UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 4 June 2020

GoPay Bisa Dipakai Bayar Aplikasi Google play, Buktikan Kerjaanmu Jadi Mudah

Sudah pada tau khan apa itu Google Play atau GoPay? 
Jika belum tau nanti saya akan jelaskan ya pengertian GoPay maupun Google Play, manfaat, dan cara menggunakannya.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut tetang Google Play dan GoPay, sekarang saya mau flashback dulu tentang perangkatnya, yaitu Handphone/ Hp.


Dulu … Fungsi Hp hanya sebagai alat komunkasi saja. Tapi kini, Hp sudah memiliki tingkat teratas dalam prioritas kebutuhan. Karena Hp terutama berbasis android seringkali dapat menjadi mediasi untuk memenuhi hampir semua kebutuhan kita.

Sebagai contoh, dulu ketika saya harus mengetik artikel, membuat design grafis, entah mau edit foto atau membuat info grafis sebagai pelengkap tulisan di blog, maka harus menyisihkan waktu khusus untuk standby di depan laptop atau computer. Padahal nggak mungkin juga bawa-bawa barang tersebut, karena selain berat juga pasti ribet khan..?

Tapi kini, setelah teknologi berkembang pesat dimana fungsi Hp sekarang tak lagi hanya terbatas sebagai alat komunikasi saja, maka pekerjaan seperti di atas bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Karena semua bisa dilakukan melalui Hp.

Pendeknya kalau sudah memiliki HP android, semua urusan serasa menjadi lebih mudah. Mau mencari makanan, transportasi, hiburan, belanja, bayar tagihan, dan masih banyak lagi, semua bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari. Atau bisa dibilang, dunia sudah berada dalam genggaman, haaish …

Selain keuntungan menikmati HP android, saya merasa juga sangat dimudahkan ketika telah menambahkan metode pembayaran GoPay pada Aplikasi. Dimana dengan GoPay, saya bisa membayar aplikasi pada Google play. Pasalnya dengan GoPay maka tak repot lagi ketika harus melakukan pembayaran untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan aplikasi..

Sebetulnya saya juga baru tau belakangan ini, ternyata GoPay selain dipakai untuk bayar tagihan, belanja, ongkos gojek, serta beli pulsa, juga bisa dipakai untuk membayar aplikasi atau game lhooo ….? Idih … kemana pula aku selama ini? Maklum akhir-akhir ini entah karena kesibukan atau memang males coba-coba fitur lain, hehe …. Jadinya tentang manfaat dari GoPay yang lain tak kuketahui. Tapi … belum terlambat khan? ..
Baik, lanjut ya tentang Google Play dan GoPay!
Google Play adalah layanan digital konten yang disediakan oleh Google. Kalau pada perangkat android, bisa melalui aplikasi seluler Play Store. Sedangkan GoPay adalah metode pembayaran. Atau lebih jelasnya yaitu dompet digital yang menyimpan uang elektronik yang terdapat pada aplikasi Gojek.

Jika sudah memiliki aplikasi Gojek, maka GoPay ada pada sebuah fitur yang ada pada aplikasi tersebut sebagai bentuk dompet e-money. Namanya saja e-money jadi uang tersimpan dalam bentuk elektronik. Secara fisik memang tak perlu pegang dompet berisi uang, tapi cukup Top Up GoPay, maka kita telah memiliki dompet digital pada GoPay.

GoPay sendiri dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan, antara lain: semua layanan gojek, termasuk: membayar ongkos Goride, Gofood, Gocar, Gosend, membeli pulsa serta paket data.
Lalu gimana caranya membayar aplikasi Google Play menggunakan GoPay?
Caranya yaitu harus terlebih dahulu menambahkan GoPay sebagai metode pembayaran.

Cara menambahkan pembayaran pada Google Play:
  1. Masuklah pada Play Store.
  2. Pilih tanda garis tiga pada bagian atas kiri.
  3. Pilih metode pembayaran (payment methods).
  4. Pilih Tambahkan GoPay (Add GoPay)
  5. Kemudian akan muncul Pop-up yang akan meminta untuk mengisi nomor ponsel. Setelah itu pilih, Kirim OTP.
  6. Beberapa saat kemudian akan ada SMS masuk yang menyertakan kode OTP. (Ingat, ini rahasia kamu tidak boleh memberitahukan kode OTP kepada pihak manapun)
  7. Masukkan kode OTP pada aplikasi Google Play, lalu pilih lanjutkan.

Cara Membayar Aplikasi Pakai GoPay

Contohnya:
Saya akan membuat poster. Lalu saya meng-install aplikasi edit poster. Anggap saja aplikasi tersebut, free. Tapi, ketika akan memilih template serta stiker yang saya sukai ternyata berbayar. Nah, inilah saatnya kita bisa menggunakan saldo GoPay. Pada umumnya aplikasi akan menyediakan feature yang free dan berbayar. Namun biasanya untuk feature yang berbayar tampilannya lebih bagus sich, dibandingkan yang free. Jadi kita bisa memilih sesuka hati kita.


Cara membayarnya pakai GoPay yaitu:
  1. Pilih item atau feature berbayar yang kita sukai.
  2. Pilih kotak “Buy Now (Beli)”. Setelah itu ada pilihan yang wajib dipilih, yaitu: mau beli paket bulanan (Monthly Plan) , atau paket langganan 1 tahun (Yearly Plan), atau memilih yang sekali bayar untuk selamanya (Lifetime). Tentunya harganya juga berbeda-beda, tinggal pilih sesukanya.
  3. Setelah itu ketuk, “Continue”. Di sini kita akan disodori pilihan metode pembayaran, yaitu pilih, “Tambahkan GoPay (Add Gopay)”.
  4. Selanjutnya kita akan diarahkan untuk verifikasi akun, lalu ketuk, “Lanjutkan (Continue)”.
  5. Lalu akan ada informasi bahwa Google akan menghubungkan ke GoPay dengan mengaskses melalui nomor HP. Jadi nanti pembayaran tinggal mengurangi dompet GoPay kita aja. Ikuti saja arahan selanjutnya.

Nah, mudah khan? Itulah Cara Praktis Membayar Aplikasi Google Play Pakai GoPay, yang akan membuat kerjaan jadi mudah.





                 

64 comments:

  1. Alhamdulillah, kebetulan mau beli aplikasi di Google Play , males ke minimarket beli kuponnya, bisa pakai Gopay aja, praktis banget yaa

    ReplyDelete
  2. Aku segala galanya via pnsel oMbak soalnya laptop lagi kurang bener huhu. Google Play dan gopay bermanfaat banget emang buat online based freelancer macam kita hehe

    ReplyDelete
  3. Wah sering banget nih ngalamin, mau pake template dr aplikasi yang disuka, tapi gak bisa karena harus berbayar dan proses nya riweuh. Sekarang jadi lebih mudah banget dengan ada nya payment dr gopat di google play. Nanti segera dicoba ah hehe ;)

    ReplyDelete
  4. Sering pake aplikasi, tapi belum pernah nyoba bayar

    ReplyDelete
  5. Harus dicoba nih, biar simple ya.

    ReplyDelete
  6. Ada Gopay sekarang ini makin memudahkan sekali ya mba. Aku sendiri sering pakai gopay buat beli aplikasi juga, apalagi Viu.

    ReplyDelete
  7. aku pakai juga nih bayar di playstore pakai gopay. Waktu itu buat langganan viu premium

    ReplyDelete
  8. Wah semakin mudah yaah kak cara pembayaranya, jadi aku bisa beli aplikasi premium deh dari Google Play hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, punya GoPay membantu banget ya ...

      Delete
  9. Saya juga bayar Google Play lebih suka pakai GoPay. Memang kebih mudah caranya

    ReplyDelete
  10. Makin praktis ya. Selama ini aku beli aplikasi di PlayStore pakai auto debit atau isi saldo di mini market. Coba pake GoPay deh kalo gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener praktis kak, dicoba aja. Pasti suka, hehe

      Delete
  11. Selama ini saya cari film favorit susah banget Mba eh pas di Google Play bisa sewa jadi saya sewa aja supaya gak makan memori juga. Bayarnya pakai GoPay gampang efisien banget!

    ReplyDelete
  12. Mantap ini,gopay mempermudah urusan transaksi keuangan bahkan Utk membeli aplikasi,perlu bangget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul kakak. Udah pernah pakai juga khan

      Delete
  13. Wah jadi gak usah pakai debit atau cc lagi nih kalau mau beli aplikasi yang berbayar. Btw ini khusus untuk pengguna Android phone saja atau bisa juga untuk apple store?

    ReplyDelete
  14. Waah baru tahu nih kalau GoPay bisa untuk beli aplikasi di Google Play. Alhamdulillah kebantu banget nih karena kebetulan ada beberapa aplikasi yang mau aku upgrade. Biasanya aku mesti beli voucher Google Play dulu di minimarket. Kalau bisa pake GoPay tentu jadi lebih praktis yaaa.

    ReplyDelete
  15. Praktis ternyata pakai goplay ya. Aku mau ikutan coba pakai deh.

    ReplyDelete
  16. saya kebetulan velum pernah pakai gopay dalam pembayaran selain menggunakan aplikasi gojek atau fitur lainnya yg ada di aplikasi tersebut. ternyata mudah ya mba ngelakuin transaksi pakai gopay. kemaren jg buat transfer uang bsa pakai gopay mba. ah lengkap selengkap lengkapnya ya klo pakai gopay. e money yg kumplit klo aku bilang sih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat bayar aplikasi pernah coba belum mbak

      Delete
  17. Jadi tuh sekarang emak-emak dasteran udah gak mesti repot ya mba.
    Asalkan ada hp yang lengkap aplikasi plus saldo yang mumpuni dengan go pay bisa lancar bayar-bayar

    ReplyDelete
  18. Aku juga bayar berlangganan aplikasi pakai gopay..berlangganan sebulan Dan ada notifnya di Gmail, jadi gampang dicek juga

    ReplyDelete
  19. Saya pakai gopay, Mbak. Dan memang sangat membantu saya. Jadi mau bayar atau transfer apa-apa tinggal via hape saja dan duduk santai di rumah. Dan sekarang keren bisa beli aplikasi dan bayar pakai gopay ya, Mbak. Gopay memang selalu punya terobosan baru. keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas mas, buat yang suka menggunakan aplikasi berbayar GoPay memang membantu banget ya

      Delete
  20. Praktis banget ya pake gopay ini. Bisa buat bayar listrik, belanja di alfa, eh sekarang bisa buat bayar aplikasi di Google play. komplit banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, enak ya mbak hidup di zaman digital, hehe ..

      Delete
  21. Wah, kolaborasi ciamik antara Google Play dan Go-Pay, nih. Biasanya tuh ya, kalau pakai aplikasi terus ketemu fitur yang premium, pembayaran harus pakai kartu kredit. Suka pusing dong kalau nggak punya. Eh sekarang malah bisa pakai Go-Pay. Ini sih sejuta umat kayaknya pakai semua ya, hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak saya, dulu sebelum pakai go-pay kalau ketemu aplikasi berbayar langsung mundur dech. hehe

      Delete
  22. paling suka ada gopay apalagi ada utang dulu baru bayar hehe

    ReplyDelete
  23. Nice info bun, jadi tercerahkan nih, biasanybku selalu pake pulsa bayat google play .

    ReplyDelete
  24. Sejak ada gopay emang mudah berhubungan dengan Google play nih, gak ribet beli beli voucher lagi di minimarket,
    Dan memang serasa dunia berada dalam genggaman mbak, ketinggalan hp lebih panik drpd ketinggalan dompet 🙈😂

    ReplyDelete
  25. Wah, makin lengkap aja fitur Gopay ya...kini bisa dipakai untuk membayar aplikasi di Google Play, biasa harus pakai CC atau lainnya. Praktis sekarang, pakai Gopay aja

    ReplyDelete
  26. Blom pernah lho saya beli google play pake gopay, biasanya cuma bayar makanan, yang ada di aplikasi hopay aja gitu

    ReplyDelete
  27. Iya mba bisa. Aku pernah soalnya bayar aplikasi buat preset foto gitu dan ternyata caranya itu gampang banget. Ga perlu pakai ribet atau bingung. Seneng aku

    ReplyDelete
  28. Nah mulai sekarang kl mau bayar sesuatu di Google Play bs pake Gopay aja ya Mbak., nice share deh, makasih

    ReplyDelete
  29. Aku senang bgt sama fitur baru gopay yg satu ini. Memudahkan bgt bt kita yg mau nambah skill pake aplikasi di henpon. Tinggal bayar pake gopay, aplikasi udah bisa dipake. Praktis bgt

    ReplyDelete
  30. Gopay ini bermanfaar banget bisa untuk transaksi apa aja ...terlebih saat pandemi gini dimn terbatas untuk mobilitas..gopay untuk Google Play blm pernah sih nanti kalau butuh pasti sy coba

    ReplyDelete
  31. Saya baru tahu kalau Gopay bisa tuk bayar macem-macem setelah punya penghasilan bulanan dalam bentuk ini. Belum saya pakai untuk beli atau bayar aplikasi, sih, karena masih belum ada yang premium.
    TApi pengen beli buku di Google Book, nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain kalau pas pakai aplikasi Mbak, ntar kalau ketemu yang premium gitu bisa kok bayarnya pakai

      Delete
  32. sekarang sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi peyment ya, jadinya lebih mudah sekarang melakukan transaksi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.