UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 26 February 2021

Tips Cegah Anemia, Cetak Generasi Maju dan Sehat

Doc by pixabay


Saya masih inget. dulu waktu masih kecil (saya 9th, adik 7th, kakak SMP kelas 2) sering diajak ibu ke dokter. Seringkali kami rombongan, yaitu saya, kakak, dan adik, jadi berempat dengan ibu. Hehe ... ke rumah sakit bawa rombongan kayak mau ngmall aja? wkwkwk ...

Waktu itu khan belum ada pandemi Covid19, jadi kami ya enjoy aja ke rumah sakit. Lagian rumah sakit yang menjadi langganan ibu adalah rumah sakit Armada AL Surabaya yang relatif sepi. Jadi nggak terlalu banyak pasien. Kebetulan bapak seorang PNS Angkatan Laut, jadi memiliki Faskes di sana.

Ok, lanjut ya ...!

Kok bisa ya serumah sakit semua? Nggak kok, sebetulnya kami  diajak ibu ke rumah sakit bukan karena ada keluhan serius. Kami juga nggak batuk, pilek, apalagi panas. Lhaa .. terus ngapain ke rumah sakit? 

Awalnya saya juga nggak tahu kenapa dalam kondisi sehat kok dibawa ke rumah sakit? 

Rupanya ibu mengamati segala sesuatu yang terjadi pada anaknya. Karena meski secara fisik kami tidak pernah mengeluh sakit, tapi nyatanya ketika dihadapan dokter ada aja yang ibu sampaikan tentang keadaan kami yang seolah-olah memiliki banyak gejala penyakit.

"Ini lhoo Dok, suka ngantuk, malas belajar, dan sering pusing. Yang ini berat badan nggak nambah-nambah, malas makan, dan suka mimisan. Kalau yang ini juga suka ngantuk, pusing, dan kadang-kadang sariawan." begitulah ibu menjelaskan tentang beberapa gejala lain yang sering tak kami pedulikan. Memang bener sich yang dibilang ibu ke dokter, saya kadang suka ngantukan, terus kalau mau belajar itu males banget. Kayak malas buat mikir gitu. Apalagi adik saya, waktu itu khan masih belajar membaca, jadi suka beralih perhatian dan nggak fokus gitu pas diajari membaca. 

"Baik ... saya periksa satu-satu ya!" Dokter mulai memeriksa kami secara bergantian, mulai dari tensi darah, detak jantung, mata, dan tak lupa dokter memasukkan stik es cream saat kami disuruh membuka mulut.

Usai sudah dokter memeriksa kami, dan kamipun diberi resep obat oleh dokter. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter mendiagnosa deal kami mengalami anemia.

Dan dokterpun memberi saran agar kami mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi serta beberapa obat untuk membantu meningkatkan Hb darah. 

Beruntung saya kemarin mengikuti webinar yang diadakan oleh Danone Indonesia. Dimana dalam webinar tersebut Dr. dr. Diana Sunardi, Mgizi. SpGK (Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesian Nutrition Association), menjelaskan tentang pentingnya zat besi dan dampak Anemia. 

Anemia dalam jangka panjang, dapat berakibat buruk bagi penderitanya. Anemia pada anak-anak dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan otak dan ini sangat berpotensi mengalami stunting maupun terganggunya perkembangan fisik. 

Mengapa Anemia, apa sebabnya?

Tak banyak orang yang tau ataupun menyadari bahwa ia menderita darah rendah, .atau bisa disebut Anemia Defisiensi Besi. Anemia bisa diartikan sebagai kekurangan Zat Besi. yaitu suatu kondisi rendahnya kadar Hb dibandingkan dengan kadar normal. Menunjukkan kurangnya jumlah sel darah merah yang bersirkulasi. Karena gejala anemia yang tidak terlalu kentara, maka kebanyakan dari kita cenderung mengabaikan. 

Apa sich gejala anemia secara umum?

Anemia bisa terjadi pada siapa saja. Anak-anak, remaja, ibu hamil, maupun orang tua. Dan gejala ada beberapa yang berbeda pada masing-masing orang, meski secara umum adalah sama yaitu cenderung sering pusing dan mudah lelah/ malas beraktivitas.

Menurut Dokter Diana, seseorang yang mengalami anemia akan menunjukkan gejala: 

1. Kelopal mata pucat

2. Kulit pucat

3. Nafas cepat atau sesak nafas

4. Kelemahan otot

5. Sakit kepala

6. Takanan darah rendah

7. Nadi cepat

8. Pembesaran limfa

Gejala Anemia pada ibu hamil ada sedikit perbedaan, yaitu akan tampak pada:

- Wajah, terutama kelopak mata dan bibir tampak pucat

- Kurang nafsu makan

- Cepat lelah

- Sering pusing dan mata berkunang kunang. 

Apa dampak yang timbul akibat Anemia?

Dampak anemia pada ibu hamil

- Infeksi

- Pendarahan [asca melahirkan

- Gangguang fungsi jantung

- Gangguan pertumbuhan janin

- Prematur

- Pre eklamsia

Dampak jangka panjang anemia

- Daya tahan tubuh rendah

- Infeksi mengkat

- Kinerja menurun

- Prestasi menurun

- Kebugaran menurun

Sementara gejala anemia pada anak, akan menunjukkan sikap, seperti: rewel, lemas/ tidak bersemangat, mengeluh pusing, kurangnya nafsu makan, adanya gangguan konsentrasi, pertumbuhan, cenderung mengantuk, dan kurang aktif.

Coba bayangkan, betapa terhambatnya aktivitas seseorang yang mengalami anemia. 

Seorang anak yang seharusnya giat dan semangat dalam belajar tapi karena menderita anemia dia menjadi malas dan cenderung mengantuk. Lebih parah lagi anak sulit untuk berkonsentrasi. Tentu saja ini akan sangat berakibat buruk bagi perkembangan kemampuannya. 

Nah Bunda, kalau anaknya mengalami gejala-gejala seperti di atas, jangan-jangan si anak menderita anemia. Jangan biarkan berlarut-larut, segera periksakan ke dokter dan lakukan penanganan sejak dini. 

"Lalu ....  Apa sih yang menyebabkan seseorang menderita anemia?"

Anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: asupan makanan yang menyebabkan kurangnya zat besi. Selain itu beberapa penyakit (infeksi ataupun penyakit kronis) juga bisa menjadi penyebab anemia. 

"Terus ... Kenapa asupan makanan bisa menjadi penyebab anemia?"

Asupan makanan yang dapat menjadi penyebab anemia, karena disebabkan beberapa faktor, antara lain: asupan pada anemia kurang zat besi. Asupan zat besi rendah, terutama besi heme. Asupan Vitamin C yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan Penyerapan Zat Besi  kurang maksimal. Konsumsi sumber fitat yang berlebihan.  Konsumsi sumber tannin (kopi, teh) berlebihan. Menjalankan diet yang tidak seimbang. 

"Lalu .... Masalah asupan makanan seperti apa sih yang dapat menyebabkan anemia?"

Masalah asupan makanan ini yang kadang kita abaikan. Karena kadang kita cenderung mengkonsumsi makanan tertentu tanpa mempertimbangkan kandungan gizi yang ada dalam makanan tersebut. Sebagai contoh:

- Dominasi pangan nabati.

- Asupan energi dan protein rendah.

- Defisit energi, protein dan mikronutrient.

Begitu besarnya bahaya dampak anemia, maka sudah selayaknya kita mengantisipasi dan mengangani sejak dini, Agar sebagai orang tua, kita bisa melahirkan dan mencetak anak yang cerdas dan sehat.

Beberapa zat yang harus ada demi Pertumbuhan Anak optimal, yaitu: 

- Protein

- Carbohydrate

- Mineral

- Vitamin

- Calsium

- Iron

Iron ....... Adalah salah satu yang sangat berperan penting untuk pertumbuhan, antara lain: daging, udang, ikan, susu, dll. 

Upaya penanganan anemia dan masalah gizi lainnya

1. Ibu hamil

    - Suplementasi besi folat

    - PMT ibu hamil KEK

    - Penanggulangan kecacingan

    - Suplemen kalsium

2. Ibu menyusui

    - Promosi menyusui/ ASI eksklusif

    - Konseling menyusui

3. Bayi dan Balita

    - Pemantauan pertumbuhan

    - Suplement vitamin A

    - Pemberian garam yodium

    - PMT / MPASI

    - Fortifikasi besi dan kegiatan suplementasi

    - Zinc untuk managemen diare

    - Pemberian obat cacing

4. Usia sekolah

    - Penjaringan

    - Bulan imunisasi anak sekolah

    - Upaya kesehatan sekolah

    - PMT anak sekolah

    - Promosi MJAS di sekolah

5. Remaja dan usia produktif

    - Kespro remaja

    - Konseling gizi

    - Suplementasi Fe

6. Lansia

    - Konseling gizi

    - Pelayanan gizi lansia

Jadi hal yang harus diupayakan agar terbebas dari anemia dan menghasilkan generasi cerdas, serta sehat, adalah:

1. Pastikan asupan gizi seimbang.

2. Bila asupan gizi didominai sumber besi non heme, pastikan dikonsumsi bersama dengan unsur yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Fortfikasi makanan:

    - Tepung terigu/beras

    - biskuit

4. Mengkonsumsi susu pertumbuhan.

5. Mematuhi konsumsi tablet tambah darah.

Inilah Tips Cegah Anemia, Cetak Generasi Maju dan Sehat. 

Semoga bermanfaat!


 

#AnemiaDefisiensiBesi #ZatBesi #PenyerapanZatBesi #VitaminC #SusuPertumbuhan #DanoneIndonesia





Wednesday, 10 February 2021

Review Fiture Samsung M30S

Seteleh sukses meluncurkan tipe barunya yaitu Samsung Galaxy M30, kini kembali hadir model baru yakni Samsung Galaxy M30s ke pasar smartphone Indonesia. Untuk Samsung M30s ini, penampakan fisik Samsung warna terlihat menarik dengan 3 pilihan varian, yaitu: warna Opal Black, Sapphire Blue, dan Pearl White. 

Baiklah, sgar tidak penasaran, yuk kita kupas tuntas fitur-fitur yang dibawakan Samsung M30s ini:


•    Kamera
Bagian kamera smartphone ini menarik sekali karena Samsung Galaxy M30s dibekali dengan triple kamera pada bagian kamera belakang dengan masing-masing resolusinya adalah 48 MP (kamera wide), 8 MP (ultrawide), dan 5 MP (depth sensor). Kombinasi ketiga kamera utama tersebut didukung juga dengan fitur LED flash, panorama, dan HDR. Untuk perekaman video, memungkinkan pengaturan kualitas ukurannya di 2160p@30fps atau 1080p@30fps.

Sementara untuk keperluan selfi, pada bagian kamera depan Samsung Galaxy M30s dibuat dengan resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, didukung pula dengan fitur HDR. Ini sangat mendukung untuk menghasilkan gambar yang jernih dan realpicture.  Untuk pengaturan video kamera depan sendiri dapat diatur hingga 1080p@30fps.

•    Layar
Untuk layar, Samsung Galaxy M30S memiliki kelebihan yang terletak pada tipe layar yang digunakannya, yakni layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan 16 juta warna yang tentu akan membuat tampilan begitu jernih dan tajam. Resolusi yang dibekali di smartphone ini 1080 x 2400 pixels dengan tingkat kerapatan hingga 411 ppi density.

•    Baterai
Samsung Galaxy M30s memiliki kapasitas baterai yang sangat besar, yakni 6000 mAh. Nah, asyik khan kalau punya hp dengan baterai yang tahan lama? Tak cukup sampai disitu, smartphone ini sudah mendukung fitur Fast battery charging 15W yang memungkinkan dapat melakukan pengisian daya baterai dengan super cepat, sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengisi baterai hingga penuh.

•    Fingerprint
Kelebihan lain yang dimiliki Samsung Galaxy M30s ini adalah pada sistem pengamanan, yaitu adanya fitur sidik jari atau fingerprint yang letaknya ada di bagian belakang body. Peletakan sensor fingerprint ini letaknya tersembunyi dan tidak terlalu terlihat.

•    Support USB Type-C
Adanya dukungan USB Type-C ini menjadi kelebihan tersendiri untuk Samsung Galaxy M30s. Selain karena kabel bisa dibolak-balik saat proses pengisian daya baterai, USB tipe ini juga mendukung transfer data yang cepat. USB Tipe-C ini memiliki desain sangat ramping sehingga dapat menjadi jalur input atau output data, jalur charging baterai, dan jalur penghubung display ke monitor lain.

•    Fitur FM Radio
Meskipun mungkin tidak begitu penting, namun adanya fitur ini menjadi kelebihan untuk Samsung Galaxy M30s. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri terlebih untuk pecinta radio.

•    Speaker Dolby Atmos
Suara yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy M30s ini tidak perlu diragujan lagi karena sudah didukung dengan kualitas audio dari Dolby Digital yang juga dapat disebut dengan Dolby Atmos. Kita harus menggunakan earphone atau headset untuk dapat menikmati suara yang dihasilkan dari fitur Dolby Atmos. Jika sudah begini, kita dapat merasakan sensasi menonton film bioskop dengan hanya menonton film dengan Samsung Galaxy M30s.

•    Kapasitas Memori
Samsung Galaxy M30S memungkinkan penggunaan memori internal yang berkapasitas hingga 128GB. Samsung Galaxy M30s memiliki dua varian memori internal, yakni 64GB dengan RAM berkapasitas 4GB, dan 128GB dengan 6GB RAM. Jika masih belum cukup, pengguna dapat melakukan ekstensi memori dengan menambahkan memori eksternal hingga berkapasitas hingga 1 TB.

•    Performa
Samsung Galaxy M30S dibekali dengan chipset Exynos 9611 (10nm) dengan Octa-core yang punyai kecepatan 4×2,3 GHz Cortex-A73 dan 4×1.7 GHz Cortex-A53. Sistem operasi yang berjalan di smartphone ini adalah sistem operasi Android 9.0 (Pie) One UI. Ditambah dengan pengolah gambar Mali-G72 MP3, yang menjadi kombinasi sempurna untuk memenuhi segala kebutuhan.

Inilah review Samsung M30s dengan berbagai kelebihannya, semoga bermanfaat!

Berbagai Macam Kreasi Ecoprint yang Banyak Diminati

Karya pak Muh Hadib Sukadjin


Ecoprint adalah mencetak daun pada pada suatu media. Beberapa media yang bisa digunakan adalah kain, kulit, kayu, serta berbagai media yang lainnya.

Mengapa ecoprint banyak diminati?

Karena jejak daun yang ditinggalkan pada suatu media memberikan nilai seni yang sangat tinggi. Selain itu sebagaimana pada karya seni lain ecoprint memiliki keunikan tersendiri pada masing-masing pengrajinnya. 

Oleh karena daun-daun yang ada memiliki ciri khas yang berbeda maka akan menimbulkan kreasi yang berbeda pula pada jejaknya. 

Alhamdulillah itulah ciptaan Yang Maha Kuasa, kita memiliki sumber daya alam yang tidak terbatas yang bisa kita manfaatkan untuk ecoprint. 

Uniknya lagi ecoprint juga bisa dipadukan dengan karya seni lain seperti shibori, batik, rajutan, dan lain-lainnya. Pada ecoprint kita juga bisa memberikan warna lain pada masing-masing kain dengan berbagai macam kreasi warna. 

Berikut ini adalah contoh beberapa kreasi ecoprint:

1. Tas dan Dompet

Ecoprint bisa diaplikasikan untuk pembuatan tas serta dompet. Tas dan dompet dengan kreasi ecoprint bisa dibuat dari bahan kain katun, kain kanvas, kulit, serta bahan lainnya. 

Sebelum pembuatan tas dan dompet ecoprint, terlebih dahulu kain atau kulit di ecoprint dulu untuk memberikan motif pada kedua bahan tersebut.

Cara untuk ecoprint bisa dilihat di link ini:

cara-membuat-ecoprint-untuk-pemula

Setelah bahan-bahan di ecoprint, terlebih dahulu dibuat pola lalu dibentuk menjadi Tas atau dompet. 

Contohnya sebagai berikut:


2. Pakaian atau aksesoris interior

Ecoprint pada kain bisa diaplikasikan menggunakan jenis kain katun, rayon, sutra, atau kain yang lainnya sejenis kartun. 

Kreasi ecoprint pada kain akan memberikan berbagai macam motif yang sangat menarik. Demikian pula dengan warna, cantiknya tak kalah dengan kreasi batik tulis yang selama ini sudah banyak dikenal.  

Sebagaimana dengan pembuatan batik. Ecoprint banyak menggunakan dengan pewarna alami. Berbagai macam pewarna yang digunakan adalah dari kayu-kayuan, akar, umbi, buah, bunga maupun daun. 

Beberapa zat pewarna alam yang banyak digunakan pada ecoprint antara lain: kunyit, secang, tegar, kulit manggis, kulit rambutan, daun indigofera, daun tabebuya, kayu mahoni, bunga telang, dan masih banyak lagi.  

Contoh ecoprint pada pakaian dan aksesoris interior:



3. Peralatan rumah tangga atau souvenir

Pada peralatan rumah tangga seperti tempat tisue, tempat galon, taplak meja, sprei, bed cover, serta berbagai macam souvenir, bisa menggunakan bahan dari hasil ecoprint. 

Motif jejak daun dengan aneka macam serta warna-warna alami yang cenderung terkesan klasik, memberikan nilai tersendiri pada barang-barang yang menggunakan ecoprint. 

Berikut adalah contoh ecoprint pada peralatan rumah tangga atau souvenir:


4. Sepatu dan topi

Oleh karena ecoprint banyak digunakan berbagai media, maka tak menutup kemungkinan ecogreen akan cantik pula digunakan pada sepatu dan topi.

Bahkan sepatu ecoprint sudah banyak diminati di berbagai negara sehingga bisa menembus pasar ekspor. 

Ada sepatu media yang digunakan umumnya menggunakan bahan kulit. Biasanya kulit yang digunakan adalah kulit domba. 

Motif ecoprint pada kulit menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi. Jadi jangan heran kalau sepatu ecoprint yang terbuat dari kulit harganya bisa selangit. 

Berikut adalah contoh sepatu dan topi ecoprint:



Demikianlah beberapa contoh karya ecoprint dari berbagai media. Semoga bermanfaat!





Wednesday, 27 January 2021

4 Tempat Nasi Bakar Terdekat di Bandung

 

Doc. Pixabay.com

Bandung, ibukota Jawa Barat ini memang terkenal dengan berbagai kreasinya. Mulai dari soal pakaian, tempat belanja serta makanan. Soal makanan misalnya, berbagai macam jenis makanan khas Bandung yang banyak disukai oleh masyarakat. Salah satu makanan yang bisa dijadikan pilihan dan layak untuk dicoba yaitu nasi bakar. Nasi bakar yang disajikan dalam keadaan masih panas ini memang pas dan enak ketika disantap di kota Bandung yang dingin. Pantas saja nasi bakar di Bandung sangat terkenal. 

Sebenarnya cara untuk membuat nasi bakar itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Kamu hanya cukup mencampur beras putih dengan aneka macam bahan rempah-rempah lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar di atas tungku api. Tapi jika kamu ke Bandung banyak tempat yang menjual nasi bakar, jadi tidak perlu khawatir dan repot-repot membuatnya sendiri. Berikut beberapa tempat nasi bakar terdekat di Bandung.

    1. Rumah Makan Nasi Bakar Samara

Tempat nasi bakar pertama ada Rumah Makan Nasi Bakar Samara ini terletak di Jalan Buah Batu nomor 228, Cijagra, Lengkong, jaraknya cukup dekat dari kampus ISBI Bandung. Nasi bakar dan semua bahan yang terdiri dari ayam dan sambalnya terkenal sangat enak. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal dan malah terbilang murah, yaitu mulai dari Rp15.000 per porsi. Menu andalan dari Rumah Makan Nasi Bakar Samara ini adalah nasi bakar teriyaki dan nasi bakar paket komplit.  Cocok untuk kamu yang ingin makan murah bersama keluarga atau teman-teman.

    2. Nasi Bakar Uwa Ida

Tempat nasi bakar kedua adalah Nasi Bakar Uwa Ida yang berlokasi di jalan Ambon Nomor 11, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung menyajikan nasi bakar khas Sumatera Selatan yang terdiri dari empat rasa, yaitu teri medan, jambal roti, hati ampela dan ayam. Rasa nasi bakar Uwa Ida lebih legit dan harum daripada nasi bakar pada umumnya bisa membuta kamu ketagihan. Harganya pun tidak akan menguras kantong, yaitu mulai dari Rp15.000 sampai Rp25.000 per porsi. Murah, bukan?

    3. Warung Salse

Tempat nasi bakar ketiga adalah Warung Salse yang terletak di Jalan Dago Giri nomor 101, Mekarwangi, Lembang. Warung Salse ini menyajikan nasi bakar yang berbeda dari nasi bakar lainnya yang ada di Bandung. Nasi bakar Warung Salse ini terdapat isian seperti ikan asin jambal yang sebelumnya telah dipotong-potong kecil seperti dadu dan tersebar di seluruh bagian nasi. Oleh karena itu, nasi bakar ini disebut nasi bakar jambal. Sedangkan untuk lauknya ada potongan tahu goreng yang ditusuk sepertii sate. Untuk bisa membeli seporsi nasi bakar jambal ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp35.000. Masih termasuk harga yang bisa dijangkau semua kalangan.

    4. Dusun Bambu

Tempat nasi bakar keempat ada Dusun Bambu yang terletak di jalan Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang. Cara penyajian nasi bakar di Dusun Bambu ini sangat unik. Pertama, nasi diberi rempah-rempah lalu dimasukkan ke dalam selongsong bambu sebelum dibakar. Agar nasi bakarnya hasilnya menjadi lebih gurih dan harum. Untuk beberapa lauk yang menjadi pelengkap untuk nasi bakar yang telah kamu beli terdiri dari ayam taliwang suwir dalam bambu, sambal matah, sayur asem, tahu goreng, tempe goreng dan lalapan. Pasti sangat mengenyangkan.

 

Ini Dessert yang Disukai Anak-anak dan Kaya Nutrisi

 

Hallo semuanya. Udah lama ya tidak menemui postingan resep kue kue di blog bundasugi.com? Nah kali ini saya mau ngeshare Bread Milk Pudding. Ide awalnya karena ingin memadukan antara susu dan roti dengan tampilan yang cantik. Selain itu juga bisa sebagai ide usaha lhoo  … ­čśüBahannya cukup mudah: 

Bread Milk Puding ini cocok untuk menu dessert, ataupun sebagai bekal sekolah anak anak ataupun camilan untuk menemani anak anak daring. Tampilannya sangat cantik yang sudah pasti disenangi anak anak selain itu rasanya yang manis gurih dan terasa lembut akan memanjakan lidah sehingga membuat siapapun yang merasakannya akan ingin lagi dan lagi. Tak perlu kawatir untuk sering dikonsumsi anak anak maupun keluarga karena kandungan nutrisinya cukup lengkap, Ada karbohydrate yang didapat dari roti tawar, juga protein yang ada dalam kandungan susu bubuk, Jika ingin membuatnya, susu ini bisa disesuaikan. Kalau anak biasa menggunakan susu soya, karena alergi susu sapi, maka gunakan saja susu soya tersebut sebagai campurannya. Begitu pula dengan adonan pudingnya. Jika ingin fariasi lain, tak harus coklat kok? Puding bisa ditambahkan irisan buah atau pure buah, yang didapat dari sari buah atau dari buah yang dihaluskan.

Nah bread milk puding ini kandungan nutrisinya bagus kan? okay sekarang kita simak cara membuatnya, yuk!

Bahan yang harus dipersiapkan

- Roti tawar, saya pakai rasa pandan.

- Kental Manis

- Susu bubuk

- Agar-agar Coklat dan putih.

- Nutrijel coklat dan putih

- Oreo (hancurkan)

- Gula pasir

- Es cream

Cara Membuat:

*. Campur agar & Nutrijel coklat, susu dengan 4 sdm gula, tambah 800ml air. Masak hingga mendidih, sisihkan.

*. Campur agar & Nutrijel putih, susu, dengan 4sdm gula, tambah air 800ml. Masak hingga mendidih,  sisihkan.

1. Cetak roti tawar 4 lembar menggunakan gelas saji.

2. Susun paling bawah, roti tawar, lalu tuang cap ENAAK, tutup dengan roti tawar, 

3.  Tuang adonan puding coklat, l

4. Lalu tuang cap ENAAK,

5. Letakkan roti tawar lagi, taburkan oreo,  

6. Tuangkan kembali Pudding coklat, kemudian tutup dengan adonan putih.

7. Topping ice cream. Dan siap dihidangkan.

Resep ini diikutsertakan dalam kompetisi "Resep Hemat Challenge" cap ENAAK, 

Info lengkapnya bisa dilihat di akun IG @tatik_deje


Tuesday, 26 January 2021

Berbagai Resep Nasi Goreng Mentega Yang Enak

Mentega termasuk salah satu bahan yang paling mudah dicari. Tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja, mentega juga bisa digunakan untuk membuat nasi goreng yang enak.  Jadi jangan heran, jika dari dahulu hingga sekarang, ibu rumah tangga selalu mengandalkan nasi goreng mentega sebagai sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. 

Alasannya nasi goreng mentega selain rasanya enak, juga praktis. Disamping itu, rasanya juga sangat disukai anak-anak. 

Nah, jika sekarang lagi rindu dengan nasi goreng mentega buatan ibu, maka buatllah sendiri nasi goreng mentega. Sebagai variasi rasa agar lebih nikmat, bisa ditambahkan topping yang lezat dan tidak biasa.
Berikut ini adalah beberapa resep nasi goreng mentega yang rasanya enak:

Saturday, 23 January 2021

Bagaimana Cara Memilih SEO Service untuk Web Bisnis Anda? Simak di Sini

SEO service adalah cara untuk melejitkan web bisnis, sehingga situs itu ada di page one Google. Peringkat tinggi di Google wajib dimiliki, karena potensi untuk diklik oleh calon customer sangat besar. Mereka akan membaca web bisnis kita lalu tertarik dan memesan produknya.

Bagaimana cara mencari SEO service yang tepat?