UA-83233104-1

bintang jatuh br

Saturday, 24 April 2021

Memilih Bakso dan Taso Tanpa Pengawet

Siapa sih yang nggak suka bakso atau tahu bakso? Kayaknya jarang ada deh orang yang tidak suka dengan makanan yang bentuknya bulat-bulat imut dan rasanya enak? Apalagi kalau ditambahi kuah hangat plus sambal .. emmm. .. nikmat

Ya bakso bisa dibilang salah satu menu favorit bagi semua kalangan. Kalau melihat dari bahannya sih Makanan ini sangat bermanfaat buat tubuh. Karena bakso umumnya dibuat dari daging sapi atau ayam atau bisa jadi udang, oleh karenanya bakso kadang-kadang juga dijadikan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi. 

Cara membuatnya agak sedikit rumit. Karena kita butuh menggiling daging terlebih dahulu, setelah itu semua bahan juga harus digiling atau dicampurkan sampai kalis. Karena jika pencampurannya kurang maksimal dapat mengurangi kekenyalan bakso sendiri. Dan tentu saja rasanya kurang nikmat. 

Oleh karena untuk membuat sendiri sangat rumit, maka alternatifnya adalah kita akan membeli bisa membeli langsung makan atau membeli dalam bentuk Frozen.

Jika membeli kita mesti hati-hati karena jangan sampai yang kita beli mengandung bahan pengawet, yang tentu saja tidak bagus bagi kesehatan tubuh. 

Kali ini saya merekomendasikan bakso dalam bentuk Frozen yang bebas bahan pengawet. Yaitu bakso buatan Bu Hanum. Bu Hanum adalah salah satu UMKM dari Sidoarjo yang memproduksi bakso dan tahu bakso. 


Untuk tahu baksonya ada beberapa varian rasa lho gaes ... Ada original yaitu murni tahu yang diisi dengan adonan bakso yang terbuat dari daging sapi. Ada juga tahu bakso rasa jamur. Di dalamnya kita akan menemukan potongan-potongan jamur yang jika digigit rasanya enak banget. Ada juga tahu bakso yang rasanya bikin kita kaget karena ada pedes-pedes nya. Nah ini cocok banget bagi mereka yang menyukai makanan yang pedas Jadi nggak perlu lagi di cocol dengan sambal.

Cara mengolah bakso buatan Bu Hanum sangat mudah. Setelah kita keluarkan dari kulkas, diamkan sebentar bakso dalam suhu ruangan. Lalu masukkan dalam air mendidih rebus sebentar kemudian tiriskan. Bisa juga bakso dimasukkan ke dalam wajan yang sudah diisi dengan minyak yang dipanaskan lalu digoreng sebentar. Setelah itu bakso bisa langsung kita olah atau au kita campur dengan masakan lainnya. 

Kalau saya sih sukanya ditambahin me beserta sayuran, kemudian dicampur dengan bawang goreng. Tinggal tambahin sambal sesukanya. Jadi deh bakso yang nikmat dan lezat ...  ! 

Oh ya bakso atau tahu bakso produk Bu Hanum bisa dipesan melalui nomor dibawah ini ya gaes ... 

WA  0821-3269-0090



Tuesday, 20 April 2021

6 Sarung Berkualitas Dari BHS

  


Seperti yang diketahui bahwa sarung merupakan peralatan perlengkapan ibadah untuk para pria muslim di Indonesia. Sekarang ini sudah banyak produk sarung yang dijual di pasaran dari berbagai merk, salah satunya adalah sarung BHS. Sarung BHS sangat terkenal dengan kualitasnya yang tinggi sehingga banyak orang yang menyukainya.

Nah, bagi anda yang membutuhkan sarung berkulitas, berikut 6 sarung berkualitas dari BHS :

1.Sarung BHS Gold Classic Motif Jacquard Songket Coklat

Sarung BHS Gold Classic Motif Jacquard Songket Coklat merupakan sarung motif trendi dan istimewa dengan motif Jacquard Songket dengan warna pilihan yang memadukan keseimbangan akan keserasian warna dalam kerapatan benang serta keindahan motif bermutu tinggi yang dihasilkan dari perpaduan seni dan teknologi. 

Selain itu, sarung dewasa yang terbuat dari bahan Cotton Mercerized yang lembut ini sangat nyaman dipakai serta keawetannya tidak diragukan lagi. Sarung berkualitas tinggi dari BHS dengan perpaduan motif garis ini memilliki ukuran Panjang 125 cm dan Lebar 105 cm. 

2.Sarung BHS Classic Kawung Mutiara (KWG MTR)

Sarung BHS Classic Kawung Mutiara (KWG MTR) memadukan keseimbangan akan keserasian warna dalam kerapatan benang serta keindahan motif yang bermutu tinggi. Sarng berukuran standar dewasa ini terbuat dari bahan benang tetoron rayon dan mercerized yang lembut dan awet sehingga nyaman saat dipakai untuk beribadah. 

3.Sar Sarung ung BHS Gold Classic Motif Jacquard Gunung Modis Coklat

Sarung BHS Gold Classic Motif Jacquard Gunung Modis Coklat merupakan sarung motif trendi dan istimewa dengan motif Jacquard Songket dengan tenunan songket yang memadukan keseimbangan akan keserasian warna dalam kerapatan benang serta keindahan motif bermutu tinggi yang dihasilkan dari perpaduan seni dan teknologi. 

Sarung dewasa yang terbuat dari bahan Cotton Mercerized yang lembut ini sangat nyaman dipakai serta keawetannya tidak diragukan lagi. Sarung berkualitas tinggi dari BHS dengan perpaduan motif garis ini memilliki ukuran Panjang 125 cm dan Lebar 105 cm.

4. Sarung BHS Classic Kombinasi Salur Mutiara Red

Sarung BHS Classic KSM (Kombinasi Sakur Mutiara) adalah sarung motif trendi dan istimewa dengan motif Songket mewujudkan kebutuhan yang sesuai dengan keunikan konsumen. Memadukan keseimbangan akan keserasian warna dalam kerapatan benang serta keindahan motif bermutu tinggi yang dihasilkan dari perpaduan seni dan teknologi. 

Sarung dewasa yang terbuat dari bahan Cotton Mercerized yang lembut ini sangat nyaman dipakai serta keawetannya tidak diragukan lagi. Sarung berkualitas tinggi dari BHS dengan perpaduan motif garis ini memilliki ukuran Panjang 125 cm dan Lebar 105 cm.

5.  SarungBHS Gold Excellent Motif Tumpal Kembang Eslilin Hitam

Produk ini merupakan sarung dengan motif Tumpal Kembang Eslilin yang indah dengan perpaduan motif kombinasi dengan warna pilihan. Sarung terbuat dari bahan sutra dipadukan dengan benang mercarized yang sangat lembut sehingga nyaman saat dipakai dan awet. 

Produk ini hadir dengan desain trendy dan comfy yang cocok dikombinasikan dengan berbagai model baju muslim atau baju koko yang anda kenakan. Sarung ini sangat ideal untuk melengkapi perlengkapan sholat anda. 

6. Sarung BHS Classic Kawung Dobby (KWG DBY) 

Produk ini merupakan sarung motif Kawung Dobby yang berukuran standar dewasa dengan bahan benang tetoron rayon dan mercerized yang lembut sehingga membuat nyaman saat dipakai dan keawetannya tidak usah diragukan lagi. Selain itu, produk ini juga berasal dari helai benang berkualitas terbaik yang ditenun oleh tangan-tangan ahli berpengalaman selama lebih puluhan tahun. 

Demikianlah informasi tentang 6 sarung berkualitas dari BHS.


Friday, 9 April 2021

Sambal Goreng Kering dari Dulu Disukai



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh... 

Kali ini saya mau merekomendasikan salah satu jenis lauk yang sangat cocok untuk menu harian, ataupun dibawa saat bepergian. Berawal dari saya waktu mau mengirimkan paket ke Putri sayang di pondok.  Saya cari-cari ide kira-kira apa ya yang cocok buat dikirimkan? Tentunya dengan syarat laut tersebut harus bisa awet dan praktis untuk dimakan. 

Akhirnya saya kepikir untuk membuatkan sambal goreng kering tempe. Tapi ... saya ngerasa kok ribet juga ya kalau harus masak sendiri,  apalagi saya sendiri juga blagi aja kerja  lain? 

Maka saya cari info UMKM yang memproduksi sambal goreng kering tempe. 

Oh ya mungkin para pemirsa bertanya-tanya kenapa sih pilih tempe? 

Karena tempe, selain ekonomis juga bisa  dibilang sebagai salah satu makanan khas di Indonesia yang mengandung protein tinggi. Selain itu, menurut sebuah penelitian tempe juga mengandung zat anti kanker lhoo! Hehe ..

Cara mengolahnya juga cukup mudah,  langsung digoreng dan disantap atau  diolah dengan berbagai variasi bumbu. 

Ada jenis lauk berbahan tempe yang dari dulu sampai sekarang pun masih banyak penggemarnya. Salah satunya adalah sambal goreng kering tempe.

Dilihat dari bahannya dan cara pengolahan laut jenis ini bisa dibilang menyehatkan. 

Salah satu UMKM yang memproduksi sambal goreng tempe di wilayah Sidoarjo adalah dari Dapur Mbak Djoemy. 

Dapur Mbak Djoemy tak hanya memproduksi sambal goreng kering tempe saja. Tetapi ada bermacam-macam sambal goreng kering lainnya. Diantaranya adalah: sambal goreng kering kentang, dan sambal goreng kering kacang. Nah .. lengkap khan?

Dapur mbak Djoemy membuat 2 variasi rasa, yaitu: original dan pedas manis. Rasa original dibuat dengan rasa khas sambal goreng pada umumnya tanpa campuran cabe, sehingga rasanya cenderung asin manis atau gurih manis. Sementara sambal goreng dengan rasa pedas manis, dibuat dengan tambahan cabe dengan komposisi yang pas sehingga memberikan rasa yang nyampleng bagi pencinta makanan pedas dan manis. 

Sambal goreng ini karena dibuat kering maka rasa tempenya juga cenderung renyah dan gurih. Untuk sambal goreng kentang kering juga berasa renyahnya dan gurih khas kentang yang cocok banget dijadikan sebagai pelengkap menu lainnya.  

Nah ... Mumpung mau Ramadhan, cocok banget nich sedia sambal goreng kering produk mbak Djoemy. 

Sambal goreng kering memiliki kelebihan karena tanpa pengawet pun dia bisa awet. Sehingga cocok banget jika dipakai untuk simpanan lauk, maupun sebagai bekal untuk bepergian.

Info produk:

*Sambal goreng kering*

Varian:

-kering tempe netto 250gr

-kering kentang netto 150gr

-kering tempe mix kentang netto 250gr

Harga: 20K 

Untuk pemesanan/ reseller hubungi:Mbak Djoemy 081335551245/WA

Akun sosmed :

Ig @Dapur mbak djoemy

Fb :https://www.facebook.com/mam.dije


Thursday, 25 March 2021

Pentingnya Imunomodulator Alami Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga


Satu tahun berlalu, kita tak lagi bebas bepergian seperti dulu. Anak-anakpun tak lagi bisa berkumpul untuk belajar seperti dulu disekolahnya. Tak ketinggalan, seorang pabak atau ibu yang seharusnya bekarja harus melakukan WFH (Work From Home), karena membatasi interaksi antar karyawan. 

Ya … pandemi Covid19 memang memaksa kita harus atau lebih baik stay at home. Saat ini Indonesia telah mencatat sebanyak 1,47Juta kasus positif covid. Mengingat begitu banyaknya kasus covid yang terjadi di Indonesia, maka kita perlu melakukan “Siaga Hadapi Pandemi”.  

Apa sich Siaga Hadapi Pandemi?
Siaga Hadapi Pandemi artinya kita harus bisa melakukan 3 hal, yaitu: Pahami, Kenali, dan Tangani.

PAHAMI adalah kita harus mengetahui tentang pandemi, yang memiliki arti adanya penyebaran penyakit menular berbahaya secara global. Penyakit yang dimaksud adalah Corona Virus 2019 yang belum ada obatnya, tetapi butuh imunitas untuk mencegah dan mengobatinya. 

KENALI. Kenali, artinya kita harus mengetahui siapa saja yang beresiko tinggi dan kebiasaan buruk apa saja yang beresiko?

Mereka yang beresiko tinggi terdampak Covid:
-    Ada kontak dengan pasien positif covid
-    Bekunjung ke negara yang banyak kasus covid
-    Lansia, orang dengan penyakit paru, diabetes, serta kondisi yang membuat imunitas rendah.

Kebiasaan buruk yang beresiko:
-    Merokok
-    Narkoba
-    Kurang tidur
-    Khawatir berlebihan
-    Menyentuh wajah, hidung, mulut.
-    Tidak menjaga sanitasi dan tidak higienis.

TANGANI. Yaitu dengan mengupayakan mencegah penularan. Mencegah penularan meliputi: mencuci tangan pakai sabun sampai bersih, menjaga gizi dan imunitas, mengurangi kontak fisik, waspada jika menunjukkan gejala sesak napas, demam, atau batuk.

Berkaitan dengan upaya pencegahan kita bisa melindungi keluarga dengan cara menjaga sistem imun tubuh. Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap serangan/ bahaya dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Karena berbagai patogen, bakteri, jamur, virus, parasit, yang ada dilingkungan hidup dapat masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit. Namun jika system imun dalam tubuh kita bagus, maka penyakit dapat tersingkirkan.

Gangguan pada system imun ada 2 macam, yaitu system imun tidak adekuat dan system imun berlebih. Apabila tubuh mengalami system imun yang tidak adekuat, maka akan mengalami infeksi atau penyakit yang semakin kuat. Sementara jika mengalami system imun berlebih, maka bisa terjadi autoimun dan hypersensitive (alergi).

Jika terjadi infeksi, tingkat keparahannya tergantung dari patogenisitas (kemampuan factor infeksi untuk menimbulkan penyakit). Lalu jumlah mikroorganisme yang ada, serta seberapa kuat system imun dalam tubuh.

Bagaimana menjaga sistem imun? Bisa dengan imunomodulator. Adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif serta mengembalikan system imun yang terganggu. 

Imunomodulator ada 2 yaitu: imunostimulan dan imunosupresif.
Imunostimulan merupakan suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen system imun.   Senyawa ini di berikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi. Contohnya: Isoprinosin, ekstrak herbal (echinacea, elderberry, ginseng, ganoderma, saffron, meniran, jinten hitam, kunyit, sambiloto, bawang putih, kelor, jahe, pegagan, temulawak, dll)
Sedangkan Imunosupresif merupakan suatu senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi.

Produk Herbal sangat recommended untuk meningkatkan imun tubuh. Kini kita tak lagi repot untuk membuat ekstrak dari bahan-bahan herbal, karena ada produk-produk yang siap konsumsi dan praktis. Contohnya adalah Imugard. 


 IMUGARD adalah Produk Herbal yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal formula, yaitu Meniran, Daun Kelor dan Kunyit. 

Ketiga formula tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. MENIRAN bermanfaat membantu memelihara daya tahan tubuh, dan DAUN KELOR melengkapi kebutuhan nutrisi, sedangkan KUNYIT memiliki manfaat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Imugard adalah produk dari Deltomed yang berkhasiat dan memiliki kegunaan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan bisa dibeli melalui marketplace maupun apotik-apotik, dengan harga antara 30.000 hingga 35.000 per-blister. Aturan minum: 1 kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. 2 kaplet saat kondisi tubuh dirasa sedang turun / drop sampai membaik, lalu lanjutkan dengan 1 kaplet setiap hari. Dapat diminum oleh anak diatas 12 tahun, dewasa, dan lansia.



Friday, 26 February 2021

Tips Cegah Anemia, Cetak Generasi Maju dan Sehat

Doc by pixabay


Saya masih inget. dulu waktu masih kecil (saya 9th, adik 7th, kakak SMP kelas 2) sering diajak ibu ke dokter. Seringkali kami rombongan, yaitu saya, kakak, dan adik, jadi berempat dengan ibu. Hehe ... ke rumah sakit bawa rombongan kayak mau ngmall aja? wkwkwk ...

Waktu itu khan belum ada pandemi Covid19, jadi kami ya enjoy aja ke rumah sakit. Lagian rumah sakit yang menjadi langganan ibu adalah rumah sakit Armada AL Surabaya yang relatif sepi. Jadi nggak terlalu banyak pasien. Kebetulan bapak seorang PNS Angkatan Laut, jadi memiliki Faskes di sana.

Ok, lanjut ya ...!

Kok bisa ya serumah sakit semua? Nggak kok, sebetulnya kami  diajak ibu ke rumah sakit bukan karena ada keluhan serius. Kami juga nggak batuk, pilek, apalagi panas. Lhaa .. terus ngapain ke rumah sakit? 

Awalnya saya juga nggak tahu kenapa dalam kondisi sehat kok dibawa ke rumah sakit? 

Rupanya ibu mengamati segala sesuatu yang terjadi pada anaknya. Karena meski secara fisik kami tidak pernah mengeluh sakit, tapi nyatanya ketika dihadapan dokter ada aja yang ibu sampaikan tentang keadaan kami yang seolah-olah memiliki banyak gejala penyakit.

"Ini lhoo Dok, suka ngantuk, malas belajar, dan sering pusing. Yang ini berat badan nggak nambah-nambah, malas makan, dan suka mimisan. Kalau yang ini juga suka ngantuk, pusing, dan kadang-kadang sariawan." begitulah ibu menjelaskan tentang beberapa gejala lain yang sering tak kami pedulikan. Memang bener sich yang dibilang ibu ke dokter, saya kadang suka ngantukan, terus kalau mau belajar itu males banget. Kayak malas buat mikir gitu. Apalagi adik saya, waktu itu khan masih belajar membaca, jadi suka beralih perhatian dan nggak fokus gitu pas diajari membaca. 

"Baik ... saya periksa satu-satu ya!" Dokter mulai memeriksa kami secara bergantian, mulai dari tensi darah, detak jantung, mata, dan tak lupa dokter memasukkan stik es cream saat kami disuruh membuka mulut.

Usai sudah dokter memeriksa kami, dan kamipun diberi resep obat oleh dokter. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter mendiagnosa deal kami mengalami anemia.

Dan dokterpun memberi saran agar kami mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi serta beberapa obat untuk membantu meningkatkan Hb darah. 

Ini adalah salah satu kasus yang tak begitu diperhatikan. Bisa jadi masih banyak lagi kasus lain yang menunjukkan gejala Anemia, tapi tak begitu dihiraukan. 

Seperti kasus anak malas belajar, kurang konsentrasi, kurang semangat, terkadang justru anak yang disalahkan. Padahal penyebabnya bisa jadi karena anemia yang memang harus mendapatkan penanganan serius.

Beruntung saya kemarin mengikuti webinar yang diadakan oleh Danone Indonesia. Dimana dalam webinar tersebut Dr. dr. Diana Sunardi, Mgizi. SpGK (Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesian Nutrition Association), menjelaskan tentang pentingnya zat besi dan dampak Anemia. Jadi akhirnya tau ternyata dampak anemia itu bisa fatal, karena anak menjadi stunting.

Anemia dalam jangka panjang, dapat berakibat buruk bagi penderitanya. Anemia pada anak-anak dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan otak dan ini sangat berpotensi mengalami stunting maupun terganggunya perkembangan fisik. 

Mengapa Anemia, apa sebabnya?

Tak banyak orang yang tau ataupun menyadari bahwa ia menderita darah rendah, .atau bisa disebut Anemia Defisiensi Besi. Anemia bisa diartikan sebagai kekurangan Zat Besi. yaitu suatu kondisi rendahnya kadar Hb dibandingkan dengan kadar normal. Menunjukkan kurangnya jumlah sel darah merah yang bersirkulasi. Karena gejala anemia yang tidak terlalu kentara, maka kebanyakan dari kita cenderung mengabaikan. 

Apa sich gejala anemia secara umum?

Anemia bisa terjadi pada siapa saja. Anak-anak, remaja, ibu hamil, maupun orang tua. Dan gejala ada beberapa yang berbeda pada masing-masing orang, meski secara umum adalah sama yaitu cenderung sering pusing dan mudah lelah/ malas beraktivitas.

Menurut Dokter Diana, seseorang yang mengalami anemia akan menunjukkan gejala: 

1. Kelopal mata pucat

2. Kulit pucat

3. Nafas cepat atau sesak nafas

4. Kelemahan otot

5. Sakit kepala

6. Takanan darah rendah

7. Nadi cepat

8. Pembesaran limfa

Gejala Anemia pada ibu hamil ada sedikit perbedaan, yaitu akan tampak pada:

- Wajah, terutama kelopak mata dan bibir tampak pucat

- Kurang nafsu makan

- Cepat lelah

- Sering pusing dan mata berkunang kunang. 

Apa dampak yang timbul akibat Anemia?

Dampak anemia pada ibu hamil

- Infeksi

- Pendarahan [asca melahirkan

- Gangguang fungsi jantung

- Gangguan pertumbuhan janin

- Prematur

- Pre eklamsia

Dampak jangka panjang anemia

- Daya tahan tubuh rendah

- Infeksi mengkat

- Kinerja menurun

- Prestasi menurun

- Kebugaran menurun

Sementara gejala anemia pada anak, akan menunjukkan sikap, seperti: rewel, lemas/ tidak bersemangat, mengeluh pusing, kurangnya nafsu makan, adanya gangguan konsentrasi, pertumbuhan, cenderung mengantuk, dan kurang aktif.

Coba bayangkan, betapa terhambatnya aktivitas seseorang yang mengalami anemia. 

Seorang anak yang seharusnya giat dan semangat dalam belajar tapi karena menderita anemia dia menjadi malas dan cenderung mengantuk. Lebih parah lagi anak sulit untuk berkonsentrasi. Tentu saja ini akan sangat berakibat buruk bagi perkembangan kemampuannya. 

Nah Bunda, kalau anaknya mengalami gejala-gejala seperti di atas, jangan-jangan si anak menderita anemia. Jangan biarkan berlarut-larut, segera periksakan ke dokter dan lakukan penanganan sejak dini. 

"Lalu ....  Apa sih yang menyebabkan seseorang menderita anemia?"

Anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: asupan makanan yang menyebabkan kurangnya zat besi. Selain itu beberapa penyakit (infeksi ataupun penyakit kronis) juga bisa menjadi penyebab anemia. 

"Terus ... Kenapa asupan makanan bisa menjadi penyebab anemia?"

Asupan makanan yang dapat menjadi penyebab anemia, karena disebabkan beberapa faktor, antara lain: asupan pada anemia kurang zat besi. Asupan zat besi rendah, terutama besi heme. Asupan Vitamin C yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan Penyerapan Zat Besi  kurang maksimal. Konsumsi sumber fitat yang berlebihan.  Konsumsi sumber tannin (kopi, teh) berlebihan. Menjalankan diet yang tidak seimbang. 

"Lalu .... Masalah asupan makanan seperti apa sih yang dapat menyebabkan anemia?"

Masalah asupan makanan ini yang kadang kita abaikan. Karena kadang kita cenderung mengkonsumsi makanan tertentu tanpa mempertimbangkan kandungan gizi yang ada dalam makanan tersebut. Sebagai contoh:

- Dominasi pangan nabati.

- Asupan energi dan protein rendah.

- Defisit energi, protein dan mikronutrient.

Begitu besarnya bahaya dampak anemia, maka sudah selayaknya kita mengantisipasi dan mengangani sejak dini, Agar sebagai orang tua, kita bisa melahirkan dan mencetak anak yang cerdas dan sehat.

Beberapa zat yang harus ada demi Pertumbuhan Anak optimal, yaitu: 

- Protein

- Carbohydrate

- Mineral

- Vitamin

- Calsium

- Iron

Iron ....... Adalah salah satu yang sangat berperan penting untuk pertumbuhan, antara lain: daging, udang, ikan, susu, dll. 

Upaya penanganan anemia dan masalah gizi lainnya

1. Ibu hamil

    - Suplementasi besi folat

    - PMT ibu hamil KEK

    - Penanggulangan kecacingan

    - Suplemen kalsium

2. Ibu menyusui

    - Promosi menyusui/ ASI eksklusif

    - Konseling menyusui

3. Bayi dan Balita

    - Pemantauan pertumbuhan

    - Suplement vitamin A

    - Pemberian garam yodium

    - PMT / MPASI

    - Fortifikasi besi dan kegiatan suplementasi

    - Zinc untuk managemen diare

    - Pemberian obat cacing

4. Usia sekolah

    - Penjaringan

    - Bulan imunisasi anak sekolah

    - Upaya kesehatan sekolah

    - PMT anak sekolah

    - Promosi MJAS di sekolah

5. Remaja dan usia produktif

    - Kespro remaja

    - Konseling gizi

    - Suplementasi Fe

6. Lansia

    - Konseling gizi

    - Pelayanan gizi lansia

Jadi hal yang harus diupayakan agar terbebas dari anemia dan menghasilkan generasi cerdas, serta sehat, adalah:

1. Pastikan asupan gizi seimbang.

2. Bila asupan gizi didominai sumber besi non heme, pastikan dikonsumsi bersama dengan unsur yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Fortfikasi makanan:

    - Tepung terigu/beras

    - biskuit

4. Mengkonsumsi susu pertumbuhan.

5. Mematuhi konsumsi tablet tambah darah.

Inilah Tips Cegah Anemia, Cetak Generasi Maju dan Sehat. 

Semoga bermanfaat!


 

#AnemiaDefisiensiBesi #ZatBesi #PenyerapanZatBesi #VitaminC #SusuPertumbuhan #DanoneIndonesia





Wednesday, 10 February 2021

Review Fiture Samsung M30S

Seteleh sukses meluncurkan tipe barunya yaitu Samsung Galaxy M30, kini kembali hadir model baru yakni Samsung Galaxy M30s ke pasar smartphone Indonesia. Untuk Samsung M30s ini, penampakan fisik Samsung warna terlihat menarik dengan 3 pilihan varian, yaitu: warna Opal Black, Sapphire Blue, dan Pearl White. 

Baiklah, sgar tidak penasaran, yuk kita kupas tuntas fitur-fitur yang dibawakan Samsung M30s ini:


•    Kamera
Bagian kamera smartphone ini menarik sekali karena Samsung Galaxy M30s dibekali dengan triple kamera pada bagian kamera belakang dengan masing-masing resolusinya adalah 48 MP (kamera wide), 8 MP (ultrawide), dan 5 MP (depth sensor). Kombinasi ketiga kamera utama tersebut didukung juga dengan fitur LED flash, panorama, dan HDR. Untuk perekaman video, memungkinkan pengaturan kualitas ukurannya di 2160p@30fps atau 1080p@30fps.

Sementara untuk keperluan selfi, pada bagian kamera depan Samsung Galaxy M30s dibuat dengan resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, didukung pula dengan fitur HDR. Ini sangat mendukung untuk menghasilkan gambar yang jernih dan realpicture.  Untuk pengaturan video kamera depan sendiri dapat diatur hingga 1080p@30fps.

•    Layar
Untuk layar, Samsung Galaxy M30S memiliki kelebihan yang terletak pada tipe layar yang digunakannya, yakni layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan 16 juta warna yang tentu akan membuat tampilan begitu jernih dan tajam. Resolusi yang dibekali di smartphone ini 1080 x 2400 pixels dengan tingkat kerapatan hingga 411 ppi density.

•    Baterai
Samsung Galaxy M30s memiliki kapasitas baterai yang sangat besar, yakni 6000 mAh. Nah, asyik khan kalau punya hp dengan baterai yang tahan lama? Tak cukup sampai disitu, smartphone ini sudah mendukung fitur Fast battery charging 15W yang memungkinkan dapat melakukan pengisian daya baterai dengan super cepat, sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengisi baterai hingga penuh.

•    Fingerprint
Kelebihan lain yang dimiliki Samsung Galaxy M30s ini adalah pada sistem pengamanan, yaitu adanya fitur sidik jari atau fingerprint yang letaknya ada di bagian belakang body. Peletakan sensor fingerprint ini letaknya tersembunyi dan tidak terlalu terlihat.

•    Support USB Type-C
Adanya dukungan USB Type-C ini menjadi kelebihan tersendiri untuk Samsung Galaxy M30s. Selain karena kabel bisa dibolak-balik saat proses pengisian daya baterai, USB tipe ini juga mendukung transfer data yang cepat. USB Tipe-C ini memiliki desain sangat ramping sehingga dapat menjadi jalur input atau output data, jalur charging baterai, dan jalur penghubung display ke monitor lain.

•    Fitur FM Radio
Meskipun mungkin tidak begitu penting, namun adanya fitur ini menjadi kelebihan untuk Samsung Galaxy M30s. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri terlebih untuk pecinta radio.

•    Speaker Dolby Atmos
Suara yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy M30s ini tidak perlu diragujan lagi karena sudah didukung dengan kualitas audio dari Dolby Digital yang juga dapat disebut dengan Dolby Atmos. Kita harus menggunakan earphone atau headset untuk dapat menikmati suara yang dihasilkan dari fitur Dolby Atmos. Jika sudah begini, kita dapat merasakan sensasi menonton film bioskop dengan hanya menonton film dengan Samsung Galaxy M30s.

•    Kapasitas Memori
Samsung Galaxy M30S memungkinkan penggunaan memori internal yang berkapasitas hingga 128GB. Samsung Galaxy M30s memiliki dua varian memori internal, yakni 64GB dengan RAM berkapasitas 4GB, dan 128GB dengan 6GB RAM. Jika masih belum cukup, pengguna dapat melakukan ekstensi memori dengan menambahkan memori eksternal hingga berkapasitas hingga 1 TB.

•    Performa
Samsung Galaxy M30S dibekali dengan chipset Exynos 9611 (10nm) dengan Octa-core yang punyai kecepatan 4×2,3 GHz Cortex-A73 dan 4×1.7 GHz Cortex-A53. Sistem operasi yang berjalan di smartphone ini adalah sistem operasi Android 9.0 (Pie) One UI. Ditambah dengan pengolah gambar Mali-G72 MP3, yang menjadi kombinasi sempurna untuk memenuhi segala kebutuhan.

Inilah review Samsung M30s dengan berbagai kelebihannya, semoga bermanfaat!

Berbagai Macam Kreasi Ecoprint yang Banyak Diminati

Karya pak Muh Hadib Sukadjin


Ecoprint adalah mencetak daun pada pada suatu media. Beberapa media yang bisa digunakan adalah kain, kulit, kayu, serta berbagai media yang lainnya.

Mengapa ecoprint banyak diminati?

Karena jejak daun yang ditinggalkan pada suatu media memberikan nilai seni yang sangat tinggi. Selain itu sebagaimana pada karya seni lain ecoprint memiliki keunikan tersendiri pada masing-masing pengrajinnya. 

Oleh karena daun-daun yang ada memiliki ciri khas yang berbeda maka akan menimbulkan kreasi yang berbeda pula pada jejaknya. 

Alhamdulillah itulah ciptaan Yang Maha Kuasa, kita memiliki sumber daya alam yang tidak terbatas yang bisa kita manfaatkan untuk ecoprint. 

Uniknya lagi ecoprint juga bisa dipadukan dengan karya seni lain seperti shibori, batik, rajutan, dan lain-lainnya. Pada ecoprint kita juga bisa memberikan warna lain pada masing-masing kain dengan berbagai macam kreasi warna. 

Berikut ini adalah contoh beberapa kreasi ecoprint:

1. Tas dan Dompet

Ecoprint bisa diaplikasikan untuk pembuatan tas serta dompet. Tas dan dompet dengan kreasi ecoprint bisa dibuat dari bahan kain katun, kain kanvas, kulit, serta bahan lainnya. 

Sebelum pembuatan tas dan dompet ecoprint, terlebih dahulu kain atau kulit di ecoprint dulu untuk memberikan motif pada kedua bahan tersebut.

Cara untuk ecoprint bisa dilihat di link ini:

cara-membuat-ecoprint-untuk-pemula

Setelah bahan-bahan di ecoprint, terlebih dahulu dibuat pola lalu dibentuk menjadi Tas atau dompet. 

Contohnya sebagai berikut:


2. Pakaian atau aksesoris interior

Ecoprint pada kain bisa diaplikasikan menggunakan jenis kain katun, rayon, sutra, atau kain yang lainnya sejenis kartun. 

Kreasi ecoprint pada kain akan memberikan berbagai macam motif yang sangat menarik. Demikian pula dengan warna, cantiknya tak kalah dengan kreasi batik tulis yang selama ini sudah banyak dikenal.  

Sebagaimana dengan pembuatan batik. Ecoprint banyak menggunakan dengan pewarna alami. Berbagai macam pewarna yang digunakan adalah dari kayu-kayuan, akar, umbi, buah, bunga maupun daun. 

Beberapa zat pewarna alam yang banyak digunakan pada ecoprint antara lain: kunyit, secang, tegar, kulit manggis, kulit rambutan, daun indigofera, daun tabebuya, kayu mahoni, bunga telang, dan masih banyak lagi.  

Contoh ecoprint pada pakaian dan aksesoris interior:



3. Peralatan rumah tangga atau souvenir

Pada peralatan rumah tangga seperti tempat tisue, tempat galon, taplak meja, sprei, bed cover, serta berbagai macam souvenir, bisa menggunakan bahan dari hasil ecoprint. 

Motif jejak daun dengan aneka macam serta warna-warna alami yang cenderung terkesan klasik, memberikan nilai tersendiri pada barang-barang yang menggunakan ecoprint. 

Berikut adalah contoh ecoprint pada peralatan rumah tangga atau souvenir:


4. Sepatu dan topi

Oleh karena ecoprint banyak digunakan berbagai media, maka tak menutup kemungkinan ecogreen akan cantik pula digunakan pada sepatu dan topi.

Bahkan sepatu ecoprint sudah banyak diminati di berbagai negara sehingga bisa menembus pasar ekspor. 

Ada sepatu media yang digunakan umumnya menggunakan bahan kulit. Biasanya kulit yang digunakan adalah kulit domba. 

Motif ecoprint pada kulit menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi. Jadi jangan heran kalau sepatu ecoprint yang terbuat dari kulit harganya bisa selangit. 

Berikut adalah contoh sepatu dan topi ecoprint:



Demikianlah beberapa contoh karya ecoprint dari berbagai media. Semoga bermanfaat!