UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 13 May 2019

Gejala dan Cara menghilangkan jerawat


Masalah jerawat umumnya dialami oleh remaja. Meski demikian tidak menutup kemungkinan mereka yang sudah dewasa bahkan anak-anak juga ada yang mengalaminya. Masalah jerawat juga tidak memandang usia, laki-laki atau perempuan juga bisa mengalaminya.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Antara lain: karena ada perubahan hormon dalam tubuh, pengaruh kosmetik, makanan, stress, polusi udara, bisa juga karena kurang menjaga kebersihan terutama kebersihan area wajah.  Lebih detail ada di artikel berikut: Ternyata-ini-yang-menyebabkan-jerawat .
Jerawat, meski jarang dikelompokkan dalam penyakit berat namun mereka yang mengalaminya akan sangat resah dan tidak nyaman. Masalahnya, timbulnya bintik-bintik yang muncul akibat jerawat kerap kali  menimbulkan rasa kurang percaya diri pada mereka yang mengalaminya.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat Yaitu:

Kenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan jerawat timbul? Misalkan jika jerawat disebabkan oleh karena pengaruh penggunaan kosmetik, maka gantilah kosmetik yang cocok. Lebih baik menggunakan kosmetik yang bebas parfum. Kurangi penggunaan kosmetik pemutih yang berlebihan.
Jika jerawat timbul oleh karena faktor kebersihan, maka sering-seringlah mencuci muka menggunakan sabun antiseptik yang cocok. Berhati-hatilah jika ingin mencoba-coba penggunaan sabun yang mengandung pelembab dan pemutih.

Konsultasikan ke dokter kulit
Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang permasalahan kulit. Biasanya untuk pengobatan jerawat, pada rumah sakit poli kulit akan dilakukan melalui beberapa tahap. Yaitu: pertama, proses pembersihan kulit terhadap timbunan lemak yang menyumbat pori-pori yang biasanya akan tumbuh menjadi jerawat. Pada tahap ini, akan dilakukan proses pengeluaran komedo pada area wajah. Lalu tahap ke dua, pengobatan pada proses bekas luka komedo agar tidak timbul infeksi. Dan tahap ke tiga adalah pengobatan pada area berjerawat agar lekas kering. Pada tahap ini, biasanya dokter akan memberikan resep obat oles berbentuk cream yang digunakan untuk mengobati jerawatnya agar tidak terjadi infeksi dan luka lekas kering.

Selalu jaga kebersihan kulit wajah
Menjaga kebersihan kulit wajah sangat penting, meski pada wajah tak berjerawat sekalipun. Karena timbunan debu yang bercampur keringat terlalu lama, bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada wajah yang berakibat timbulnya jerawat. Oleh karenanya jagalah agar kulit wajah tetap bersih. Segeralah membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar rumah atau ketika habis bepergian.

Hindari makan kacang, susu, dan telur secara berlebihan
Beberapa makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dapat memicu timbulnya jerawat.  Maka bagi anda yang memiliki jerawat, sebaiknya makanan tersebut dihindari sampai jerawat sembuh terlebih dahulu.

Banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
Sayuran dan buah sangat bagus bagi kesehatan kulit. Diantara ada beberapa vitamin yang berfungsi sebagai pencegah infeksi dan sebagai zat penetralisir racun yang ada dalam tubuh. Oleh karenanya bagi mereka yang menderita jerawat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Buah dan sayuran juga bermanfaat sebagai regenerasi sel-sel kulit, sehingga akan mempercepat penyembuhan terhadap luka.

Hindari stress yang berlebihan
Stress disinyalir dapat memicu timbulnya jerawat. Karena saat seseorang mengalami stress, maka tubuh akan cenderung mengeluarkan lebih banyak keringat. Hal ini akan memudahkan bakteri maupun kuman berkembang lebih cepat dan dapat menimbulkan jerawat. Oleh karenanya sangat penting untuk refreshing atau olah raga yang dapat menghindari stress yang berlebihan.

Rajinlah berolah raga
Olah raga sangat bagus bagi kesehatan. Tak terkecuali kesehatan kulit. Saat seseorang berolah raga, maka proses sekresi tubuh akan berjalan lebih baik. Ini dapat menghindari terjadinya timbunan lemak pada sel di bawah kulit yang dapat memicu munculnya jerawat. Berolah raga minimal seminggu sekali dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat pada wajah.

Banyak minum air putih
Air putih telah terbukti sebagai salah satu zat yang bermanfaat sebagai penetralisir lemak dan racun dalam tubuh. Dengan minum air putih yang cukup, maka tubuh akan lebih terjaga kemungkinan terjadinya timbunan lemak secara berlebihan. Maka, sebaiknya minumlah air putih yang cukup, minimal 2 liter perhari.

Demikianlah cara-cara menghilangkan jerawat, semoga bermanfaat.

Wassalam wr wb …







No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.