UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 19 December 2018

Cara Merawat Sablon Kaos Bahan Rubber yang Baik


doc by porinto.com
Pernah nggak melihat atau kebetulan memiliki sendiri kaos yang gambar sablonannya mengelupas/ pudar? Sayangkan, jika gambar kaos bagus-bagus atau bahkan mungkin yang sangat kita sukai menjadi nggak Pe De lagi memakainya lantaran gambarnya terlihat pudar? Pudarnya gambar sablon kaos, bisa jadi karena salah perlakuan, atau dengan kata lain tidak dirawat.

Sebetulnya, sablonan pada kaos bisa awet jika
tau cara merawatnya. Karena kaos bersablon, terutama yang berbahan rubber akan tetap terlihat bagus, meski dipakai berulang-ulang asal dirawat dengan benar.

Sablon kaos berbahan karet alias rubber sendiri sebetulnya merupakan salah satu jenis sablon yang memiliki ketahanan yang baik dan juga mempunyai tingkat keawetan yang tinggi. Bagusnya lagi tidak mudah luntur ataupun pudar. Sifat dari sablon kaos bahan karet lainnya selain awet, bahan ini juga lentur sehingga terlihat lebih artistik saat dikenakan.

Jenis sablon yang satu ini juga termasuk yang banyak diminati oleh banyak kalangan. Tidak hanya karena kualitasnya yang bagus, namun juga dikarenakan gambar yang dihasilkan dari sablon karet terlihat lebih  baik dan elegant.

Sablon kaos berbahan rubber memang keren saat dipakai dan dipamerkan, serta bisa dibilang lebih awet dibandingkan beberapa tinta sablon lainnya. Hanya saja butuh perawatan agar kaos akan tetap awet dan bagus saat digunakan dalam waktu yang lama.

Banyak sekali jenis merek tinta yang bisa digunakan untuk sablon jenis karet ini, antara lain: tinta Furukawa, ANT Ink, EPI Screen Ink, dan Quaret. Selain itu ada juga tinta yang memiliki merek cukup terkenal yaitu tinta karet MATSUI.

Ok, ini sekedar tahu saja tentang jenis tinta. Kita lanjutkan membahas tentang perawatan kaos sablon ya …

Meski kita tau kualitas sablon kaos rubber yang tergolong bagus, tetapi kita tak boleh hanya mengandalkannya dari sang produsen saja.  Kita tetap harus merawatnya agar kualitasnya bisa terjaga dan tahan lama. Karena jika mengabaikan dalam hal perawatannya, sablon kaos akan mudah rusak dan semakin lama akan mengurangi kualitas dari sablon itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa panduan cara merawat sablon kaos berbahan rubber.

Ada beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari ketika merawat sablon kaos bahan karet/ rubber, antara lain yaitu:

Jangan Ditumpuk
Pada saat menumpuk lipatan kaos yang menggunakan sablon karet pada lemari, hindari mempertemukan bagian yang disablon dengan bagian sablon lainnya. Karena jika ini terjadi, terutama apabila suhu dalam lemari tinggi maka bagian kaos yang bersablon akan saling menempel dan bisa menyebabkan gambar sablon rusak saat ditarik.

Jangan Direndam Terlalu Lama
Merendam sablon kaos berbahan karet dalam waktu lama di dalam deterjen akan membuatnya lebih mudah retak dan mengelupas. Bagian yang mengelupas ini bahkan bisa menempel pada kaos atau pakaian lainnya yang akan menimbulkan kesan kotor. Jadi sebaiknya sablon kaos dan pakaian lainnya dicuci secara terpisah.

Jangan Disikat
Meskipun dibilang awet, bukan berarti sablon kaos bahan karet akan tahan terhadap gesekan. Terutama gesekan yang dihasilkan dari kuku tangan serta bulu sikat cuci yang kasar saat dipakai saat mencuci. Sebisa mungkin hindari menyikat area sablon saat mencuci pakaian bahan kaos sablon.

Jangan Dijemur
Saat mengeringkan pakaian yang memakai sablon kaos bahan karet, jangan dibiarkan terkena sinar matahari terlalu lama secara langsung. Karena efek panas matahari langsung lama-kelamaan dapat menyebabkan sablon kaos mudah mengelupas. Sebaiknya pakaian dijemur terbalik, yaitu bagian dalam kaos yang dijemur dan bukan bagian yang ditempel sablon yang boleh terkena sinar matahari secara langsung.

Jangan Disetrika
Pantangan lainnya adalah menghindari menyetrika bagian permukaan kaos yang disablon dengan bahan karet. Karena sablon kaos karet yang terkena setrika panas, akan menempel pada setrika, dan ini akan meyebabkan sablon kaos terkelupas dan cepat rusak.

Jangan Ditimbun Sembarangan
Sering khan melihat pakaian yang selesai dijemur ditumpuk begitu saja dalam satu tempat? Nah, jika memiliki pakaian yang berbahan kaos bersablon, sebaiknya menimbun sembarangan. Pastikan permukaan kaos yang di sablon tidak saling menempel dengan sablon kaos lain. Karena memang sablon kaos karet jika bertemu dengan yang sejenis, maka akan lengket, dan sulit untuk dilepas. Kalaupun bisa dilepas, biasanya akan merusak hasil sablon.

Dari beberapa pantangan di atas dapat disimpulkan bahwa kaos dengan sablon bahan karet tidak boleh diperlakukan sembarangan. Butuh perawatan khusus, terutamana harus memperhatikan banyak faktor yang bisa merusak kualitas dari sablon kaos tersebut, antara lain: gesekan, panas, dan juga cara penyimpanan. Demikian cara merawat sablon kaos bahan rubber yang baik, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.