UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 29 June 2016

Tips memasak bandeng agar duri tidak menusuk

Tips memasak bandeng agar duri tidak menusuk


www.bundasugi.com


Assalamualaikum, wr, wb …

Kali ini saya akan berbagi tips, bagaimana cara memasak bandeng agar tidak takut tertusuk duri.
Ikan bandeng, memiliki rasa daging yang enak dan gurih saat digoreng. Namun sayangnya, dalam daging bandeng terdapat duri-duri yang cukup banyak. Tentu ini akan sangat mengganggu aktivitas makan kita karena harus super sibuk memilih duri-duri yang jumlahnya lumayan banyak. Apalagi anak-anak, tentunya kita tidak akan tega untuk memberikannya, mengingat duri-duri ikan bandeng juga cukup tajam.

Ada cara lain
memang, memasak bandeng agar terbebas dari duri. Antara lain adalah dengan mencabut durinya atau dengan cara presto. Jika dengan cara cabut duri, tentu akan menambah lama waktu kita memasaknya karena harus sibuk mencabut durinya satu persatu. Namun jika tidak mau repot untuk mencabut durinya, bisa juga sich dengan cara membeli akan bandeng yang sudah tercabut durinya. 

Sayangnya ikan bandeng cabut duri harganya lumayan mahal. Bisa dua kali lipat dari harga ikan bandeng biasa. Nah sayang juga khan gara-gara pingin ikan tanpa duri kita harus membayar lebih mahal?
Lalu yang kedua adalah dengan cara presto. Kalau cara ini kita mesti menyediakan panci khusus presto. Dengan cara ini duri-duri ikan bandeng bisa lunak dan bisa dimakan selayaknya daging ikan bandeng. Hanya saja dari segi rasa memang tidak segurih ikan bandeng segar yang goreng langsung sich. Itu menurut saya. Saya lebih suka menggoreng ikan bandeng segar lalu dipenyet dengan sambal bajak atau sambal terasi. Hmmmm …. Lezaat … banget rasanya. Kalau sudah dipresto nggak bisa dipenyet, karena akan hancur dagingnya.

Nah, sekarang saya kasih tipsnya supaya duri-duri ikan tetap bisa dimakan meski ikan bandeng segar digoreng langsung.

Caranya: setelah ikan dibersihkan, dan disisik, siapkan bumbu untuk menggorengnya. Lalu kerat-kerat badan ikan dengan rapat. Celupkan pada bumbu, lalu goreng seperti biasanya. Usahakan menggorengnya jangan terlalu besar apinya karena biasanya minyak akan melenting kemana-mana. Ini sangat berbahaya, karena bisa terkena tangan atau ke bagian wajah kita. Atau cara amannya, tutup wajan agar minyak tidak muncrat. Jika akan membaliknya, kecilkan apinya.Goreng hingga matang, lalu angkat. 

Nah, ikan bandeng siap dipenyet dalam sambal atau dimakan begitu saja. Dijamin duri ikan bisa dimakan dan tidak khawatir lagi akan menusuk. Ingat ya, mengeratnya harus rapat. Selamat mencoba, dan menikmati ikan bandeng tanpa ribet memasaknya.


Wassalam, wr, wb …. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.