UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 6 July 2020

Rahasia Perkedel Renyah Tapi Lembut Dalamnya


Perkedel adalah makanan yang kadang bisa dijadikan camilan maupun lauk. Bahan-bahan perkedel sendiri bisa dicampur dengan aneka macam seperti wortel, daging, ayam, udang, sosis, keju, maupun bahan lainnya.

Untuk bahan-bahan dasar sendiri tidaklah sulit didapat. Karena bahan dasarnya adalah kentang. Kentang di pasaran ada dua macam yaitu kentang putih, dan kentang kuning. Menurut saya sih kalau untuk perkedel lebih enak pakai kentang kuning. Kentang kuning di samping lebih kesat juga rasanya lebih enak.

Terus untuk bahan tambahannya Saya lebih suka mencampurnya dengan daging. Untuk daging sebaiknya pilih daging yang empal, atau daging yang tidak banyak lemaknya.


Umumnya perkedel pada saat penggorengan diberikan telur yang sudah dikocok, sebagai adonan pencelup nya.

Namun kali ini saya membuat resep tanpa telur yang dikocok. jadi perkedel yang mau digoreng tak perlu dimasukkan ke dalam kocokan telur. Hasilnya lebih enak karena di luarnya terasa garing. Namun saat kita gigit masih terasa lembut bagian dalamnya.

Oke kita mulai ya cara pembuatan perkedel yang terasa garing di luarnya namun tetap terasa lembut di dalamnya.


Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang (bersihkan lalu kukus, haluskan selagi panas)
  • 1/4 kg daging (cincang/ potong kecil-kecil)
  • 2 btr telur
  • 2 ons tepung terigu
  • seledri (potong kecil-kecil)


Bumbu:
- 7 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam (sesuai selera)

Cara membuat:
1. Bawang merah, bawang putih, yang sudah dikupas digoreng hingga matang.  Lalu haluskan.
2. Kocok telur, campur kan semua bumbu dan bahan, kecuali tepung terigu. Aduk rata.
3. Masukkan dalam kulkas selama sekitar 45 menit.
4. Cetak menggunakan tangan yang dibungkus plastik sesuai selera.
5. Gulingkan dalam tepung terigu perkedel yang sudah dicetak.
6. Goreng dalam api sedang sampai kuning kecoklatan, atau kulit luarnya garing.

Nah perkedel sudah siap untuk dihidangkan. Cocok sebagai lauk dimakan bersamaan dengan soup. Nikmati selagi masih hangat hangat, maka rasa krrsss luarnya masih terasa. Emmm ... Yummy ...

18 comments:

  1. kalau aku goreng perkedel kentang tanpa dibaluri telur adonan nya suka ambyar begitu saja mba. ntar aku coba resep dari mba nih. makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalo nggak dibaluri memang ambyar jadinya. Nah, pengganti telur yang biasanya, saya pakai tepung. Coba dech, hehe ...

      Delete
    2. ah bener, kalo ndak dicelupin telur, jadinya brantaks children pas di goreng.
      kalo dibaluri tepung, belom pernah coba sih....

      Delete
  2. Ini nih,salah satu kendala saudari perempuanku. Pernah bikin kentang tapi gagal hasilnya.
    Padahal udah bikin sesuai resep yang diliat, tapi pas di goreng ternyata hancur lebur deh.

    Nanti aku coba kasih tau ke adikku resep yang udah mba praktekin biar next gak gagal lagi bikin perkedel nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gagal itu, terjadi karena kurang telur. Atau jenis kentangnya yang terlalu lembek. Kalau bisa sebaiknya tentang jangan direbus, tapi digoreng.
      Cobain deh, Semoga berhasil ya . .

      Delete
  3. Eh, terigunya cuma dibalurka gitu ya? Seperti kita kasih tepung roti gitu kah? Sepertinya perlu dicoba resepnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak terigunya cuman buat luarnya aja. Jadi kayak kita mau goreng ayam tepung itu loh.

      Semoga berhasil ya ...

      Delete
  4. Mba Sugi kentangnya dikukus ya.. kalo aku suka digoreng trus dihancurkan lembut.
    Kadang aku kalo bikin dikukus dulu, sering hancur karena terlalu lembut. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya bisa keduanya, baik kukus atau goreng. Terpenting adalah telur dan jenis kentangnya

      Delete
  5. wah.mesti dicoba ini..tanpa dicelupin ke telur ya berarti...biasa jadi pecah sih, tapi pakai trik ini aja nanti
    Kesukaan anak-anak perkedel ini, baru bikin sudah habis aja separo dicemilin hihihi
    Makasih resepnya Mbak

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama perkedel soalnya perkedel itu enak dan ternyata ini ya rahasianya jadi biar tetap enak gitu

    ReplyDelete
  7. Nah pas nih..soalnya tiap bikin perkedel, saya selalu gagal bikin yang luarnya renyah dan dalamnya lembut macam gini.

    ReplyDelete
  8. Emang perkedel itu cocok jg buat ngemil di sore hari. Hehehe. Biasanya kalau di rumah , aku masak sop atau soto pake perkedel dijamin.nambah hehehe

    ReplyDelete
  9. Yaaah aku ga bisa masak jadi belum pernah masak perkedel. Lihat resep mbak aku jadi kepengen bikin perkedel, anakku pasti bakalan suka

    ReplyDelete
  10. Aku contek ya Bun, resepnya. Anak-anak tuh penggemar perkedel juga. Eh, mereka mah penggemar segala makanan, hahaha ...

    Kalau bikin perkedel tuh, suka takjub. Baru taruh di piring, eh udah ilang, wkwkwk ...

    ReplyDelete
  11. Duh aku kalo makan perkedel gak cukup satu dan suka dicemilin gitu, perkedel jadi salah satu makanan favorit dirumah dan noted nih mba untuk resep perkedelnya tanpa telur nanti insha allah pratekin

    ReplyDelete
  12. Baru tau sy..goreng perkedel tanpa telur bisa nggak ambyar.. ini dibaluri tepung tergu biasa sj ya mba? mau tak coba ah..

    ReplyDelete
  13. Oh pakai tepung, boleh jg nih dicoba, ga oernahr soalnya, selalu pakai telur yg dikocok, besok ah masak perkedel

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.