UA-83233104-1

bintang jatuh br

Saturday, 18 November 2017

How to be A Good Beauty Blogger, Bersama Viva Cosmetics

How to be A Good Beauty Blogger

Assalamualaikum ...
Haloo semua ... apa kabar nich! Kali ini saya mau membagikan tentang tips menjadi cantik yang saya dapat dari acara Meet n' Greet Beauty Blogger  with Viva Cosmetics.

Bertepatan tanggal 11 November 2017 saya bersama Surabaya Beauty Blogger diundang untuk berkunjung ke pabrik PT. Vitapharm
yang memproduksi kosmetik dengan merek Viva. Yaitu sebuah pabrik kosmetik made in Indonesia yang pernah mendapatkan berbagai penghargaan karena produknya yang berkualitas.

Tentang Viva cosmetics?

Jangan mengira produk Viva hanya berupa bedak tabur berbentuk karung lhoo! Hehe ... iya sich, karena memang produk itulah yang paling laris di pasaran. Tak cuma bedak dan pembersih aja, Viva kini adalah sebuah produk kosmetik yang lengkap. Mulai produk perawatan wajah, badan, make up, perawatan rambut, hingga body painting. Semua ada ... Nah .. lengkap bukan?

Hari itu ternyata juga sebagai hari ulang tahun Viva Cosmetics yang ke 55. Wow ... amazing... Pantas saja Viva mendapat penghargaan sebagai perusahaan yang selama lebih dari 30 tahun tetap eksis. Sebagai perusahaan kosmetik yang memang diperuntukkan di negara tropis, Viva menjadi satu-satunya perusahaan kosmetik tertua di Indonesia. Konsistensi serta kualitas produk yang dimiliki Viva menjadi bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia mempercayainya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah beauty blogger Surabaya, bertempat di Jl. Panjang Jiwo 42, Surabaya yang merupakan pabrik Viva Cosmetics-PT. Vitapharm.

Kami disambut dengan sangat hangat oleh pihak Vitapharm. Pada sesi perkenalan, kami mendapat  penjelasan tentang company profile oleh Bapak Danny Wibisono selaku Kepala Divisi Markeing. Lalu kami diajak berjalan-jalan ke pabrik untuk melihat langsung proses produksi.

Dari sini kami tahu, bagaimana sebuah kosmetik itu harus melalui proses pengolahan serta diuji coba yang panjang, sebelum sampai ke konsumen.

Tahap pertama adalah pemilihan bahan baku. Pada proses ini semua bahan ditempatkan dan diklasifikasikan secara terpisah dan aman agar tidak terjadi kontaminasi antara yang satu dengan yang lainnya. Lalu dilakukan mengukuran yang pas. Tidak boleh lebih, maupun kurang sedikitpun. Semua harus sesuai dengan standart yang telah ditentukan untuk mencapai kualitas yang diinginkan.

Tahap kedua, yaitu proses pengolahan bahan. Proses ini semua peralatan dirancang secara modern dan dengan pengawasan ketat. Semua bahan masuk ke dalam sebuah alat pengolah, lalu akan bekerja sesuai urutannya. Di sini semua mesin bekerja dalam keadaan tertutup rapat, jadi semua bahan yang masuk dalam mesin pengolahan tidak bersentuhan dengan tangan sama sekali. Ini sebagai jaminan, kosmetik harus dalam keadaan steril dan higienis. Begitu selesai diolah, kosmetik yang telah jadi langsung masuk ke tahap berikutnya.

Tahap ketiga, yaitu tahap pengemasan. Dari sebuah alat pengolahan kosmetik jadi, akan disalurkan melalui pipa-pipa kecil untuk kemudian langsung dimasukkan pada wadah/ kemasan. Nah, disinilah proses dilakukan secara manual. Beberapa karyawan bertugas, menyiapkan wadah untuk disusun pada sebuah plate yang berjalan. Dimana plate tersebut akan secara otomatis berjalan melewati valve untuk kemudian diisi kosmetik dan langsung di tutup (segel).

Tahap ke empat, yaitu pelabelan. Setelah dikemas rapat, maka kosmetik masuk pada bagian pelabelan.

Tahap lima, yaitu pegelompokan. Disini kosmetik yang telah dikemas dan diberi label akan di packing untuk memudian didistribusikan.

Apakah prosesnya sudah selesai? Ternyata tidak. Karena sebagian kosmetik akan mengalami perjalanan panjang tahap berikutnya, yaitu masuk ruang uji coba (lab) atau Quality Control. Jadi setiap produk tertentu dalam suatu kali produksi akan diambil beberapa pieces sebagai sample untuk diuji coba.

Uji coba pertama adalah pemeriksaan lab. Yaitu sebuah kosmetik yang sudah jadi akan di teliti/ uji coba apakah sudah memenuhi standarisasi produk yang diharapkan apa belum? Misalnya lipstik. Sample akan dimasukkan pada sebuah tabung yang dihubungkan dengan pengungkit dengan cara kerja mendorong. Tujuannya dari uji lab ini adalah melihat apakah adonan lisptik sudah pas. Tidak gampang patah, atau tidak terlalu lentur? Jika tidak memenuhi kriteria tersebut, katakanlah patah! Maka produk tersebut dianggap sebagai reject product.

Sementara uji ketahanan usia adalah, suatu produk akan diambil beberapa untuk disimpan selama beberapa tahun, menurut masa kadaluarsanya. Hal ini untuk mengevaluasi kualitas produk selama masa kadaluarsanya dan masih ada di pasaran. Jika ditemukan hal-hal yang kurang baik, maka tidak menutup kemungkinan produk tersebut akan ditarik dari pasaran. Sebagai konsumen kita senang khan! Ternyata saat produk sudah ditangan kita, meski itu sudah lama dan masih dalam masa expired, tetap masih dalam pengawasan. Keren dech Viva Cosmetic .... 


Aku Cantik ...
Aku Sehat ....
Aku Bahagia ....
Muach ... Muach ... Muach ...
Itulah yel-yel sapaan yang mengiringi acara Gathering Blogger with Viva Cosmetics.

Memang benar, cantik itu sendiri tidak bisa muncul begitu saja. Sederhananya seseorang dikatakan cantik, apabila ia telah memenuhi syarat yaitu sehat dan bahagia.

Nah, terjawab bukan! Jika ingin cantik, maka upayakan diri kita sehat dan bahagia.

 Meet n' Greet Beauty Blogger  with Viva Cosmetics

Bagaimana supaya sehat?

Gampang. Sehat itu didapat dari 2 cara, yaitu: dari dalam dan dari luar diri. Dari dalam berkaitan dengan bagaimana kita berusaha agar organ-organ atau seluruh bagian tubuh kita berfungsi dengan baik. Caranya? Penuhi nutrisi yang didapat dari makanan, serta lakukan olah raga secara teratur.

Apa Sich Makanan yang Membuat kita Sehat? Tentunya makanan yang mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada karbohidrat, lemak, vitamin dan protein.

Untuk kulit, supaya sehat kita butuh perawatan. Perawatan yang dimaksud tujuannya adalah agar kulit tetap bersih, kencang/ kenyal, dan terhindar penuaan dini. Oleh karenanya harus dilakukan perawatan kulit.

Selain sehat, satu lagi yang membuat kita menjadi cantik. Yaitu Bahagia.

Inilah Alasannya Mengapa kita Harus Bahagia?
  • Bahagia akan membuat seseorang terlihat cantik dan menarik.
  • Seseorang yang bahagia, ia akan selalu tersenyum. Oleh karenanya wajahnya terlihat cantik.
  • Orang bahagia itu akan bersemangat. Siapapun akan betah dekat dengannya, karena menyenangkan.
  • Ia mencintai apa yang dikerjakan. Ini yang membuat segala aktivitasnya tampak indah.
  • Orang bahagia itu, selalu positive thinking. Ia lebih banyak memberikan support.
Rangkaian Produk Viva Cosmetics
Puas berkeliling pabrik, kami break untuk lunch, dan istirahat. Lalu acara berlanjut Beauty Class. 
Beauty Class kali ini mengambil tema "Daily Make Up" with Viva Cosmetics. 
Inilah step by stepnya:

Step 1

Eye & Lip Make-Up Remover
Pertama bersihkan bagian mata dan bibir. Dengan menggunakan Perfect Cleanse, maka sisa kosmetik bisa terangkat secara sempurna. Bahkan woterproof make up sekalipun.

Perfect Cleanse Make Up
Cleanser
Lalu bagian wajah (dahi, pipi) hingga leher menggunakan Viva Milk Cleanser. Lalu sapu dengan spon untuk mengangkat kotoran dan cream yang menempel. Setelah itu tepuk-tepuk wajah dengan Viva Face Tonic. Tujuannya untuk mengangkat sisa cleanser secara sempurna, meringkas pori-pori, menyegarkan dan menjaga pH kulit.

Step 2

Scrubing (Peeling)
Oleskan peeling pada seluruh bagian wajah, kecuali mata. Lalu lakukan gerakan memutar kedua jari manis dan jari tengah dengan lembut ke seluruh bagian wajah. Tujuannya adalah mengangkat sel kulit mati, agar wajah tampak bersih dan sehat. Setelah itu bersihkan dengan toner.

Step 3

Massage
Setelah wajah bersih, oleskan Viva Massage Cream dan lakukan pemijatan pada daerah-daerah sekitar wajah dengan memperhatikan titik refleksinya. Tujuannya memperlancar peredaran darah serta membuat kulit wajah tetap elastis. Setelah proses massage, bersihkan kembali dengan Viva Face Tonic.
Step 4

Perawatan
Lakukan langkah yang akan membuat kulit lebih kencang dan kenyal serta mencegah kerutan. Yaitu dengan memberi nutrisi kulit melalui masker. Ada 5 macam jenis masker yang dimiliki Viva Cosmetics, yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kulit kita. Diantaranya adalah:
Viva Face Mask untuk kulit normal kering
Viva Face Mask untuk kulit berminyak
Viva Face Mask Bengkuang
Viva Face Mask Kentang
Viva Face Mask Pepaya
Mengenai cara penggunaan bisa dibaca di balik kemasan.
Setelah proses masker selesai bersihkan dengan spon yang telah dicelup dengan air hangat. Caranya basahi spon, lalu tempel ke wajah beberapa saat sampai semua basah. Lalu bersihkan secara perlahan dengan spon basah. 
Sumber gamb: tokopedia

Step 5

Make Up
Urutan dalam ber-make up adalah: pertama oleskan pelembab. Kemudian Foundation. Setelah Foundation, gunakan Compact Powder dengan cara menepuk-nepukkan keseluruh wajah. Untuk hasil yang lebih halus, dahului dengan Viva Face Powder.

Kemudian bentuk alis mata sesuai dengan bentuk wajah menggunakan viva Eye Brow.

Oleskan Eye Shadow pada kelopak mata untuk memberi kesan mata yang indah.

Jangan lupa gunakan Eye Liner untuk mempertajam garis mata dari arah luar ke dalam. Lakukan untuk mempertegas garis mata atas maupun bawah.

Sempurnakan mata dengan memberikan maskara pata bulu mata.


Lalu sapukan Viva Bush On pada kedua pipi. Sapukan pada tulang pipi, dan sesuaikan dengan bentuk wajah. Ini memberikan kesan pipi lebih tirus.

Terakhir oleskan Viva Lipstick dan sesuaikan dengan warna baju serta suasana.

Selesai acara beauty class, dilanjutkan dengan Workshop of How to be A Good Beauty Blogger "Boost Up Your Instagram Feed" with Moch. Rizky.


doc. by dwipermitasari.com

Kali ini kak Moch berbagi tips How to be A Good Beauty Blogger.

Inilah tips How to be A Good Beauty Blogger:

1. Seorang beauty blogger itu harus suka menulis tentang kecantikan.
2. Senang berbagi informasi yang menyenangkan.
3. Harus bisa Make Up sendiri.
4. Harus bisa me-review produk kecantikan dengan benar.
5. Berusaha membangun networking yang luas.
6. Memiliki kemauan untuk terus belajar.
7. Mampu dan menguasai tehnologi informasi.
8. Mengenal lebih banyak merek kosmetik atau make up.
9. Menjadilah diri sendiri. Membentuk karakter yang khas, "Be Your Self".
10. Paham dan menguasai teknik foto dan videografi.

Sebagai catatan, dalam memotret kita akan menjumpai "Using Colour". Intinya kita harus pandai-pandai menyesuaikan perpaduan warna. Karena tidak semua warna bisa digunakan. Bahkan kadang ada warna yang kehadirannya justru bisa mengganggu.

Dah ... puas dech ikut acara ini. Selain senang ketemu sama temen-temen blogger, juga dapat banyak tambahan ilmu. Makasih Viva Cosmetics ... yang telah menyambut dengan hangat kehadiran kami. Salam cantik, sehat, bahagia, .... muach ... muach ... muach ...



1 comment:

  1. semoga yaa mba kita .. wanita Indonesia bisa cantik tidak hanya secara fisik tetapi juga cantik hati dan ahlak nya.. Aamiin..

    salam cantik dari hati ��

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.