UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 29 November 2015

Puding Coklat Labu Kuning

Kreasi Labu Kuning

Siapa sich yang nggak kenal dengan labu kuning? Yups… buah yang berwarna orange tua dan mudah didapat serta harganyapun relatif murah ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi lho….

Paling gampangnya buah ini diolah menjadi kolak. Tahu khan Kolak? Ya… buah labu kuning yang dimakan dengan kuah manis bersantan. Rasanya hehmmm… enak….. Apalagi kalo makannya dicampurin es batu, wuiih….. segar…...

Ada juga yang mengolahnya menjadi aneka menu sayur yang lezat. Lalu dengan perkembangan dunia kuliner yang semakin pesat, banyak pula mereka yang mengkreasikan labu kuning menjadi berbagai kue atau roti yang super nikmat.

Sayapun termasuk salah satu orang yang suka berkreasi dalam dunia masak memasak, tergoda mengolahnya. Beberapa waktu lalu saya berhasil membuat puding dari bahan yang nggak biasa, seperti
tomat dan wortel. Ide ini saya temukan ketika saya sedang berusaha mencari cara bagaimana anak saya bisa lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Maklum ke dua krucil saya yang masih berumur 3,5 tahun dan 8 tahun masuk golongan yang nggak mau sayur.

Alhamdulillah.... Hasilnya sungguh memuaskan. Tomat yang tidak bergitu disukai anak-anak, menjadi sesuatu yang menyenangkan bahkan menjadi rebutan saat saya olah menjadi puding.
Demikian pula dengan wortel. Sebelumnya anak-anak hanya mengkonsumsi wortel saat saya masak menjadi soup. Setelah saya berhasil membuat puding wortel,  anak-anak bisa mendapatkan suplai vitamin dari wortel lebih banyak dari biasanya.

Nah, dengan berbekal pengalaman itulah saya mencoba membuat varian baru dari Labu Kuning, yaitu Puding Coklat Labu Kuning. Kali ini saya ingin berbagi resep puding labu kuning yang yummy-yummy……

Kayak gini nich penampakannya Puding Coklat Labu Kuning...

Kreasi Labu Kuning
Puding Labu Kuning

Tapi sebelum lebih lanjut saya bagi cara membuatnya, alangkah baiknya kita tahu dulu tentang labu kuning.

Mengapa harus Labu Kuning?

Yaa…. Ini yang harus kita tahu. Nggak mungkin khan kita mengolah sesuatu tanpa tahu manfaatnya? Menurut ilmu gizi, manfaat labu kuning hampir sama dengan wortel, labu kuningpun ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup besar. Disamping vitamin, warna kuning-orange yang terdapat pada labu kuning juga mengandung beta karoten yang sangat tinggi. Vitamin A dan beta karoten dalam tubuh memiliki manfaat yang bagus, terutama untuk kesehatan mata, vitamin untuk kulit, sistem imun tubuh serta proses reproduksi reproduksi.

Di dalam labu kuning juga banyak mengandung vitamin C, zat besi, serta kalium. Vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara zat besi bermanfaat sebagai pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga mencegah penyakit kurang darah. Bagusnya lagi labu kuning juga memiliki serat yang tinggi yang bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Ohya… satu lagi manfaat lain yang sangat dicari-cari kaum hawa, yaitu kulit tampak sehat, cantik dan awet muda. Lho kok bisa? Iya… karena ternyata di dalam labu kuning juga terdapat vitamin E yang lumayan tinggi. Vitamin ini banyak berperan dalam menjaga kekencangan kulit. Nah.. khan manfaatnya banyak?

Yuuk.. Ah, kita mulai memasaknya!

Pertama-tama, belah Labu Kuning menjadi beberapa bagian. Lalu buang bagian bijinya. Selanjutnya potong-potong mtnjadi beberapa bagian. Mengapa tidak dikupas? Bisa sich dikupas terlebih dahulu. Tapi karena kulitnya yang super keras, saya angkat tangan disuruh ngupas, hehe…. Saya cari cara gampangnya aja. Saya cuci Labu yang masih utuh, biar kulitnya bersih. Lalu potong-potong, udah tinggal rebus/ kukus.

Labu Kuning dibuang bijinya

Labu Kuning di rebus

Labu Kuning matang dipotong-potong atau dihaluskan

Setelah labu matang, ambil daging buahnya dengan bantuan sendok atau pisau, lalu blender (haluskan). Dah… sisihkan!

Siapkan bubuk agar-agar dan bubuk Jelly (merk sesuai selera) dan gula dengan tingkat manis sesuai selera juga.

Gula Pasir, bubuk agar-agar dan jelly 


Lebih lengkapnya bahan yang harus disiapkan adalah:

Bahan Puding Coklat Labu Kuning:

- 1 bungkus bubuk agar-agar 10 gr
- 1 bungkus bubuk jelly 10 gr
- 10 sendok makan penuh gula pasir
- Air 6 gelas (1200ml)
- Labu Kuning  200gr, rebus lalu haluskan
- Coklat batang 200gr

Cara Membuat Puding Coklat Labu Kuning:

1. Campurkan bubuk agar-agar, jelly dan gula pasir. Aduk rata.
2. Tuangkan air, aduk rata.
3. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Jika sudah mendidih kecilkan api.
4. Masukkan labu kuning yang telah dihaluskan/ diblender. Aduk hingga rata.
5. Ambil sepertiga bagian, lalu campurkan coklat batang, masak dengan api kecil hingga coklat leleh dan tercampur rata. Angkat
6. Tuang dalam cetakan, puding berwarna orange. Setelah agak dingin tuang di atasnya puding labu kunng coklat. Lalu tuangkan lagi di atasnya puding orange lagi setelah agak mengeras.
7. Siap dihidangkan!


Taraaa………. Jadi dech! Puding Pumpkin Yummy….



Setelah dipotong-potong jadi gini nich hasilnya...... Enak banget rasanya, apalagi dimakan setelah disimpan dalam almari es.... uuuwwiih.... seger... bingits...



Cara buatnya gampang khan! Selamat mencoba!



10 comments:

  1. wahhh, ternyata labukuning banyak mengandung gizi yah mbak :)
    didaerah kami banyak banget labu kuning gini, biasanya labu kuning muda kami jadikan sayur bening dicampur bayam :)

    terimakasih resepnya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, disamping enak rasanya juga banyak manfaat buat kesehatan.

      Iya sama2. Semoga bermanfaat

      Delete
  2. Waaw keliatannya enak banget mbak tp beli labu kuning harus ke pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak memang enak banget, cobain dech......
      Iya harus ke pasar, banyak dan harga lebih murdah. Kalo disupermarket kadang ada juga, tapi harganya emang lebih mahal sich....

      btw, makasih ya Leyla atas kunjungannya

      Delete
  3. Replies
    1. betuul mbak Freyanti..... udah nyobainkah?

      Delete
  4. cocok mak,, aku simpan resepnya boleh ya ya aaa yaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka labu, anakku juga sukaa.. klo saya pernah buat bolu pake labu Bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wak saya belum pernah nyoba mbak, kayaknya enak ya

      Delete

Tuliskan saran dan masukkan, demi perbaikan konten agar lebih bermanfaat bagi pemirsa semua