UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 20 December 2018

Karakteristik Puting Saat Sedang Hamil

doc. tribunnews.com
Allah menciptakan manusia dilengkapi dengan anggota tubuh yang dibutuhkan manusia. Tak terkecuali, puting. Setiap manusia dilahirkan selalu memiliki puting, baik wanita maupun pria. Tak hanya manusia, hewan mamaliapun juga memiliki puting. Hal ini disebabkan karena hewan betina juga menggunakan puting, untuk keperluan menyusui anaknya. Tak beda jauh dengan manusia.
Meski semua wanita memiliki puting, namun ada perbedaan antara puting wanita hamil dengan kondisi  sebelum hamil.


Adanya perbedaan produksi hormonal antara wanita hamil dengan yang tidak hamil, maka kondisi puting wanita hamil dengan yang tidak hamilpun juga berbeda. Ada beberapa kondisi yang tidak seperti biasanya, contohnya puting gatal.

Puting gatal bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu bisa karena keringat, jamur, debu, bisa juga karena pengaruh hormonal. Sebagian wanita hamil ada yang merasakan gatal pada daerah sekitar puting. Kondisi ini belum tentu dikatakan sebuah penyakit. Tentu harus diperiksa terlebih dahulu dengan melihat faktor penyebabnya. Jika disebabkan karena debu atau keringat, maka akan hilang dengan cara dibersihkan dengan air dan diberi sabun. Namun jika disebabkan karena jamur, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk diberikan tindakan lebih lanjut.

Berkaitan dengan kondisi puting dan manfaatnya, maka perlu sekali menjaga agar puting selalu sehat selama masa kehamilan. Khususnya ibu hamil, sangat diperlukan informasi mengenai bagaimana ciri-ciri puting  sehat. Karena dengan mengetahui kondisi puting sehat, maka diharapkan produksi ASI nantinya juga sehat dan lancar. Untuk mengetahuinya bisa menanyakan langsung saat periksa ke dokter, atau dengan mencari referensi buku tentang kesehatan tubuh saat hamil, baik melalui media on line maupun media off line.

Berikut adalah ciri-ciri kondisi puting sehat pada saat hamil:


Bagian payudara ibu hamil, terutama puting, akan menjadi lebih sensitive dibandingkan saat sebelum hamil. Adanya perbedaan perubahan hormon pada ibu hamil menyebabkan bagian ini menjadi lebih sensitive dari biasanya, bahkan ada juga yang merasa agak nyeri bila tersentuh. Oleh karena itu, sebagian wanita hamil menjadi tidak nyaman jika bagian puting disentuh,

Sebaiknya pada saat hamil, tidak ada luka di area puting. Karena ini juga merupakan salah satu ciri, atau kondisi bahwa puting dalam keadaan sehat. Jika terjadi luka atau lecet pada daerah puting, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jangan mengoleskan sembarang obat tanpa referensi dari dokter. Karena penggunaan obat pada wanita hamil bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Ini untuk menghindari beberapa obat yang memang tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Ciri lain umumnya wanita hamil juga merasakan agak nyeri pada bagian puting dan bentuk agak menonjol keluar. Secara umum ini wajar, karena adanya perubahan volume payudara yang terjadi pada wanita hamil.

Selain puting, daerah di sekitar payudara juga akan terlihat lebih kencang. Kondisi seperti ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Berkaitan dengan ini, bagi wanita hamil sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan pada area ini. Selalu pakailah bra yang kering dan tidak lembab. Alternatif terbaiknya adalah mengenakan bra berbahan yang mudah menyerap keringat.

Beberapa wanita, ada yang belum paham mengenai ciri-ciri puting  sehat serta bagaimana menjaga agar puting selalu sehat selama masa kehamilan. Padahal bisa jadi, dengan melihat dan memastikan kondisi puting sehat, maka akan sehat pula bagian tubuh yang lainnya. Demikian info seputar puting  sehat, semoga bermanfaat!


2 comments:

  1. Saya sedang hamil jalan 6 Bund saat ini. Tapi payudara saya kok gak ada perubahan apa apa ya? Gak kayak anak pertama dulu, yang semakin kenceng dan besar. Apa karena saya tetap menyusui ya hingga kehamilan di 5 bulan. Ini baru saya sapih 2 mingguan lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kayaknya karena masih menyusui, tapi nanti kalo sudah melahirkan biasanya volume juga akan bertambah sendiri kok. yang penting nutrisi harus terpenuhi dengan baik. Terutama sayuran/ buah dan protein. Semoga sehat selalu ya mbak!

      Delete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.