UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 4 January 2019

Ternyata Ini yang Menyebabkan Jerawat Muncul di Wajah Anda


Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Masalah ini terjadi karena Indonesia yang memiliki iklim tropis, menyebabkan suhu yang cenderung panas memicu produksi kelenjar minyak di wajah menjadi berlebih. Akibatnya, pori-pori membesar.
Nah, membesarnya pori-pori ini jika terkena debu yang mengandung bakteri/ kuman dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Kelenjar minyak sendiri, sebenarnya terhubung dengan pori-pori, dimana sering juga disebut sebagai folikel. Folikel memiliki tugas sebagai pembawa sel kulit yang mati ke bagian permukaan kulit. Jika tugas folikel tidak berjalan dengan baik, maka akan terjadi penyumbatan. Dan penyumbatan inilah yang menyebabkan terjadinya komedo. Dari komedo bisa terjadi infeksi, maka timbullah jerawat.

Meski tidak membahayakan, namun jerawat membuat para penderitanya merasa menderita. Seseorang menjadi tidak memiliki kepercayaan diri dalam penampilan. Uniknya, meski sudah hilang atau sembuh, jerawat tetap dapat muncul kembali dengan sangat mudah. Tak terkecuali  meski telah diobati atau dicegah sedemikian rupa. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang dapat menjadi penyebab jerawat muncul di wajah Anda.

Penyebab Timbulnya Jerawat antara lain:

Pubertas
Bagi Anda yang masih dalam masa pubertas, wajar jika memiliki jerawat. Karena saat pubertas itulah tubuh mulai mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun psikis. Salah satunya adalah Kelenjar minyak. Dimana saat menginjak masa puber produksi kelenjar minyak akan cenderung meningkat yang disebabkan karena hormone yang diproduksi tubuh juga ikut meningkat. Jadi ketika Anda berada pada masa pubertas, jangan heran jika tiba-tiba muncul jerawat di wajah karena hal tersebut merupakan masa yang sangat wajar untuk jerawat muncul. Anda bisa mengatasinya dengan menjaga kebersihan wajah saja.

Perubahan Hormon
Jerawat tak hanya dapat dialami oleh para remaja saja, pasalnya orang dewasa juga bisa mengalaminya. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormone dalam tubuh mereka. Perubahan dari kadar hormone tersebut biasanya lebih sering dialami oleh wanita, terutama menjelang waktu-waktu tertentu. Misalnya, selama menjelang masa menstruasi atau pun saat sedang hamil, perubahan hormone yang dialami pastinya sangat signifikan. Pada ibu hamil, jerawat biasanya hanya muncul ketika memasuki usia 3 bulan yang pertama saja. Sedangkan untuk wanita yang mengalami menstruasi, biasanya jerawat akan muncul sebelum datang bulan.

Make Up yang Berlebihan
Para perempuan biasanya senang menggunakan make up untuk membuat dirinya terlihat lebih cantik, berwarna serta lebih menarik. Namun jika make up digunakan secara berlebihan dan tidak membersihkannya dengan benar, maka hal inilah yang akan memicu jerawat muncul di wajah cantik Anda. Selain itu, penggunaan kosmetik yang kurang cocok di kulit, juga bisa  merusak kesehatan kulit dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan. Sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit, dan lebih teliti apakah kosmetik tersebut cocok dipergunakan untuk iklim dimana kita tinggal. Jangan sampai salah memilih produk dan akhirnya malah merugikan diri sendiri.

Keseringan Mencuci Wajah
Jika jarang membersihkan area wajah, maka hal tersebut akan membuat jerawat cenderung lebih cepat muncul. Namun, jika Anda terlalu sering membersihkan wajah, maka hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan produksi minyak wajah yang menjadi berkurang dan kulit pun akan terus memproduksi minyak secara lebih keras dan akhirnya menimbulkan minyak berlebih. Cukup membersihkan wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun cuci muka yang tepat dan aman.

Konsumsi Makanan

Jerawat ternyata juga dapat muncul dikarenakan makanan. Seseorang yang tidak mengontrol kebiasaan makan juga bisa timbul jerawat. Umumnya, jerawat akan muncul jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Selain itu makanan yang tidak sehatpun, seperti junk food atau fast food juga bisa memicu munculnya jerawat. Karena  mengkonsumsi makanan tersebut, pastinya produksi minyak atau sebum akan kian meningkat dan menimbulkan jerawat yang membuat rasa percaya diri menciut.

Inilah hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.