UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 29 May 2019

TIPS Memilih Baju lebaran Buat Anak-anak


Sudah nggak asing lagi, bahwa lebaran memang identik dengan baju baru. Ini sudah menjadi stereotype bagi masyarakat kita. Rasanya nggak afdol jika lebaran tanpa baju baru, hehe … iya nggak? Sebetulnya nggak juga sich. Lebaran itu yang penting bukan baju barunya, tetapi bagaimana kita bisa bersilaturahmi bersama keluarga. Karena, kapan lagi bisa berkumpul dengan keluarga besar kalau nggak pada saat lebaran? Bukannya pada hari-hari biasanya semua pada sibuk? Ada yang sibuk sekolah, sibuk kerja, serta aneka kesibukan lainnya. Sementara pada saat lebaran hampir di semua instansi baik pemerintah mupun yang swasta pada libur kerja. Baik karyawan toko, pabrik, hingga baby sisterpun semua pada libur saat lebaran. Nah, kenapa nggak dimanfaatkan liburan ini untuk saling ketemuan? Hehe …

Boleh-boleh saja sich, kita membeli baju baru saat lebaran. Karena ada segi positifnya juga sich lebaran kita mengenakan baju baru. Alasannya saat lebaran kita khan berinteraksi dengan banyak orang, saudara terutama. Selain itu juga teman. Nah, dengan mengenakan baju baru rasanya lebih menghormati pertemuan itu sendiri.

Terutama anak-anak, kadang ada rasa iri atau tersisih ketika mereka tidak memakai baju baru sementara semua temannya memakai baju baru. Jangan khawatir akan menghabiskan uang untuk membelikan baju baru, ada kok tipsnya gimana cara memilih baju lebaran buat anak-anak!

Thursday, 23 May 2019

Cerita Mudik ke Padang, Mulai Travelling Hingga Berburu Durian


Jika pada umumnya Cerita tentang mudik dikaitkan dengan hari raya Idul Fitri, maka saya tidak. Pasalnya orang tua saya sendiri tinggal dalam satu kota. Kalo mertua sich dari Padang. Namun biasanya kami ke Padangnya tidak pas Idul Fitri. Karena biasanya Amai (Ibu mertua) saya datang dijemput anak-anaknya ke Jakarta. Maklum sebagian besar anaknya memang tinggal di Jakarta. Maka seringkali kami ngumpulnya di Jakarta.


Ada cerita menarik, ketika acara mudik berlangsung. Ketika itu saya baru memiliki 1 anak, dan ketika itu masih berusia 2 tahun. Ini adalah perjalanan terjauh selama hidup saya, ketika itu. Jadi kami berangkat ramai-ramai, saya, suami, anak, adik, bapak dan ibu saya

Wednesday, 22 May 2019

Nasi Lengkong Dibalik Cerita Ramadhan Saat Masa Kecil


Waktu masih kecil, bulan Ramadhan bagi saya adalah bulan istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Saya dulu sekolah SD di Tulungagung, tinggal bersama nenek. Selain saya ada satu lagi saudara angkat ibu yang juga tinggal di situ. Jadi kami berempat, yaitu saya, saudara angkat, nenek dan kakek.

Kakek dan Nenek sehari-hari adalah seorang petani. Selain bertani kakek berprofesi sebagai tenaga admin di sebuah sekolah, sementara nenek punya toko meracang di rumah.
Kakek dan nenek memiliki cara tersendiri untuk menganggap special di bulan Ramadhan. Khususnya beberapa kejutan-kejutan kecil yang selalu menganggap special bagi mereka yang berpuasa di rumah tersebut
Ada banyak cerita indah bagi saya bila mengingatnya saat berbuka, shalat terawih hingga makan sahur.

Menu tak biasa saat Berbuka

Nenek, dalam sehari-harinya selalu memasak sayuran sambal dan ikan. Namun saat puasa, seringkali membuat jenang baning (bubur sumsum), jenang gerendul, kolak tape, kolak kentang, dan rucuh srikaya, secara bergantian.

Bubur sumsum bikinan nenek menurut saya sangat berbeda dengan bubur sumsum yang banyak dijual di pasar. Nenek membuat bubur sumsum tidak hanya dari tepung beras, tetapi dicampur dengan sedikit tepung ketan.jadi rasanya lebih lembut dan lumer. Tambahan santan kanil dan juruh yang terbuat dari gula kepala membuat bubur sumsum bikinan nenak terasa lebih gurih dan nikmat.

Lalu jenang gerendul. Mungkin ada yang menyebutnya bubur srintil, atau apalah nama lainnya. Yang jelas jeneng gerendul bikinan nenek agak berbeda pada umumnya. Biasanya nenek membuat bulatan-bulatannya dalamnya diberi kelapa mudah yang diiris kecil-kecil. Jadi ketika dikunyah akan terasa krenyes-krenyes kelapa mudah yang rasanya manis dan gurih. Enak banget. Selain dari ketan, kadang nenek membuat jenang gerendul dari ubi kuning. Ini saya paling suka, apalagi kalau makannya pas masih anget-anget. Jenang gerendul Ubi kuning rasanya lebih empuk dan lembut, dan terasa lebih manis saat dikunyah.

Kolak tape, meski menu sederhana tapi saya suka. Apalagi nenek ketika membuatnya selalu di tambahkan santan kanil saat mau disajikan. Jadi mau dimakan hangat atau dingin pakai es, rasanya sama-sama enak.

Kolak kentang, nah mungkin ada yang belum pernah cona khan? Sebetulnya biasa aja sich, hanya kolak pisang, lalu dicampur dengan kentang yang dipotong-potong sebagai pengganti ketela atau singkong. Kolak ini sebetulnya sebuah kejadian yang nggak sengaja. Waktu itu nenek mau bikin kolak pisang, dan pingin dicampuri bahan lain seperti ubi atau singkong. Tapi karena ketika itu bahan yang dicari nggak ada, dan adanya hanya kentang, maka saya bilang, “Coba aja dicampur dengan kentang Nek! Pasti enak!”.

Nah, jadilah kolak kentang. Tapi menurut saya justru lebih enak, meski rasa kentang nggak semanis ketela. Rasa kentang yang khas itulah, yang menciptakan rasa lebih enak. Sejak saat itulah saya menjadi suka sama kentang. Bahkan dulu waktu awal-awal kerja seringnya bawa kentang rebus buat makan siang. Dan di luar dugaan dari kentang rebus inilah, yang menimbulkan kesan berarti bagi teman kerja saya, yang sekarang jadi papanya anak-anak, hehe … Agak aneh memang, kok bisa gara-gara kentang rebus ya si pria tersebut suka? Haha … dan uniknya si dianya baru cerita setelah saya punya anak ke empat, jadi ya baru-baru ini aja, wkwkwk …. Kapan-kapan dech saya cerita “true story” yang ini ya … semoga nggak lupa!

Ok, lanjut ya … menu berbuka, yaitu Rucuh Srikaya. Namanya unik ya? Bahannya adalah srikaya (moris) yang dibuang bijinya, lalu dikocok dalam gelas bersama gula pasir, setelah itu diberi sedikit air, dan dimasukkan es batu. Rasanya … emmm … segar. Dan ini bagusnya adalah bisa mencegah batuk. Oleh karena ini pula, selama puasa Insyaallah kami sekeluarga tetap sehat.

Shalat Terawih membawa oncor dan makan nasi lengkong

Panggilan sunnah untuk shalat terawih bagi saya adalah hal menyenangkan. Karena saat shalat terawih  inilah saya bisa bertemu dengan temen-temen sekolah yang tinggalnya di desa lain. Masjidnya tidak terlalu besar, akan tetapi saat ramadhan jamaahnya penuh, bahkan sampai jauh keluar masjid. Maklum masjid inilah yang akan menampung 4 desa sekitarnya.

Kami biasanya berangkat terawih membawa oncor (obor). Maklum waktu itu belum ada layanan listrik. Biasanya saya membuat sendiri oncornya. Bahannya saya mengambil dari bahan sederhana saja. Yaitu ranting pohon papaya. Karena ranting pohon papaya dalamnya berlubang seperti bambu. Caranya ambil bagian pangkal dari ranting agak ke batangnya agar tidak berlubang. Karena jika tidak ke pangkal maka nanti bocor ketika diisi minyak. Lalu potong dengan ukuran panjang sekitar 50cm. Lalu isi dengan minyak tanah (minyak gas), kemudian beri sumbu dari kain katun atau pakai sumbu kompor. Nah, oncor sudah bisa dinyalakan. Oncor inilah yang akan menerangi selama perjalanan sekitar 1 km.

Tradisi di sini, ketika malam ganjil di 10 hari terakhir selalu ada saja yang membawa bancaan dengan nasi lengkong. Lengkong adalah wadah berbentuk kotak yang terbuat dari pelepah pisang. Lalu lengkong tersebut dilapisi daun pisang sebelum diletakkan nasi. Untuk menunya bervariasi, kadang ayam lodho, telur, kadang pula telur dan tahu tempe. Dalam 1 lengkong tersebut biasanya dimakan ramai-ramai. Mungkin di sinilah letak kenikmatannya. Habis berjalan lumayan jauh menuju masjid, lalu shalat terawih tentu saja sudah terasa lapar lagi, dan cara makannya ramai-ramai. Jadi lauk biasa, terasa jadi luar biasa.

Serasa menjadi orang Spesial dipanggail saat Sahur 

Di sini, setiap Ramadhan selalu ada sekelompok remas yang berkumpul untuk membangunkan sahur keliling dari satu rumah ke rumah lainnya. Caranya bervariasi ada yang menggunakan alat musik tradisional yaitu dengan kentongan. Ada pula yang membawa sound system yang ditarik menggunakan gerobak. Nah yang seperti ini biasanya mereka lengkap dengan mic-nya.

Sepanjang perjalanan mereka akan berteriak sahur-sahur dengan diiringi musik. Dan mereka akan memanggil nama-nama tertentu yang dikenal saat melintas di depan rumahnya. “Mbak Tatik … monggo enggal sahur”, itulah panggilan yang selalu terdengar saat melintas di depan rumah yang saya kenal sebagai teman sekolah. Dan biasanya saya balas dengan lambaian tangan dari balik kaca jendela. Senengnya bila teringat itu, serasa menjadi orang Spesial, hehe ….

Itulah sekelumit cerita Ramadhan saat masa kecil saya di Tulungagung. Terimakasih sudah menyimak ya …! Semoga bermanfaat!

Tuesday, 21 May 2019

Perbedaan Zakat Infaq Sodaqoh dan Hukumnya



Kita sering mendegar istilah Zakat Infaq Sodaqoh, tapi bisa jadi ada yang masih bingung apa sich beda ketiganya?

Secara umum sebetulnya sama sich, ketiganya sama-sama akad kita mengeluarkan sebagian rejeki kita dengan harapan mendapat ridho dan pahala dari Allah. Ketiganya juga merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat bagi kita, baik manfaat di dunia maupun di akhirat.

Manfaat di dunia adalah Insyaallah kita mendapat berkah rejeki yang berlimpah, kesehatan, dijauhkan dari musibah, dimudahkan segala urusan, kebahagiaan, dan ketenangan hati. Sementara manfaat di akhirat adalah kita mendapat pahala dan tentu saja akan menjadi hamba yang dicintai Allah.

Nah, bedanya apa sich Zakat, Infaq serta Sodaqoh itu?

Monday, 20 May 2019

Bibir Lembut dan Berwarna Alami Saya Pilih Lipstik Wardah


Lipstik, adalah alat penting bagi sebagian besar wanita. Bahkan beberapa menganggap lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan lipstik. Hehe … Bener nggak? Alasannya simple, kalau ketinggalan dompet bisa ditahan pengeluaran, tapi kalau yang ketinggalan lipstik hadew …. Mati gaya dech. Apalagi kalau pas acara ramai orang, dan pada ngajak selfie pastinya pingin sembunyi aja ke belakang xixixi …. Katanya artis sich gitu! Ayo siapa yang seperti itu? Kayak artis donk! Heee …

Lipstik selain berfungsi sebagai pemberi warna pada bibir agar terlihat cantik, juga berfungsi sebagai pelindung bibir. Dimana beberapa lipstik mengandung pelembab, sehingga bibir akan terhinda dari kekeringan.

"Ada beberapa alasan mengapa wanita harus pakai lisptik, yaitu:"

Melindungi dari sinar matahari. Seperti bagian kulit lainnya, bibir juga butuh perlindungan. Untuk lipstik biasanya mengandung tabir surya SPF 15.
Terlihat lebih segar. Lipstik memberikan kesan seseorang akan terlihat lebih bersemangat, dan styles.
Wajah terlihat sehat. Karena biasanya jika tidak engenakan lipstik, maka seseorang akan terlihat pucat.

Memberi vitamin pada bibir. Khususnya lipstik yang mngandung pelembab atau lip-gloss , maka bibir akan terasa lebih lembut dan tidak kering. Karena lipstik ini umumnya mengandung vitamin E yang dibutuhkan oleh kulit, sehingga bibir akan lebih lembab.

"Apa sich yang jadi pertimbangan dalam memilih lipstik?"

Umumnya seseorang memilih lipstik karena menyukai warnanya, dan sebagian lagi karena formulanya. Kalau saya lebih suka formula yang ringan dan warnanya yang lebih menyerupai bibir. Karena saya nggak terlalu suka warna lipstik yang mencolok, maka saya memilih warna-warna yang soft. Bagi saya warna-warna soft akan terlihat natural, sehingga merah bibir terlihat lebih alami.

Pernah juga sich punya lipstik yang berwarna mencolok, namun saat mengaplikasikannya saya hanya mengoleskannya tipis-tipis saja sehingga warna merahnya terlihat samar-samar. Berbeda dengan lipstik dengan warna lebih lembut, maka saya tak perlu takut mengoleskannya.

Salah satu lisptik favorit saya adalah Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Lipstik ini memiliki banyak warna pilhan. So .. semua warnanya bagus-bagus menurut saya. Tapi paling suka saya warna no 14 yaitu Fruit Punch. Setelah diolehkan maka akan menghasilkan tampilan bibir velvet matte, yakni tidak membuat bibir terlihat kering dan pecah-pecah. Mengandung vitamin E dan coloring pigment yang membuat polesan lipstk lebih intens dan tahan lama meski hanya satu kali polesan.

Lipstik Exclusive Matte Lip Cream kemasannya bagus, terdapat dalam wadah tube seperti kaca bening dan tebal dengan tutup berwarna silver yang glossy. Tube yang bening tersebut akan memudahkan kita untuk melihat warnanya secara real.

Aplikator doe food dengan kuas yang lembut akan mudahkan saat mengoles
 Lip cream ini dilengkapi dengan aplikator doe food dengan kuas yang lembut. Ukurannya tidak terlalu panjang dan cukup fleksibel menjangkau hingga sudut bibir sehingga tidak lagi membutuhkan lip brush. Aplikator juga ergonomi, dapat mengambil lip cream dengan sempurna, tak perlu khawatir lipstik akan mbeber kemana-mana, namun cukup satu kali angkat dari tube maka sudah bisa memoles ke seluruh bibir, tanpa harus bolak-balik mencelupnya kembal.

Cara mengaplikasikannya juga mudah. Tinggal buka penutupnya, dan langsung aplikasikan pada bibir. Tak perlu menunggu lama, maka lip cream sudah matte menempel dan memenuhi bibir tanpa terasa kering dan bahkan terasa lebih nyaman.

Inilah pengalaman saya menggunakan lipstik cream Exclusive Matte Lip Cream Wardah, semoga bermanfaat!

Sunday, 19 May 2019

Tentang THR Hindari Melakukan Ini




Ramadhan telah tiba. Diantara beberapa kesibukan kita menjalankan ibadah, ada pula kesibukan lain yang seringkali kta lakukan. Diantaranya adalah sibuk membuat kue, sibuk membeli baju baru, sibuk persiapan mudik, sibuk mengatur jadwal berkunjung ke tempat saudara, dan sibuk belanja aneka kebutuhan. Semua kesibukan tersebut erat kaitannya dengan THR.

THR adalah tunjangan

Saturday, 18 May 2019

Gaya Rambut Ini Cocok untuk Muslimah


Sebagian orang mungkin ada yang berpendapat bahwa muslimah tak perlu pusing dengan gaya rambut. Alasannya karena rambut seorang muslimah khan nggak ada yang lihat, jadi ngapain susah-susah mikirin model rambut?

Eiit, tunggu dulu. Meski rambut tak terlihat secara umum karena akan tertutup dengan hijabnya. Namun demikian, bukan berarti muslimah membiarkan gaya rambutnya dengan ala kadarnya. Meski kita seorang muslimah yang memakai hijab tetap wajib lhoo merawat dan memperindah rambut, tentunya tidak boleh menyimpang dari ajaran Islam.

Merawat rambut berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan rambut. Sementara memperindah,