UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 2 November 2018

Perkembangan Coworking Space di Indonesia


Perkembangan Coworking Space di Indonesia

Coworking space
, diambil dari sebuah istilah yang menggambarkan adanya ruang kerja untuk bersama antara seseorang dengan lainnya. Istilah ini diciptakan sebagai perwujudan dari “ekonomi berbagi” yang kini makin gencar dikembangkan di seluruh belahan dunia. Konsep yang dihadirkan sebagai gambaran dari adanya perasaan atau rasa berbagi dalam menggunakan semua sumber daya manusia, barang, jasa maupun fisik. Layanan seperti ini, dinilai sangat menguntungkan karena akan memberikan kemudahan bagi siapapun termasuk startup pemula saat ingin mengadakan acara gathering/ meet up dengan harga sewa yang terjangkau. Tentu saja ini bisa menjadi mediasi bagi para startup founder tersebut untuk mengembangkan usahanya dalam skala yang lebih besar. Di Indonesia sendiri, sejak tahun 2017 sudah tercatat sebanyak 75 perusahan yang menjadi penyedia layanan ini.

Sejarah Coworking Space di Indonesia


1.    Munculnya Coworking di Indonesia

Coworking space menjadi salah satu alternatif layanan
yang sangat bermanfaat bagi para startup founder. Dengan adanya layanan ini maka startup dapat melakukan kegiatan bisnis mereka tanpa perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar. Awalnya konsep seperti ini muncul dikalangan pemuda Bandung. Lalu pada tahun 2010, mulai diterapkan melalui perusahaan Hackerspace Bandung yang didirikan oleh Yohan Totting.

Satu tahun sejak perusahaan Hackerspace berdiri, mulai banyak perusahaan di daerah lain, seperti: Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya yang mengusung konsep yang sama. Dan di tahun-tahun selanjutnya semakin menjamur dan menjadi harapan bagi para startup founder. Puncaknya di tahun 2016 bulan Februari para pembisnis menggelar konferensi coworking di Bali, hingga terbentuklah perkumpulan coworking space Indonesia.

2.    Pengembangan Coworking di Indonesia

Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang berpendapat ketika menggunakan layanan coworking harus mengeluarkan biaya yang banyak. Kenyataannya apabila dikalkulasikan antara pengeluaran dan pendapatan yang diperoleh startup pengguna jasa ini pastilah menghasilkan keuntungan. Dari kesadaran tersebut, pengembangan coworking space di Indonesia mulai merambah kalangan fresh graduated maupun para mahasiswa produktif yang menginginkan mendirikan bisnis pribadi. Kedepannya dipastikan banyak sekali startup-startup muda yang akan meramaikan perkembangan coworking space di daerah-daerah Indonesia. Pun perusahaan dengan ruang kosong, akan mulai melirik peluang tersebut untuk menyewakan ruangnya bagi kegiatan bisnis para startup.

3.    Kelebihan Bekerja di Coworking Space
Keuntungan pertama, lingkungan kerja yang produktif dan kreatif. Perusahaan penyedia layanan ini selalu membuat suasanan ruang kerja yang nyaman dan sedikit santai. Bahkan Anda dapat menemukan berbagai fasilitas permainan, taman, mesin minum, maupun gazebo dengan design interior yang menarik. Hal ini dimaksudkan untuk membantu para pekerja mengeksplorasi ide-idenya, sehingga akan lebih produktif dan inovatif.



 Kedua, Hemat Biaya, karena konsep coworking space adalah sewa tempat kerja. Dengan melakukan sewa, para startup founder hanya memerlukan biaya pemesanan dan tidak dibebani biaya pembangunan atau pajak perusahaan. Jelas ini lebih murah. Sehingga meminimalisir biaya berlebih untuk melaksanakan bisnis baru.

Ketiga yakni membangun relasi yang menguntungkan. Dengan bekerja bersama di coworking, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Bahkan apabila Anda beruntung, Anda bisa bisa bertemu dengan orang-orang hebat atau profesional, sehingga bisa berkonsultasi dengan mereka. Selain itu, beberapa perusahaan coworking akan menyediakan training yang berguna untuk meningkatkan keahlian Anda.

4.    Coworking Space Terbaik
Perusahaan coworking terbaik di Indonesia, salah satunya yakni Go-work. Perusahaan ini bergabung dengan asosiasi coworking sejak tahun 2017. Go-work menjanjikan layanan dan fasilitas yang berkualitas bagi kemajuan usaha Anda. Mulai dari sewa meja, private room, metting room, hingga event space. Selain itu perusahaan ini juga menawarkan paket sewa yang dapat meminimalisir pengeluaran bulanan Anda. Bagi Anda yang menginginkan informasi lebih lanjut atau melakukan pemesanan bisa mengunjungi laman resminya pada go-work.com.

Perkembangan coworking space di Indonesia dinilai akan terus berkembang. Hal ini tidak lepas dari semua kemudahan yang diberikan oleh perusahaan coworking yang tergabung kedalam asosiasi resmi Indonesia.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.