UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 25 March 2019

Tips Menabung Dengan Cara Investasi


Kalo berbicara tentang tabungan semua orang sudah mengenalnya, atau bahkan sudah sering dilakukan.

Masalahnya, bagaimana agar tabungan itu aman? Ya, tabungan yang biasa kita lakukan sehari-hari sebetulnya bisa dibilang tidak aman.

Mengapa?


Jawabannya sederhana. Karena tabungan mudah terkena inflasi. Saat uang kita tabung dalam kurun waktu tertentu, maka nilai uang menjadi tidak lagi sebesar nilai saat kita menabung. Betul nggak? Nilai uang akan cenderung turun dalam jangka waktu tertentu. Misalnya: jika anda punya tabungan 200 juta pada tahun 2010, dan kala itu bisa dibelikan rumah meski bukan rumah mewah. Namun kini, nilai 200 juta tak lagi dapat dibelkan rumah dengan tipe yang sama.

Itulah yang dimaksud dengan inflasi.

Mencegah inflasi, maka cara cerdas adalah uang yang anda miliki sebaiknya diinvestasikan. Dimana kini banyak sekali manager investasi yang memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin berinvestasi. Bahkan kini bisa secara online. Salah satunya adalah Reksa Dana, melalui klikmami.com. adalah manager investasi yang telah memiliki banyak investor, dan dikelola secara profesional oleh manager investasi.

Jika berinvestasi di Reksa Dana, maka anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena di Reksa Dana terdapat banyak instrument investasi yang masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Beberapa investasi yang ada di Reksa Dana adalah:


Setidaknya inilah salah satu ilmu yang saya dapat dari acara Kopdar Investarian yang diadakah di Surabaya. Kopdar ini terbagi menjadi 4 sesi yang masing-masing membahas tema yang berbeda dan diselenggarakan di tempat yang berbeda pula.

Kopdar 1 diselenggarakan di Bangi Kopitiam Surabaya, dengan tema Bagaimana Berinvestasi di Reksadana
Kopdar 2 membahas tentang bagaimana menabung/ investasi jangka panjang atau pendek.
Kopdar 3 membahas tentang Reksa Dana Syariah yang diadakan di Kaya Resto Surabaya.
Kopdar 4 membahas tentang Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran.


Reksadana Saham :
 Reksa Dana Saham termasuk dalam investasi yang high risk high return. Maksudnya adalah investasi dengan potensi hasil tinggi, dan memiliki nilai fluktuasinya juga tinggi. Sehingga Investasi ini lebih cocok dilakukan untuk perencanaan jangka panjang. Instrumen Reksa Dana jenis Saham ini memiliki jangka investasi minimal 7 tahun.

Bagaimana jika belum punya pengalaman dalam investasi saham?

Tak perlu khawatir, Investasi Saham di Reksa Dana akan menjawab kekhawatiran bagi yang nelum pengaaman. Jika umumnya untuk berinvestasi saham harus modal besar, namun di Reksa Dana tidak. Karena Investasi Saham di Reksa Dana bisa dimulai dengan nilai yang kecil yaitu Rp 10.000,- saja. Lebih mudah lagi karena jenis investasinya bisa dialihkan jika kinerja saham sudah tidak sesuai lagi. Dan semua bisa dilakukan secara online.

Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Campuran memiliki racikan beragam. Maksudnya, berapa persen besarnya modal yang akan diletakkan di Saham, dan berapa persen di Pendapatan Tetap, dan berapa persen di Investasi Pasar Uang?
 Porsinya seimbang antara obligasi dan saham. Potensi hasilnya sedang dan fluktuasinya juga sedang. Komposisi Reksa Dana Campuran ialah apabila porsi saham lebih besar daripada nilai obligasi dan pasar uang, maka pergerakannya mendekati Reksa Dana Saham. Sedangkan jika nilai Saham lebih kecil dari obligasi dan pasar uang, maka pergerakannya mendekati Reksa Dana Pendapatan Tetap.
 

Reksa Dana

Tentang Reksa Dana, tak perlu khawatir dengan jumlah modal yang besar. Karena di Reksa Dana ada instrument yang sangat mudah. Dimana kita bisa memilih inevestasi yang nilainya sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000,- saja anda sudah bisa ikut dalam investasi di Reksa Dana.

Mungkin anda bertanya-tanya, gimana sich cara berinvestasi di Reksa Dana? 

Tenang saja, semua dapat dilakukan secara online dan cukup mudah.

Cara investasi di Reksa Dana:

1.    Masuklah dalam situs klikmami.com
2.    Lalu klik register atau daftar
3.    Kemudian anda disuruh mengisi data
4.    Selanjutnya, ikut petunjuk hingga selesai.
5.    Jika proses pendaftaran selesai, dan sudah aktivasi maka akun anda sudah bisa digunakan.
6.    Di situ anda bisa memilih jenis investasi apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pilih transaksi yang diinginkan!

Ada beberapa jenis investasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

7.    Setelah itu tentukan nominal yang akan diinvestasikan.

Tentukan nimonal yang akan diinvestasikan.
8.    Tentukan metode pembayaran, mau transfer atau melalui indomaret terserah anda.

Cara Menarik Dana Investasi

Setelah anda berinvestasi tentunya suatu hari nanti akan menarik dana anda. Nah, berikut caranya.:
Seperti biasa anda harus login terlebih dahulu.

Setelah login, lalu masuk dan klik "Cairkan Reksa Dana" . Selanjutnya akan ada konfirmasi berapa besar dana yang akan dicairkan. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekening mana yang dipakai untuk mencairkan.

Inilah step by step cara mencairkan investasi Reksa Dana. Setelah itu tinggal menunggu investasi anda akan ditransfer ke rekenng anda.

Nah inilah ilmu yang saya dapat dari Kopdar Investarian bersama Reksa Dana. Kalo saya pribadi sich lebih menyukai Investasi Reksa Dana Kas Syariah. Pertimbangannya dana bisa diambil sewaktu-waktu, dan lebih penting lagi harapannya terhindar dari riba.

Untuk yang lainnya juga bagus sich menurut saya. Nah itu enaknya di Reksa Dana, ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga tulisan ini bermanfaat!

4 comments:

  1. Reksadana ya! Aku juga punya investasi reksadana! Bahkan sering menuliskannya di blogku!

    ReplyDelete
  2. Pengen juga ah nabung pake reksa dana. Aku butuh banget buat masa depan anak-anak, terutama sekolah.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.