UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 23 October 2017

Cara Bisnis Melejit Menggunakan Google My business

Banyak dari kita tidak mengetahui lebih detail tentang google. Selama ini "GOOGLE" yang kita sering gunakan mungkin baru sebatas untuk pencarian sesuatu atau Searching aja. Lebih dari itu  yang umum adalah untuk keperluan email. Selanjutnya adalah tentang blog, atau blogger.

Padahal sebagai pelaku bisnis kita bisa memanfaatkan semua milik google untuk kepentingan promosi.

Beberapa produk google yang perlu di ketahui, yaitu:



- Google Adword adalah platform periklanan dari Google yang dapat kita gunakan untuk mengatur iklan bisnis kita. Melalui platform ini kita bisa mengatur posisi tempat penempatan iklan produk kita di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

- Google My Business adalah suatu metode cepat dan mudah yang diperuntukkan bagi bisnis, produk, brand, artis, dan organisasi untuk mengelola profil secara online. Melalui dasbor Google My Business, kita bisa: Mengelola informasi up-to-date seputar bisnis kita.

- Google Analitic adalah sebuah layanan gratis dari Google yang memberikan laporan tentang aktivitas/ statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat memberikan informasi melalui, mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email bisnis, serta tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

- Google advanced merupakan halaman menu pada google yang terdapat fasilitas advanced google. Fungsinya adalah untuk menemukan informasi dengan lebih mudah dan akurat. Pada halaman advanced google terdapat 2 bagian yaitu find result dan then narrow your result. Pada find result ada 4 fungsi yaitu all these words, this exact word or phrase, any of these words, none of these words dan number ranging from. Selanjutnya dibagian bawah ada narrow your result yaitu pilihan language, region, last up date, site or domain,  terms appearing, safe search, reading level, file type dan usage right.

Dalam dunia bisnis Google bisa menjadi penghubung antara konsumen dengan Bisnis kita. Yaitu melalui cara sebagai:
- Kata kunci pencarian google
- Iklan Google Adword (berbayar)
- Hasil pencarian organik
- Bisnis Listing

Pada kesempatan ini saya akan mengajak anda untuk menggunakan google my business untuk memperkenalkan bisnis anda agar dikenal konsumen lebih luas lagi.

Cara beriklan dengan google my business

1. Terlebih dahulu silahkan Masuk ke akun google terlebih dahulu. Atau cara gampang, masuk ke akun email gmail dulu. Klik pada tanda lingkaran merah.

Akun gmail

2. Lalu cari icon Bisnisku (tanda lingkaran merah)



3. Selanjutnya klik "start Now" (tanda lingkaran merah).


4. Isi form semuanya, lalu klik "continu". Maka akan mucul halaman seperti di bawah ini.


5. Tentukan posisi (maps). Ini adalah sebagai tanda dimakan letak/ posisi bisnis kita.
Cara menentukan posisi dengan di-drag ke arah yang sesuai dengan alamat kita. Jika tidak bisa diletakkan pada posisi persis dengan alamat kita, maka pilih posisi yang mendekati lokasi aja.

6. Lalu tunggu konfirmasi dari google, sebagai tanda verifikasi.

7. Konfirmasi akan dilakukan melalui surat ke alamat sesuai yang kita tulis. Paling cepat 3 hari dari pengajuan yang kita buat. Tapi bisa juga sampai 2 minggu baru sampai. Tapi bisa lebih cepat dari itu.

8. Setelah mendapat balasan dari google melalui surat, masukkan kode verifikasi pada akun google bisnisku yang telah dibuat.

9. Tunggu sekitar 2X24 jam, maka produk yang kita iklankan akan muncul di page google.

10. Seperti ini tampilan iklan kita setelah terverifikasi.



11. Nah, mudah khan? Selamat produk anda sudah muncul dihalaman google!

Demikianlah tutorial menggunakan Google My business atau google bisnisku.
Selamat mencoba semoga bermanfaat!


*Terimakasih pak Hamid atas ilmunya

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.