UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 22 June 2017

Kampung Unggulan Surabaya Bentuk Pengembangan Kearifan Lokal yang Menginspirasi

Kampung Unggulan Surabaya Bentuk Pengembangan Kearifan Lokal

Melangkahkan kaki ke depan, marilah menjadikan Indonesia sebagai Negara maju dan berkembang. Tentunya ini akan terwujud atas dukungan dan kerjasama berbagai pihak dari berbagai wilayah terkait. Di setiap daerah tentunya memiliki sumber daya yang bisa dikerahkan guna menggali kearifan lokal. Dengan mengangkat kearifan lokal, maka dapat dijadikan sebagai sumber pengembangan industry kreatif.
Tak terkecuali Surabaya. Sebagai kota terbesar ke dua setelah Jakarta, Surabaya mulai mengepakkan sayapnya. Surabaya termasuk yang memiliki andil dalam pengembangan industry dan bisnis.

Sumber: wikipedia.com
Lihat saja kini, bagaimana Surabaya mendeklarasikan sebagai salah satu kota wisata di Indonesia. Banyak sekali destinasi yang mulai dikembangkan sebagai tempat rekreasi maupun refreshing di Surabaya. selain itu munculnya UKM-UKM yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya, menjadi bukti bahwa Surabaya mampu mengembangkan potensi dirinya sehingga menjadi kota yang menginspirasi.


Bahkan beberapa ada yang sengaja dibentuk sebagai upaya perombakan citra kampung agar menjadi tempat atau kampung yang indah dan dapat mengembangkan financial wilayah. Mengubah kampung menjadi kampung kreatif melalui pelatihan berbagai keterampilan pada warga sehingga terbentuk IKM (Indistri Kecil Menengah).

Contoh: mengangkat suatu daerah yang kumuh atau kotor menjadi sebuah kampung yang memiliki nilai budaya atau bisnis yang tinggi.
Masih ingatkah tentang “Doli”? Ya, sebuah wialayah prostitusi yang konon terbesar se Asia Tenggara. Tentu saja label yang memiliki konotasi negative ini tidak membuat kita sebagai warga Surabaya menjadi bangga, tapi sebaliknya malah mengelus dada. Alhamdulillah, kini wajah Doli menjadi berseri. Doli berubah menjadi kampung Wisata yang dapat menginspirasi daerah lain.

Pelatihan Batik di daerah Doli

Melalui programnya Bu Risma mengajak para penghuni wilayah tersebut, khususnya eks PSK diberikan pelatihan aneka keterampilan dan bisnis guna dikembangkan dan menjadi sumber financial yang lebih baik. Sehingga Doli tak lagi menjadi kampung bercitra buruk, tetapi justru menjadi kampung yang mampu menginspirasi daerah-daerah lain agar berkembang menjadi lebih baik.

Sumber: detik.com
 
Satu lagi, kampung Sukolilo yang dulunya menjadi penampungan sampah atau biasa disebut TPA kini berubah menjadi kampung yang indah dan asri berkat bantuan Program dari PT. Astra. Program Satu Indonesia Award PT. Astra menciptakan “Kampung Berseri Astra” sebagai bentuk kontribusi social. Melalui program tersebut, penduduk setempat diberikan pelatihan pertanian, guna menjadikan kampung lebih hijau dan asri. Selain itu PT. Astra.

Sumber: tribunnews.com
Kampung Berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau, dengan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Program ini mewakili empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra, yaitu bidang Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan Kesehatan.

Add caption
Sumber: astra.co.id

Ini sabagai salah satu perwujudan program Astra yang bertema, "Inspirasi 60 Tahun Astra", yaitu karya yang mencerminkan usaha Astra menginspirasi masyarakat Indonesia melalui 3 strategi, yakni produk & layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia Astra yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara yang selama ini telah dijalankan.






Selain kedua kampung tersebut, Surabaya juga memiliki kampung maupun sentra unggulan lain:

Kampung Unggulan Kue Penjaringan Sari

Kampung ini memproduksi aneka kue basah, cake dan kue kering. Kampung ini dinobatkan menjadi pusat kue Surabaya sejak dibuka tahun 2000. Semula hanya 3 ILM (Industri Kecil dan Menengah), dan akhirnya hingga saat ini menjadi lebih dari 23 IKM yang produkif dan siap bersaing di pasaran.

Kampung Unggulan Kerupuk
Kampung ini memproduksi aneka kerupuk yang diolah dari berbagai macam jenis ikan. Ada 5 IKM yang aktif mengolah enaka ikan menjadi kerupuk. Produksinya antara lain: kerupuk udang, kerupuk ikan payus, kerupuk kerang, serta aneka kerupuk ikan lainnya.

Saturday, 10 June 2017

Sunset Ramadhan The Sun Hotel, Berbuka Puasa paling nyaman di Sidoarjo


Sun Hotel Sidoarjo


Bingung mau berbuka puasa dimana? Atau lagi cari tempat untuk acara bukber dengan teman-teman kantor, keluarga atau komunitas? Coba dech di Sun Hotel Sidoarjo.!

Mengapa the Sun Hotel Sidoarjo?
 

Sun Hotel Sidoarjo terletak di area Sun City Mall Sidoarjo. Lokasinya sangat strategis. Bisa ditempuh dari berbagai arah. Keluar Tol Sidoarjo, nggak sampai 5 menit sudah sampai. Mau ke arah Surabaya lewat tol atau dari Bandar udara Juandapun dekat. 

Khusus bulan puasa ini the Sun Hotel Sidoarjo mengadakan menu berbuka puasa (All you can eat) dengan tema “Sunset Ramadhan”. Sunset Ramadhan dikemas dengan menyuguhkan

Wednesday, 7 June 2017

Pocky Biskuit Stik Berbagai Rasa



Saya mengenal Pocky awalnya saat melihat postingan salah satu teman di Instagram. Kampanye biskuit ini adalah #PockyinMyPocket, no crumbs, pocketable, share happiness, dan shareable. Melihat penampakannya saya jadi penasaran. Bentuknya unik. Yaitu berupa biskuit stik. Uniknya bentuknya cantik dan warnanya menggoda. Karena snack ini terdiri dari beberapa varian, sehingga warnanyapun juga macam-macam

Cara Membuat Sempol Sendiri



Tentang Sempol

Belakangan ini lagi marak panganan yang diberi nama "Sempol". Sempol sendiri kalau ditelusuri berasal dari kata yang artinya "paha". Entah mengapa kok diberi nama sempol. Bisa jadi karena bentuknya mirip dengan paha ayam.

Bagi ibu-ibu mungkin agak kewalahan, karena anaknya sering minta uang jajan untuk membeli sempol. Ya ... rasanya sich memang lumayan enak. Sepintas nggak beda jauh dengan rasa pentol bakso yang digoreng atau dibakar.

Di sekitar tempat tinggal saya, banyak banget pedagang yang menjual ini. di lingkungan sekolah, di pasar, di dekat pom bensin, di depan perumahan, dan ada pula yang menjual keliling. Pendeknya dimana-mana seolah dikelilingi pedagang sempol, hehe ....

Jika sudah begini, tantangannya adalah anak-anak. Pasti jajanan yang seringkali dipilih adalah sempol. Bukan apa-apa sebetulnya, lha wong harganya murah aja kok? Tapi... bagaimanapun juga saya tetap khawatir jika anak-anak terlalu sering jajan ini akan sakit. Tahu khan alasannya? Iya, dari segi kebersihan dan pilihan bahan bakunya.

Nah, dari sinilah saya akhirnya berpikir membuat sempol sendiri. Awalnya saya belum menemukan adonan yang pas. Sampai akhirnya di kelompok liqo yang saya ikuti mengadakan acara masak memasak. Kebetulan menunya adalah sempol.Yes ... klop dech! Terjawab keinginan saya. Materi dibawakan bu Lidia, yang juga suka bikin masakan sendiri buat si kecil.

Sehabis acara ngaji, saya langsung praktek di rumah. dengan berbekal blender biasa. Seharusnya sich nggak boleh, sebab kalau kita kurang hati-hati itu blender bisa terbakar. Maklum, daging ayam biasanya kalau diblender khan suka bikin seret baling-baling blender. Ini nich yang menyebabkan blender macet. Jadi lebih amannya digilingnya aja di penggilingan daging.

Resep Sempol

Sunday, 14 May 2017

Surabaya Patata Pilihan Oleh oleh Surabaya


Surabaya Patata

Kini, makin marak cerita soal kue artis. Yap …. Jajanan atau yang biasa disebut dengan oleh-oleh yang dikembangkan oleh artis. Ngomong-ngomong soal kue sebetulnya bukan karena kepopuleritasannya si pemilik usaha, akan tetapi pada apa yang telah dibuatnya. Jika yang dibuat memiliki nama unik, atau rasa yang inovatif, tentunya akan menimbulkan rasa penasaran khan? Kebanyakan dari kita pasti ingin mencobanya. Tak bisa dipungkiri jika kue itu memiliki nama yang unik,apalagi bikinan artis pula, pasti bisa ditebak, “Gimana sich rasanya?” iya nggak?
Bisnis oleh-oleh dikalangan artis belakangan ini memang lagi ngtrend. Kota-kota besar biasanya menjadi jujugan atas pengembangan bisnis tersebut. Tak ketinggalan kota Surabaya. Kalau selama ini kita agak bosan dengan kue yang itu-itu saja, kini Surabaya Patata bisa menjadi alternatif pilihan oleh-oleh Surabaya. 


Apa sich Surabaya Patata itu?


Surabaya Patata adalah

Tuesday, 4 April 2017

Katakan Iya Boleh Saat si Kecil Bereksplorasi



Tak banyak yang tahu, bahwa keberanian si kecil dalam bereksplorasi adalah fase menuju perkembangan dan pertumbuhan yang lebih baik. Tak jarang para bunda memiliki rasa khawatir yang berlebihan saat si kecil mencoba hal-hal baru yang menantang. Alhasil reaksi yang umum adalah melarang si kecil saat mereka mencoba bereksplorasi. Misalnya: melarang Si kecil bermain hujan-hujan, memanjat, berlari-lari, melompat, dan masih banyak lagi larangan-larangan bunda yang ditujukan pada si kecil.

Padahal di usianya tersebut, si kecil membutuhkan stimulasi dalam proses belajar menemukan hal-hal baru. Oleh karenanya dukung eksplorasinya. Sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan yang timbul dari rasa ingin tahunya. Serta sebuah uji keberanian pada hal-hal yang terlihat menantangnya.

Tuesday, 28 February 2017

Menikah 14 Tahun Suami Tak Pernah Marah



Assalamualaikum, Wr, Wb.

Postingan ini saya buat sebagai bentuk rasa haru dan bahagia saya, yang tidak saya sadari bahwa ternyata saya tidak pernah dimarahi suami meski sudah menikah selama 14 tahun lebih, hampir 15 tahun.
Ceritanya, dua hari yang lalu saya mengikuti seminar parenting oleh Ustadz Cahyadi Takariawan bersama sang istri Ustadzah Ida Nur Laila.

Tema yang dibahas adalah "Keluarga Kunci Sukses Ananda". Dimana sebagai orang tua kita harus bisa dan jeli melihat peluang cara mendidik yang bagaimana yang mampu menghantarkan anak-anak menjadi sukses dunia dan akhirat. Diantaranya adalah sebagai pasangan (suami, istri), kita harus kompak. Harus memiliki