UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 13 March 2019

Sengkaling Kini Lebih Kids Friendly

www.bundasugi.com

Dulu saya pernah ke Sengkaling, tepatnya ketika masih SMA, hehe … lama banget ya? Waktu ke sana lagi kapan hari, saya dibuat takjub. Pasalnya Sengkaling sekarang jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang dulu, lebih luas juga areanya, dan lebih Kids Friendly.

Telisik punya telisik ternyata Sengkaling kini sudah ganti pengelola. Sekarang dikelola oleh UMM (Universitas Muhammadiyah Malang). Asyiknya Sengkaling terletak dipinggir jalan besar. Tepatnya terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10 km dari pusat Kota Malang. Jadi
mudah banget dijangkau. Kalau mau naik kendaraan umumpun sangat mudah. Dari stasiun Malang kota bisa menggunakan bentor, angkutan online maupun lyn.

Untuk tiket masuk sangat murah, hanya Rp 25.000,-, sementara yang terusan hanya Rp 50.000,-. Terusan maksudnya, tiket yang sudah sepaket dengan beberapa area/ wahana yang ada di dalam lokasi wisata. Kalau tiket biasa kita nanti memang kudu bayar lagi sich jika mau masuk ke wahana-wahana tertentu. Tapi jangan khawatir, harga masing-masing wahana juga nggak mahal kok hanya kisaran antara Rp 8.000,- sampai Rp 15.000,-.

Sesuai dengan slogannya, Wisata Air Impian Keluarga, tempat wisata ini memang sangat cocok dijadikan jujugan wisata saat liburan bersama keluarga. Banyak fasilitas yang bisa dinikmati bersama keluarga. Ohya, Sengkaling kini sudah ganti pengelola. Ada baiknya, kita simak dulu sejarahnya yuuk!

Sejarah Taman Wisata Sengkaling

Taman Wisata Sengkaling pertama kali didirikan oleh seorang warga negara Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950. Setelah itu sempat dikelola oleh Mochtar yang berasal dari Padang. Waktu itu Sengkaling memiliki jam buka setiap hari, kecuali hari jumat tutup.

Sejak tahun 1975 pengelolaan Taman Wisata Sengkaling diambil alih oleh PT. Bentoel Group, yang kemudian dikelola oleh PT. Taman Bentoel. PT. Taman Bentoel, merupakan salah satu anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. Awalnya Taman Wisata ini lebih diperuntukkan hanya bagi karyawan PT. Bentoel saja. Tapi seiring perkembangannya, Taman Wisata Sengkaling kemudian dibuka untuk umum. Setelah PT. Bentoel, kini Taman Wisata Sengkaling dikelola oleh   Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Taman Wisata Sengkaling memiliki luas tanah keseluruhan seluas 9 hektar. Sementara baru 6 hektar yang sudah dibangun, dan sisanya masih berupa taman dan pepohonan hijau yang rindang. Ada hal yang membedakan Sengkaling dengan tempat wisata lainnya, salah satunya adalah wisata airnya  yang berasal dari sumber alami pegunungan asli. Yaitu Kolam Tirta Alam yang berada di dalam lokasi wisata tersebut.

Beberapa Wahana Sengkaling

Wahana Air

Terdapat beberapa permainan yaitu: Kolam Kapal Mistery, Kolam Pesona Primitif, Kolam Pesona Tirta Alam, Kolam Pesona Tirta Sari, dan Kolam Cumi-cumi.

Kolam Pesona Primitif

Beberapa plaground di kolam pesona primitif
Beberapa permainan di kolam renang primitif

Kapal Mistery

Permainan Sepeda air di sekeliling kapal mistery
 Wahana Permainan
 Di area ini terdapat beberapa pemainan yaitu: Kapal Mistery, Bioskop 4 Demensi, Kiddy Train, Bom-bom Car, Merry Go Round, Playground, Sepeda Air, Bumper Boat, Kuda Ria, dan Perahu Motor.

Asyiknya nonton bioskop 4D

Playgound yang disukai anak-anak

Area menantang yang sering dipakai untuk outbond
Ada taman sesat yang melatih anak untuk mengasah kemampuan logika dan uji nyali
Ninja worrior kids memperkuat perkembangan psikomotorik anak
  
Satwa

 


 Pada Wahana ini kita akan dikenalkan beraeka satwa yang keberadaannya langka. Contohnya burung cenderawasih. kakaktua, serta binatang lain dari berbagai daerah.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.