UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 20 December 2017

Resep Masak Sayur Tahu Bihun Kuah Santan

Suatu ketika mungkin anda pernah bosan dengan masakan yang itu-itu. Nah, untuk mensiasatinya  Anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan makanan yang ada di sekitar anda, misalnya bihun dengan tahu. Kedua bahan sederhana ini bisa dijadikan masakan super lezat, yaitu sayur tahu bihun yang diberi kuah santan.

Menu ini dapat di sajikan pada saat makan siang atau makan malam bersama keluarga. Varian ini dijamin akan memberikan sensasi rasa yang berbeda
dengan menu masakan sebelum-sebelumnya. Terlebih bila anda memasaknya dengan tepat dan benar, anda akan menghasilkan masakan yang lezat.

Tahu dan Bihun adalah dua bahan yang mudah didapat dan cara memasak keduanya juga tergolong gampang. Sebetulnya ada banyak olahan yang bisa dibuat dari kedua bahan tersebut. Namun jika anda belum pernah memasak kombinasi keduanya, anda perlu mencoba di dapur rumah anda sekarang juga.

Salah satunya adalah mengkombinasikan keduanya dalam menu sayur tahu bihun kuah santan. Pastinya anda tidak akan kecewa jika menyajikan masakan sayur tahu bihun kuah santan ini, karena rasanya yang khas nusantara membuat anda dan teman/keluarga anda akan menyukainya.

Bahan dan Resep Sayur Tahu Bihun Kuah Santan

Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera dalam resep masak kali ini. Adapun resep masakan yang dapat anda ikuti adalah sebagai berikut:

  • Bahan utama masakan sayur tahu bihun kuah santan, yang terdiri dari Tahu kuning sesuai selera, bisa juga menggunakan tahu putih. jumlahnya cukup satu atau dua bungkus saja. lalu 1 ikat bihun rebus putih, 4 cabe merah besar (iris tipis), 2 lembar daun salam, 1 batang serai (dipipihkan).
  • Bahan Wajib yang terdiri dari santan segar. Anda bisa membeli Sasa Santan Kelapa sebagai pilihan terbaik. atau kalau anda ingin repot, anda juga bisa memarut kelapa sendiri lalu mengambil santannya. Tapi lebih baik menggunakan Sasa Santan Kelapa, sebab Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas yang sama dengan santan kelapa yang barus diperas. Apalagi, Sasa Santan Kelapa ini tersedia dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Jadi tidak akan membuat repot. Terlebih soal rasa, Sasa Santan Kelapa termasuk aslinya santan, memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas dan tanpa pengawet. Jadi bisa dipastikan cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. 
  • Bumbu halus masakan sayur tahu bihun kuah santan, terdiri dari:4 buah bawang merah, 3 buah bawang putih, 2 buah kemiri, 2 buah kunyit, 1 sendok makan garam, 1 sachet penyedap rasa, 1 sendok teh gula dan Air untuk kuah secukupnya/sesuai selera.
  • Bahan tambahan sayur tahu bihun kuah santan, terdiri dari: 1 batang daun bawang (iris sama bagian), Bawang goreng secukupnya.
Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

Cara pembuatan sayur tahu bihun kuah santan :
  1. Tahu dibersihkan dan digoreng hingga terlihat kulit tahunya agak kering, angkat dan tiriskan.
  2. Tumis semua bumbu halus yang telah dihaluskan. Setelah tercium aroma harum dari tumisan bumbu, masukan secara bergantian tahu, daun serai, daun salam, cabe merah, dan juga Sasa Santan Kelapa.
  3. Aduklah secara perlahan agar jangan sampai santannya pecah hingga matang.
  4. Setelah itu matikan api, dan masukkanlah daun bawang dan bawang goreng di atas masakan tersebut.
  5. Untuk penyajiannya, ditambahkan bihun rebus ke dalam mangkok penyajian. Dan baru setelahnya disiram kuah tahu santan yang telah masak tadi.
  6. Kini tahu bihun santan siap disajikan sebagai menu hidangan utama di meja makan keluarga anda.
Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

2 comments:

  1. jaman kecilku dulu ini namanya sayur terik
    sekarang jarang bgt kita masak seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya mbak ... hehe saya malah nggak tahu, soalnya biasanya bihun dimasak tanpa kuah trus diiris ayam goreng gitu aja

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.