UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 3 November 2020

5 Tips Edit Foto Instagramable Dari Handphone Agar Terlihat Keren

Pernah nggak sich merasa iri melihat postingan instagram temen yang terlihat cakep banget? Foto makanan yang terlihat begitu wow, atau postingan foto yang punya likes love hingga ratusan bahkan ribuan? Jangan dikira foto-foto tersebut diambil dengan asal jepret langsung posting lhoo ya ...? Hehe …. Tapi biasanya ada perlakuan khusus behind the scene sebelum diposting ....

Itulah yang namanya proses editing foto. Dimana foto-foto tersebut akan diedit sedemikian rupa guna menutupi kekurangan untuk menyempurnakannya. Sehingga foto yang tadinya biasa bisa lebih ke eye catching atau menarik dipandang mata. Atau foto yang sudah bagus, akan tampak semakin bagus lagi.

Apalagi kini jamannya sosmed, dimana hampir disetiap moment seakan tak pernah terlewatkan untuk diposting di sosmed. Mau pergi jalan-jalan upload di sosmed. Duduk di restoran, langsung upload di sosmed. Mau makan, nggak seru jika makannya belum dijepret dulu. Pendeknya apapun yang kita lakukan pinginnya selalu diabadikan dengan cara upload di sosmed. Iya nggak ayoo ngaku .....

Sebetulnya sayang khan jika banyak moment berharga tersebut hanya berupa gambar hasil jepretan kita yang ala kadarnya? Tentu akan sangat berbeda jika postingan yang tersimpan tersebut berupa gambar-gambar yang bagus? Kita dan orang yang ngelihatpun tentu juga akan senang, betul khan? ...

Kamera handphone dengan kualitas bagus tentunya akan membuat hasil jepretan kita juga bagus, betul? Belum tentu. Karena foto akan terlihat menarik bukan hanya pada kualitas gambarnya saja. Akan tetapi juga kerena ada beberapa faktor pendukungnya, seperti: background, teknik pencahayaan, dan editing.

Berikut adalah tipsnya yang bisa temen-temen praktekkan:

 5 Tips Edit Foto Instagramable, agar postingan terlihat lebih keren:

1. Pilih foto yang diambil dengan pencahayaan cukup

 Biasanya foto yang diambil dengan pencahayaan yang cukup, maka akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan detail. Untuk pencahayaan sendiri sebetulnya kita bisa menambahkan pada saturasi warna, contras, dan balance yang biasanya bisa diedit langsung melalui fitur handphone yang tersedia.   

2. Cropping Foto

Tujuannya adalah untuk mengatur tata letak atau komposisi dari gambarnya. Fitur ini biasanya sudah ada bawaan handphone, jadi kita tak perlu aplikasi. Hilangkan bagian yang kurang menarik dan fokuskan pada gambar yang lebih menonjol. Selain cropping biasanya bawaan hamdphone juga sudah dilengkapi fitur untuk rotate untuk mengubah tingkat kemiringan, serta blur yang akan memberi efek bokeh pada gambar.


3. Edit foto pakai aplikasi.  

 Sebetulnya banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai untuk edit foto. Namun sebagai contoh saya akan menggunakan aplikasi Canva.

Pada aplikasi yang saya contohkan sebetulnya free, akan tetapi untuk menambahkan feature tertentu ada beberapa yang berbayar. Jika ada yang gratis, mengapa harus berbayar? Wait … jangan langsung withdrawl dulu! Untuk yang berbayar memang berbeda dengan yang free. Ada beberapa yang lebih ciamik dan tentunya akan sedikit berbeda ketika harus memilih yang berbayar. Tapi tenang aja, nggak mahal kok harganya. Dan cara pembayarannyapun juga mudah, karena bisa dibayarkan menggunakan GoPay. Jadi nggak harus ribet, cukup menggunakan handphone aja maka aplikasi berbayar sudah bisa digunakan.

Caranya bisa disimak di bawah ini (tips no 4)!

4. Tambahkan atribut penunjang. 


Caranya adalah: Buka aplikasi Canva yang sudah terinstall dari playstore.

Pilih kategori templete sesuai keinginan. Di sini saya memililih "Kiriman instagram", lalu memilih lembar kosong.

Tambahkan ilustrasi dengan cara ketuk tanda plus (+), lalu pilih icon ilustrasi. Setelah itu, gandakan menjadi dua. Atur posisi, tingkat kemiringan, dan size-nya dengan cara touch-drag (cubit). Disini saya meletakkannya pada posisi pojok kanan bawah dan pojok kiri atas.

Tambahkan gambar. Caranya ketuk tanda plus (+), lalu pilih icon gambar. Selanjutnya pilih gambar dari galeri sesuai keinginan. Lanjut, tentukan size dan letakkan sesuai keinginan.

Tambahkan aksesoris pemanis. Yaitu dengan cara, pilih pada icon stiker atau ilustrasi. Di sini ada gambar yang free, dan ada juga yang berbayar (bertanda mahkota). Menurut saya sich yang berbayar gambarnya lebih bagus-bagus, hehe ... Kebetulan yang saya contohkan ini adalah gambar berbayar. Untuk pembayarannya nanti akan di total pada saat kita sudah selesai editing process, dan kita bisa pilih metode pembayaran dengan GoPay.

 

5. Sempurnakan dengan tambahan tulisan.
 

Penambahan tulisan bisa dilakukan setelah pemberian atribut gambar. Di sini kita bisa memilih jenis font sesuai yang kita inginkan, termasuk size, warna, serta efek tulisan.

After finish, jangan lupa untuk menyimpan atau download hasil editan gambarnya ya.... supaya ketika aplikasinya ditutup gambarnya nggak hilang.

Contoh di atas adalah penggunaan atribut berbayar pada gambar yang kita pilih saja. Kalau ingin switch menjadi Canva Pro juga bisa, Menurut saya lebih murah sich. Karena dengan berlangganan akan lebih banyak pilihan gambar yang bisa digunakan.

Cara switch menjadi Canva Pro

1. Masuklah pada aplikasi Canva di Play store. Ketuk tanda/ icon mahkota yang terdapat pada pojok kanan atas.

2. Pilih tarif langganan, atau bisa juga coba gratis dulu.

3. Pilih metode pembayaran GoPay. Maka akan ada konfirmasi dihubungkan dengan GoPay. Lalu tekan "Lanjut"

4. Masukkan nomor pin GoPay.

5. Konfirmasi persetujuan, maka tekan "Langganan".

6. Akan ada pemberitahuan"Berhasil", setelah itu masukkan password akun google. Dan Canva Pro sudah bisa digunakan. 

 Cara menambahkan pembayaran pada Google Play:

  1. Masuklah pada Play Store.
  2. Pilih tanda garis tiga pada bagian atas kiri.
  3. Pilih metode pembayaran (payment methods).
  4. Pilih Tambahkan GoPay (Add GoPay)
  5. Kemudian akan muncul Pop-up yang akan meminta untuk mengisi nomor ponsel. Setelah itu pilih, Kirim OTP.
  6. Beberapa saat kemudian akan ada SMS masuk yang menyertakan kode OTP. (Ingat, ini rahasia kamu tidak boleh memberitahukan kode OTP kepada pihak manapun)
  7. Masukkan kode OTP pada aplikasi Google Play, lalu pilih lanjutkan.
  8. Lalu akan ada informasi bahwa Google akan menghubungkan ke GoPay dengan mengaskses melalui nomor HP. Jadi nanti pembayaran tinggal mengurangi dompet GoPay kita aja. Ikuti saja arahan selanjutnya.


Promo Google Play

Mau khan dapat cashback saat melakukan pembayaran? Tentu mau donk. Maka jangan buang kesempatan, karena dibulan Oktober ini akan ada promo Google Play yaitu promo cashback 75% hingga Rp15.000 dan cashback hingga Rp50.000.  Tapi ingat, promo ini hanya berlaku di bulan Oktober 2020. Kepoin webnya yuuk untuk dapetin promo-promo lainnya!

Untuk keterangan lebih lengkap tentang Promonya bisa lihat melalui link ini: Promo Google Play

Nah, mudah dan banyak untungnya khan? Inilah 5 Tips Edit Foto Instagramable Dari Handphone Agar Terlihat keren.


 

51 comments:

  1. Pingin langganan, berapa sih per bulan?
    Karena setiap posting di Instagram dan Blog pasti pakai Canva

    ReplyDelete
  2. Zaman now mwmang kita semakin dimudahkan ya, Mbak. termasuk edit foto biar lebih keceh saat diposting.
    Kalau saya, untuk foto wisata, kebanyakan tidak saya edit. karena pencahayaan matahari sudah sangat mendukung, termasuk panorama alamnya. Paling dicrop, biar posisinya bagus dan terbantu dengan garis-garis grid.Saya juga pakai canva untuk keperluan foto penunjang postingan di blog.

    ReplyDelete
  3. Wah, sama mbak. Aku juga suka edit foto untuk instagram pake canva. KArena emang mudah dan bikin cakep hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, pengaplikasiannya mudah, dan simple

      Delete
  4. Bagus tutorialnya. Saya pengin beli di canva berdasarkan apa yang dipilih saja, bukan berlangganan premium. Wah saya akan coba. Thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau jarang pakai mending bayar yang dibutuhkan aja ya ..

      Delete
  5. aku biasanya edit edit foto karena lagi maunya sih, kadang gak mau edit foto langsung aja gasss hehe

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu ternyata bayar canva pro bisan lewat gopay ya, hehehe. Terima kasih atas infonya. Btw aku jarang banget ngepost foto di sosmed seperti instagram, paling cuman ngepost di ig story :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan dariku mbak, aku justru jarang Ig story, hehe ...

      Delete
  7. Wah, jadi cakep ya mbak. Aku jarang edit foto pakai Canva, biasanya buat video aja biar watermarknya gak kelihatan, karena masih gratisan. Hehe

    ReplyDelete
  8. Gampang ya sekarang bnayak aplikasi edit foto. Untuk aplikasi canva lagi booming ya banyak yang menggunakannya terutama untuk edit foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, enak tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan

      Delete
  9. Canva premium tuh langganannya berapa sih mba? Lagi mikir nih mau beli yang pro untuk menunjang kebutuhan grafis blog dan sosmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada di artikel mbak, yang jelas dibawah 100

      Delete
  10. Sebenarnya lebih bagus langsung berlangganan pro sama Canvanya langsung ya Bun... daripada bolak-balik bikin email baru, haha... nice share yaa... berfaedah tipsnya... fotonya juga cakepp

    ReplyDelete
  11. Makasih ya mba tipsnya cakep banget. Jadi pengen nyobain agar foto-foto yang aku ambil terlihat instagramable

    ReplyDelete
  12. Wahh, postingan ini aku harus bintangin nih. Kalo pake canva emang lebih praktis. apalagi pakai yang berlangganan pro ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipraktekkan aja mbak, nggak perlu dibintangi. Hehe ....

      Delete
  13. Saya juga aliran canva nih mba.
    Edit-edit foto lebih familiar pake canva. baik untuk dipost di IG, FB, atau pun untuk di blog

    ReplyDelete
  14. iya nih
    menurut aku yang jadi poin utama adalah fotonya harus bagus
    entah dari cara pengambilannya, pencahayaannya, dll
    soalnya aku gak suka pake filter, haha
    lebih suka natural

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ya ... Kalau ini aku kadang ambil bisa sampai puluhan kali mbak, habis bocor mulu, hehe ..

      Delete
  15. Semenjak kenal canva saya juga selalu edit foto di canva, hampir gak pernah pakai aplikasi lain. Tapi saya masih pakai yg gratisan. Yang gratisan aja hasilnya udah keren menurut saya, apalagi yg pro ya... Pengen sih nanti nyoba kapan2 beralih ke yang pro

    ReplyDelete
  16. Gopay mantap banget ya kak solusi banget untuk aneka pembayaran termasuk membeli aplikasi ^^ terima kasih sharing bermanfaatnya kakak..

    ReplyDelete
  17. Kalau sudah tahu ilmunya bakalan keren tampilannya ya Mbak..bisa deh dioptimasi nanti IG-nya.
    Mudah nih cara pembelian Google Play via Gopay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ... Lagian gampang banget mengaplikasikannya

      Delete
  18. emang mantap nih canva, kalo aku lagi suka main desain pake ilustrasinya mba, seruuuu banget hehee... kemarin juga habis perpanjangan yg pro jd bisa kreasi tanpa batas :)

    ReplyDelete
  19. Mbak gimana ya caranya membuat gambar yang berlembar lembar di canva? Aku tu sering lihat gambar yang banyaklalu, cara membukanya tinggal geser

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, saat ngedit slide pertama selesai, tinggal geser aja, lanjuuut slide berikutnya

      Delete
  20. Postingan ini mengingatkanku ku mau beli Canva pro hehe. Ternyata cukup kudah ya caranya.

    Selama ini edit pakai photo grid dan Snapseed ajas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku taunya juga cuma Snapseed, dan Canva memberikan inspirasi lain, hehe

      Delete
  21. Mbak aku lama-lama jadi bucan juga hahahaha budak canva, segitunya teman-teman kasih julukan bagi pecinta canva nih, tapi ya memang iya sih hari-hari mainannya canva baik buat post ig maupun blog hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ... Berkreasi itu memang asyik ya ...

      Delete
  22. Wah ada temen Blogger yg pakai canva juga, yay. Canva emang mudah banget digunakan. Jadi bisa bikin foto di ig dan blog post makin bagus.

    Enaknya sih pilih langganan paket pro bulanan, lebih murah ketimbang beli ikon atau Template satuan.

    Terimakasih untuk artikelnya

    Agung Kharisma (Daily Blogger Pro Academy)

    ReplyDelete
  23. Canva juga jadi andalan nih. Ya walau saya masih main di Canva Free. Senang banget karena banyak aplikasi yang bisa dibeli premiumnya dengan GoPay. Memudahkan banget.

    ReplyDelete
  24. canva premium nih dambaan banget, memang ya canva ini jadi jalan pintas banget buat saya yg nol banget menguasai desain2 grafis gini.. thanks tipsnya mbak

    ReplyDelete
  25. Aku lebih suka aplikasi Lightroom untuk edit foto, mbak. Itu juga bisa pakai gopay untuk pembayaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum coba mbak. Kapan2 mau ah ...

      Delete
  26. Aplikasi favorit aku juga nih Canva , bikin foto-foto jadi makin kece.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.