artis ibu kota yang serba bisa. Ia seorang pemain sinetron yang  terkenal yang juga merangkap menjadi penyanyi, bisa menjadi presenter dan nampak lincah, cerdas dan komunikatif. Dan yang lebih mencengangkan lagi, ia lulusan dari Universitas Negeri terkenal dengan nilai yang bagus pula.

Itulah Multitalenta.



Kira-kira, apakah Bunda juga mau bila anaknya memiliki kecerdasan yang multitalenta seperti itu?

Pasti mau donk! Begitupun saya ..
Nah sekarang, mari kita cari tahu, apa saja sich Faktor yang akan menbentuk Anak menjadi Generasi Multitalenta?

Dalam seminarnya dokter Ahmad memaparkan, bahwa proses pembentukan generasi  multitalenta membutuhkan waktu yang panjang dan harus terencana dengan baik. Masa ini rentan terhadap berbagai serangan yang berpotensi menganggu bahkan merusak. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah tameng/ perisai untuk melindungi tumbuh kembangnya supaya berjalan secara optimal hingga dewasa.

Empat perisai tersebut adalah:



Pertama, Perkembangan Otak

Perkembangan otak dimulai sejak seseorang dalam kandungan hingga ia dilahirkan.  Jadi setiap anak berkesempatan mempunyai otak cerdas. Oleh karenanya perlindungan terhadap perkembangan otak si kecil harus dimulai sedini mungkin. Karena jika tidak, mengakibatkan si kecil berada pada situasi terancam, yaitu mengalami gangguan perkembagan otak.

Akibatnya pertumbuhan dan perkembangannya akan mengalami gangguan dalam jangka panjang bahkan bisa bersifat permanen seumur hidupnya.

Gangguan tersebut bisa terjadi karena kegagalan dalam menyediakan fasilitas dan perlindungan pada anak sejak usia dini, diantaranya adalah tidak terpenuhinya nutrisi serta stimulasi yang diberikan oleh lingkungannya.

Berikut adalah hal-hal penting seputar Perkembangan Otak:

🍎 Nutrisi berperan sebagai pembentuk otak anak cerdas

Yaitu sebagai pembangun struktur otak anak yang dilalui dengan 2 cara. Secara langsung dan tidak langsung.
-    Secara langsung dalam proses pembentukan sel sel dan jaringan otak.
-    Secara tidak langsung melalui peran nutrisi dalam kesehatan anak yang kemudian akan berdampak positif dalam proses pembentukan otak.

🍎 Stimulasi memperkaya koneksi sirkuit otak si kecil

Stimulasi adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh orang tua / lingkungan yang bertujuan merangsang anak untuk dapat melakukan berbagai kemapuan. Melalui stimulasi, orang tua dapat mamasukkan informasi ke otak anak melalui panca indra secara simultan. Stimulasi ini sebagai sarana pemberian pengalaman kepada anak, sehingga meski mudah dilakukan namun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Stimulasi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar supaya terbentuk jaringan sirkuit otak untuk kemampuan yang positif dan bertahan secara permanen sampai ia dewasa.


Prinsip pemberian stimulasi yang baik dan benar adalah dimulai sejak usia dini (dalam kandungan) dengan cara menyenangkan dan tidak memaksa. Karena jika stimulasi diberikan dengan cara memaksa, maka otak anak akan mengeluarkan hormone stress yang dapat merusak jaringan sirkuit yang sudah terbentuk sebelumnya. Sedangkan stimulasi yang baik dan benar akan memperkaya koneksi sirkuit yang sudah terbentuk sebelumnya. Sehingga akan mengembangkan kreatifitas pada anak dimasa depan.

Stimulasi harus disesuaikan dengan kemampuan pada usia perkembangan

Pemberian stimulasi juga harus disesuaikan dengan kemampuan perkembangan anak saat itu. Bila orang tua “memaksakan” memberikan stimulasi jauh diatas kemampuan usianya, maka dapat mengakibatkan kemajuan kemapuannya terhambat. Sebaliknya bila orangtua memberikan stimulasi jauh dibawah kemampuan anak maka stimulasi tersebut tidak banyak membantu mengembangkan kemampuannya. Oleh karenanya pemberian stimulasi yang baik dan benar bila orang tua mampu mengenal dengan baik kemampuan anaknya sehari-hari.

🍎 Memantau tumbuh kembang otak si kecil

Kemampuan orang tua memantau tumbuh kembang otak anak akan menentukan keberhasilan tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Orangtua akan mampu menemukan serta menangani bila ditemukan suatu kekurangan atau gangguan pada masa tumbuh kembangnya. Bila tidak segera ditangani, maka gangguan tersebut beresiko akan menetap seumur hidup anak.

Pemantauan tersebut bisa dilakukan dengan cara: melakukan pemantauan lingkar kepala pada anak, pemantauan pada fungsi otak pada setiap tahap perkembangan usianya, atau pemantauan menggunakan peralatan kedokteran modern.

Kedua, System Ketahanan Tubuh


System ketahanan tubuh bekerja melalui dua mekanisme. Pertama, perlindungan secara umum yang sebagian besar berada diluar tubuh. Contohnya: kulit, cairan lendir pada saluran nafas dan pencernaan, bulu mata/hidung, serta berbagai cairan kimiawi pada saluran pencernaan(asam lambung). System perlindungan umum berkaitan dengan kwalitas pertumbuhan fisik pada anak. Umumnya anak yang pertumbuhan fisiknya baik akan memiliki perlindungan umum yang baik pula.

Kedua, perlindungan secara khusus yang berada didalam tubuh dan diperankan oleh berbagai sel darah dan kelenjar getah bening. Sistem perlindungan khusus berkaitan dengan pengaturan dua arah antara system ketahanan tubuh dengan perkembangan otak dan kesehatan saluran cerna. Oleh karenanya biasanya bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sejak lahir akan memiliki system ketahanan tubuh yang baik, karena saluran cerna pada bayi ASI sudah terbangun secara lebih sempurna.

Hal-hal yang berkaitan dengan System Ketahanan Tubuh:

🍏 Nutrisi pembentuk ketahanan tubuh si kecil

Peran nutrisi sebagai pembentuk system ketahanan tubuh mencakup pada periode: ibu hamil, janin, bayi dan anak. Proses pembentukan system imun untuk daya tahan tubuh anak sudah dimulai sejak dalam kandungan. Jadi optimalisai asupan nutrisi ibu saat hamil akan menentukan keberhasilan janin membentuk dan mengelola sistem ketahanan tubuhnya. Beberapa zat yang dibutuhkan untuk membangun daya tahan tubuh anak antara lain berbagai jenis asam amino (arginin, glutamine, histidin), asam lemak (omega 3, omega 6), vitamin (A, betacarotine, B5, C, D, E), mineral (iodium, selenium, zinc) dan berbagai jenis pre/probiotic.

Nutrisi paling bagus adalah susu. Karena dalam susu mengandung banyak zat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ susu pertumbuhan usia 1 – 3 tahun. Formula Platinum MoriCare+ . Inovasi Unggulan berupa sinergi nutrisi antara faktor Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda dan faktor Tumbuh Kembang Optimal mendukung Si Kecil menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta.

🍏 Agar anak tidak mudah sakit

Anak harus memiliki system kekebalan normal yang mampu membentuk daya tahan tubuh optimal. Sistem kekebalan tubuh harus bekerja secara seimbang, yaitu tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Karena bila terlalu rendah maka tubuh tidak akan mampu menahan serangan penyakit (anak mudah sakit).

Sebaliknya bila system kekebalan tubuh terlalu tinggi maka tubuh akan menjadi sensitive bereaksi terhadap serangan penyakit, padahal serangan tersebut bisa jadi tidak berbaya bagi tubuhnya. Contoh anak  yang memiliki system kekebalan tubuh terlalu sensitive adalah terjadinya alergi pada anak.

🍏 Mengoptimalkan ketahanan tubuh anak

Upaya mengoptimalkan ketahanan tubuh anak dapat dilakukan dengan pemberian nutrisi bekualitas dan imunisasi di awal. Selain itu bisa juga melalui upaya eksternal atau menstimulasi pembentukan zat kekebalan dari luar tubuh anak. Contohnya dengan cara melakukan berbagai aktivitas yang seimbang dan kesempatan istirahat yang cukup.


🍏 Mengenal berbagai gangguan ketahanan tubuh si kecil

Mengapa? Karena gangguan pada system ketahanan tubuh anak dapat menimbulkan bebagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Penyebabnya adalah karena system ketahanan tubuh tidak bejalan secara seimbang dan optimal. Bisa jadi karena system ketahanan yang terlalu lemah, kurang sensitive, dan terlalu sensitive. Jika terlalu lemah maka tubuh anak tidak mampu merespon benda / zat asing atau bibit penyakit yang mencoba masuk kedalam tubuh.

Dalam hal ini sistim ketahanan tubuh anak kurang sensitive (hyposensitive) atau tidak memiliki kepekaan untuk mendeteksi benda asing tersebut. sehingga respon tubuh terhadap serangan penyakit berjalan sangat lambat. Contoh, anak sering kali terserang infeksi telinga, hidung, tenggorokan dan paru (pneumonia). Contoh lain, saat penyakit kanker yang menyerang anak. Sedangkan ketahanan tubuh yang terlalu sensitive (hypersensitive) maka system ketahanan tubuh beresiko dapat menyerang tubuh anak sendiri (reaksi otoimun).
   
Ketiga, Tumbuh Kembang Optimal

🍒 Mengenal ciri ciri tumbuh kembang anak normal

Untuk mengetahui tumbuh kembang anak secara normal bisa dilakukan pengukuran pada berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Ukuran tubuh harus tumbuh secara proporsional sebagaimana tingkat perkembangan sesuai usianya.

🍒 Nutrisi dimasa bayi – harus diawali dengan ASI

Karena ASI sudah mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh pada proses pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu ASI juga mengandung zat yang membentuk ketahanan tubuh bayi. Sehingga pemberian ASI harus sudah dilakukan sejak sesaat setelah dilahirkan hingga usia 2 tahun atau lebih. Sementara pemberian makanan padat pendamping ASI (MPASI) bisa diberikan pada usia 6 bulan. Contoh MPASI yang bisa diberikan biskuit atau bubur bayi Milna.

Bubur dan biskuit Milna, produk Kalbe Farma

🍒 Nutrisi dimasa anak – sesuaikan usia dan tahap perkembangan

Pemenuhan nutrisi dimasa anak harus dimulai dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama. Setelah itu semakin meningkatnya kebutuhan energi utnuk pertumbuhan dan aktifitasnya, selain ASI dibutuhkan makanan pendamping lainnya secara bertahap. Dimulai dari bentuk cair terlebih dahulu, lalu halus, dilanjutkan kasar dan setelah itu baru makanan yang berstekstur seperti makanan dewasa. Ini harus disesuaikan dengan pertambahan usia dan tahapan perkembangan anak.

🍒 Pengukuran pertumbahan anak harus dini, rutin dan kontinyu

Perjalanan pertumbahan anak secara normal, umumnya berlangsung dengan pola yang sama, tetapi dengan kecepatan yang berbeda-beda untuk setiap anak. Hal ini dibutuhkan pemantauan pertumbuhan secara individual, baik untuk mengetahui pencapaian pertumbuhan anak disetiap tahapan usianya maupun untuk mengetahui kecepatan tumbuh anak dalam kurun periode usia tertentu.

Keempat, Kesehatan Saluran Cerna

Struktur saluran cerna anak mulai terbentuk secara bertahap sejak dalam kandungan. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan saluran cerna, yaitu komposisi dan fungsi mikrobiota didalamnya. Berdasarkan beberapa riset bahwa komposisi mikrobiota akan membentuk sistim imun pada anak dan sangat berpengaruh pada pola pertumbuhan fisik serta pembentukan koneksi sirkuit otak. Atau biasa dikenal dengan teori (gut-brain-immunity-growth axis)

🍇 Ciri anak dengan saluran cerna yang sehat

Anak yang mempunyai saluran cerna sehat ditandai dengan berfungsinya saluran cerna dengan baik. Anak jarang atau bahkan tidak pernah menunjukkan berbagai gangguan saluran cerna seperti: diare, muntah atau konstipasi (BAB dengan tinja keras). Selain itu proses tumbuh kembangnya juga berjalan dengan pola dan kecepatan normal sesuai usianya.

🍇 Saluran cerna anak – pondasi tumbuh kembang jangka panjang

Jika saluran cerna anak baik, maka nutrisi yang masuk kedalam tubuh akan diserap sedara optimal untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

🍇 Saluran cerna anak – sang otak kedua

Saluran cerna anak yang baik akan mampu memberikan asupan zat yang dibutuhkan dalam pembentukan otak secara optimal sehingga apabila saluran cerna terganggu maka seluruh proses kerja organ tubuh akan mengalami gangguan.

Narasumber 2

Setelah materi tentang tumbuh kembang anak yang disampaikan oleh Dr. Ahmad, peserta diberi kesempatan break untuk SOMA (shalat dan makan siang).
Kemudian dilanjutkan narasumber kedua Dr. Rose Mini, A. P., M.Psi  Bahwa stimulasi akan membentuk kecerdasan anak. Dan stimulasi harus disesuaikan dengan taraf perkembangan anak, sesuai dengan usia perkembangannya.

Memiliki anak yang cerdas dan sehat menjadi dambaan setiap orang tua. Hanya saja untuk mengembangkan kecerdasan dan potensi anak itu sendiri tampaknya bukanlah hal yang mudah dilakukan. pemberian asupan nutrisi, bentuk pola asuh orang tua, stimulasi memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan kecerdasan seseorang dimasa dewasa.

Lalu apa arti cerdas?

Kecerdasan adalah keseluruhan kapasitas atau potensi seseorang untuk belajar memahami lingkungan dan memecahkan masalah. Kecerdasan yang mencakup banyak bidang sering diistilahkan sebagai kecerdasan majemuk atau multiple intelligence. Istilah kecerdasan majemuk atau disebut sebagai teori kecerdasan diperkenalkan perama kali oleh Howard Gardner. Seorang psikolog dari Universitas Horward yang telah menulis buku yang berjudul Multiple Intelegence.
Menurutnya, indikator kecerdasan tidak hanya meliputi satu aspek tetapi mencakup banyak bidang

Teori Kecerdasan menurut Howard Gardner.
Bahwa kecerdasan bukan suatu ciri tunggal yang dapat diukur dan diberi angka.
Namun ada kecerdasan lain yang menjadi aspek penting dalam kapabilitas manusia.

Kecerdasan tersebut antara lain adalah:

1. Kecerdasan Bahasa (Linguistic Intelligence)

Berkaitan dengan kata-kata, lisan atau tertulis. Orang-orang yang ahli dalam area ini umumnya bagus dalam menulis, orasi dan cenderung belajar dari metode ceramah. Mereka juga cenderung memiliki kosa kata yang luas serta belajar bahasa dengan mudah.

2. Kecerdasan logika dan Angka (Logical Mathematical Intelligence)
Berkaitan dengan angka dan logika. Mereka yang cenderung memiliki kecerdasan ini umumnya unggul dalam matematika dan pemrograman komputer. Karir kemungkinan melibatkan sains dan pemrograman komputer.

3. Kecerdasan Gambar dan Ruang (Visual Spatial Intelligence)
Berkaitan dengan gambar dan ruang. Orang-orang pada kelompok ini umumnya sebagai artis, pekerja tangan dan insinyur.

4. Kecerdasan Gerak Tubuh (Bodily Kinestatic Intelligence)
Berkaitan dengan koordinasi otot, gerakan dan melakukan sesuatu. Pada kategori ini, umumnya orang yang mahir dalam olah raga dan tari, bekerja lebih baik ketika bergerak.

5. Kecerdasan dalam Musik (Musical Intelligence)
Berkaitan dengan pendengaran. Mereka yang baik dalam kecerdasan ini cenderung menyanyi dan memiliki pola titinada yang lebih baik, serta lebih menyukai musik.

6. Kecerdasan Antar Pribadi (Interpersonal intelligence)
Berkaitan dengan interaksi dengan yang lain. Mereka bisa bersifat karismatik, meyakinkan dan diplomatis. Mereka cenderung belajar lebih baik dalam kelompok, misalnya dalam diskusi.

7. Kecerdasan Intrapribadi (Intrapersonal Intelligence)
Kemampuan menganalisis diri sendiri. Memiliki filosofi yang tinggi.

8. Kecerdasan Memahami Alam (Natural Intelligence)
Kemampuan memahami alam sekitar.

Oleh karena potensi kecerdasan itu terdiri dari beberapa, akan sangat mungkin mengupayakan Si Kecil tumbuh dan berkembang menjadi generasi dengan multitalenta. Tentu saja dibutuhkan stimulasi untuk menumbuhkannya. Yaitu bisa dengan cara bermain yang bisa mengarahkan Si Kecil pada potensi kecerdasannya.

Berikut adalah beberapa jenis permainan yang berpotensi mengasah kemampuan Si Kecil:

🍓 Permainan fungsionalitas
Adalah bentuk Permainan yang bertujuan untuk mengembangkan otot dan fisik. Jenis permainan ini bisa dilakukan segala usia. Namun harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Untuk bayi biasanya menggerakkan tangan melambai atau latihan menggapai sesuatu. Pada anak yang sudah berusia 2 tahun ke atas bisa dengan cara berlari, naik sepeda, berenang, dan permainan fisik lainnya.

Permainan yang mengembangkan otot dan fisik

🍓 Permainan konstruktif
Permainan konstruktif biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan atau material yang ada di sekeliling. Salah satunya adalah dengan cara menyusun bangun atau balok. Permainan ini bisa dilakukan oleh anak yang sudah berusia 2 atau 3 tahun ke atas.
Permainan konstruktif
 
🍓 Bermain peran
Permainan untuk memerankan atau meniru sesuatu seperti berperan jadi superhero. Bisa juga berperan menyerupai benda, semisal menjadi pesawat terbang, kereta api, dan sebagainya. Permainan ini cocok dimainkan untuk anak usia 3-7 tahun.


🍓 Bermain dengan aturan
Permainan ini adalah permainan yang memiliki aturan khusus. Contohnya permainan tradisional atau bermain catur misalnya. Permainan cocok dikenalkan apda anak usia 7 tahun ke atas.

Permainan tradisional balap karung

Secara keseluruhan acara ini bagus banget. Bunda dan Ayah banyak mendapat pengetahuan seputar tumbuh kembang, yang mencakup pemenuhan kebutuhan nutrisi, stimulasi, serta bagaimana proses tumbuh kembang itu sendiri sesuai dengan tahapan usianya.

Sehubungan dengan tumbuh kembang si kecil, Morinaga telah memberikan alternatif solusi berkaitan dengan permasalahan yang kemungkinan terjadi  pada masa pertumbuhannya.

Tentang Morinaga
Sejak tahun 1986 Kalbe Nutritionals & Morinaga Jepang, membentuk kerjasamanya untuk memformulasi, memproduksi dan menjual produk Morinaga di Indonesia. Dengan fokus pada Air Susu Ibu (ASI) sebagai sumber ideal nutrisi, Morinaga Nutrition Research Center Jepang telah melakukan banyak penelitian dengan mengembangkan nutrisi anak berkualitas.

Nourishing the Platinum Generation for Platinum Nation
Merupakan visi Morinaga yang bertujuan untuk menyediakan nutrisi berkualitas dan terbaik. Komitmennya berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi yang unggul, yaitu generasi platinum.

Melalui Platinum Generation Center for Development, peran Morinaga bukan sekedar berperan lebih dari sekedar nutrisi yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan demi peningkatan kualitas tumbuh kembang anak-anak Indonesia.

Produk-produk Morinaga

Morinaga Platinum

Morinaga Platinum
 
Morinaga Chil Kid Platinum (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges.

Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Kekebalan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga anak tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Morinaga Gold

Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Morinaga Soya


Morinaga Soya

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.


Morinaga P-HP
Morinaga P-HP

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun. Susu ini dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan bisa mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.



Morinaga Chil Go
Morinaga Chil Go

Morinaga chil go, merupakan produk inovasi baru dari Kalbe & Morinaga dalam bentuk susu cair yang siap minum.
Keistimewaannya yaitu:
Sinergi Nutrisi Tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda untuk Generasi Platinum Multi Talenta.

Kapan Si Kecil mengkonsumsi Susu Morinaga chil go! ?

Morinaga chil go, merupakan pendamping dari susu Morinaga Chil Kid atau Chil School yang dapat diminum secara praktis sebagai bekal sekolah dan bermain diluar rumah.

Pertanyaan seputar Susu Morinaga

Apa sih perbedaan Morinaga Gold dengan Morinaga Platinum?

Rangkaian susu Morinaga Gold dan Morinaga Platinum keduanya sama-sama dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan dan Pertahanan Tubuh Ganda. Namun pada Morinaga Platinum komposisinya lebih lengkap, karena ada tambahan Alfa Lactalbumin untuk kemampuan berpikir, Nukleotida untuk daya tahan tubuh dan Probiotik untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Si Kecil.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir dengan kandungan Morinaga Gold, karena kedua-duanya mampu mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal. Jadi, tidak perlu ragu lagi dengan kandungan nutrisi dari Morinaga ya Bunda..


Tahukah Bunda perbedaan Probiotik dan Prebiotik?

Probiotik adalah bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan Prebiotik adalah makanan bagi bakteri baik tersebut, sehingga dapat membantu pencernaan sehat Si Kecil. Si kecil menjadi tidak mudah diare/sembelit, nutrisi terserap lebih baik, daya tahan tubuh meningkat dan nafsu makan pun meningkat.

Morinaga Platinum Series menggunakan Probiotik Bifidobacterium longum BB536 dan Bifidobacterium breve M-16V sehingga perkembangan bakteri baik berjalan lebih cepat karena didukung oleh habitatnya.

Prebiotik yang terkandung dalam Morinaga Platinum Series adalah Laktulosa. Berdasarkan riset ilmiah, pemberian Laktulosa dapat meningkatkan jumlah Probiotik Bifidobacteria dan pada akhirnya menekan pertumbuhan bakteri jahat atau patogen lainnya.

Sekian liputan acara Konferensi Ayah Bunda Platinum Morinaga, di Grand City Surabaya. Nantikan acara seru lainnya dari Morinaga ya Bunda...!
Semoga bermanfaat!


10 comments:

  1. Bunda Sugi juga jadi salah satu penanya yg beruntung pertanyaan dijawab langsung oleh sang ahli :) tumbang emang wajib banget diperhatikan pula oleh sang ayah, ya bund...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund, biar misi dan visi bunda ayah jadi kompak

      Delete
  2. Seru dan bermanfaat sekali acaranya ya bun. Beruntung deh bisa ajak suami juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi nambah pengetahuan ya ..

      Delete
  3. Informasinya sangat luarbiasa dan lengkap, Bunda. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. wah senangnya ya datang dan mendapat ilmu dan bisa bergembira

    ReplyDelete
  5. Mantabjiwa, lengkap banget... Trims bunda, sungguh informasi yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.