UA-83233104-1

bintang jatuh br

Friday, 14 September 2018

Cara Furing Tas Dengan Mudah



Cara Furing Tas Dengan Mudah

Finishing tas adalah pekerjaan yang paling sulit bagi sebagian orang. Terutama saat memasang furing. Tak sedikit orang yang bisa membuat tas rajut atau dompet, tapi kesulitan memasang furing. Iya sich, karena memasang furing butuh perhitungan yang matang agar hasilnya bisa pas. Karena jika tidak, bentuk tas bisa berubah lantaran furingnya yang kurang pas. Kadang bisa kekecilan atau kebesaran. 

Nah, kali ini saya ingin sharing bagaimana memasang furing tas, agar bisa pas. Insyallah pengerjaannya mudah kok. Yuuk ... dicoba!


Siapkan bahan furing yaitu: kain furing, busa ati, gunting, meteran, dan penggaris, serta pensil untuk menandai.
Kain furing pastikan dapat membungkus tas, dengan tambahan 1 cm di semua sisinya


1. Ukur kain furing selebar tas. Perhatikan gambar di atas. Cara mengukurnya harus sesuai lebar tas. Sementara bagian panjangnya mengikuti panjang sisi samping hingga ke alas tas, dan lanjut ke atas lagi. Jadi tas seolah2 terbungkus furing. 

Jangan lupa untuk menambahkan 1 cm ke arah luar pada kanan-kiri, atas tas. Tujuannya untuk memberi jarak pada jahitan. 

Retsleting yang sudah dijahit

2. Jahit retsleting. Tapi lepaskan dulu relnya. Ini untuk memudahkan saat menjahit.

Alas tas harus dibuat sesuai dengan bentuk alas tas.



3. setelah dijahit, pasang mata retsletingnya.

Setelah kain furing dipotong, jahit pada bagian sisi kanan dan kirinya. Jika ingin memberi tambahan pada alas agar kaku, gunakan busa ati. Ini dijahit sebelum menjahit sisi kanan dan kirinya.
www.bundasugi.com
Cara memsang kepala retsleting
3. setelah dijahit pasang mata retsletingnya.  Cara memasang kepala retsleting: Masukkan salah satu rel pada mata retsleting. Lalu masukkan rel satunya. Dorong rel untuk masuk dengan sempurna pada kepala retsleting, secara bersamaan antara keduanya. Jika sudah masuk semua, tariklah kepala retsleting perlahan-lahan. Siip ... mudah khan? ..

Sebelum dijahir, furing disemat dengan jarum pentul


4. Masukkan furing yang sudah jadi ke dalam tas. (ingat jangan sampai terbalik) Perhatikan gambar di atas. Untuk memudahkan menjahit, bantu dengan jarum pentul. Pastikan posisi furing pas dengan ukuran tas.  Sebagai catatan, saat menggunting retsleting lebihi 6cm dari lebar tas/ bibir tas.

Tas yang sudah selesai difuring


5. Selesai sudah tas cantiknya difuring. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.