UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 29 October 2018

Cara Pesan Hotel Secara Online




Sebelum saya jelaskan step by stepnya, saya ingin cerita dulu kenapa sich harus online? Khan bisa datang ke hotel yang dituju, trus langsung check in? Iya .. memang bisa sich. Tapi ada beberapa alasan kenapa saya lebih suka online?



Pertama, kalau online kita bisa indent hotel dan nggak takut kehabisan kamar. Karena di hotel tertentu jika weekend seringkali kamarnya full.

Kedua. Kita bisa pilih harga sesuai dengan budget tanpa khawatir harganya akan naik. Karena harga yang berlaku adalah harga saat kita booking.

Ketiga, kita bisa lebih nyantai, karena kita sudah booking hotel tersebut.

Ceritanya waktu itu saya mau staycation ngajak suami dan anak-anak. 

Sebenarnya rencana staycation ini sudah lama menjadi salah satu planning kami saat liburan. Namun karena beberapa pertimbangan lain, baru minggu kemarin terealisasi. Ohya… mungkin ada yang belum tahu, apa sich staycation itu? 

Staycation biasa disebut juga dengan istilah holistay, adalah konsep liburan dengan tujuan untuk refreshing dengan dana dan waktu yang singkat, di Negara atau kota sendiri. Jadi kata lainnya, staycation itu semacam berlibur ke tempat yang nggak jauh-jauh dari tempat tinggal.. hehe ...

Berbeda dengan piknik pada umumnya yang lebih menekankan jalan-jalan atau travelling. Kalo ini biasanya perjalanannya lama.

Istilah staycation atau holistay sendiri dikenalkan dari Amerika sejak tahun 2003, yang diciptakan untu menjawab 2 keterbatasan, yaitu waktu dan uang. Waktu  dan dana terbatas.

Aktivitas staycation sendiri bisa dipilih antara lain: piknik ke Taman Kota, bersepeda keliling kota, mengunjungi museum dan meihat festival kota, sampai menginap di hotel atau villa dalam kota.
Meski Cuma di dalam kota, kalau nggak pinter-pinter me-management keuangan, bisa-bisa tabungan terkuras banyak lhoo … apalagi kalau ngajak anak-anak. Seringkali mereka pingin ini itu diluar perhitungan kita, yang tanpa kita sadari membuat budget pengeluaran bisa membengkak, iya nggak?
Oleh karenanya, buatlah perencanaan (planning).

Saya terbiasa membuat perencanaan sebelum melakukan sesuatu, terutama yang berhubungan dengan waktu dan uang. Nggak pingin donk.. pulang habis berlibur wajah jadi cemberut karena mikirin uang yang udah keluar banyak, hehe … atau menjadi terlambat pulang karena harus mampir-mampir lagi kemana kemana gitu.

Nah .. Kalo saya membuat  planning liburannya seperti ini:

💓💓 Planning Liburan 💓💓

Tentukan Budget

Misalnya kita tentukan 1 juta. Kalo saya, budget 1 juta ini nggak harus habis, kalo bisa harus sisa. Hehe … biasalah ala emak-emak ngirit. Atau, nggak boleh lebih dari 500 ribu. Kalo 500 menurut saya sich pas-pasan, jadi usahakan punya uang cadangan. Jadi kita bawa uang ekstra untuk cadangan aja. Meski pada kenyataannya kita mungkin bisa membelanjakan uang lebih hemat dari itu.
Ada beberapa tips, mana yang bisa kita hemat saat liburan. Antara lain:

  • Jangan membeli barang yang tidak benar-benar kita butuhkan. Ini sepertinya agak sulit ya bund, apalagi kalo dipancing dengan diskonan, ehmmm …. Nggak kuat dech mata, hehe … 
  • Hindari melirik souvenir yang hargaya tinggi.
  • Makan cari yang hargaya terjangkau. Jika menginap di hotel, kadang harganya sedikit lebih mahal daripada diluar. Nah, gunakan waktu jalan-jalan sebentar keluar hotel untuk sekalian mencari makanan yang sesuai selera namun tetap ramah di kantong.
  • Bawa camilan seperlunya dari rumah. Membawa camilan atau minuman dari rumah, bisa memberikan kesempatan buat kita untuk memilih lebih banyak barang yang sesuai dengan selera dan benar-benar kita butuhkan. Kalau mencari di hotel kadang kita harus menurut saja dengan apa yang tersedia di sana.

Tentukan Tempat

Rencananya akan Nginap atau tidak? Jika menginap carilah hotel yang sesuai dengan konsep  liburan anda. Misalnya: ingin menyenangkan anak-anak. Maka sebaiknya carilah hotel yang ada playgroundnya, bila perlu lengkap dengan kolam renangnya. 

Ada baiknya perhatikan pula lingkungan terdekatnya, misal dekat dengan taman kota atau tidak? Dekat dengan tempat hiburan atau tidak, atau area bermain untuk anak-anak.

Browsing Harga

Kini jamannya serba digital, tentunya amat sangat membantu kita untuk mencari harga termurah. Kita bisa membanding-bandingkan harga dengan cara browsing antara hotel yang satu dengan  yang lainnya. Misalnya melalui traveloka, booking, pegipegi, tiket, tripadvisor, dll

Booking Hotel

Cara boking hotel secara online sangat mudah. Caranya:

ketik keyword yang kita inginkan

Cari kata kunci, hotel seperti apa yang kita cari. Di sini saya mencontohkan saya mencari hotel yang cocok untuk keluarga di Surabaya. Maka tinggal ketik: "hotel keluarga di surabaya"

setelah itu akan muncul beberapa pilihan hotel. kita bisa klik salah satunya. untuk melihat harga dan fasilitas hotelnya.

mengisi kriteri hotel yang diinginkan

Setelah kita klik, akan muncul permintaan spesifik tentang hotel yang kita inginkan: kapan perkiraan kita akan booking (isi tanggal dan bulannya), lalu berapa hari mau menginap, berapa orang, dan berapa kamar yang akan dipesan. Di atas saya mencontohkan: tanggal 27 Okt 2018, 1 hari, 2 orang, dan 1 kamar. Setelah itu klik "Search Hotels" (ada panah merah gambar di atas).


Tampilan pilihan hotel

Setelah kita klik, maka akan keluar pilihan hotel-hotelnya. Klik salah satu yang sesuai dengan budget anda.

klik book now

Setelah klik "Book Now", maka kita disuruh memasukkan data. Dan ikuti petunjuk selanjutnya. Ada beberapa cara untuk membayar. Bisa melalui transfer ke bank, atau membayar melalui supermarket yang ditunjuk. Seperti: indomaret, alfamaret, dll.


Setelah membayar kita akan dapat konfirmasi booking, melalui SMS serta email yang digunakan sebagai bukti pada saat kita mau check in hotel.

Dengan membuat daftar perencanaan seperti ini akan memudahkan kita untuk mengatur budget serta menentukan waktu, sehingga acara staycation akan berakhir dengan menyenangkan.
Semoga bermanfaat! Happy holiday ...

2 comments:

  1. aku biasanya pke traveloka jg kak, asyik gampang banget yess hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya ... sama donk.
      makasih ya sudah berkunjung

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.