UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 30 August 2020

Rekomendasi Menabung dan Investasi Aman di Masa Pandemi

 


Sudah lebih dari 6 bulan kita dihadapkan pada situasi baru yang mengubah pada ritme aktivitas. Mulai dari jam kerja yang beberapa kali terpaksa harus dirumahkan.  Membatasi aktivitas di luar rumah yang diganti dengan stay at home. Serta aktivitas sekolah yang digantikan dengan sistem daring online. 

Masa pandemi Covid19, memang sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang. Terutama perekonomian. Karena langkah-langkah penanganannya memberi dapat lebih besar terhadap berbagai aktivitas perekonomian.

Hampir disemua lapisan masyarakat turut merasakan dampaknya. 

Melihat situasi perekonomian yang masih jauh dibilang pulih, maka sudah selayaknya kita berpikir tentang menabung atau berinvestasi.

Menabung atau berinvestasi tak harus dalam jumlah besar. Karena dengan nominal kecilpun kita juga bisa memulainya.

Saat ini menabung atau investasi yang paling recommended adalah dalam bentuk emas atau logam mulia. 

Bentuknya bisa berupa perhiasan atau emas batangan. Meski keduanya bisa lakukan, namun ada beberapa keuntungan yang berbeda  mengapa harus memilih perhiasan atau emas batangan. 

Sebelum memutuskan menabung perhiasan atau emas batangan sebaiknya simak dulu beberapa penjelasan berikut:

Menabung dalam bentuk perhiasan

Membeli perhiasan bisa bilang sebagai tabungan. Karena dengan perhiasan kita juga bisa menjualnya kembali saat kita membutuhkan. Pun nilainya juga tidak mengalami inflasi yang terlalu besar. karena harga perhiasan emas akan selalu mengikuti harga pasaran saat kita menjualnya. 

Hanya saja ketika menabung dalam bentuk perhiasan kita akan mengalami penurunan harga karena adanya potongan pada pembuatan perhiasan. 

Saat kita menjual perhiasan kembali biasanya harga emas akan dipotong dengan harga desain, pajak, ongkos pembuatan, dan lain-lain. Ini yang menyebabkan penjualan emas perhiasan akan lebih murah dibandingkan menjual logam mulia atau batangan. 

Penjualan harga perhiasan, selain mengalami ongkos administrasi pembuatan juga ada selisih harga antara toko yang satu dengan yang lainnya . Bahkan apabila dijual pada toko yang bukan tempat kita membeli maka harganya akan jauh lebih murah.

Menabung dalam bentuk logam mulia atau emas batangan 

ada beberapa kelebihan saat kita menabung dalam bentuk emas batangan antara lain:

1. Bebas ongkos desain

Berbeda dengan perhiasan, menjual logam mulia atau emas batangan tidak mengalami banyak potongan. Karena emas batangan tidak memerlukan design yang rumit.

2. Harga jual standar

Logam mulia atau emas batangan umumnya memiliki kadar emas 99,99%, dan seandainya dijual maka pada masing-masing toko akan memiliki standar yang hampir sama. Jadi harga jualnya relatif sama, meski tidak dijual pada toko tempat kita membelinya. 

3. Memiliki sertifikat kemurnian

Biasanya logam mulia atau emas batangan akan memiliki sertifikat yang menjelaskan tentang kadar kemurnian emas-nya. Sehingga tingkat kemurniannya tak perlu diragukan lagi. 

4. Tidak mengalami penyusutan

Dibandingkan emas perhiasan, emas batangan hampir tidak memiliki penyusutan. Karena biasanya emas batangan atau logam mulia selalu disimpan. Berbeda dengan emas perhiasan yang sering kali dipakai, dan lebih rentan mengalami penyusutan.

5. Tidak mudah rusak

Emas batangan atau logam mulia memiliki bentuk yang simpel dan tidak mudah rusak. Coba bandingkan dengan emas perhiasan yang rentan patah, putus, bengkok, maupun bentuk kerusakan lainnya.

6. Bisa dicicil

Saat ini, ada banyak toko atau perusahaan penyedia logam mulia yang memberikan kemudahan buat konsumen, yaitu dengan cara dicicil. Cara ini tentunya akan sangat membantu bagi mereka yang ingin membeli Logam mulia namun belum memiliki cukup anggaran.

Demikianlah tips memilih investasi mau menabung dalam bentuk emas perhiasan atau emas batangan. Semoga bermanfaat!

5 comments:

  1. Semua investasi ada plus minusnya Buk. Inves perhiasan bagus, bisa dipake tiap hari, mempercantik penampilan. Tapi kalau dijual lagi kena potongan.

    Sementara kalau inves antam, harga mengikuti pasar, cuman gak bisa diajak pameran, haha.. Bisanya disimpen aja dalam lemari.

    Amannya sih memang ngumpulin antam

    ReplyDelete
  2. emas ini memang tak lekam oleh zaman, emas yang di rumah baru beberapa belum sebanyak yang bisa dikatakan sebagai investasi hihihi

    ReplyDelete
  3. Emas ini ngga ada matinya ya. Makin ke sini byk yg suka. Akupun, memilih invest di emas. Lebih aman dan suka kilauannya

    ReplyDelete
  4. Kalau saya investasi emas tuh masih mikir (mikir terooossss), abisnya over thinking, takut hidup jadi nggak nyaman, karena nyimpan emas di rumah, entar kemasukan maling gimana?

    Akhirnya lebih memilih investasi yang disimpan di bank atau sekalian nabung deh, meski memang jadinya kelindas sama inflasi ya, atau investasi lainnya, dan jatuh seperti saat sekarang ini.

    Memang semua beresiko sih, tapi setidaknya kalau investasi, kita punya pegangan buat masa depan :)

    ReplyDelete
  5. Bener nabung emas. Pas butuh bisa sekolah dulu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.