UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 16 May 2019

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto




Sudah tau belum bahwa bikin ketupat itu membutuhkan waktu luama banget? Berapa lama coba?  Umumnya memasak ketupat butuh waktu sekitar 3 – 4 jam lhoo !. Wow … lama banget ya? Iya … waktu tersebut adalah umum waktu yang digunakan untuk memasak ketupat dengan hasil yang baik. Karena jika waktu rebusnya kurang lama, maka ketupat bisa terlihat kurang matang dan tampilannya maupun teksturnya kurang bagus.


Ketupat, bagi sebagian orang menjadi menu wajib saat lebaran. Sebetulnya kebiasaan ini ada bagusnya sich! Khususnya bagi mereka yang hari-hari sebelumnya menjalankan ibadah puasa.

Mengapa dibilang bagus?

Alasannya, ketupat adalah termasuk makanan yang lunak, dalam arti mudah dicerna oleh lambung dibandingkan nasi yang secara tekstur lebih keras dari ketupat. Jika biasanya dalam sehari-hari kita tidak diperbolehkan makan dan minum karena sedang puasa, maka setelah lebaran kita khan mulai lagi untuk makan dan minum secara teratur. tentu saja ini seperti kita membuat jadwal baru untuk sistem percernaan kita. Nah, makanan yang lunak seperti ini yang cocok untuk memperbaiki atau memperingan kerja lambung supaya nggak kaget. Apalagi ketupat biasanya dikonsumsi dengan sayur lodeh atau opor ayam. Melihat kandungan nutrisi di dalamnya, sudah tentu bikin kita sehar khan? itulah alasannya mengapa sebaiknya da ketupat saat lebaran. Tapi nggak harus sich! karena bikin ketupat sendiri bukan pekerjaan gampang khan?

Tapi melihat lamanya waktu untuk memasak, sepertinya membuat kita menjadi enggan untuk memasak ketupat sendiri ya?

Tenang saja, sekarang saya akan membagikan tips memasak ketupat dengan panci presto. Ini adalah teknik memasak ketupat dalam waktu yang singkat. Karena akan jauh lebih cepat dan sederhana dari biasanya. Yaitu menggunakan panci presto. Tentang caranya adalah sebagai berikut:

Cara memasak ketupat dengan panci presto
  1. Siapkan ketupat yang sudah jadi (siap diisi).
  2. Siapkan beras, lalu cuci sampai bersih. Tiriskan.
  3. Buka sedikit salah satu bagian sudut ketupat. usahakan jangan sampai terlepas bagian anyamannya. Isikan beras yang sudah bersih ke dalam ketupat sebanyak sepetiganya dari volume ketupat.
  4. Rapikan kembali anyaman ketupat dan sematkan sisa janur agar beras tidak bocor keluar.
  5. Masukkan ketupat yang sudah diisi ke dalam panci presto. Susun sedemikikan rupa agar tidak saling menindih.
  6. Tambahkan air pada panci presto yang telah berisi ketupat, hingga semua ketupat terendam air.
  7. Tutup rapat panci presto, dan masak di atas kompor dengan api besar.
  8. Setelah mendidih, Kurangi api, atau jangan terlalu besar.
  9. Tunggu sekitar 1,5 jam, angkat panci presto dari kompor, dan matikan api.
  10. Tunggu sampai tekanan uap habis. Setelah itu buka tutup panci presto, lalu tiriskan ketupat. Tunggu hingg agak dingin.
  11. Ketupat siap dihidangkan bersama opor ayam, kare ayam, maupun gulai kambing.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.