UA-83233104-1

bintang jatuh br

Wednesday, 29 June 2016

Resep Soto Betawi

Resep Soto Betawi 

Sebelumnya saya tidak pernah tertarik dengan masakan Soto Betawi. Berawal ketika saya  jalan-jalan ke Tanah Abang, pas makan siang saya mampir ke food court yang berada di lantai atas. Waktu itu saya ditemani suami, kakak Ipar dan 2 anak sayapun ikut. Karena bingung memilih menu yang pas, akhirnya kami memilih Soto Betawi. Meski awalnya khawatir juga, karena takut anak-anak nggak suka, tapi melihat tampilannya setelah disajikan sepertinya cocok. 


Alhamdulillah dugaan saya nggak meleset. Anak-anak sangat lahap makan waktu itu. Nah, dari situ akhirnya saya tahu ternyata Soto Betawi itu agak berbeda dengan soto kebanyakan yang saya tahu selama ini. Bedanya terletak pada
kuah keruhnya, karena mengandung santan.

Mengingat anak-anak suka, sesampainya pulang ke Surabaya saya berniat untuk membuatkannya Soto Betawi. Dasarnya suka masak, akhirnya saya browsing mencari resep Soto Betawi dan langsung eksekusi. Alhamdulillah berhasil, dan langsung dapet jempol 4, hehe ….. dari suami, dan 2 anak saya. Lho katanya 4, ups … salah. Satunya jempol saya sendiri, hehehe …
Ini dia resepnya:

Soto Betawi

Bahan Soto Betawi:
500 gr iga sapi
500 gr daging sapi
500 gr jeroan sapi (usus, babat, paru)

Bumbu Soto Betawi:
3 ltr santan
5 btg serai
3 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
Garam secukupnya

Bumbu  Soto Betawi  (haluskan):
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
5 cm lengkuas
2 sdt ketumbar
½ sdt jintan
Merica secukupnya
½ sdt pala bubuk


Pelengkap:
Daun bawang (iris halus)
Emping melinjo
Acar mentah
Sambal jeruk limau

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan 1,5 ltr air. Lalu masukkan iga sapi, daging sapi, dan jeroan. Rebus hingga empuk. Jika air sudah habis tapi daging belum empuk, tambahkan air kembali dan rebus hingga empuk.
  • Setelah daging empuk, angkat. Dan setelah dingin potong-potong menurut selera. Masukkan kembali dalam panci bersama kaldu daging.
  • Tambahkan santan, garam, daun jeruk, serai. Masak hingga mendidih, dan terus aduk-aduk agar santan tidak pecah.

Cara penyajian:
Susun bahan pelengkap dalam mangkuk, ambil potongan daging dan susun dalam mangkuk, lalu siram dengan kuah panas. Lalu taburi bawang goreng, daun bawang, serta emping. Tambahkan sambal dan acar.

Cukup untuk 7 porsi.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.