UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 1 January 2019

Resep Sambal Ijo Padang Ebi

www.bundasugi.com

Assalamualaikum wr wb …

Hari ini, bundasugi.com akan membagikan resep membuat sambal ijo khas Padang. Resep terkenal khas Minang ini saya dapat dari ibu mertua yang memang asli orang Padang. Seperti yang kita diketahui bahwa pada umumnya masakan Padang serasa belum lengkap jika nggak ada menu sambal ijo khas Padangnya, hehe … Betul nggak? Betul banget.

Mengapa sambal ijo sangat diminati dibandingkan dengan sambal lainnya?
Apakah karena rasanya yang nggak terlalu pedas? Menurut saya bukan alasan itu sich. Karena sambal ijo bisa juga dibikin pedas banget atau pedas sedang-sedang saja. Kuncinya ada pada campuran cabe rawitnya. Jika mau pedes banget pakailah cabe rawit yang sudah agak tua, yang penting jangan yang terlihat sudah merah yaa …! Ntar nggak jadi sambal ijo donk, tapi sambal merah, hehe …. Nah, kalo mau nggak pedes ya nggak usah diberi cabe rawit, atau diberi tapi dikit aja. Bisa juga pilih cabe rawit yang agak muda banget, maka sambalnya nanti nggak terlalu pedes.

Sambal ijo sangat diminati karena aroma cabe hijau ketika dibikin sambal itu khas banget. Dan rasa cabe hijaupun demikian. Cabe hijau juga terasa lebih lembut, tak hanya saat dikunyah, namun rasa pedas ketika menyemtuh lidah. Cabe hijau ketika dibikin sambal rasanya nggak nyenggrak, alias keras. Jadi enak banget. Rasa pedasnya sangat bersahabat, nggak bikin orang kapok bahkan kebanyakan malah bikin ketagihan. hehe ... yuuk bund suami tercintahnya dibikinin sambal hijau, biar suami tambah sayang xixixi ... ah bisa aja.

Ssst … maaf mau promosi sebentar ya ... Udah tau belum, bunda Sugi sekarang bikin sambal kemasan lhoo!! Sementara ada 2 macam sambal aja, yaitu: sambal ijo Padang Ebi, dan sambal Bajak tongkol. Karena keterbatasan produksi, mohon maaf untuk sementara ini baru bisa melayani yang deket2 aja. Doain ya kedepannya … nanti bisa melayani yang jauh juga, kalo bias di seluruh Indonesia.

Buat yang jauh jangan khawatir, bunda Sugi membagikan resep yang bisa dicoba sendiri di rumah kok …. Resep sambal Ijo Padang ini sengaja saya pakai ebi, karena rasa ebi lebih gurih dan kress. Jadi ketika dimakan nggak keras, dan rasanya lebih sedap.

Langsung aja yaa … yuuk segera siapin celemeknya! 

Resep Sambal Ijo Padang Ebi by bundasugi.com

www.bundasugi.com


Bahan-bahan 
  • 250 gram cabe (lado) hijau besar, buang tangkainya
  • 50 gram cabe rawit hijau, buang tangkainya
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok teh minyak goreng, untuk menggoreng
  • 2 buah tomat ijo
  • ½ sendok teh air jeruk nipis
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat

  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Goreng ebi hingga kering, tiriskan. Dan sisihkan.
  3. Kemudian kukus cabe hijau dan cabe rawit hijau bersama dengan bawang merah, tomat, dan bawang putih kurang lebih 5 menit. Angkat
  4. Jika sudah layu, tumbuk bahan diatas dengan menggunakan ulek secara kasar. Usahakan saat menumbuk, bawang putih dan bawang merah tertumbuk halus dan  tercampur sempurna.
  5. Tuangkan minyak goreng dalam wajan, nyalakan kompor. Jika sudah panas masukkan bahan yang sudah ditumbuk, lalu tumis hingga layu dan baunya tercium  harum.
  6. Terakhir tambahkan gula, air jeruk dan garam pada tumisan dan aduk rata. Masak terus sampai benar-benar matang.
  7. Masukkan ebi yang telah digoreng, aduk hingga merata. Tunggu sebentar sambil terus diaduk-aduk.
  8. Angkat sambal dan sajikan bersama lauk yang lain.

www.bundasugi.com

Sambal ijo Padang Ebi resep bunda Sugi sudah siap disajikan bersama ikan atau lauk lainnya. Nah, mudah bukan cara membuatnya? Selamat mencoba!

Wassalamualaikum wr wb …

2 comments:

  1. Waduuh senengnya punya mertua orang Padang. Masakannya enak2. Jadi inget itiak lado ijo yg di Sianok. Yuuum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bisa belajar dari beliau
      emm ... yummy

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.