UA-83233104-1

bintang jatuh br

Sunday, 9 August 2020

Peran orangtua, Anak Menginjak Remaja

 


Mendidik anak kita harus memperhatikan fase-fase perkembangan psikologis maupun secara fisik dari anak-anak tersebut,

Karena ada hal-hal yang harus dipenuhi atau dicapai, di mana dia harus berkembang sesuai dengan faseperkembangannya. 

Anak yang menginjak remaja atau dibilang masa puber memiliki ciri-ciri khusus di bandingkan perkembangan sebelumnya. Pada masa puber baik perkembangan fisik, maupun psikologis akan terlihat lebih cepat dari sebelumnya. 

Secara psikologis masa puber atau remaja adalah masa transisi. Anak-anak akan mengalami tahap perkembangan menuju dewasa namun diet juga belum meninggalkan masa anak-anaknya. 

Nah masa ini tentunya akan menuntut beberapa perkembangan secara psychologist yang harus dipenuhi. Pada masa ini anak sudah mulai mencari jati diri.

Anak akan mulai membentuk konsep diri menuju dewasa,. Dan juga ga pembentukan gender.

yang dimaksud pembentukan gender di sini adalah pada masa ini anak-anak akan lebih terlihat feminim bagi yang perempuan dan akan terlihat lebih maskulin bagi yang laki-laki. 

Pada masa ini pula anak laki-laki dan perempuan akan saling memiliki ketertarikan antara satu dengan yang lainnya. 

nah ini yang harus hati-hati karena pembentukan gender di sini harus lebih kuat diterapkan pada anak-anak.

Salah satu tujuannya adalah agar tidak terjadi penyimpangan secara seksual. terkadang penyakit psikologis atau kelainan seksual itu terjadi pada masa pembentukan gender di remajanya. 

Mereka belum memiliki pegangan yang kuat atau konsep diri yang kuat sehingga akan membentuk gender yang sesuai. 

3 comments:

  1. Aku salah satu guru yang beranggapan bahwa remaja bukan hanya mencari jati diri saja, tapi juga mengenal jati dirinya, sehingga nanti mereka bisa mengwmbangkan potensi mereka dengam baik

    ReplyDelete
  2. Mbak Sugi.. itu anak pertamanya ya? udah gede banget ya, masha Allah :)
    Yang kedua dan ketiga juga udah gede-gede, udah jadi sahabat baiknya bundanya nih.

    Next sharing dong Mba, pengalaman mengasuh anak-anak ganteng dan cantik ini dalam menginjak remaja.

    Saya tuh selalu degdegan, anak saya bentar lagi mau remaja.
    Udah mulai punya jarak sama maminya, udah mulai nggak sehangat dulu sering meluk maminya.

    Meskipun masih mau sih saya peluk.
    Trus gimana Mba Sugi berdamai dengan rasa 'kehilangan' sikap anak?
    Maksudnya, kayak anak yang waktu kecilnya kita peluk cium, setelah beranjak remaja udah mulai kasih space sama ibunya.

    Duh, saya masih kudu mempersiapkan mental nih, mamak labil ya gini hahahaha

    ReplyDelete
  3. pembentukkan gender, wuah ini salah satu pubertas ya mbak. Bismillah kita selalu bisa membersamai anak-anak tumbuh dewasa, aamiin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.