UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 26 November 2017

Cara Efektif Memperbanyak Produksi ASI dengan ASI Boster Tea


Saya pernah mengalami masalah dengan produksi ASI. Ini terjadi saat habis melahirkan anak yang ketiga. Sempat stress juga sich waktu itu, pasalnya ASI keluarnya cuma sedikit banget! Dibandingkan saat melahirkan anak terdahulu bedanya sangat jauh. Pada anak sebelumnya produksi ASI, sangat  melimpah. Sampai-sampai kadang terbuang, karena si kecil sudah kenyang sementara ASI masih mengucur deras. Kadang karena merasa terbuang sayang, maka ASI saya tampung.

Sempat negative thinking, dan ingin menyerah. Sampai-sampai saya beranggapan, “Ah mungkin emang faktor usia!”. Memang sich, waktu itu usia saya sudah di atas 30 tahun. Tapi karena keinginan saya ingin tetap memberikan ASI sangat kuat, maka perjuanganpun saya lakukan.

Saya berusaha dengan berbagai cara supaya produksi ASI bisa melimpah. Salah satunya adalah saya mengkonsumsi suplemen khusus melancarkan ASI. Selain itu juga banyak mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, serta buah dan sayuran.

Kini sering digelar event yang memberikan motivasi bagi Ibu untuk secara optimal memperjuangkan ASI.
Seperti baru-baru ini sebuah acara yang disponsori oleh ASI Booster Tea, yaitu Meet Up Best Bunda Surabaya Oxytocin Journey yang diadakan di Fruts Café pada tanggal 18 November lalu. 
Surabaya Oxytocin Journey adalah sebuah acara meet up komunitas pendukung ASI Best Bunda. 

Acara ini diisi dengan memberi edukasi tentang menyusui dan piknik. Lokasinya di venue yang instagrammable. Ini menjadi salah satu alasan penyelenggara agar para peserta yang rata-rata busui, bumil dan juga blogger merasakan nikmatnya berpiknik di picnic room Futs Café. Harapannya dengan mengikuti picnic akan mestimulasi hormon okstosin. Yaitu salah satu hormon penting dalam produksi ASI agar melimpah. 



Ada anjuran menyusui selama 2 tahun yang disarankan oleh WHO. Namun, bagi seorang muslim, ada dasar yang jauh lebih kuat, yaitu Al Qur’an surat Al-Baqarah ayat 233. 

Ketika calon ibu ditanya apakah nantinya ingin menyusui atau tidak, maka semuanya menjawab “Iya”. Sayangnya tak semua bisa melakukannya, pada kenyataannya ada beberapa busui yang akhirnya tidak bisa menyusui karena produksi ASInya yang sedikit/ kurang.

Ada 3 Kunci menyusui yang dipaparkan oleh Li Partic, Founder Best Bunda dan ASI Booster Tea. Yaitu:

1. Niat yang kuat

Ditinjau dari niat, mungkin kita bisa melihat pada teori evolusi otaknya Paul D Mclean. Teori ini dipaparkan hanya sebagai motivasi saja sich! Bahwa manusia kadang masih mengadopsi sifat seperti binatang. Karena dulunya otak manusia berkembang dari otak yang paling sederhana: dari otak reptil, lalu menjadi otak mamalia, kemudian primata sampai akhirnya otak yang sempurna, yaitu otak manusia. Bagian-bagian otak itu masih ada sampai sekarang.

Otak manusia adalah otak yang dibekali kemampuan untuk berpikir. Manusia punya ide, cara logis berpikir, menganalisis, dsb. Jika dikaitkan dengan niat menyusui, maka akan timbul pertanyaan “Seorang Ibu menyusui karena apa?”.
Jawabannya tentu saja harus mengacu pada visi dan misinya.

Seperti yang diungkapkan oleh sahabat Rasulullah, Amr bin Abdullah yang mengatakan:

  “Jangan engkau menyusui anakmu seperti hewan yang menyusui anaknya karena didorong kasih sayangnya kepada anak. Akan tetapi, susuilah dengan niat mengharap pahala dari Allah dan agar dia hidup melalui susuanmu itu. Mudah-mudahan dia kelak akan bertauhid kepada Allah Subhanahuwata’ala.” 

Dari sinilah sebaiknya misi dan visi kita untuk menyusui harus diubah. Saat menyusui niatkan untuk ibadah. Insya Allah, dengan niat ibadah yang kuat, menyusui akan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

2. Mencari Ilmu

Ilmu bisa didapat dari buku, video, konsultan, menghadiri seminar, dll. Sebagai busui Ilmu yang paling utama adalah memahami bagaimana ASI diproduksi. Pengetahuan ini akan membantu seorang busui bisa lebih percaya diri. Karena tidak sedikit para ibu mengeluh ASInya cuma menetes lalu dianggap tidak mencukupi kebutuhan bayinya.

Ini yang bunda harus tahu: bahwa Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Kedua hormon ini saling berkolaborasi. Prolaktin berfungsi memproduksi ASI. Sedangkan oksitosin untuk mengeluarkan ASI dari payudara. Uniknya hormon Oksitosin diproduksi ketika ibu merasa rileks dan bahagia. Oleh karenanya jika ingin produksi ASI melimpah, seharusnya ibu harus bahagia.

Jadi meski ASI diproduksi banyak, tetapi jika ibu merasa stress atau tegang, maka ASIpun juga susah keluar.


3. Windows Shopping Vendor Bersalin

Saat melahirkan ada baiknya kita melakukan survey. Selain harga, kita juga perlu tahu fasilitas bersalin di bidan, klinik, atau rumah sakit. Apakah Pro IMD yang benar dan Pro ASI? 

Untuk mengetahuinya sangatlah mudah, ciri-cirinya adalah: bayi dirawat gabung dalam satu  kamar yang sama dengan ibu. IMD dilakukan sampai bayi menemukan sendiri puting ibu (biasanya sampai 1 jam). Bayi tidak dimandikan terlebih dahulu, karena aroma air ketuban yang mirip ASI masih tercium oleh bayi, sehingga mempermudah bayi menemukan puting ibu.

Ada banyak cara meningkatkan produksi ASI, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ASI Booster Tea. 


ASI Booster Tea adalah minuman pengganti teh yang dikhususkan untuk ibu menyusui. Formulasi mengandung rempah-rempah yang sudah terbukti dapat membantu meningkatkan produksi ASI hingga 900%. Tersedia dalam bentuk biji-bijian rempah-rempah (ASI Booster Tea) dan juga minuman serbuk praktis (ABT Superdrink).




Selain ASI Boster ada juga produk camilan yang bagus untuk busui, namanya "Rufani Snack". Rufani Snack Merupakan Snack MPASI pertama yang bernutrisi tinggi, tanpa kandungan MSG, dan gula.


Ingat, 72 jam pertama kehidupan bayi, sebenarnya belum membutuhkan asupan apapun kecuali ASI. Tak perlu terlalu risau jika bayi sering menangis. Selagi tak ditemukan kelainan serius, wajar saja. Karena kondisi dunia luar tidak sehangat dalam rahim. Susui dan susui terus. Minum ABT untuk mempercepat dan memperbanyak produksi ASI.

Berapa lama sebaiknya menyusui?

Lama masa penyusuan dianjurkan sampai 2 tahun. Baik itu menyusu pada ibu kandung maupun ibu susuan.

Untuk tuntunannya bisa dilihat di ayat berikut:
  - Al Baqarah ayat 233
  - Luqman ayat 14
  - Ath-Thalaaq ayat 6

Perlu diketahui bahwa ada suatu protein yang menghambat ASI diproduksi, Namanya FIL (Fedback Inhibitor of Lactation). “FIL ini akan aktif jika ibu lama tidak menyusui. Produksi ASI akan dihambat. Jadi normalnya ibu menyusui harus menyusui atau mengleuarkan ASI-nya 8-12 kali sehari.” Demikian ungkap Li Partic yang juga sebagai konselor menyusui dan childbirth educator.


Sebagai ibu sebaiknya mengetahui tentang kecukupan ASI. Inilah tanda cukupnya ASI sehingga kita bisa percaya diri. Bayi umur 1 hari pipis min 1x. Umur 2 hari min 2x. 3 hari 3x. Sampai umur 6 hari dan seterusnya sampai 6 bulan minimal 6x sehari BAK-nya. Pertambahan berat min 500 gram per bulan juga menunjukkan cukupnya ASI. Sehingga jika sudah terlihat tanda-tanda itu, tidak perlu melirik sufor (susu formula) untuk membantu nutrisi bayi.


Saya 100% mendukung ASI BOOSTER TEA untuk pemberian ASI Eksklusif.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.