UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 30 August 2020

Ide Masak Hari Ini, Lauk dan Sayur Apa Ya?

 


Memasak juga membutuhkan kreativitas, karena memasak juga menjadi salah satu seni. Oleh karena kita butuh sebuah inspirasi untuk menciptakan ide. Hari ini mau masak sayur apa ya ... ? Cocoknya lauk apa ya ...? 

Saya sering mendengar ibu-ibu yang masih bingung menentukan mau belanja apa pada tukang sayur, meski dihadapannya telah ada aneka sayur dan ikan yang bisa dipilih.  

Tak jarang antara ibu satu d hpengan yang lainnya saling sharing dari memberikan masukan.

Memang dalam seni memasak antara sayur dan lauk harus matching. Rasanya harus bisa saling melengkapi.  Karena jika tidak, atau bahkan menimbulkan kontras rasa maka kadang kita menjadi tak selera untuk makan. Makanan dengan rasa kontras juga tak enak jika menyantapnya secara bersama-sama. Contohnya: sayuran kita bikin sambal pecel.  Lalu dagingnya kita olah menjadi gule. Antara sayur pecel dan gule tentunya kurang cocok untuk dimakan secara bersama-sama. 

Kalau sayuran dengan sambal pecel alangkah enaknya kalau daging kita masak menjadi empal goreng, bumbu bali, atau krengseng.

Sementara kalau ingin masak gule, maka lebih cocok sayur pelengkapnya adalah ketimun yang dimasak menjadi acar. Atau bisa juga dengan bumbu sate.

Atau oseng pare disandingkan dengan ayam kecap, tentu juga tidak lagi nikmat dimakan bersamaan. Satunya rasanya ada pahit-pahitnya, sementara satunya manis. Dua rasa ini sangat tidak matching. Karena rasa manis cenderung menjadi penguat rasa pahit, maka akan mengurangi enaknya rasa pare. Pare akan terasa semakin pahit. Nah, nggak enak khan?

Nah inilah, ide masak lauk dan sayur yang cocok untuk dijadikan menu sehari-hari:

1. Sayur soup wortel, kubis, dan buncis, sementara lauknya adalah ayam goreng atau empal daging. Pelengkapnya bisa ditambahkan perkedel kentang, sambal kecap, dan kerupuk udang.

2. Sayur bening bayam. Lauknya adalah dadar jagung, ayam goreng/ krengseng daging, dan tempe goreng. Pelengkapnya adalah: sambal terasi, kerupuk ikan/ Udang.

3. Sayur lodeh nangka muda. Lauknya adalah tongkol goreng, atau dimasak brengkes. Pelengkapnya adalah: sambal bajak, ikan asin goreng atau tempe goreng kering.

4. Sayur urap-urap (kacang panjang, kenikir, dan kecambah). Lauk yang cocok adalah ayam bakar bumbu kecap atau bumbu rujak. Pelengkapnya adalah peyek kacang, sambal terasi tomat, dan lalapan kemangi campur ketimun.

5. Sayur cah kangkung. Lauk yang cocok adalah: bisa ayam geprek, ikan bakar, bebek ungkep, ikan dibrengkes, atau ayam masak opor/kare. Pelengkapnya adalah: sambal bawang/ ebi, lalapan ketimun dan kerupuk ikan/ udang.

6. Sayur bobor bayam atau kenikir. Lauk yang cocok adalah ikan pindang digoreng, atau ikan laut dipepes/ brengkes, bisa juga udang goreng maupun dibothok. Pelengkapnya bisa sambal terasi, bajak, bawang atau sambal baby cumi. 

7. Oseng-oseng Pare atau daun pepaya. Sayuran ini memiliki rasa khas yaitu sedikit pahit. Maka Lauk yang cocok adalah ikan laut yang digoreng dengan rempah yang banyak agar terasa lebih gurih dan harum baunya. Ikan yang dipakai bisa ikan tongkol, pindang, atau Salem. Untuk pelengkap lebih cocok dengan sambal terasi, sambal ijo ebi, atau sambal ikan klothok.

Nah, inilah sayuran yang bisa menjadi ide masak. Bisa menjadi inspirasi sehari-hari. Semoga bermanfaat!

5 comments:

  1. Oseng-oseng daun pepaya enak. Dimakan pake peyek teri kayaknya pas. Membuat kombinasi sayur dan lauk ternyata perlu seni ya Buk. Kalau saya suka yang cepet aja. Mau sayur lodeh, sayur bening, oseng-oseng, enaknya dimakan sama telur dadar, hehe..

    Paling favorit makan mie instan sama sawi dimakannya pake telur asin. Maknyuusss

    ReplyDelete
  2. Mbaca menu-menu di atas berasa baca katalog daftar menu harian untuk katering, mendadak jadi malas masak kalau sudah gitu hahaha

    ReplyDelete
  3. Waaaaa... Udah dijabarin cocoknya sama lauk apa ajah. Essipp ini, bu.. ga usah bingung lagi oas mau berangkat belanja

    ReplyDelete
  4. Enaknya Mbaaakkk, ini mah mertua saya, kalau masak lengkap, banyak macamnya dan dicocok-cocokin hahaha.

    Pokoknya auto melemuh dah kalau saya di rumah mertua.

    meskipun demikian, mertua sering kehabisan ide loh masak, biasanya pagi selalu nanya, enaknya masak apa ya? kita-kita cuman jawab, terserah ibu mau masak apa juga enak.

    memang enak sih, even goreng tempe aja loh, beda banget dengan masakan saya yang beasah aja rasanya hahaha

    Dan dari semua masakan ibu mertua saya, yang paling ngangenin itu kalau masak ikan goreng sambal balado pedas dengan sayur bobor bayam, duuhhh nasi bakalan cepat habis tuh :D

    ReplyDelete
  5. Kalau jangan kunci alias bening bayem nggonku digadho tanpa nasi apalagi kalau ada jagung manisnya.Jadi selalu masak 3 macam. Jangan pedes, bayam dan tempe goreng

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.