UA-83233104-1

bintang jatuh br

Tuesday, 14 May 2019

Tips Sikat Gigi Saat Puasa dan Hukumnya


Saat puasa seringkali kita menjadi ragu tetang segala sesuatu yang berkaitan dengan air yang bisa masuk dalam mulut, termasuk kegiatan sikat gigi. Sebetulnya tidak menjadi masalah untuk tetap sikat gigi meski dalam keadaan puasa, asalkan kita dapat menghindari jangan sampai airnya tertelan.
Bagaimanapun juga demi kesehatan, kebersihan gigi harus tetap terjaga meski sedang puasa.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah Hadist riwayat Nasa’i, Aisyah radliallahu ‘anha berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
 “Bersiwak bisa membersihkan mulut dan mendatangkan ridha Allah.”
 (HR. Nasa’i dan dishahihkan al-Albani).


Ini adalah sebagai salah satu bukti bahwa Islam itu mencintai kebersihan. Dan telah disebutkan bahwa “Kebersihan adalah bagian ddari Iman”. Dan menggosok gigi adalah salah satu cara menjaga kebersihan badan. Dengan menggosok gigi secera rutin, maka kesehatan mulut akan tetap terjaga. Dengan begitu akan terhindar dari risiko gigi berlubang, dan aroma mulut yang kurang sedap.
Menurut beberapa pendapat tentang aktivitas menggoso gigi, ada yang mengatakan bahwa hukum menyikat gigi saat puasa diperbolehkan, namun ada pula yang menganggapnya makruh.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِى لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.”
(HR. Bukhori dan Muslim)

Berdasarkan hadist diaatas, sudah jelas bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk bersiwak setiap hari, bahkan lebih sering akan lebih baik.
Anjuran ini juga berlaku pada bulan-bulan lain, tak terkecuali bulan Ramadhan. Yang mana berarti perintah tersebut bersifat umum untuk setiap bulan, baik berpuasa ataupun tidak. Hadist lain yang diriwayatkan oleh Tirmidzi juga memperkuat mubahnya hukum menyikat gigi saat berpuasa. Hadist ini berbunyi:

رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- مَا لاَ أُحْصِى يَتَسَوَّكُ وَهُوَ صَائِمٌ

“Dari sahabat Rasululloh, ia berkata: Aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa.”
(HR. Tirmidzi)


Berikut ini adalah beberapa Tips Sikat Gigi saat puasa:

Sikat gigi setelah berbuka dan makan sahur
Sebaiknya sikatlah gigi setelah berbuka. Karena setelah berbuka kita sudah diperbolehkan makanan dan miniman masuk ke dalam mulut. Dan juga jangan lupa setelah makan sahur. Gunakan pasta gigi yang cocok, agar kebersihan tetap terjaga.

Sikat gigi tanpa odol
Jika ingin menggosok gigi pada siang hari sebaiknya, hindari menggunakan pasta gigi. Dan lakukan secara pelan-pelan saat menyikat giginya, agar terhindari adanya luka pada gusi yang dapat menyebabkan gusi keluar darah. Demikian pula saat berkumur. Berkumurlah secara pelan-pelan untuk menghindari masukkannya air secara tidak sengaja ke dalam tengorokan.

Demikianlah tata cara menggosok gigi pada saat puasa. Semoga tulisan ini bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.