UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 11 April 2019

Cara Pijat Bayi dan Manfaatnya, Program Sentuhan Cinta By Johnsons



 Tradisi Pijat bayi sudah ada sejak dahulu kala, bahkan ketika saya belum lahir. Hingga kini pijat bayi masih sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita. Namun seharusnya pijat bayi tak sekedar pijat biasa. Harus ada ilmunya agar pijat bayi memberikan manfaat bagi perkembangan bagi bayi secara optimal.

Dan yang lebih penting, pijat bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan lhoo bund! Ada hal-hal penting yang harus dan tidak boleh dilakukan saat pijat bayi. Setidaknya itulah ilmu berharga yang saya dapat dari acara gathering by Johnsons dalam rangka mengkampayekan Program Sentuhan Cinta.




Acara berlangsung di Ibis Style, jalan Jemur Sari Surabaya. Peserta terdiri dari blogger yang sedang hamil dan juga yang memiliki bayi usia 0 hingga 24 bulan. Dalam acara tersebut para peserta mendapat ilmu tentang Cara Pijat Bayi serta manfaatnya, dan juga ilmu tentang pentingnya stimulasi pada bayi dan anak bagi perkembangan optimal anak.

"Mungkin dari kita masih ada pertanyaan, seberapa penting sich Pijat Bayi dilakukan?"

Untuk menjawab seberapa penting marilah kita menyimak terlebih dahulu, tentang manfaat Pijat bagi bayi.

Manfaat Pijat Bayi:

Melalui sentuhan yang diberikan pada bayi saat memijat akan meningkatkan kesehatan bayi secara psikologis. Yaitu mampu melancarkan saluran pencernaan, sehingga makanan dapat diserap dengan baik. Selain itu juga bermanfaat bagi peningkatan imunitas bayi, serta meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Melalui pijatan, akan memberikan efek sentuhan cinta pada bayi yang dapat berpengaruh terhadap system saraf melalui stimulasi sensorik. Terbukti bahwa selama pijat otak bayi akan terbantu untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.

Mampu mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi. Bayi yang sering dipijat lebih cenderung mudah untuk bersosialisasi. Karenanya mereka akan cenderung lebih sering kontak mata jika bertemu dengan orang lain, tersenyum, dan berbicara dengan ramah.

Lebih detailnya bisa lihat gambar di bawah ini:

doc by https://www.johnsonsbaby.co.id
Teknik Pijat Bayi
"Seberapa Kuat Tekanan Harus Diberikan?"
Bayi sehat umumnya tidak menyukai pemijatan dengan tekanan ringan, mengingat pemijatan ringan cenderung menimbulkan rasa geli pada mereka. Mereka cenderung lebih menyukai tekanan yang agak tegas. Karena tekanan tegas member efek merangsang bagian tubuh yang dipijat. Namun, tekanan yang terlalu kuat sehingga menyebabkan bayi merasa tidak nyaman sebaiknya juga dihindari.
"Berapa Lama Pemijatan Harus Dilakukan?"
Bayi baru lahir cenderung lebih sensitif dibanding yang sudah berumur lebih. Oleh karena itu sebaiknya lakukan pemijatan selama 10 menit saja. Waktu tersebut rasanya sudah cukup untuk menimbulkan rangsangan bagi bayi usia tersebut.
Bayi yang lebih tua dapat dilakukan pemijatan selama kurang lebih 20 menit.
Sebagai catatan, orang tua dan perawat yang terlibat harus selalu waspada dan mampu untuk mengenali serta merespon terhadap kebutuhan bayi juga isyarat yang diberikan bayi pada saat dipijat. Mereka nyaman atau justru kesakitan, sebaiknya harus tanggap.
Hal-hal yang perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pijat Bayi
"Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemijatan?"
Pada bayi aterm (cukup bulan) maupun prematur (kurang bulan) yang kondisinya telah stabil, pemijatan dapat dilakukan kapanpun. Lebih baik lagi, pemijatan sebaiknya dilakukan setiap hari pada usia 6-7 bulan pertama usia bayi, dengan catatan teknik harus benar dan suasana juga nyaman.

Perhatian khusus:

  • Jangan memijat bayi sesaat setelah ia makan atau disusui. Berikan jeda sekurang-kurangnya 30 menit.
  • Jangan membangunkan bayi hanya untuk dipijat. Tapi tunggulah terbangun dan bayi merasa tenang dan nyaman.
  • Jangan memijat saat bayi sakit. Karena bayi sakit cenderung rewel, sebaiknya tunggu setelah kondisi agak baikan dan tenang.
  • Jangan memijat dengan paksa. Ini yang sering terjadi. Membiarkan bayi menangis keras dan terus dipijat. Sebaiknya hindari, karena ini bisa menimbulkan efek trauma.
  • Jangan memaksakan posisi pijatan tertentu. Jika bayi merasa kesakitan pada area tertentu, maka jangan diteruskan. Pijatlah area lain dengan tekanan yang tidak menyakitkan.
  • Selalu memperhatikan respon bayi saat pemijatan. Ini sangat penting, karena nggak ingin khan bayi menjadi kesal atau borring hanya karena orang tua atau pemijat tidak tanggap?
Tips Pemijatan dengan Sentuhan Cinta:

  • Ibu melakukan kontak mata dengan bayi saat pemijatan. Berikan senyum bahagia, agar bayipun demikian.
  • Ibu mengajak bicara atau menyanyikan lagu sambil memutarkan musik lembut agar lebih rileks.
  • Mulailah dengan sentuhan ringan, lalu perlahan tingkatkan tekanan pijatan saat bayi sudah merasa nyaman.
  • Perhatikan isyarat bayi seperti menangis, mengantuk, kehausan, dan segera berikan respon jika tanda-tanda tersebut muncul.
  • Agar lebih memudahkan pemijatan dan tidak melukai bayi, sebaiknya gunakan baby oil atau lotion bayi pada kedua telapak tangan kita sebelum memijat.
  • Hindari pemakaian baby oil atau lotion mengenai mata bayi.
  • Mandikan bayi setelah pemijatan dengan air hangat. Bila bayi masih di rumah sakit atau pemijatan dilakukan malam hari, maka bayi cukup diseka dengan washlap dan air hangat.
 Persiapan Pemijatan:

  • Ruang kamar hangat & tidak berangin. Jika menggunakan AC, sebaiknya suhu tidak terlalu dingin.
  • Bila bayi masih di rumah sakit, atau masih dalam perawatan pemijatan dilakukan di dalam inkubator atau di bawah penghangat (infant warmer).
  • Sediakan waktu yang cukup. Karena bisa jadi pemijatan tak bisa langsung dilakukan hingga tuntas, karena besar kemungkinan akan ada jeda saat bayi pipis atau agak boring
  • Usahakan pemijatan dilakukan pada posisi nyaman dan santai.
  • Alas yang rata dan lembut.
  • Sediakan handuk, baju ganti dan baby oil atau lotion bayi.
  • Kuku dipotong pendek dan tidak memakai perhiasan / aksesoris di tangan.
  • Tangan bersih (lakukan dengan tujuh langkah higienis mencuci tangan) dan hangat.
Berikut adalah 7 Langkah Higienis Mencuci Tangan:
doc by https://www.johnsonsbaby.co.id
Cara mandi serta pemijatan dengan produk yang tepat akan mampu menciptakan ikatan yang tepat pula antara bayi dan orang tua. Sehingga dapat meningkatkan kualitas serta durasi bayi saat tidur.

Produk Johnsons Baby sudah sejak lama dipercaya menjadi produk yang bermanfaat bagi bayi.
Inilah beberapa serangkaian produk Johnsons Baby yang digunakan untuk mandi dan pemijatan: Baby Powder, Baby Wash, Baby Lotion, dan Baby Oil.



Cara Pijat Bayi Meliputi beberapa bagian, yaitu : Kepala, Dada, Perut, dan Kaki.

Jika pemijatan tak mungkin dilakukan secara keseluruhan, maka pemijatan bisa dilakukan secara singkat. Berikut adalah Tips yang diberikan by Johnsons:

1. CARESS LOVE
Letakkan kedua telapak tangan di atas dahi bayi, lalu pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya, lakukan gerakan seperti sedang membuka buku.

RELAX
Pijat pada area di atas alis. Mulailah gerakan dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.

SMILE
Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir

doc by https://www.johnsonsbaby.co.id
2. BUTTERFLY
Dengan kedua telapak tangan yang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.

CROSS/MENYILANG
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.

doc by https://www.johnsonsbaby.co.id

3. “I”, “L.O.V.E”, “U”
Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf “I”

Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf “L”.

Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari Anda perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

doc by https://www.johnsonsbaby.co.id
4.WALKING FINGERS
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara di dalam perut.

FINGER SHAKE
Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.

ROLLING
Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

doc by https://www.johnsonsbaby.co.id
5. MILKING
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti).
Buatlah  gerakan seolah-olah sedang memerah secara berulang-ulang.
A. Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
.B. Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas

RELAX (KAKI)
Pegang kedua pergelangan kaki bayi, lalu silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan ke posisi semula, lalu ulangi lagi. Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang.

SLIP (PIJATAN MELUNCUR)
Baringkan si buah hati dengan posisi tengkurap. Posisikan satu telapak tangan, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong bayi.
Melalui ini pula Johnsons mengkampayekan program sentuhan cinta.


doc by https://www.johnsonsbaby.co.id
Program Sentuhan Cinta Johnsons

Adalah sebuah program yang digagas oleh Johnsons untuk mendukung para ibu di Indonesia dalam kaitannya dengan meningkatan untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya pada masa Golden Period.

Dalam menjalankan kapanye program tersebut, Johnsons bekerjasama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa TImur.

Johnson's mengajak para ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk sebagai berikut:
  • Setiap pembelian produk Johnson's di Alfamart dan Shopee senilai minimal Rp. 25.000,-
  • Setiap pembelian Johnsons Oil 125ml atau Top -to-Toe Bath 400ml atau Lotion Baby 200ml di toko-toko lainnya yang berpartisipasi dalam program sentuhan cinta.
Dari setiap transaksi yang dilakukan, akan disumbangkan Rp 500,- (Lima Ratus Rupiah) untuk pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo. Gresik, Jatim. Agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Dan, lebih lanjut untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik, Johnsons melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Prefesional dari Johnsons untuk mendukung pettumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.
Wow … keren khan programnya? Yuuk kita dukung …!









1 comment:

  1. Keren nih program Johnsons bekerjasama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa TImur.

    Dan, ternyata pijat bayi itu banyak manfaatnya ya..Caranya pun tertentu enggak boleh asal kayak pijat bayi oleh dukun yang di kampung sampai si bayi jejeritan duh
    Makasih sharingnya Mbak:)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.