UA-83233104-1

bintang jatuh br

Monday, 6 August 2018

Cara Membuat Gorden Tirai Simple


Sebelum kita membuat gorden, sebaiknya kita tentukan dulu model gorden yang rencana kita buat. Misalkan model yang polosan, atau model yang pakai rempel. Jika kita mau bikin yang pakai rempel tentunya butuh kain yang lebih banyak. Tapi kali ini saya akan membuat tutorial pembuatan gorden
yang simple terlebih dahulu. Cocok sich buat yang suka model minimalis. Bisa juga bila ingin terkesan lebih modern diberikan aksesoris, atau pilih warna-warna yang lebih berani, seperti merah, kuning menyala, biru terang, dan sebagainya.

Membeli Kain untuk Gorden
  1. Kain gorden yang akan kita beli sebaiknya memenuhi beberapa kriteria, yaitu:
  2. Kain tidak mudah menyerap debu, dan mudah dicuci.
  3. Hindari kain katun, karena kain katun sulit dibersihkan apabila terkena noda/ kotoran.
  4. Pilih warna yang sesuai dengan warna cat tembok atau perabot rumah tangga.

Untuk Tips Membeli kain gorden, nggak saya bahas di sini. Tapi saya buatkan artikel terpisah biar nggak terlalu panjang. 👉 Tips Membeli kain gorden.

Bahan:
  • Kain warna merah maron 1/2m 
  • Kain warna krem  2m.

Cara Membuat Gorden:

1.  Menentukan Ukuran panjang gorden berdasarkan tinggi jendela.



2. Jahit pinggiran kain pada bagian bawah, mengarah ke dalam kain.


3. Gunting Kain berwarna merah maron selebar 15 cm, dengan panjang mengikuti lebar kain warna krem.

4. Bagian tali (ring). Gunting kain warna maron selebar 9 cm dengan panjang 20 cm, sebanyak 11 buah. Jahit salah satu bagian sisinya, lalu balik. Setelah itu jahit pada bagian sisi kanan dan sisi kiri.


5. Gunting kain keras dengan ukuran lebar 12 cm, lalu setrika di atas kain maron (pada bagian dalamnya). Jangan sampai terbalik saat menempel kain keras, ingat bagian yang ada lem (mengkilat) adalah bagian yang ditempelkan ke kain.




6. Tumpuk kain warna krem, lalu bagian tali (ring), terakhir tumpukkan kain merah maron, lalu jahit keduanya. Saat menjahit bagian tali, atur jarak agar terlihat rapi.


7. Kemudian balik kain, bagian yang ada kain keras berada di dalam. Jahit pinggirnya agak rapi dan jahitan lebih kuat.



8. Terakhir, jahit bagian samping kanan dan kiri gorden, lipat kain mengarah ke dalam. Nah.. gorden sudah jadi ... Saatnya memberi aksesoris. Dalam hal ini saya membuat rumbai dengan menggunakan benang nilon ukuran 12.


9. Cara membuat rumbai: potong benang dengan ukuran panjang 60 cm. Buat potongan yang banyak. Ambil 5 helai. Tentukan bagian tengah benang, ikat dengan benang lainnya. Masukkan pada kain yang terlebih dahulu sudah dilubangi dengan jarum/ hakpen. Agar memudahkan memasukkan benang, gunakan bantuan hakpen. Lalu buat simpul.



10. Nah, jadi dech ... Gorden sudah siap dipasang.


Mudah khan tutorial membuat gordennya? Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.