UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 7 November 2018

BERBAGAI MANFAAT DIBALIK TIDUR BAYI


Baik orangtua maupun bayi membutuhkan tidur. Akan tetapi tidur antara bayi dan orangtua jauh berbeda. Seorang bayi tingkatan atau kualitas tidurnya lebih dalam, yaitu sangat nyenyak. Tetapi dengan semakin bertambahnya usia hingga seseorang menjadi tua kualitasnya semakin lama semakin berkurang. Apalagi seorang ibu yang habis melahirkan. Tidurnya seringkali tidak pernah nyenyak. Karena suara tangisan bayi sering membangunkan ibu untuk menyusui.

Secara umum kita mengetahui bahwa tidur merupakan suatu ritme kehidupan. Tidur adalah suatu keharusan. Tidur diperlukan sebagai sarana istirahat. Namun, kita tidak pernah menyadari bahwa dibalik itu semua ternyata
tidur memiliki banyak manfaat. Bukan sekedar membuat kita rileks, mengendurkan otot, atau menghilangkan rasa capek. Tapi lebih penting dari itu, khususnya bagi bayi.

Tidur bagi bayi sesungguhnya bukan hanya sebagai bentuk rutinitas. Tetapi tidur baginya memiliki manfaat yang luar biasa, diantaranya adalah untuk pertumbuhaan. Dimana pada saat tidur bukan hanya tubuh bayi yang mengalami pertumbuhan, akan tetapi juga otaknya. Otak tersebut akan terus tumbuh dan berkembang. Dan berfungsi mempersiapkan sebagai bekal, kelak pada saat mereka belajar. Yaitu  yang berkaitan dengan memori (daya ingat) serta kemampuan konsentrasinya.

Mengingat betapa penting arti tidur bagi bayi, ada baiknya kita memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan tidur bayi, yaitu:

•    Saat bayi anda tidur, sebaiknya sedapat mungkin anda menjauhkan segala sesuatu yang memungkinkan dapat mengganggu tidurnya. Seperti suara-suara, sesuatu yang menimbukan bunyi-bunyi, mainnan atau barang apapun yang ada di dekatnya. Penerangan juga dapat membuat bayi mudah terbangun. Sebaiknya jangan memberikan penerangan yang terlalu terang, pilih yang sinarnya terasa lembut dan sejuk. Karena bentuk sinar yang lembut atau sejuk akan menciptakan suasana yang tenang dan damai.

•    Saat popoknya basah sementara bayi sedang tertidur pulas, jangan langsung menggantinya. Tunggu ia terjaga. Biasanya bayi akan segera terbangun saat mendapati dirinya dalam keadaan basah.

•    Jangan mengganggu tidurnya hanya karena anda ingin menciumnya. Karena pada saat bayi tertidur kemudian anda menciumnya biasanya ia akan terbangun.

•    Jangan membangunkannya untuk minum susu saat bayi tertidur pulas. Namun anda juga perlu mewaspadai, sudah berapa lama tidurnya serta jarak terakhir anda memberikan susu. Selama tidak ada indikasi lain, biasanya ketika merasa haus atau lapar, ia akan terbangun.

•    Kebiasaan yang dilakukan seorang ibu adalah menimangnya saat bayi tidur, karena wajah bayi sewaktu tidur tampak lebih menggemaskan. Anda sebaiknya menghindari ini mengingat betapa besarnya manfaat tidur baginya.

•    Sebaiknya jangan jauh-jauh dari bayi anda saat ia tidur. Karena sewaktu-waktu ia terbangun anda bisa langsung menidurkannya kembali, dengan cara menepuk-nepuk pantatnya dengan lembut.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.