UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 19 December 2018

Cara Merawat Sablon Kaos Bahan Rubber yang Baik


doc by porinto.com
Pernah nggak melihat atau kebetulan memiliki sendiri kaos yang gambar sablonannya mengelupas/ pudar? Sayangkan, jika gambar kaos bagus-bagus atau bahkan mungkin yang sangat kita sukai menjadi nggak Pe De lagi memakainya lantaran gambarnya terlihat pudar? Pudarnya gambar sablon kaos, bisa jadi karena salah perlakuan, atau dengan kata lain tidak dirawat.

Sebetulnya, sablonan pada kaos bisa awet jika
tau cara merawatnya. Karena kaos bersablon, terutama yang berbahan rubber akan tetap terlihat bagus, meski dipakai berulang-ulang asal dirawat dengan benar.

Sablon kaos berbahan karet alias rubber sendiri sebetulnya merupakan salah satu jenis sablon yang memiliki ketahanan yang baik dan juga mempunyai tingkat keawetan yang tinggi. Bagusnya lagi tidak mudah luntur ataupun pudar. Sifat dari sablon kaos bahan karet lainnya selain awet, bahan ini juga lentur sehingga terlihat lebih artistik saat dikenakan.

Jenis sablon yang satu ini juga termasuk yang banyak diminati oleh banyak kalangan. Tidak hanya karena kualitasnya yang bagus, namun juga dikarenakan gambar yang dihasilkan dari sablon karet terlihat lebih  baik dan elegant.

Sablon kaos berbahan rubber memang keren saat dipakai dan dipamerkan, serta bisa dibilang lebih awet dibandingkan beberapa tinta sablon lainnya. Hanya saja butuh perawatan agar kaos akan tetap awet dan bagus saat digunakan dalam waktu yang lama.

Banyak sekali jenis merek tinta yang bisa digunakan untuk sablon jenis karet ini, antara lain: tinta Furukawa, ANT Ink, EPI Screen Ink, dan Quaret. Selain itu ada juga tinta yang memiliki merek cukup terkenal yaitu tinta karet MATSUI.

Ok, ini sekedar tahu saja tentang jenis tinta. Kita lanjutkan membahas tentang perawatan kaos sablon ya …

Meski kita tau kualitas sablon kaos rubber yang tergolong bagus, tetapi kita tak boleh hanya mengandalkannya dari sang produsen saja.  Kita tetap harus merawatnya agar kualitasnya bisa terjaga dan tahan lama. Karena jika mengabaikan dalam hal perawatannya, sablon kaos akan mudah rusak dan semakin lama akan mengurangi kualitas dari sablon itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa panduan cara merawat sablon kaos berbahan rubber.

Ada beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari ketika merawat sablon kaos bahan karet/ rubber, antara lain yaitu:

Jangan Ditumpuk
Pada saat menumpuk lipatan kaos yang menggunakan sablon karet pada lemari, hindari mempertemukan bagian yang disablon dengan bagian sablon lainnya. Karena jika ini terjadi, terutama apabila suhu dalam lemari tinggi maka bagian kaos yang bersablon akan saling menempel dan bisa menyebabkan gambar sablon rusak saat ditarik.

Jangan Direndam Terlalu Lama
Merendam sablon kaos berbahan karet dalam waktu lama di dalam deterjen akan membuatnya lebih mudah retak dan mengelupas. Bagian yang mengelupas ini bahkan bisa menempel pada kaos atau pakaian lainnya yang akan menimbulkan kesan kotor. Jadi sebaiknya sablon kaos dan pakaian lainnya dicuci secara terpisah.

Jangan Disikat
Meskipun dibilang awet, bukan berarti sablon kaos bahan karet akan tahan terhadap gesekan. Terutama gesekan yang dihasilkan dari kuku tangan serta bulu sikat cuci yang kasar saat dipakai saat mencuci. Sebisa mungkin hindari menyikat area sablon saat mencuci pakaian bahan kaos sablon.

Jangan Dijemur
Saat mengeringkan pakaian yang memakai sablon kaos bahan karet, jangan dibiarkan terkena sinar matahari terlalu lama secara langsung. Karena efek panas matahari langsung lama-kelamaan dapat menyebabkan sablon kaos mudah mengelupas. Sebaiknya pakaian dijemur terbalik, yaitu bagian dalam kaos yang dijemur dan bukan bagian yang ditempel sablon yang boleh terkena sinar matahari secara langsung.

Jangan Disetrika
Pantangan lainnya adalah menghindari menyetrika bagian permukaan kaos yang disablon dengan bahan karet. Karena sablon kaos karet yang terkena setrika panas, akan menempel pada setrika, dan ini akan meyebabkan sablon kaos terkelupas dan cepat rusak.

Jangan Ditimbun Sembarangan
Sering khan melihat pakaian yang selesai dijemur ditumpuk begitu saja dalam satu tempat? Nah, jika memiliki pakaian yang berbahan kaos bersablon, sebaiknya menimbun sembarangan. Pastikan permukaan kaos yang di sablon tidak saling menempel dengan sablon kaos lain. Karena memang sablon kaos karet jika bertemu dengan yang sejenis, maka akan lengket, dan sulit untuk dilepas. Kalaupun bisa dilepas, biasanya akan merusak hasil sablon.

Dari beberapa pantangan di atas dapat disimpulkan bahwa kaos dengan sablon bahan karet tidak boleh diperlakukan sembarangan. Butuh perawatan khusus, terutamana harus memperhatikan banyak faktor yang bisa merusak kualitas dari sablon kaos tersebut, antara lain: gesekan, panas, dan juga cara penyimpanan. Demikian cara merawat sablon kaos bahan rubber yang baik, semoga bermanfaat!

50 comments:

  1. Satu lagi, pengalaman nih... jangan dicuci disatukan dengan pakaian lain di mesin cuci. Jadi cuci pakai tangan saja terpisah. Semoga menambah manfaat hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .. betul mbak. Saya juga kalo nyuci biasanya dipisah-pisah

      Delete
  2. Ini sih tips yg sangat membantu saya banget hahahah. Asliii suka banget beli baju yg ada sablonannya gituu. Thanks kk

    ReplyDelete
  3. wah ternyata begitu rahasianya
    Paling sering aku kejadian, sablonan kaosnya nempel, trus terkupas. Bikin gak nyaman pas dipakai
    Sip sip, sekarang udah tau cara merawatnya
    Makasi ya

    ReplyDelete
  4. Terkadang pakaian dengan sablin cepat sekali rusak dan gambarnya menjadi tidak beraturan. Ternyata butuh teknik dan perawatan tersendiri ya. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  5. Oke banget ini tips ya. Soalnya cukup banyak kaos saya yang sablon bahan rubber gitu dan suka rusak gambarnya gara-gara salah memperlakukan kaosnya. Syedih sangat tiap ada kaos yang rusak. Abis ini bakal nerapin tips yang Mbak tulis deh biar kaos2 yg lain jadi awet dan tetap bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ... kayaknya habis gini semakin rajin beli kaos bersablon dech

      Delete
  6. wah kaos di rumah banyak yg udah ngelupas sablonnya. ternyata salah penanganan. makasi tipsnya mba :)

    ReplyDelete
  7. Oh iya yah kalau dijemur bisa bikin pecah-pecah juga yah Bunda, soalnya daku suka lupa main jemur aja, udahannya pecah-pecah sablonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund, sebaiknya nggak kena matahari langsung, agar lebih awet

      Delete
  8. Nah ini problemku mbak, kalau bahan ruber suka lengket2 gtu, trus rusak huhuhu. Owalah jd gtu ya tipsnya. Aku tu kadang suka rendem lama itu kali ya jd pas keluar mesin cuci lengket2 gtu dan akhirnya rusak sablonannya. TFS tipsnya.

    ReplyDelete
  9. Wah ketemu posting yang sangat berguna. Di rumah aku dan anak-anak punya beberapa kaos sablon, yang ngeselin banget, karena sablonnya rontok di sana-sini. Padahal kaos itu menarik dan enak dipakai. Thanks tips-nya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak harus ada tipsnya biar nggak rontok

      Delete
  10. Aku punya beberapa, punya anakku sih. Dan benar banget, ngurusinnya memang ekstra. Biasanya aku selalu pisahin, kucek sendiri, dan kalau setrika aku tutup sama kain lain. Ya, pokoknya lumayan ribet sih, dan akhirnya aku malas beli-beli yang rubber lagi.

    ReplyDelete
  11. Kalau pakai mesin cuci, aman gak ya? Saya biasanya langsung nyuci pakai mesin biar praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 yang penting muternya yang slow aja

      Delete
  12. Kadang baju anak-anak banyak yg dablon kalo cuci gambarnya pada nempel dan bikin gambarnya tusak, makadih tips ya mba

    ReplyDelete
  13. Wah iya mbak, suka kesel banget kalau kaos pada nempel2 gitu sablonan-nya dan akhirnya jadi aneh deh gambarnya hehehe.

    Makasih tips-nya yah mbak, mudah2an kaos2 sablonku aman terkendali mulai dari sekarang

    ReplyDelete
  14. Ya ini yang biasa saya lakukan, karena punya sablon sendiri dan kaosnya rata-rata ya kaos sesuai keinginan, kaos nama blog sendiri atau desain suka-suka yang menurut saya suka..hehe

    Memang untuk hasil yang bagus gak sembarangan juga merawatnya ya, Teh.

    ReplyDelete
  15. Ya ampuun pantesan rusak semua..kaos yang bersablon punya anak-anak...ternyata itu semua sebabnya.
    Wah musti hati-hati merawatnya yaa

    ReplyDelete
  16. Kalau sablonan yang rentan lengket, aku diajari ibuku nyetrikanya dibalik, sih. Jadi yang disetrika bagian dalamnya.

    ReplyDelete
  17. Suamiku bukan orang kantoran, wirausaha yg tiap hari pakai kaos aja. Dari sekian kaos yg biasa dipakai ke bengkel ada beberapa kaos sablon rubber dan kudu ati2 merawatnya. Pernah kejadian aku rendam kaos kelamaan trus sablonannya coplok gitu.

    ReplyDelete
  18. Kalau aku biasanya dibalik lipatannya jadi sablon ketutup sampe bagian belakang,tipsnya manfaat banget ni buat mamak2

    ReplyDelete
  19. Iya nih saya pernah beberapa kali salah perawatan itu sablonan hancur dan lengket hihii
    Kudu hati2 ya

    ReplyDelete
  20. Terima kasih buat tipsnya, kayaknya aku jadi tahu deh penyebab kaos sablonan aku sering banget cepet retak, karna aku kelamaan ngerendem nya nih.

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu sablon gitu jangan disetrika dan direndem lama. Makasih tipsnya mba, pantesan saja jarang awet baju sablon di rumah.

    ReplyDelete
  22. Ternyata gitu yaa cara merawatnya. Seringnya emang gambarnya terkelupas gitu. Mungkin karena sayanya rendam terlalu lama nih...huhuhu

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat kaos bola suaniku yg meruoakan sablon rubber. Duku ga ngerti banget gimana cara merawatnya. Tapi diberithu suami jdi tahu, meski ternyata ad bbrp poin yg baru aku dapat lewat postingsn ini hehe.

    ReplyDelete
  24. kalo aku hantam saja hihih, ternyata ada aturannya ya

    ReplyDelete
  25. Saya sering banget ngalamin kendala ketika waktu disetrika, jadi serba salah
    Di setrika menempel tp jika tidak ya terlihat lecek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, memang srharusnya dilapisi kalo ada sablonannya hehe

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.