UA-83233104-1

bintang jatuh br

Thursday, 10 October 2019

2 Jenis Kalkulator Masa Subur, Untuk Mendeteksi Masa Subur

Bagaimana cara mengetahui Masa Subur?
Setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda beda. Dan sebagian besar dari mereka, khususnya yang sudah menikah pastinya menginginkan segera mengalami proses kehamilan, ya nggak? Banyak dari pasangan muda yang selalu mencatat dan mengingat kapan waktu menstruasi terakhir?  Tujuannya tak lain untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan masa subur.

Lalu apa sich masa subur itu?
Masa subur adalah waktu atau masa dimana seorang wanita akan menghasilkan sel telur yang siap dibuahi oleh sebuah sperma. Nah, uniknya sel sperma itu jumlahnya ribuan lhoo ….. Namun perlu diingat bahwa hanya sperma yang cepat dan cekatan yang bisa membuahi  sel telur tersebut.

Tetapi pada kasus tertentu kadang ada beberapa sel telur yang bisa dimasuki oleh dua buah sperma sekaligus. Hasilnya, akan terjadi kehamilan dengan janin yang kembar.

Pada prakteknya umumnya sel telur akan melepaskan dan siap untuk dibuahi kurang lebih pada 2 hingga 3 hari sebelum ovulasi dan juga 12 hingga 24 jam setelah ovulasi. Keterangan tersebut pun memberi tau kita bahwa kita harus bisa menjaga kondisi pribadi dan mengetahui bagaimana mengetahui masa subur dari diri kita masing masing.

Seringkali seseorang akan membuat catatan tentang masa subur dengan memberi tanda pada kalender sebagai catatan pribadi mereka. Sah-sah saja sich ini dilakukan, karena bagi mereka yang siklus mentruasinya teratur cara seperti ini bisa diandalkan. Namun bagi mereka yang menstruasinya tidak teratur, maka butuh tambahan alat yang lebih akurat. Dengan cara apa? Yaitu dengan Kalkulator masa subur. Kalkulator masa subur bisa dilakukan secara online. Bahkan kalkulator masa subur ini sudah bisa di download aplikasinya melalui smartphone. Dengan cara ini, maka akan lebih mudah dan lebih efektif untuk dilakukan.

Selain dengan cara online untuk menghitung masa subur, bisa juga dengan cara lain.

Berikut adalah 2 cara lain menghitung masa subur:

Pertama (Suhu basal tubuh)
Yaitu dengan mengamati/ melihat suhu basal tubuh. Jadi ketika masa menstruasi berakhir (hari terakhir menstruasi), maka akan terjadi ovulasi yang dimana hal tersebut akan mempengaruhi suhu tubuh wanita pada umumnya dan akan meningkatkan siklus haid yang akan mendatang.

Biasanya suhu tubuh kita setelah ovulasi akan semakin memanas yang berakibatkan gairah seks kita pun akan semakin meningkat. Dibeberapa suhu tubuh orang bisa mempengaruhi apakah siklus haid dibulan selanjutnya akan semakin menjauh atau maju dari waktu sebelumnya. Cara ini bisa dikatakan lebih akurat dibandingkan dengan cara lainnya. Karena cara ini bisa langsung mengamati perubahan suhu tubuh sendiri. Oleh karenanya dibutuhkan kondisi tubuh yang baik atau fit. Basal suhu ini bisa dihitung dari, ketika bangun tidur atau sebelum melakuka kegiatan baik bekerja maupun bergiatan olah raga. Hal ini dilakukan dikarenakan ketika bangun tidur suhu badan anda masih normal karena posisi berbaring yang dilakukan.

Hal ini pun terhubung dengan faktor kesehatan dimana jangan langsung bangun atau berdiri ketika bangun dari tidur. Lebih baik regangkan badan dan duduk sejenak untuk membuat tubuh terasa nyaman, dan suhu tubuh menjadi lebih baik. Lalu ukur suhu tubuh saat itu menggunakan thermometer. Bila suhu tubuh normal, maka suhu akan berada di kisaran angka 35,5 derajat celcius hingga 36 derajat celcius. Tetapi ketika suhu tubuh berada pada kisaran angka 37 derajat hingga 38 derajat celcius dan tidak berubah pada keesokkan harinya, maka pertanda tubuh sedang mengalami masa subur.

Kedua (Lendir Serviks)
Yaitu dengan mengetahui kesuburan dari lendir serviks (cairan pada vagina). Hormone perempuan yang berbeda beda setelah haid akan mengakibatkan lendir serviks atau leher rahim yang berubah warna, jumlah dan juga teksturnya. Hal ini terjadi agar sperma bisa lebih mudah membuahi sel telur. Perubahan ini biasanya terjadi pada 3 sampai 4 hari saat terlihat perubahan tekstur dan lendir pada serviks yang tidak akan putus saat direnggangkan sekitar 2 cm. Umumnya lendirnya juga akan terlihat kental dan kenyal. Nah dengan hal ini maka anda akan mudah melangsungkan proses hubungan suami istri karena kemungkinan proses hamil pun memiliki peluang lebih besar.

Demikianlah 2 jenis kalkulator masa subur yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kapan terjadinya masa subur. Semoga bermanfaat!

21 comments:

  1. Kalau aku biasanya pake aplikasi gitu supaya tau masa suburnya kapan hahaha. Walau seringnya ga dilihat karena untuk catet aja

    ReplyDelete
  2. Kalau aku lebih ke lendir menandai masa suburnya mbak. Karena kalau suhu tubuh jarang banget ngecek suhu kecuali kalau demam.

    ReplyDelete
  3. Menstruasi aku ga teratur mba Jadi kdang susah menentukan dengan cara pertama, paling mudah sih di ketahui dengan cara kedua. Thx infonya mba

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau nih kalkulator masa subur hehe dan masih ga ngerti nih sama menghitung dari suhu basal tubuh. Gimana ya hehe soale ga teratur sih aku menstruasi nya.

    ReplyDelete
  5. Yang poin nomer dua baru denger nih mbak. Tapi agak susah sih ya ngira2 karna gak selalu terjadi juga hehe

    ReplyDelete
  6. Kalkulator masa suburnya akan sangat membantu banyak pasangan yang ingin segera beroleh keturunan, ya. Karena ada ilmu dan penjelasan logisnya.
    Saya sudah 1 bulan lebih berhenti mengonsumsi pil KB, berharap hamil lagi, sih, padahal umur sudah kepala 4. Tidak apa-apa, anggap saja ikhtiar sebelum masuk masa menopause.Sepertinya untuk tahu masa subur bagi saya secara pribadi tanpa bantuan alat lebih sulit karena siklus mens tidak teratur. Dulu mah kala baru menikah lebih mudaj. Satu bulan setelah menikah langsung mens dulu, lalu bulan berikutnya baru saya tahu telah hamil.Mungkin karena saya pakai masa subur yang akurat, rajin setelah mens dan memanfaatkan waktunya secara maksimal. Sekarang siklus mens tidak teratur jadi sulit juga menentukan masa suburnya.
    Sepertinya harus instal juga aplikasi itu.

    ReplyDelete
  7. Aku gak bisa ngandelin 2 hal itu bun. .soalnya masa subur gak pernah beres. Hasilnya anakku jadi 5, hahaha.
    pengen tau juga lewat aplikasi, bisa gak ya..
    Coba ah

    ReplyDelete
  8. Pasangan muda kudu tau nih.
    Asik ya jaman now banyak app yg cihuy

    ReplyDelete
  9. Aku dulu suka perhatian sama kayk gini. Sejak pake IUD udah ga pernah ngecek lagi hahaha. Tapi kadang nyadar kalo pas masa subur

    ReplyDelete
  10. Wah bermanfaat banget tulisan nya mbak, dlu aku pernah pasang aplikasi buat hitung masa subur gitu tp akhirnya aku uninstall karna memori kepenuhan. Selama ini gak pernah engeh kapan masa subur nya soalnya ya itu jadwal mentruasi maju mundur

    ReplyDelete
  11. Zaman now serba dipermudah ya, Mbak. Termasuk adanya kalkulator masa subur. Apalagi ada aplikasinya yang bisa diunduh melalui smartphone. Semakin memudahkan.

    ReplyDelete
  12. bagus banget untuk informasi ke aku yang sudah ingin persiapan untuk menikah nih, makasih informasinya bunda

    ReplyDelete
  13. Penting itu untuk ngitung masa subur untuk pasangaan yang mau merencanakan nambah atau pending punya anak.

    ReplyDelete
  14. Informasinya keren banget kak.... mungkin bisa bermanfaat buat pasangan kedepannya

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu program hamil, lumayan dapat banyak ilmu dari istri terkait dengan masa subur. Pembahasannya lengkap banget mbak...

    ReplyDelete
  16. Setelah anak pertamaku meninggal, aku program hamil dan diminta dokter untuk cek lendir untuk tahu masa subur, itu 15 tahun lalu, jadi masih manual sih...kalau sekarang ada kalkulator penghitung masa subur tentu bermanfaat bagi yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  17. Aku baru tahu kalau mengetahui masa subur dari lendir serviks. Ternyata bisa juga ya mbak? Terima kasih buat sharingnya yang sangat singkat dan padat. Aku jadi paham dan sangat bermanfaat nih buat pasangan baru kayak aku. Hehehe.

    ReplyDelete
  18. ternyata kemudahan itu nyataa ya sekarang ada kalkulator masa subur. penting nih untuk yang sudah menikaah

    ReplyDelete
  19. Jadi teringat dulu pas program hamil dengan istri, dimana selalu menghitung periode masa subur, untuk disesuaikan dengan jadwal check program kehamilan.

    ReplyDelete
  20. Informasinya keren mba, terpapar secara jelas. Kalo aku seh untuk mengetahui masa subur dengan menghitung dari terakhir menstruasi. Lebih jelas henehh

    ReplyDelete
  21. Informasi yang sangat bermanfaat mbak. Makasih ya sudah berbagi. Dulu aku sampe cari banyak banget cara hitung masa subur karena karena sempat kosong setahun.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.