UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 8 May 2019

Menu Buka Puasa SKIPPY Favorit Keluarga yang Mudah Membuatnya


Hari ke 3 puasa kali ini saya ingin membuat menu ta’jil yang sedikit berbeda dari hari sebelumnya. Kalau dua hari sebelumnya cenderung tradisional yaitu kacang hijau, kolak pisang, es blewah, kali ini saya pingin membuat menu Ta'jil yang sedikit agak unik dan disukai anak-anak, hehe … Unik dari segi penampilan maksudnya.
Kali ini saya ingin membagikan resep Menu Buka Puasa, yaitu bola coklat fantasi, Rolade Soft Cake Skippy, dan Popcorn Skippy.
Berawal dari usulan si kecil, “ Ma … bikin kue-kue atau apa gitu lhoo yang dihiasi bagus. Terus adik suka!”.

Itulah usulan sewaktu bangun tidur tadi pagi saat mau berangkat sekolah, yang lebih cenderung sebagai permintaan. Saya hafal benget dengan nada bicaranya. Kadang memang meminta tapi agak tersamar gitu, hehe ... Dan sebagai orang tua saya seringkali nggak tega untuk tidak mengabulkannya.

“Maunya yang gimana? Rasa manis atau gurih?” Tanya saya kemudian.

“Yaa … yang ada coklatnya gitu lhoo … atau keju, atau apa pokoknya yang coklat-coklat bagus gitu” lebih detail si kecil mengajukan permintaan.

“Baiklah … Insyaallah nanti Mama bikinkan. Sekarang adik bersiap-siap berangkat sekolah dulu ya …!” pinta saya agar ia segea beranjak dari tempat tidur.

Setelah mengantar berangkat sekolah, saya belanja sayur dan langsung mampir ke toko bahan kue. Rencananya saya akan membuat Bola-bola Coklat Fantasi dan Rolade Soft Cake Skippy.

Untuk bahannya sangat mudah, begitupun cara membuatnya. Pertimbangan saya bikin ini adalah ingin membuat sesuatu yang disukainya sekaligus sebagai edukasi buatnya. Ya … dalam pembuatannya saya melibatkan keduanya. Adik kebagian yang ngaduk-aduk, sementara sang kakak bagian yang menghaluskan biskuait serta mencetaknya.


Klop dech kami bertiga mulai sibuk di dapur. Tapi ... memang harus siap bersabar sich. Pasti dech ada aja ekstra kegiatan yang tidak diinginkan. Ya .. paling-paling nambah tenaga bersih-bersih aja, hehe ...


Baiklah yuuk kita mulai memasak!

"Apa sih bahannya?"

Bola-bola Coklat Fantasi

Bahan:
  • 15 biji Biskuit (dihaluskan)
  • 5 Sdm Kental Manis atau SKM
  • 1 Sdm Skippy Peanut Butter
  • 1 Sdm mentega
  • Coklat blok (di tim untuk untuk mencelup)
  • Sprinkle (sebagai hiasan)

Cara Membuat:
  1. Campurkan biskuit, SKM, mentega, dan Skippy, lalu aduk hingga rata dan bisa dibentuk bulatan. Jika terlalu keras, maka tambahkan SKM lagi. 
2. Bentuk bulat-bulat sebesar kelereng.
3. Celup dalam coklat yang telah cair.
4. Taburkan Sprinkle di atasnya.


5. Siap untuk dihidangkan. Akan lebih enak dimasukkan dalam almari es terlebih dahulu, agar coklatnya beku.

Rolade Soft Cake Skippy

Bahan:
  • 3 lembar roti tawar
  • 1 potong soft cake (saya pakai Oreo soft cake)
  • Skippy Peanut Butter (untuk olesan bagian isi)
  • 1 btr Telur (kocok)
  • Tepung panir
  • 10 Sdm Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat:
  1. Ambil roti tawar,  Letakkan Soft Cake, dan oles Skippy Peanut Butter di tengah-tengah roti tawar. Lalu gulung roti tawar menutupi soft cake, semat dengan tusuk gigi.

  1. Celupkan gulungan roti dalam dalam telur yang telah dikocok.
  2. Gulingkan dalam tepung panir. Sementara itu panaskan wajah yang telah diberi minyak.
  3. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Tiriskan.
  4. Setelah agak dingin, potong-potong. Siap disajikan untuk berbuka puasa.

Nah inilah dua resep yang sudah berhasil memikat hati anak-anak. Satu lagi, saya membuat popcorn yang saya beri topping Skippy Peanut Butter. Untuk topping caranya, masukkan 1 sendok makan Skippy Peanut Butter dan mentega saat ng-tim coklat. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu tuangkan di atas popcorn perlahan-lahan. Nah ... menu tajil dan camilan sudah siap dihidangkan.



OK, sampai jumpa di resep saya yang lainnya ya!
"Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan."
Semoga bermanfaat!



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.