UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 7 June 2017

Cara Membuat Sempol Sendiri



Tentang Sempol

Belakangan ini lagi marak panganan yang diberi nama "Sempol". Sempol sendiri kalau ditelusuri berasal dari kata yang artinya "paha". Entah mengapa kok diberi nama sempol. Bisa jadi karena bentuknya mirip dengan paha ayam.

Bagi ibu-ibu mungkin agak kewalahan, karena anaknya sering minta uang jajan untuk membeli sempol. Ya ... rasanya sich memang lumayan enak. Sepintas nggak beda jauh dengan rasa pentol bakso yang digoreng atau dibakar.

Di sekitar tempat tinggal saya, banyak banget pedagang yang menjual ini. di lingkungan sekolah, di pasar, di dekat pom bensin, di depan perumahan, dan ada pula yang menjual keliling. Pendeknya dimana-mana seolah dikelilingi pedagang sempol, hehe ....

Jika sudah begini, tantangannya adalah anak-anak. Pasti jajanan yang seringkali dipilih adalah sempol. Bukan apa-apa sebetulnya, lha wong harganya murah aja kok? Tapi... bagaimanapun juga saya tetap khawatir jika anak-anak terlalu sering jajan ini akan sakit. Tahu khan alasannya? Iya, dari segi kebersihan dan pilihan bahan bakunya.

Nah, dari sinilah saya akhirnya berpikir membuat sempol sendiri. Awalnya saya belum menemukan adonan yang pas. Sampai akhirnya di kelompok liqo yang saya ikuti mengadakan acara masak memasak. Kebetulan menunya adalah sempol.Yes ... klop dech! Terjawab keinginan saya. Materi dibawakan bu Lidia, yang juga suka bikin masakan sendiri buat si kecil.

Sehabis acara ngaji, saya langsung praktek di rumah. dengan berbekal blender biasa. Seharusnya sich nggak boleh, sebab kalau kita kurang hati-hati itu blender bisa terbakar. Maklum, daging ayam biasanya kalau diblender khan suka bikin seret baling-baling blender. Ini nich yang menyebabkan blender macet. Jadi lebih amannya digilingnya aja di penggilingan daging.

Resep Sempol
nya ini dia. Maaf karena sudah pernah saya posting di IG, maka schreenshotnya aja yang saya tampilkan. Lagi malas nulis ulang. Hehe ... ngapunten nggih!
Berikut resepnya:



Resep ini sudah saya modivikasi dan uji coba. Hasilnya siip ...
Selamat mencoba, jangan lupa kalau udah mencoba resepnya kasih tahu hasilnya ya ... berhasil apa tidak.
Semoga bermanfaat!

4 comments:

  1. Di Bogor ada uakng bakso Malang jualan Sempol mba, kukira apa. Dapat resep di sini, makasih mba

    ReplyDelete
  2. Wih, bisa langsung dipraktekan ini, Mbak Sugi.
    Terima kasih resepnya, Mbak Sugi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuk mas, praktek ...
      tapi jangan lupa incip2nya ya... hehe

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.