UA-83233104-1

bintang jatuh br

Saturday, 18 May 2019

Gaya Rambut Ini Cocok untuk Muslimah


Sebagian orang mungkin ada yang berpendapat bahwa muslimah tak perlu pusing dengan gaya rambut. Alasannya karena rambut seorang muslimah khan nggak ada yang lihat, jadi ngapain susah-susah mikirin model rambut?

Eiit, tunggu dulu. Meski rambut tak terlihat secara umum karena akan tertutup dengan hijabnya. Namun demikian, bukan berarti muslimah membiarkan gaya rambutnya dengan ala kadarnya. Meski kita seorang muslimah yang memakai hijab tetap wajib lhoo merawat dan memperindah rambut, tentunya tidak boleh menyimpang dari ajaran Islam.

Merawat rambut berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan rambut. Sementara memperindah,
salah satunya adalah memotong rambut. Memerindah di sini, adalah tampil cantik dan tentu saja untuk seseoraang yang halal, yaitu suami.

Nah, memotong rambut bagi muslimah ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips memilih Gaya Rambut bagi muslimah agar menjadi cantik namun tetap syar’i.

Tips Memilih Gaya Rambut untuk Muslimah:


Hindari model rambut menyerupai laki-laki
Aturan ini sudah ada dalam Al Quran, bahwa wanita tidak boleh berdandan seperti atau menyerupai laki-laki. Dan sebaliknya, laki-laki juga dilarang berpenampilan seperti perempuan. Kalau secara psikologi, hal ini berkaitan dengan perkembangan konsep diri dan gender. Bahwa sebagaimana jenisnya sebaiknya laki-laki yang harus terlihat maskulin, dan wanita ya harus terlihat feminism. Laki-laki yang berperilaku seperti wanita biasanya menunjukkan tentang konsep diri yang rendah. Ia tidak percaya diri dengan kodratnya, sehingga akan bersikap lain sebagai cara pemecahan masalahnya. Tentang latar belakangnya bisa bermacam-macam sich, Insyaallah kapan-kapan dech saya bahas di postingan yang lainnya.

Jangan terlalu pendek
Mengapa kta tidak boleh memotong rambut sangat pendek sehingga memperlihatkan leher. Ini ada kaitanya penjelasan di atas. Bahwa biasanya model rambut yang sangat pendek adalah model laki-laki.
Gaya rambut sebahu lebih cantik. Karena model ini lebih fleksibel. Tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang.  Bisa dibiarkan tergerai dan bisa juga diikat. Model rambut yang tidak terlalu panjang memberikan kesan lebih muda dan energik.

Gaya rambut panjang terkesan anggun
Model rambut panjang kayaknya paling pas untuk muslimah yang ingin tampil feminism.  Rambut panjang juga lebih praktis untuk dirapikan saat memakai hijab. Karena biasanya jika rambutnya pendek, anak rambut suka-suka mengintip keluar, dan tentu saja ini agak merepotkan karena kita harus sering-sering membenahi hijab.

Tak boleh memanipulasi rambut
Sudah pada tahu khan, bahwa muslimah dilarang mewarnai rambut? Karena dengan mewarnai rambut berart ada lapisan luar dari rambut, sehingga setika kita berwudhu atau bersuci maka bagian rambut yang diwarnai tdak terkena air. Sehingga tidak ikut disucikan. Memanipulasi termasuk menyambung rambut atau menggunakan rambut palsu.

Demikianlah penjelasan tips cara memilih gaya rambut untuk muslimah. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Amiin.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.