UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 16 March 2015

Tips tidur lebih nyenyak dan aman


Sebelum lanjut ke tips, saya akan bercerita sedikit tentang perburuan saya saat memilih obat nyamuk terlebih dahulu. Lho kok obat nyamuk? Iya... karena salah satu faktor yang mejadi penyebab tidur tidak nyenyak adalah adanya gangguan nyamuk. Bagaimana saya dulu, dari obat nyamuk bakar hingga menemukan baygon liquit elektrik.



inilah cerita saya:

Dulu pilihan saya Baygon bakar.



Tunggu dulu... jangan langsung berprasangka buruk dengan Baygon bakar lantaran mengeluarkan asap banyak seperti obat nyamuk bakar pada umumnya. Dulu, saya sangat anti dengan obat nyamuk bakar. "Lebih baik pakai obat nyamuk semprot ketimbang yang bakar, karena banyak asap" begitu pesan bapak ketika saya masih kecil. Dan saya hapal betul bahwa obat nyamuk yang dipakai di rumah sejak waktu itu adalah obat nyamuk cair bermerk Baygon. Aromanya khas, wangi, dan nyamuk pergi.

Saya awalnya tidak tahu, kalau ternyata merk obat nyamuk di pasaran itu ternyata banyak sekali. Karena di rumah yang selalu tersedia hanya Baygon, maka saya mengira kalo obat nyamuk itu ya Baygon, tidak ada yang lain.

Nah, pas saya sudah beranjak dewasa, dan membantu untuk ikut belanja kebutuhan rumah barulah saya tahu, ternyata obat nyamuk itu tidak hanya Baygon. Masih banyak lagi merk lain yang kita bisa pilih. Dari sini mulai timbul rasa penasaran dalam benak saya, "Mengapa harus Baygon? Padahal merk lain banyak, dan harganya bisa lebih murah?". Pertanyaan itu terus saja tergiang dalam otak saya, dan rasanya tidak sabar untuk menanyakannya pada Bapak pada saat yang tepat.

Sore hari, dimana nyamuk mulai terbangun dari tidurnya untuk segera mencari mangsa, sayapun segera menyemprotkan obat nyamuk, yang kala itu memakai wadah seperti mangkok yang dipompa. Bersamaan dengan itu bapak juga terlihat sudah pulang dari kerja. Sambil menyemprotkan obat nyamuk di dekatnya sayapun bertanya, "Pak mengapa kalo beli obat nyamuk kok harus Baygon? Kok nggak cari yang murah aja?" Tanya saya saat melihat bapak juga sudah santai.

Gambar diambil dari: rayamart.co.id



"Iya Baygon itu bagus. Bapak pernah mencoba beli merk lain, tapi baunya menyengat, dan ternyata nyamuknya banyak yang belum mati. Kalo Baygon ampuh membunuh nyamuk" jawab bapak menjelaskan. Memang... di rumah nyamuk sangat banyak. Apalagi menjelang maghrib. Maklum rumah saya dekat dengan area tambak. Dan setelah disemprot dengan Baygon, nyamuk hilang seketika, serasa tidak ada nyamuk satupun.

Ooo... akhirnya saya tahu.

Dua hal pengetahuan yang saya dapat yaitu obat nyamuk semprot,.... Merk Baygon.

Waktu berjalan... dan sayapun telah tumbuh dewasa dan akhirnya menikah dan punya keluarga sendiri. Saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan pokok, ternyata obat nyamuk juga akhirnya masuk dalam kebutuhan yang tidak boleh terlupakan. Karena jika tidak, bisa-bisa semalaman anak-anak nggak bisa tidur bahkan si kecil (3 th) rewel. Efeknya, pagi mereka akan sulit dibangunkan gara-gara kurang tidur.

Karena obat nyamuk dipakai setiap hari, bahkan kadang sehari 2 kali, malam dan pagi hari, karena untuk menghindari adanya nyamuk demam berdarah, kalau dihitung ternyata membutuhkan tambahan anggaran belanja yang tidak sedikit.

Sebagai ibu yang memegang menejemen keuangan rumah tangga, setiap bulannya saya selalu berpikir bagaimana supaya bisa meningkatkan jumlah tabungan dan mengurangi anggaran belanja. Akhirnya keputusan diambil dengan cara mengurangi anggaran kebutuhan yang memungkinkan bisa dikecilkan/ dikurangi. Salah satuya adalah pemilihan obat nyamuk.

Dalam deretan rak yang memajang obat nyamuk dengan berbagai merk di suatu supermarket, saya mencari harga yang paling murah. Ini adalah usaha coba-coba sebetulnya. Jadi hari itu, minimal satu bulan ke depan saya memakai obat nyamuk dengan harga paling murah. Pilihan jatuh pada obat nyamuk bakar, dengan merk "Selain Baygon".

Malamnya obat nyamuk bakar itulah yang saya jadikan andalan bisa melindungi kami dari gigitan nyamuk.

Malam, 10 menit sebelum anak-anak pergi tidur, saya segera membakar obat nyamuk tersebut. Dan seperti biasa saya memberikan kecupan dan ucapan selamat tidur pada kedua anak saya yang tidur di kamar sebelah. Sayapun segera masuk kamar dan tidur.

Belum sempat tertidur saya mendengar anak ke dua batuk-batuk. Segera saya ke kamarnya. "Mbak Jeza sakit?" tanya saya seraya menyentuh pipinya.
"Nggak Ma, ini lhoo.. bau asap obat nyamuk. Jadi kayak sesak"jawabnya.

Saya melongok ke bawah kolong dimana saya tadinya menempatkan obat nyamuk. Saya melihat asapnya memang lumayan banyak. Dan mata saya mencoba mengikuti ke arah mana asap bergerak. Ternyata sebagian besar mengikuti arah kipas angin, dan asapnya masih memenuhi ruangan.

Iya, memang ternyata asapnya lebih banyak dari yang saya duga. Akhirnya saya memutuskan untuk mematikannya.

Paginya, saat mau berangkat sekolah mereka mengeluh mengantuk, karena malam tidurnya nggak nyenyak.

Ada rasa bersalah pada anak-anak, hanya karena ingin berhemat, anak-anak menjadi korban gigitan nyamuk.

Siang hari, saat anak-anak sekolah (full day) saya lanjut ke supermarket terdekat berburu mencari obat nyamuk. Saya ingin mengganti merk obat nyamuk lain lagi, karena keinginan berhemat saya masih ingin berlanjut, sayapun mencari yang harganya ekonomis. Nah, akhirnya saya menemukan obat nyamuk bakar merk Baygon. Mengapa Baygon? Saya masih ingat kata-kata bapak, bahwa obat nyamuk merk baygon itu bagus. Setelah saya hitung-hitung, kebutuhan obat nyamuk selama satu bulan ternyata memang lebih hemat dari obat nyamuk semprot dengan merk yang sama sebelumnya.


Alhamdulillah, pilihan saya kali ini tidak salah. Anak-anak aman dari gangguan nyamuk sepanjang malam.

Mungkin bukan hanya saya ibu-ibu yang berusaha menghemat pengeluaran belanja. Dan juga diantara ibu-ibu ada yang masih anti dengan asap obat nyamuk lantaran alergi. Tenang... sekarang ada produk baru keluaran Baygon, yaitu Baygon Liquit Elektrik. Baygon jenis ini, memiliki kemampuan mengusir nyamuk sangat ampuh. Karena bentuknya liquit kita bisa mengaturnya jika nyamuk dalam jumlah banyak, yaitu dengan menggeser tombol yang teresedia dalam alat elektriknya.

Sayapun akhirnya beralih pada produk yang super canggih ini, dan yang tak kalah penting adalah kita tetap bisa berhemat. Baygon Liquit Elektrik satu botolnya, bisa melindungi keluarga selama 45 malam. Hemat banget. Tidak berasap, dan berbau harum.

Sejak malam itu, bertepatan dengan usaha saya untuk menghemat pengeluaran saya tidak pernah mengganti lagi obat nyamuk lain. Kami sekeluarga tidur menjadi lebih nyenyak sepanjang malam.

Sebetulnya, agar kita bisa tidur lebih nyenyak bukan secara langsung karena obat nyamuk. Tapi memang, permasalahan nyamuk bisa memicu suasana hati seseorang menjadi tidak mood dan jengkel yang dapat menganggu kualitas tidur.

Contohnya: seandainya saat menonton TV atau saat belajar anak-anak sibuk menggaruk gatal lantaran digigit nyamuk, atau bunyi nyamuk yang kerap menimbulkan bising telinga, maka tidak menutup kemungkinan anak-anak akan menjadi bad mood. Mereka tiba-tiba jengkel, kesal, dan tidak semangat hanya karena gangguan nyamuk. Bukan hanya anak-anak, mungkin kita orang tua juga mengalami perasaan demikian.

Nah, perasaan buruk seperti ini kadang akan terbawa sampai kita tidur. Tentunya akan menganggu kualitas tidur kita juga.

Berkaitan dengan topik ini saya akan membagikan tips agar tidur menjadi lebih nyenyak:

1. Ciptakan suasana menyenangkan dalam keluarga. Segera selesaikan jika terjadi perselisihan atau kesalah pahaman.
2. Pastikan keluarga cukup mengkonsumsi makanan bergizi yang memadai.
4. Jagalah keluarga agar selalu dalam kondisi sehat, salah satunya dengan melakukan olah raga.
5. Lakukan rutinitas menghantar tidur pada masing-masing anggota keluarga. Misalkan dengan kecupan dan ucapan kata-kata indah menghantar tidur.
6. Segera berangkat tidur, sebelum terlewat waktu tidur atau jam tidur. Karena jika terlewat jam tidur, akan membuat seseorang kehilangan rasa ngantuk, dan ini justru sulit untuk memulai tidur.
7. Hindarkan keluarga dari gangguan nyamuk saat tidur. Pilihlah obat nyamuk yang berkualitas bagus untuk mengusir nyamuk dan aman.

Selain tips di atas, berikut adalah tips yang patut dicoba terutama mereka yang memiliki anak yang masih kecil. Karena biasanya memiliki banyak barang, dan juga mainan yang tersimpan dalam kamarnya. Tipsnya antara lain:
- Simpan mainan atau barang yang seringkali dipakai untuk bersembunyi nyamuk, terutama baju-baju yang menggantung.
- Tutup jendela atau pintu yang memungkinkan nyamuk bisa masuk dalam kamar.
- Jika kamar anak berdekatan dengan kamar mandi, perhatikan tempat penampungan air. Jaga agar nyamuk tidak bersarang di sana.

Mengenai Liquit Baygon Elektrik dan tips lebih jelasnya lihat video berikut:



Semoga tips ini bermanfaat!
Terimakasih baygon. Baygon melindungi keluarga dari gigitan nyamuk!

CC tulisan # MDBaygon  @ Mommiesdaily




8 comments:

  1. Pilih obat nyamuk emang nggak bisa sembarang ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak... yang penting aman buat kesehatan

      Delete
  2. rajin berolahraga adalah cara terbaik untuk membuat tidur lelap menurut Ane :D
    nais share bund

    ReplyDelete
  3. Aku juga lagi nyoba pakai baygon elektrik ini.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis ya .....
      Makasih atas kunjungannya

      Delete
  4. Anak nyenyak, mama lega, papa bahagia :)

    ReplyDelete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua