UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 27 March 2019

Inilah Kriteria Situs Jual Beli Online Yang Baik

 



Kini bisnis online menjadi sebuah alternatif baru. Terutama bagi pengusaha untuk mempromosikan produk-produknya pada konsumen. Nampaknya prospek menjanjikan. Namun, hal tersebut tak terlalu mudah untuk begitu saja dijalankan. Semua butuh sebuah perencanaan bisnis online yang ada di internet. Kemudian baru menentukan produk yang akan dijadikan sebuah bisnis dan terus dikembangkan.

Di sini peranan sebuah website menjadi sangat krusial atau penting. Semua demi kelancaran proses jual beli dan transaksi lainnya. Langkah awal yang yaitu, memiliki  website dengan kriteria baik, termasuk juga bila menjual tiket pesawat murah.

Untuk menentukan website atau situs jual beli online yang baik bisa dilihat dari beberapa sudut pandang. Berikut penjelasannya:

1. Website sebagai media interaktif

Website yang dirancang untuk bisnis online harus menjadi media yang bersifat interaktif dengan konsumen. Karena website yang interaktif akan dapat dijadikan sebagai media komunikasi dengan konsumen.  Website menjadi media untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama adanya informasi yang lengkap pada produk yang dicari. Dari website tersebut, mereka akan mendapatkan sesuatu menarik sehingga tertarik ingin mendapatkan produk tersebut. Dari adanya informasi yang jelas, maka mereka akan mendapatkan aspek kenyamanan dan ada rasa aman. Dan lebih penting lagi, mereka bisa secara online selalu terhubung dengan anda.

Memberikan fitur komunikasi interaktif pada website akan meningkatkan rasa kepercayaan pada konsumen. Konsumen merasa sangat khawatir jika saat ia mencari sebuah produk, kemudian harus transfer uang terlebih dahulu sementara website tempat mereka membeli (tempat melakukan transaksi) tidak interaktif bahkan tidak bisa berkomunikasi dua arah.

Website interaktif memang sangat dibutuhkan oleh konsumen untuk dapat digunakan menanyakan produk, menanyakan bagaimana bertransaksi atau sistem pembayaran, serta tentang  pengiriman produk yang dibeli nantinya.

2. Website mempunyai desain menarik

Sebaiknya website didesign menarik. Apalagi untuk kepentingan bisnis online, website harus dibuat eksklusif dan berbeda dengan website-website yang lainnya. Tujuannya agar pengunjung mengetahui dan bisa membedakan antara website Anda dengan website-website yang lainnya. Selain itu, dengan tampilan website yang dibuat dengan tampilan template atau desain menarik, maka kemungkinan secara psikologis si pelanggan akan merasakan kenyamanan dan merasa betah berlama-lama berada di website Anda.

Tampilan website yang simple dan menarik akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang baru pertama kali membuka website Anda. Kesan pertama yang mengesankan ini, akan meninggalkan jejak memory yang baik bagi konsumen. Sehingga suatu ketika memungkinkan mereka akan berkunjung kembali ke website anda. Ketika suatu website memberikan kesan yang sangat baik dan rasa nyaman ketika membukanya, maka tentunya bisnis online yang dijalankan tersebut juga akan sangat mudah dan berhasil. Karena apabila calon konsumen merasa nyaman menggunakan website anda, maka mereka juga akan lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan dan sesuai dengan kebutuhannya tentunya.

3. Website memiliki fokus pada satu informasi atau bisnis dan memberikan informasi dengan sangat jelas.

Website bisnis, sebaiknya selain memiliki design yang interaktif juga focus pada bisnis atau memberikan informasi seputar produk yang ditawarkan. Visitor atau konsumen yang menginginkan informasi khusus atau produk lebih banyak akan bisa lebih mudah mendapatkan yang mereka butuhkan dan tidak bertele-tele.

Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang mencakup produk yang akan dijual tersebut telah dikupas secara fokus, tajam dan terbuka.

Tentunya hal tersebut akan sangat berguna terutama bagi visitor atau konsumen yang benar-benar sedang membutuhkan informasi secara cepat. Karena bisa jadi waktu yang mereka miliki untuk membuka website tidak bisa lama yang disebabkan oleh kesibukan mereka.

Presentasi yang terkesan sederhana dan fokus pada suatu produk, memiliki struktur yang sangat baik akan membuat konsumen memperoleh cukup banyak sekali informasi dalam waktu yang singkat. Dan kemungkinan untuk melakukan transaksi akan semakin besar. Hal ini karena konsumen telah paham terhadap berbagai hal yang menyangkut bisnis tersebut dan sistem transaksinya.

Demikianlah Kriteria Situs atau website Jual Beli Online Yang Baik.
Semoga bermanfaat!






2 comments:

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.