UA-83233104-1

Friday 17 November 2023

Sinar Mas Land Kembangkan Livable City, Pada Wisata Bukit Mas



Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City pada pembangunan proyeknya. Sebelum membahas lebih detail, mari kita gali terlebih dahulu apa yang menjadi latar belakang dari konsep tersebut. Perlu diketahui bahwa saat ini jumlah urbanisasi dari tahun ke tahun semakin meningkat yang berakibat terjadi peningkatan pula pada jumlah penduduk kota. Predksi World Bank tahun 2024 jumlah penduduk kota mencapai 220 juta. Artinya sekitar 70% populasi penduduk Indonesia akan menempati kota. Angka ini diperkuat berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) persentase penduduk Indonesia yang tinggal di wilayah perkotaan terus meningkat mencapai 66,6 % di tahun 2035. Wah … lumayan padat ya penduduk kota?

Diagram persentase jumlah penduduk kota

Secara umum kehidupan kota identik dengan kemacetan, suhu panas, polusi udara, serta ramainya layanan publik di beberapa tempat. Namun demikian tak menyurutkan harapan masyarakat untuk memilih tinggal di kota daripada di desa. Karena mereka berharap akan peningkatan taraf hidup yang lebih baik. Dan kota diyakini memberikan peluang besar untuk mendapatkan penghasilan lebih baik serta kelayakan pemenuhan kebutuhan hidup. Inilah yang mendorong terjadinya urbanisasi yang terus mengalami peningkatan. 

Hiruk pikuk kehidupan kota acapkali menimbulkan kejenuhan, dan kadang menjadi pemicu munculnya stres. Di tengah padatnya aktivitas dan untuk mengurangi kejenuhan, masyarakat kota membutuhkan hunian yang bisa memberikan rasa nyaman. Ketenangan suasana lingkungan tempat tinggal, serta tempat refreshing sebagai hiburan yang mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga. 

 Sinar Mas Land selaku Developer yang memiliki visi menjadi pengembang properti terpercaya dan terkemuka di Asia Tenggara, berkomitment memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat kota dengan membangun proyek hunian berkonsep Livable City

Penerapan Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia 

Apa sich pembangunan dengan konsep Livable City atau Kota Layak Huni? Konsep Livable City merupakan gambaran sebuah lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk berkegiatan yang dilihat dari berbagai aspek, baik aspek fisik maupun aspek non-fisik (Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, 2009). Penilaian Livable City bisa dilihat dari tingkat kenyamanan penduduk yang tinggal di kota, dan sebagai kota yang layak huni. 

Berdasarkan survei EIU (The Economist Intelligence Unit) terhadap kota-kota yang ada didunia Ibu Kota Indonesia (DKI Jakarta) menempati urutan ke-139 sebagai Kota Layak huni dari 173 peserta dunia. Penilaian ini mengacu pada kualitas dari 5 aspek, yakni: stabilitas, layanan kesehatan, budaya & lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Artinya kota-kota di Indonesia sudah mulai menerapkan konsep pembangunan Livable City dengan mengacu pada ke 5 aspek tersebut. 

Saat ini Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City pada setiap proyek yang dibangunnya. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan tentang penataan wajah tata kota lebih baik menuju Kota Masa Depan. Sesuai anjuran Presiden melalui BAPPENAS bahwa dalam “men-design” kota masa depan Indonesia harus memenuhi kriteria ramah terhadap publik dan lingkungan. Secara garis besar kriteria kota masa depan Indonesia adalah:
  1. Kota layak huni, nyaman dan aman.
  2. Kota hijau yang berketahanan iklim dan bencana.
  3. Kota cerdas, berdaya saing dan berbasis teknologi.
  4. Identitas perkotaan Indonesia berbasis karakter fisik, keunggulan ekonomi, dan budaya lokal.
  5. Keterkaitan dan manfaat antar kota dan desa-kota dalam sistem perkotaan nasional berbasis kewilayahan. 
Dari kriteria ini, pemerintah memiliki skema jangka panjang pada konsep penataan kota di Indonesia, yaitu: konsep Kota Layak Huni (Livable City), konsep Kota Hijau (Green City), dan konsep Kota Cerdas (Smart City). Dengan konsep Kota Layak Huni (Livable City) sebetulnya sudah termasuk adanya penghijauan atau Green City dan juga fasilitas penunjang aktivitas yang memadai atau Smart City.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Sinar Mas Land merupakan pengembang properti terbesar dan terpercaya dengan diversifikasi proyek paling beragam di Indonesia. Sejumlah proyek yang dibangunnya antara lain: proyek pengembangan kota, township, permukiman,  komersial, kawasan ritel, kawasan industri, dan properti perhotelan, termasuk jasa terkait properti. Wow .... lengkap banget ya!

Konsep Livable City yang dibangun Sinar Mas Land mengacu pada 4 Pilar, yaitu: Live, Learn, Work, and Play.

  • Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.
  • Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.
  • Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industry, serta area komersial.
  • Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.
Berdasarkan 4 pilar ini Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City pada setiap proyek yang dibangunnya. Didukung oleh tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land dikenal sebagai pengembang kota paling sukses mengembangkan proyek dengan konsep Livable City yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia. 

Contoh proyek yang dibangun dengan konsep Livable City dan berlokasi di Kota Surabaya adalah: Klaska Residence. Merupakan sebuah apartemen yang mengusung desain bernuansa mewah dan eksklusif dengan beragam fasilitas mulai lobby yang dilengkapi private library, infinity pool, jacuzzi, sauna, gym centre, sky jogging track, kids playground, barbeque area, yoga area, hingga movie room, games room serta sky garden dengan pemandangan langit kota Surabaya. 

Klaska Residence & Ruko London Park

Ada lagi pembangunan ruko London Park Avenue yang berada di kawasan Wisata Bukit Mas Surabaya. Shophouse yang terdiri dari dua lantai tersebut berada di jalan Boulevard utama dengan ROW 25 meter, dengan kelebihan Alfresco Dining, Hidden Patio dan Epic Balcony, serta area parkir yang luas. Semua kelebihan ditambah lingkungan yang sudah terbentuk dengan 2.500 lebih Kepala Keluarga, akan memberikan dampak pada terciptanya lingkungan yang heterogen, dinamis, serta nyaman.

Selain apartemen dan ruko, Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City juga pada pembangunan proyek properti residensial yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti: Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Kota Deltamas Cikarang, Grand Wisata di Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Nuvasa Bay Batam, Grand City Balikpapan, dan Wisata Bukit Mas Surabaya. 

Proyek Sinar Mas Land di Indonesia

Secara umum proyek pembangunan Sinar Mas Land yang berkonsep Livable City memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  1. Green Park. Hampir di semua proyek pembangunan Sinar Mas Land dilengkapi dengan Green Park lho! Yaitu Area Penghijauan yang tersebar di lingkungan proyek pembangunan yang fungsinya disamping memperindah, juga sebagai sarana menghasilkan lingkungan dan udara yang sehat dan bersih. Wow ….!
  2. Wellness Hub. Fasilitas ini ada dibeberapa proyek yang dibangun Sinar Mas Land demi memenuhi kebutuhan akan kesehatan bagi penghuninya, antara lain: adanya sport area seperti jogging track, pusat gym, lapangan olah raga, dan sejenisnya. 
  3. Refreshing Area. Nah untuk area ini akan dijumpai di pembangunan residence yang juga dilengkapi dengan swinmming pool, area outbound, private club house, serta area terbuka berupa taman yang sangat cocok sebagai area refreshing harian keluarga. Asyik lhoo!
  4. Design modern. Hampir semua proyek pembangunan Sinar Mas Land didesign dengan tipe modern dengan aksen kemewahan, bahkan ada pula yang bernuansa Eropean Glamorous Residence.
  5. Akses jalan lebar. Tak diragukan lagi, kalau proyek yang dibangun Sinar Mas Land memiliki lebar yang memadai sehingga dapat mencegah kemacetan. 
  6. Dozens Facilities. Hampir di semua proyek yang dibangun Sinar Mas Land memiliki fasilitas keamanan ganda, sehingga memberikan jaminan keamanan serta kenyamanan bagi penghuninya.


Wisata Bukit Mas Surabaya Wujud Konsep Livable City yang dibangun Sinar Mas Land

Memasuki area Wisata Bukit Mas pikiran serasa dibawa ke sebuah kota mandiri yang didalamnya terdapat fasilitas serba ada. Dibangunnya Landmark indah dan bergaya Eropa menambah sentuhan peradapan kemoderenan yang mewah bak surga dunia bagi penghuninya. Karena sejauh mata memandang akan disuguhkan pemandangan penghijauan yang menyejukkan mata diantara bangunan mewah yang dibangun dengan nuansa Eropean Glamorous Residence

Wisata Bukit Mas dibangun untuk mewujudkan impian memiliki Rumah Idaman berkonsep Livable City terbaik di Surabaya. Ini sebagai apresiasi dari pengembang yang memiliki impian, membangun Homes Not Houses, jadi tidak sekedar rumah tetapi hunian yang layak. Wow … keren khan?

Gate in Wisata Bukit Mas

Saat ini Wisata Bukit Mas sedang membuka Cluster Chelsea. Menariknya cluster Chelsea adalah adanya bonus Day Bed yang merupakan pengembangan dari tipe balcony yang menjadi trend sebelumnya. Fungsi Day Bed selain menjadikan ruangan terasa lebih luas, juga menciptakan kesan modern, estetik dan nyaman kala berada di kamar. Tipe ini sangat cocok memenuhi kebutuhan hidup zaman sekarang yang cenderung memiliki banyak aktivitas dan lebih sering menghabiskan waktu di kamar.
 
Kelebihan Wisata Bukit Mas Surabaya, antara lain:
  1. Harga Terjangkau. Pembelian bisa melalui KPR dengan biaya Rp 0,- serta bebas biaya pemesanan (DP) untuk pembelian early bird. 
  2. Lokasi strategis. Dekat dengan pintu Tol dan proyek MWRR (Middle West Ring Road). 
  3. Terdapat 2 Mega fasilitas: Collosseum Club House dan Notredame Adventure Park. Dilengkapi dengan kolam renang, sport area, serta area outbound dan Convention Hall yang berkapasitas 1000 orang dengan lake side view yang indah. 
  4. Dekat dengan Pusat bisnis. Berdekatan dengan sekolah internasional, pusat perbelanjaan, hospital, serta layanan publik lainnya.

Inilah proyek Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City, yang tersebar di kota-kota di Indonesia sebagai perwujudan pengembangan pembangunan kota masa depan dengan konsep Livable City. Untuk informasi lengkap tentang lokasi, bangunan, harga serta pemesanan bisa mengunjungi website Wisata Bukit Mas atau klik link berikut: Wisata Bukit Mas.


4 comments:

  1. Proyek perumahan Sinar Mas memang bagus2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya konsepnya ok dan fasilitasnya memang lengkap

      Delete
  2. terimakasih buat referensinya, baru kali ini aku dengar tentang ini, hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.